Panduan Memilih Cat Outdoor Terbaik untuk Kursi Teras Kayu

Memilih cat outdoor yang cocok untuk kursi teras kayu di rumah bisa sedikit membingungkan. Apalagi jika Anda baru saja memulai hobi kayu, semakin banyak saran untuk memilih maka akan lebih baik. Karena tidak semua cat bisa diaplikasikan pada kursi teras kayu. 

Ada dua hasil tampilan yang bisa Anda pilih yaitu tampilan warna solid yang menutup warna kayu atau sebaliknya yaitu memperlihatkan warna kayu aslinya.Finishing warna solid tidak terlalu sulit, karena Anda bisa mengaplikasikan cat duco atau cat enamel saja. Namun jika ingin memperlihatkan warna asli kayu ada lebih banyak pilihannya. 

Tampilan natural bisa diperoleh dengan pemolesan yaitu dengan bahan poles seperti beeswax. Bisa juga menggunakan tung oil atau menggunakan oil khusus. Pilihan lainnya adalah memanfaatkan pernis atau plitur dengan dua jenis pilihan sesuai dengan pelarutnya. 

Pertama adalah pernis dengan pelarut solvent dimana Anda harus membeli thinner. Kedua adalah pernis water based yang pelarutnya adalah air. Manakah cat outdoor yang sebaiknya digunakan? Yuk kenali cara-cara memilihnya disini. 

Cara Mudah Memilih Cat Outdoor Kualitas Terbaik 

Tidak sembarangan memilih cat outdoor untuk kursi teras kayu akan memperpanjang tampilan indahnya. Jika cat seperti pernis dan plitur tidak dipilih secara seksama maka warna bisa saja mudah luntur atau cat mengelupas. Tidak mudah memang bagi pemula untuk memilih, tapi bukan berarti tidak ada caranya. 

Khususnya jika Anda ingin mendapatkan hasil warna natural yang tidak terlalu mudah untuk diaplikasikan. Sekilas tampilannya sama, tapi hasilnya dalam jangka waktu yang lama akan berbeda. Supaya tidak salah untuk memilih, ikuti cara pemilihannya berikut ini. 

Cara 1. Pastikan Kualitas Kayu untuk Kursi Adalah yang Terbaik

Sebagus apapun kualitas cat outdoor yang digunakan jika bahan baku kayu pada kursi sendiri tidak berkualitas. Misalnya saja kursi teras Anda terbuat dari kayu jati belanda atau kayu pinus. Padahal kursi langsung diletakkan di atas tanah, tidak akan heran jika rayap akan membuat kayu keropos. Cat outdoor apapun tidak akan mampu melindungi kursi dengan kayu berkualitas rendah seperti memiliki pori berukuran besar yang akan mudah terserang rayap. 

Namun jika kayu tersebut sudah berkualitas seperti kursi dari kayu jati, walnut, ek, atau kayu cedar akan lebih bertahan lama bahkan jika Anda meletakkan kursi di atas tanah langsung. Cat outdoor akan memberikan perannya juga secara maksimal dari serangan rayap, jamur dan perubahan warna akibat sinar uv. 

Cara 2.  Mengaplikasikan Satu Merek Cat dengan Series yang Disarankan

Selanjutnya adalah memilih produk finishing sesuai dengan series yang disarankan. Masing-masing produk dari pabrik biasanya akan mengeluarkan satu produk dengan beberapa series. Setiap serinya sudah diuji coba dan pasti kompatibel sehingga membentuk lapisan coating yang lebih kuat. 

Pilihlah produk dengan seri yang lengkap mulai dari wood filler, stain, sanding sealer dan juga pernis. Lapisan coating akan membentuk perlindungan dan lebih mudah diaplikasikan sehingga Anda tidak perlu khawatir sehingga hasilnya lebih sempurna. Sebaiknya hindari untuk menggunakan bahan cat dengan seri berbeda yang belum tentu menciptakan kerekatan yang baik. 

Cara 3. Perhatikan Perlindungan Apa Saja yang Diberikan

Perlindungan adalah hal utama yang harus diperhatikan ketika Anda hendak memilih cat outdoor. Berbeda sekali perlindungan yang diberikan dari cat indoor begitu juga dengan hasil tampilannya. Perlindungan yang wajib diberikan oleh cat outdoor adalah tahan terhadap perubahan cuaca, yang berbeda dengan cat indoor biasanya hanya melindungi dari kelembaban atau anti air saja. 

Jenis perlindungan lain yang juga harus diperhatikan adalah terhadap sinar uv karena kursi teras pasti sering terpapar sinar matahari. Karena sinar uv inilah akan membuat warna dari kayu cepat memudar. Jika pernis mengandung anti sinar uv maka warna yang dihasilkan bisa terjamin ketahanannya. 

Cara 4. Warna yang Lebih Tajam dan Mengkilap

Tidak semua warna bisa menimbulkan tampilan yang tajam. Karena kursi diletakkan di luar ruangan maka warna-warna tajam harus diaplikasikan. Hal ini juga yang bisa menjadi penilaian ketika Anda memilih warna. Anda bisa melihatnya dari satu lapisan coating yang sudah diaplikasikan. Jika warnanya tajam maka hasilnya sudah sempurna, nantinya juga tidak terlalu banyak mengaplikasikannya. 

Selain warna, Anda juga harus memperhatikan tampilan pernis yang dihasilkan. Hindari menggunakan cat outdoor yang memberikan tampilan matte, doff, atau death matte. Tampilan yang tidak mengkilap tersebut rentan terhadap goresan, jadi sebaiknya pilih pernis yang memberikan tampilan satin, semi gloss atau gloss.

Cara 5. Mudah Dicampur dengan Bahan Anti Jamur

Setiap cat outdoor biasanya sudah memiliki kandungan anti jamur sebagai perlindungan, tetapi hal itu tidaklah cukup sebagai perlindungan maksimal. Sebaiknya ketahui lebih dalam mengenai produk anti jamur yang bisa dilarutkan ke dalam pernis. Tidak semua pernis memiliki kelebihan untuk dapat dilarutkan bersamaan dengan bahan anti jamur. 

Anda harus memilih bahan yang kompatibel, hal ini bisa dilihat sekilas dari bahan pelarut yang digunakan. Biasanya bahan finishing yang bisa dilarutkan dengan bahan anti jamur akan memberikan perlindungan dua kali lipat pada kursi teras di rumah. Salah satu produknya adalah Biovarnish clear coat sebagai pernis bisa dilarutkan dengan Biocide Surface Film Preservative. 

Cara 6. Ketahanan yang Tinggi untuk Memudahkan Perawatan

Setiap lapisan cat memiliki ketahanan yang berbeda-beda sama seperti perlindungan. Ada cat yang tidak anti gores namun ada juga yang sebaliknya. Karena digunakan untuk kursi teras yang sering digunakan, akan lebih baik jika cat memiliki kelebihan anti gores. Ketahanan dibentuk dari lengkapnya perlindungan yang diberikan, maka carilah yang perlindungannya sangat lengkap. 

Apabila ketahanannya sangat tinggi, misalnya daya rekat baik sehingga cat tidak mudah mengelupas akan memudahkan Anda dalam tahapan perawatan. Supaya tampilannya lebih mengkilap Anda bisa memilih cat yang mudah dipoles. Daya tahan tinggi biasanya bisa didapatkan kurang lebih tiga tahun lamanya. 

Cara 7. Selalu Pilih Cat dengan Pelarut Air

Cat berpelarut air masih belum setenar cat solvent, alasannya karena harganya lebih mahal. Padahal jika dilihat dari biaya keseluruhan cat water based justru akan lebih murah karena Anda tidak perlu membeli thinner. Anda harus menggunakan cat outdoor berpelarut air karena cat ini akan membuat lapisan yang aman dan ramah lingkungan. 

Pada saat Anda mengaplikasikan cat, tidak akan timbul bau menyengat yang nantinya mengganggu proses finishing. Ditambah lagi aroma cat yang mengalami proses pengeringan juga tidak akan menimbulkan polusi udara. Menggunakan cat water based juga memberikan keuntungan lainnya yaitu warna transparan tahan lama yang tidak menimbulkan efek menguning. 

Ada begitu banyak pilihan produk cat di pasaran, kini sudah saatnya Anda memilih cat yang tepat sesuai dengan beberapa cara di atas. 

Artikel "Featured"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.