Apa Finishing yang Cocok untuk Furniture Kayu Mahoni? Ini Pilihannya

Apakah Anda penggemar furnitur dengan kayu warna merah maka ada banyak pilihan kayu yang bisa Anda miliki. Kayu gaharu, redwood, kayu mahoni, kayu meranti adalah jenis kayu dengan warna merah yang bisa Anda miliki. Diantara kayu tersebut, kayu mahoni adalah jenis kayu yang memiliki warna merah paling pekat dan paling mudah untuk didapatkan.

Selain menjadi furnitur, kayu mahoni juga terkenal sebagai material pembuatan kusen jendela dan juga daun pintu. Apa yang disukai dari kayu mahoni selain dari warnanya yang kemerahan? Tentu saja serat dan juga kekuatannya. Serat kayu mahoni yang halus dengan pori pori lebih kecil dibandingkan dengan kayu jati atau kayu keras lainnya.

Seratnya beralur sangat halus, sehingga sangat apik jika Anda mengecat furnitur kayu mahoni dengan warna transparan. Ketika tua pohon kayu mahoni yang sudah berumur lebih dari 20 tahun akan menjadi warna kemerahan yang cenderung cokelat.

Baca juga : jenis kayu gaharu yang kuat dan tahan lama

Inilah yang menjadi kelebihan kayu mahoni di pulau Jawa dibandingkan dengan kayu lainnya yakni masa panen yang cenderung cepat yakni hanya 15 hingga 20 tahun sama seperti jati muda. Ini membuat kayu mahoni melimpah di pulau Jawa dan banyak digunakan sebagai material furniture.

Jika melihat dari segi kekuatannya dibandingkan kayu jati tentu saja jauh di bawahnya dan mudah terserang rayap. Anda perlu menggunakan bahan anti rayap seperti BioCide Insecticide. Caranya mudah Anda hanya perlu merendamnya dengan BioCide Insecticide yang sudah dicampur dengan air terlebih dahulu.

Jika Anda melakukan proses tersebut maka dijamin kayu mahoni akan berubah lebih tahan terhdap serangga. Bahkan jika terdapat rayap sebelum kayu diolah menjadi furnitur, rayap yang ada di dalamnya akan langsung mati. Karena ketahanannya yang kurang baik inilah kayu mahoni hanya sering digunakan sebagai furnitur dalam ruangan saja.

Jika Anda ingin mendapatkan kayu mahoni sebagai pengganti jenis kayu yang lainnya, maka Anda juga harus memperhatikan kualitas kayu mahoni tua yang akan lebih tahan terhadap serangan rayap. Apa saja ciri-ciri kayu mahoni yang perlu diperhatikan? Berikut ini ciri-cirinya:

  • Warna
Apa Finishing Yang Cocok Untuk Furniture Kayu Mahoni?

Bagaimana dengan warnanya? Apakah Anda tahu mengapa kayu gubal tidak memiliki kekuatan yang lebih baik dibandingkan dengan bagian kayu teras? Karena kayu gubal adalah bagian paling luar kayu yang masih muda dan belum lama tumbuh. Ini yang membuat warnanya tidak tua. Nah jika Anda ingin mendapatkan kayu gubal yang lebih kuat dan berkualitas maka pilih warna kayu yang lebih tua dan gelap. Sudah dipastkan bahwa kayu tersebut sudah berumur lama.

  • Diameter

Kayu yang sudah berumur kurang lebih 20 tahun akan memiliki diameter tertentu. Dalam kasus kayu mahoni diameter yang dimiliki bisa sekitar kurang lebih 1,5 meter. Pastikan jika Anda membeli kayu mahoni dalam bentuk log maka diameternya mencapai angka tersebut. Namun jika Anda ingin membeli kayu mahoni yang sudah dipotong, dapatkan kayu yang memiliki ukuran 35 cm.

  • Permukaan kayu
Apa Finishing Yang Cocok Untuk Furniture Kayu Mahoni?

Perhatikan permukaan kayu mahoni, apakah yang Anda lihat apakah kayu berlubang atau kayu retak? Jika Anda menemukan ciri tersebut pilih kayu yang lain atau pindah ke toko kayu lainnya. Kayu yang bagus tidak akan memiliki banyak cacat. Adanya cacat lubang berarti kayu memiliki banyak potensi rayap yang bersarang di dalamnya. Apalagi terdapaty bubuk rayap. Kayu yang retak menandakan kayu mudah patah ketika akan dibentuk atau dipotong nantinya.

  • Tingkat kekeringan

Bagaimana dengan tingkat kekeringannya? Kayu yang memiliki MC standar tentu saja tidak akan mudah berjamur atau muncul cacat yang lainnya. Kayu yang basah menandakan kayu akan mudah lapuk akibat pengeringan yang tidak sempurna. Biasanya standar MC kayu mahoni adalah 12% hingg 15%. Tetap ada kandungan air sehingga kayu tidak mudah retak.

Jika Anda bisa menemukan jenis kayu mahoni yang bagus maka furniture yang dibuat dari bahan tersebut adalah furniture yang bisa lebih tahan lama.

Selanjutnya adalah apakah bahan finishing dan warna apakah yang cocok untuk diaplikasikan?

Warna Cat yang Cocok untuk Kayu Mahoni

Jika Anda menyukai warna merah sebaiknya jangan hilangkan warna asli dari kayu mahoni. Saat ini memang sangat mudah mendapatkan bahan pemutih kayu yang memudahkan Anda mendapatkan warna kayu mahoni menjadi putih. Sehingga Anda bisa mengubahnya menjadi warna kayu lain namun tetap natural. Sebaiknya jangan gunakan cara tersebut apabila Anda menyukai warna asli kayu mahoni.

Anda bisa menggunakan pernis atau plitur kayu water based. Mengapa? Karena bahan dasar air akan memberikan warna yang lebih transparan dibandingkan dengan cat yang berbahan dasar  solvent yang cenderung mengunng dan memutih di kemudian hari.

Apa Finishing Yang Cocok Untuk Furniture Kayu Mahoni?

Apa saja jenis cat yang digunakan? apakah hanya plitur saja? Anda bisa mempertajam warna kayu dengan menggunakan bahan wood stain yang merupakan bahan pewarna kayu hasil natural. Tanpa menghilangkan serat kayu warna kayu mahoni akan lebih tajam dari sebelumnya. Bahkan jika Anda membeli kayu mahoni dengan warna yang lebih muda Anda bisa menggunakan wood stain untuk lebih memperlihatkan warna yang lebih gelap.

Untuk menggunakan cat wood stain ini Anda perlu menggunakan beberapa lapisan yang dimulai dari wood filler warna mahoni, wood stain warna mahogany dan juga top coat. Ada banyak pilihan tampilan yang bisa didapatkan setelah menggunakan top coat yakni tampilan gloss hingga matte.

Jika Anda kurang suka dengan hasil yang diberikan dari warna mahoni dengan wood stain maka Anda bisa menggunakan warna asli mahoni dan langsung menerapkan top coat. Namun sebelumnya kayu mahoni harus dilapisi dengan sanding sealer sebagai base coat pengganti wood filler. Sanding sealer akan menutup pori kayu sehingga memperkuat lapisan dasar dari top coat. Baru setelahnya Anda bisa mengaplikasikan top coat.

Kunci keberhasilan aplikasi cat untuk kayu mahoni berasal dari aplikasi bahan pengawetan dari rayap dan jamur sebelum aplikasi cat dan pada saat aplikasi. Saat ini tersedia banyak produk bahan anti jamur yang bisa dicampurkan dengan lapisan top coat. Tentu saja jika Anda ingin menggunakan cat water based bahan anti jamur ini juga harus berbasis air.

Bahan anti jamur akan mengantisipasi timbulnya jamur permukaan yang akan merusak warna kayu mahoni. Apabila Anda ingin mendapatkan warna furniture dari kayu mahoni Anda bisa menggunakan bahan poles kayu seperti beeswax. Bahan ini aman digunakan bahkan untuk kayu mahoni yang digunakan sebagai meja makan.

Lapisan kayu mahoni yang dilindingi oleh beeswax akan mengkilapkan permukaan kayu dan juga akan mempertahankan warna menjadi lebih baik. Anda hanya perlu melakukan poles kayu setiap satu bulan sekali dan diaplikasikan secara tipis. Selanjutnya Anda hanya perlu menggunakan furniture saja.  Sangat mudah bukan memilih dan juga merawat furniture dari kayu mahoni?

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH