Tips Finishing Kayu Menggunakan Cat Duco agar Hasilnya Halus

Finishing kayu menggunakan cat duco bisa dilakukan dengan mudah asalkan mengetahui tips dan trik-nya. Simak tips dan langkah-langkah finishing mudah menggunakan cat duco berikut.

Finishing merupakan tahap akhir dalam proses pengerjaan furniture atau building berbahan kayu. Finishing yang tepat tentu saja akan menghasilkan produk yang menarik dan juga tahan lama. Ada berbagai cara finishing yang biasa digunakan, salah satunya adalah finishing kayu dengan cat duco.

Apa itu finishing kayu cat duco? Finishing kayu dengan cat duco merupakan cara memberikan lapisan pada mebel atau furniture dengan menggunakan cat duco dengan hasil warna solid. Cara aplikasi cat duco biasanya dengan cara disemprot. Cara ini tentu saja membutuhkan banyak ketelitian dan juga kehati-hatian. Lalu bagaimana cara melakukan finishingnya? Berikut tips finishing kayu cat duco.

Tips Finishing Kayu Menggunakan Cat Duco Secara Mudah

  1. Siapkan alat dan bahan

Hal yang pertama adalah menyiapkan alat dan juga bahan yang akan digunakan. Diantaranya dempul, primer coat, cat duco, clear gloss, alat penyemprot cat, masker, amplas dan wadah.

Siapkan Alat Dan Bahan Untuk Finishing Duco Water Based
  1. Pastikan kondisi kayu / mebel kering

Tahap selanjutnya adalah menyiapkan kayu atau mebel yang akan anda lapisi dengan cat duco kayu. Persiapkan mebel dan tempat yang tepat untuk melakukan finishing. Kondisi kayu atau mebel yang anda akan finishing harus dalam keadaan benar-benar kering agar cat dengan mudah menempel dan juga proses pengecatan kayu dapat berjalan dengan baik. Apabila kayu sudah benar-benar kering, maka akan dipastikan bahwa kayu tersebut tidak akan mengalami penyusutan yang sangat besar.

  1. Tahap pengamplasan pertama

Tahap selanjutnya yaitu pengamplasan pertama. Siapkan amplas kemudian gosokkan pada kayu atau mebel. Anda dapat menggunakan kertas amplas dengan nomor 120. Gosokkan amplas pada semua bagian kayu tanpa ada yang terlewat. Pastikan kayu rata dan juga halus. Jangan lupa gunakan masker untuk melindungi pernapasan anda dari debu yang berterbangan. Lap dengan kain jika pengamplasan sudah selesai.

Tahap Pengamplasan Untuk Finishing Duco Water Based
  1. Tutup pori-pori kayu

Setelah proses pengamplasan pertama selesai, maka tutup pori-pori kayu sebelum dicat menggunakan dempul kayu untuk cat duco dengan menggunakan kape secara merata pada seluruh bagian kayu atau mebel Anda. Pastikan tidak ada bagian pori-pori kayu yang masih terbuka. Perhatikan dan oleskan secara teliti agar semua pori-pori kayu terlihat dan tertutup dengan sempurna. Tunggu sampai pori-pori kayu mengering. Hal ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam sampai kape benar-benar kering.

Setelah benar-benar kering maka lakukan pengamplasan kembali. Hal ini dapat anda lakukan secara manual dengan menggunakan amplas. Gosokkan dengan perlahan pada semua bagian kayu sampai rata. Pastikan tidak ada bagian kayu yang masih bergelombang. Apabila ada bagian kayu yang bergelombang atau tidak rata, maka ulangi proses pengamplasan dengan cara menekan lebih kuat amplasnya. Lap dengan kain apabila semua bagian sudah rata.

  1. Semprot dengan primer coat

Langkah selanjutnya adalah menutup pori-pori kayu kembali dengan menggunakan primer coat. Hal ini ditujukan agar hasil finishing kayu lebih bagus dan juga sempurna. Lapisan primer coat ini akan memudahkan anda untuk mendapatkan hasil warna yang maksimal di lapisan duco-nya.

Semprot Dengan Primer Coat Untuk Finishing Duco Water Based
  1. Penyemprotan cat duco

Apabila penyemprotan primer coat sudah selesai dan benar-benar kering, maka anda dapat menyiapkan wadah untuk melakukan penyemprotan dengan cat duco. Pilih warna yang sesuai dengan selera anda. Ambil alat penyemprot cat duco dan semprotkan pada seluruh bagian mebel tanpa ada yang terlewat. Biarkan sampai mengering. Ulangi pengecatan apabila ada bagian yang belum rata.

  1. Tahap akhir

Untuk tahap akhirnya yaitu dengan melapisi mebel atau kayu anda dengan menggunakan clear gloss pada seluruh bagian kayu agar kayu atau mebel anda tampak lebih glossy dan menyala. Tunggu hingga kering, kira-kira satu jam. Setelah kering, amplas ringan dan ulangi langkah terakhir ini agar hasilnya lebih maksimal.

baca juga : cara mengecat pintu kayu baru menggunakan cat water based

Itulah tips finishing kayu menggunakan cat duco untuk menghasilkan hasil finishing warna solid yang halus. Pastikan untuk memilih bahan cat yang aman untuk Anda dan keluarga, termasuk aman untuk lingkungan. Menggunakan cat duco water based bisa menjadi pilihan tersendiri yang tepat untuk saat ini. Selamat mencoba.

Produk Cat Duco Terbaik untuk Permukaan Kayu Halus

Aplikasi dengan alat semprot seperti spray gun mampu menjamin tingkat kehalusan selama Anda menggunakan teknik yang benar. Namun bukan hanya teknik saja yang berpengaruh tetapi juga produk yang digunakan. 

Seperti yang disarankan, bahwa cat duco water based adalah bahan finishing yang menjanjikan hasil lebih baik. Salah satu produk cat duco berpelarut air yang sangat direkomendasikan tidak lain adalah Bioduco. 

Kelengkapan produk ini dengan semua rangkaian finishing warna solid tidak perlu Anda ragukan lagi. Karena mulai dari dempul hingga top coat semua tersedia. Jadi Anda tidak perlu lagi mencari manakah produk cat duco yang sebaiknya digunakan. 

Ada beberapa alasan mengapa Bioduco sebaiknya Anda pilih selain memberikan tampilan yang halus dan bahan pelarut air. Yang artinya produk ini aman digunakan dan ramah lingkungan. Berikut ini beberapa keuntungan yang akan didapatkan oleh Anda sebagai pelaku finishing warna solid. 

Daya tutup yang sangat baik

Kebanyakan cat duco memiliki kelemahan dari segi daya tutupnya. Ketika Anda langsung aplikasi cat duco bahkan tanpa primer warna serat kayu masih terlihat. Untuk mengatasinya Anda bahkan harus mengaplikasikan empat sampai lima coating. 

Hal ini tidak akan Anda dapatkan jika menggunakan Bioduco. Karena daya tutupnya yang sangat baik akan menghilangkan warna kayu dan seratnya. Yang akan Anda dapatkan adalah benar-benar warna baru yang solid. 

Menyediakan juga produk chalk paint

Selain cat duco, apabila Anda ingin mendapatkan warna solid yang ke arah pastel atau warna soft, sebaiknya pilih Bioduco chalk paint. Warna ini akan membawa furnitur Anda jadi lebih berkesan vintage atau shabby chic. Tentu saja dengan warna chalk paint yang menutup warna asli kayu. 

Bioduco chalk paint sendiri sebenarnya adalah primer hanya saja memiliki warna yang lembut. Jadi Anda akan lebih praktis menggunakannya karena tidak perlu tambahan primer. Cukup chalk paint saja dan top coat untuk mencapai warna yang diinginkan. 

Bisa juga diaplikasikan dengan kuas

Kebanyakan pabrikan cat duco hanya menyarankan produknya untuk diaplikasikan menggunakan alat semprot saja. Kali ini tidak, karena bagi Anda yang masih pemula juga bisa mengaplikasikan Bioduco series menggunakan kuas. 

Cukup siapkan kuas dengan bahan nilon dan kuaskan cat merata ke seluruh permukaan kayu. Tarikan kuasnya yang ringan akan mempercepat pekerjaan. Selain itu hasilnya juga lebih halus dan tidak meninggalkan brush mark

Top coat yang mengandung bahan anti jamur

Kelebihan lainnya yang akan Anda dapatkan adalah dari rangkaian aplikasi, Bioduco top coat sebagai pelindungnya memiliki kandungan bahan anti jamur. Anda yang menggunakan furnitur untuk luar ruangan tidak perlu takut bahwa furnitur atau coating akan rusak karena jamur. 

Bahkan jika nantinya furnitur kayu akan lebih sering terkena sinar uv atau perubahan cuaca, warna dari cat duco akan bertahan. Hal ini disebabkan perlindungan yang diberikan dari top coat sangat kuat sehingga tak perlu lagi ragu untuk menggunakannya. 

Menyediakan banyak pilihan warna

Apa yang menarik ketika memilih cat tentu saja soal warna. Semakin banyak pilihan warna tentu lebih menarik, terkadang warna juga sering membuat bingung. Tapi di produk Bioduco ada dua pilihan warna yaitu solid dan metalic. 

Ada 24 pilihan warna solid dan metalic yang bisa Anda pilih. Untuk memilih dengan mudah, Anda bisa menyesuaikan dengan tema furnitur atau desain interior ruangan. Pastikan bahwa Anda sudah mengetahui hasil warnanya pada kayu sebelum menggunakannya. 

Untuk mendapatkan warna cat duco terbaik, tentu Anda harus menggunakan produk berkualitas. Bioduco series bisa Anda dapatkan melalui beberapa link berikut ini:

  1.  https://www.tokopedia.com/bioindustries 
  2. https://shopee.co.id/biovarnish.official 
  3. https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Artikel "Life Style"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH