Cat Anti Rayap Buat Kayu Terlindungi dengan Aman dan Tahan Lama

Di antara berbagai macam bahan material bangunan dan furniture, kayu adalah material yang paling banyak digunakan. Faktanya, kayu digunakan untuk memperkuat struktur bangunan khususnya dimana negara yang memiliki penghasil kayu terbanyak seperti Indonesia.

Apapun kelebihan kayu, satu kelemahan yang harus diwaspadai adalah rayap kayu. Rayap adalah salah satu hama yang akan merusak kayu sehingga kayu akan rusak dan lapuk.

Kayu yang lembab adalah makanan utama rayap, tanpa itu rayap tidak bertahan hidup. Maka sangat penting untuk kayu yang akan digunakan untuk dikeringkan hingga mendapatkan tingkat kelembaban yang standar.

Menjaga agar kayu yang akan digunakan terhindar dari rayap juga bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Banyak metode yang digunakan untuk menghindari atau bahkan membasmi rayap pada kayu. Produk-produk baru juga diciptakan untuk mengatasi masalah rayap yang muncul pada kayu.

Sebagai contoh ada beberapa material yang bisa digunakan sebagai berikut untuk mengatasi masalah rayap pada kayu.

  • Wood filler

Dengan meningkatkan perlindungan pada kayu beberapa pabrik menciptakan bahan kimia yang digunakan sebagai solusi untuk melindungi struktur kayu dan furniture.

Bahan kimia ini sama halnya dengan mengecat dinding yaitu dengan memberikan lapisan pada kayu yang tipis dan akan memberikan perlindungan yang sangat baik untuk mencegah kerusakan. Beberapa produk bahkan digunakan untuk memberikan kesempurnaan pada kayu yang berlubang akibat rayap.

Bahan ini disebut dengan dempul kayu atau wood filler untuk hasil finishing natural. Setelah produk ini digunakan maka akan muncul pencegahan terhadap kelembaban untuk menyerap ke dalam pori kayu secara berlebih.

  • Obat anti rayap

Selain dempul yang dapat memperbaiki lubang akibat rayap juga perlu diaplikasikan obat anti rayap. Ketika mengaplikasikan bahan kimia berbentuk obat anti rayap ini maka akan sangat berfungsi pada berbagai jenis kayu. Obat anti rayap ini sangat penting diaplikasikan pada kayu khususnya jenis kayu lunak yang sangat mudah berjamur dan berayap.

Sedangkan untuk kayu yang digunakan untuk bahan bangunan juga perlu diaplikasikan, mengingat harus membuat struktur bangunan yang kuat dan bebas rayap. Obat anti rayap ini biasanya berbentuk cair dan diaplikasikan langsung pada furniture pada saat proses pengeringan berlangsung.

Obat anti rayap ini cukup keras jad sebaiknya Anda yang akan mengaplikasikannya wajib menggunakan peralatan pelindung tubuh. Prosesnya akan cepat tergantung dengan jenis produk yang digunakan, pastikan Anda telah membaca prosedur aplikasi sebelum mengaplikasikannya langsung.

  • Aplikasi pernis

Salah satu cara yang paling efisien untuk melindung furniture dari rayap adalah menggunakan pernis kayu. Pernis ini digunakan untuk menghindari furniture dan kayu dari jamur bahkan rayap. Pernis juga merupakan solusi agar furniture tampak berkilau. Mengaplikasikan pernis artinya Anda telah memberikan lapisan coating pada furniture yang akan melindunginya dari rayap dan kelembaban.

Cat Anti Rayap Buat Kayu Terlindungi Dengan Aman

Pernis tidak hanya dapat diaplikasikan pada furniture kayu saja namun juga berbagai macam jenis bahan serat alam lainnya. Jika Anda memiliki alat musik dari kayu maka aplikasi pernis tipis akan membantu memberikan perlindungan. Pernis merupakan cat kayu anti rayap buat kayu apapun.

  • Gunakan kayu keras

Ada beberapa jenis kayu yang bisa digunakan untuk furniture, pastikan Anda memilih furniture yang terbuat dari kayu keras. Kayu keras yang ada di Indonesia macamnya cukup banyak seperti kayu jati, kayu sonokeling, kayu merbau dan kayu lainnya.

Kayu keras ini biasanya memiliki resin khusus yang tidak disukai serangga. Bahkan setelah kayu ditebang dan diolah menjadi furniture atau struktur bangunan kayu tetap memiliki resin tersebut. Ini adalah salah satu keuntungan yang perlu dimanfaatkan. Namun bagi Anda yang ingin mendapatkan kayu ini harus mengeluarkan uang yang cukup banyak.

Perawatan kayu adalah bagian yang sangat penting untuk menghindari serangga seperti rayap merusak furniture atau bahan bangunan. Seperti yang bisa Anda lihat jika furniture kayu atau bahan bangunan kayu lainnya terlindungi maka semua kayu akan tetap kuat untuk digunakan dalam waktu yang lama.

Kapan Rayap Harus Dihilangkan Pada Proses Finishing?

Apabila dilihat faktor yang perlu diperhatikan untuk menghindari furniture dari kerusakan yang dibuat oleh rayap maka finishing adalah kunci utamanya. Jangan lupa pemilihan kayu dan penggunaan bahan obat anti rayap yang tepat. Jika faktor tersebut dijalankan maka furniture akan bertahan lebih lama.

Kapan harus menggunakan bahan finishing berupa cat kayu anti rayap dan kapankah harus menggunakan obat anti rayap? Anda harus mengetahuinya agar obat dan juga bahan finishing dapat bekerja dengan baik.

Bagi Anda yang belum tahu kapan harus menghilangkan rayap pada furniture kayu, maka ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Cek terlebih dahulu keberadaan rayap

Pastikan dimanakah rayap tinggal. Apakah berada pada kusen jendela, furniture dan bahkan tiang bangunan atap rumah. Cara untuk mengecek keberadaan rayap adalah dengan melihat dan mendengarkan. Cobalah untuk mengetuk kayu tersebut jika terasa kosong di dalamnya dan terdengar suara maka di dalam kayu tersebut bisa jadi terdapat rayap.

Cara kedua adalah mengamati apakah terdapat bubuk kayu yang muncul akibat rayap. Rayap cenderung akan meninggalkan jejak dalam bentuk bubuk kayu. Pastikan terdapat bubuk kayu di sekitar kursi dan meja kayu di rumah.

Rayap juga akan mulai terlihat pada permukaan kayu, apakah kayu terlihat tidak merata permukaannya atau rusak? Jika iya maka furniture tersebut sudah dimakan oleh rayap.

  • Gunakan obat anti rayap

Sebelum proses finishing berlangsung, pastikan rayap sudah hilang terlebih dahulu. Rayap harus dihilangkan karena mereka tinggal di dalam substrat kayu. Apabila rayap masih berada di dalam substrat kayu dan dilapisi finishing maka perlindungan tidak akan berhasil. Rayap masih tetap hidup dan akan merusak furniture dari dalam.

Caranya adalah amplas seluruh permukaan kayu khususnya bagi yang memiliki rayap. Bersihkan debu amplas sekaligus bubuk kayu atau kotoran bekas rayap. Bersihkan dan memulai aplikasikan obat anti rayap yang bisa Anda beli.

Cat Anti Rayap Buat Kayu Terlindungi Dengan Aman

Aplikasikan sesuai dengan cara penggunaan yang tertera pada kemasan obat anti rayap. Setelah itu jemur hingga semua rayap benar-benar hilang dan kayu mengering. Lanjutkan dengan pengamplasan sebelum proses finishing dimulai.

  • Aplikasi dempul kayu

Baik dempul dan wood filler bisa diaplikasikan sebelum menggunakan cat kayu anti rayap. Dempul buat kayu digunakan untuk hasil finishing solid dan untuk wood filler agar mendapatkan finishing natural. Wood filler bisa diaplikasikan langsung dengan pisau palet atau dicampur dengan bahan pelarutnya sesuai jenis produk yang digunakan.

Jika sudah berhasil diaplikasikan tunggu mengering kemudian lanjutkan dengan pengamplasan. Pastikan permukaan kayu berubah menjadi merata dan bekas rayap benar-benar hilang. Hasil ini akan mempermudah hasil finishing yang halus dan merata.

  • Aplikasi pernis atau cat duco

Pastikan Anda menggunakan pernis kayu atau cat duco yang memiliki kandungan bahan anti rayap. Bahan ini akan membuat perlindungan yang lebih baik pada furniture kayu dari serangan rayap bahkan beberapa tahun ke depan.

Aplikasikan lapisan cat sesuai dengan cara aplikasi yang tertera pada kemasan. Tunggu lapisan akhir ini benar-benar kering sebelum furniture kayu digunakan kembali.

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH