Tips Aplikasi Sanding Sealer Water Based yang Tepat Sesuai Alatnya

Ingin menggunakan sanding sealer water based? Sudah mengetahui bagaimana cara yang tepat? Mengenal karakteristik sanding sealer water based terlebih dahulu akan membantu Anda agar dapat mengaplikasikannya dengan tepat.

Sanding sealer water based berbeda dengan sanding sealer solvent. Jika Anda akan menemukan bau yang menyengat dari sanding sealer solvent, Anda tidak akan menemukannya pada sanding sealer water based.

Selain memahami karakteristik sanding sealer Anda juga harus mengenal karakteristik dari kayu. Jenis kayu apakah yang akan Anda finishing pasti memiliki ukuran pori kayu yang berbeda. Inilah yang harus Anda perhatikan.

Pori kayu perlu diberikan sanding sealer untuk dikunci agar minyak kayu tidak naik dan hasil finishingnya merata. Mendapatkan hasil finishing yang maksimal harus menggunakan persiapan yang tepat.

Karakteristik Sanding Sealer Water Based

Sanding sealer apapun bahan pembuat dan bahan pelarutnya termasuk cat dasar kayu. Cat sealer ini berfungsi untuk menutup pori kayu sehingga minyak kayu tidak naik dan pori kayu tidak lagi menyerap kelembaban.

Cat dasar kayu sanding sealer berbentuk cairan dengan warna transparan. Hasil finishing ini akan memperkuat lapisan di bawah dan di atasnya. Anda dapat menggunakannya sebagai lapisan antar cat seperti wood stain dan juga clear coat.

Sanding sealer water based memiliki karakter yang berbeda dari sanding sealer konvensional. Mengenal karakter ini akan memudahkan Anda untuk proses aplikasi yang maksimal.

  • Proses kering

Selesai diaplikasikan, furniture kayu atau olahan kayu akan melalui proses pengeringan. Prosesnya tidak membutuhkan panas matahari karena bahan pelarut air tidak akan menguap sempurna jika terkena panas.

Tips Aplikasi Sanding Sealer Water Based Yang Tepat

Panas akan mempercepat penguapan sehingga hasil keringnya tidak maksimal. Ketika masuk prose spengeringan Anda hanya perlu melakukan penjemuran di dalam ruangan dengan suhu ruangan normal.

Adanya sirkulasi udara yang baik adalah kunci keberhasilan utama. Ketika suhu udara normal dengan sirkulasi udara yang baik maka sanding sealer akan mengering dengan lebih cepat.

  • Proses aplikasi

Pada saat mengaplikasikan Anda bisa menggunakan berbagai macam alat. Sanding sealer water based pada umumnya memiliki tingkat adhesi yang sangat baik. Mereka tidak akan mudah mengelupas dan akan langsung meresap pada pori kayu dan menutupnya dengan sempurna.

Tips Aplikasi Sanding Sealer Water Based Yang Tepat

Tingkat adhesi yang terbaik bisa didapatkan jika Anda mengaplikasikannya dengan spray gun. Gunakan teknik cross spray agar seluruh pori kayu menutup. Hasilnya lebih merata dibandingkan Anda menggunakan kuas, teknik wiping atau roll.

  • Bahan pelarut air

Tidak ada bahan pelarut khusus lainnya yang perlu Anda gunakan. Anda hanya perlu

menggunakan air yang memiliki PH kurang lebih 7. Air adalah bahan yang mudah didapatkan bahkan Anda tidak perlu membayar dengan harga yang mahal.

Inilah alasan mengapa sanding sealer water based lebih murah daripada sanding sealer konvensional.

  • Warna transparan

Satu lagi karakteristik dari sanding sealer water based adalah memiliki warna transparan yang tahan lama. Ini adalah suatu keuntungan yang perlu Anda manfaatkan untuk mempertajam warna kayu.

Ada dua hasil finishing berbeda yang bisa Anda dapatkan yaitu hasil finishing dengan wood stain atau finishing langsung dengan clear coat. Keduanya akan memberikan hasil berbeda dengan warna transparan yang tahan lama.

Persiapan Kayu yang Benar Sebelum Aplikasi

Satu lagi tips yang perlu Anda perhatikan pada saat akan melakukan finishing. Persiapan adalah faktor yang sangat menentukan apakah sanding sealer akan melekat dengan baik atau tidak.

Persiapan material kayu dan serat alam lainya harus sangat diperhatikan karena Anda akan menghasilkan finishing yang rata dan halus. Ada beberapa persiapan yang harus diperhatikan yaitu sebagai berikut ini.

  • Pengamplasan

Mengamplas tentu perlu teknik tersendiri, Anda bisa mempelajarinya dan menyesuaikan dengan permukaan kayu. Mengamplas adalah salah satu bagian penting untuk memastikan permukaan rata sebelum diberikan sanding sealer.

Tips Aplikasi Sanding Sealer Water Based Yang Tepat

Permukaan kayu yang masih kasar dan memiliki bulu-bulu akan membuat sanding sealer tidak dapat masuk ke dalam pori kayu. Selain itu pengamplasan juga akan membuka dan membuat goresan yang memudahkan tingkat adhesi dari sanding sealer.

  • Membersihkan debu amplas

Apabila proses pengamplasan sudah selesai, jangan lupa untuk membersihkan debu amplas. Ketika pengamplasan selesai maka Anda harus mengambil debu hingga yang masuk ke dalam pori kayu.

Pada bagian ini Anda bisa membersihkan menggunakan berbagai macam cara, mulai dari dengan vakum cleaner, dengan kain microfiber. Jika Anda akan menggunakan microfiber yang telah dibasahi pastikan kayu akan kering sebelum dilapisi sanding sealer.

  • Persiapan ruangan

Selain material kayu, persiapkan juga ruangan yang akan digunakan untuk finishing. Apakah Anda sudah membuat ruangan yang bersih dan bebas debu? Kotoran sangat mudah untuk menempel pada sanding sealer yang masih basah.

Pastikan Anda tidak mengecat dalam kondisi ruangan yang berangin dan membawa debu atau kotoran. Agar Anda bisa mengecat dengan nyaman pastikan lampu menyala dengan tingkat terang yang sesuai.

  • Bersihkan aplikator

Apakah alat yang akan Anda gunakan untuk mengecat? Jika Anda akan menggunakan kuas maka pastikan kuas terbuat dari bahan nilon atau busa. Sebaiknya gunakan kuas yang baru dan pilihlah kuas yang mahal agar sapuannya tidak membekas.

Jika Anda akan menggunakan spray gun pastikan tidak ada bagian yang tersumbat. Spray gun harus memiliki tekanan udara yang tepat dan mengeluarkan lapisan cat yang sesuai. Atur jarak menyemprot agar cat yang keluar tidak kurang atau berlebihan.

Produk Sanding Sealer Water Based yang Wajib Digunakan

Jika Anda ingin mendapatkan hasil finishing yang lebih baik lagi, maka gunakan produk yang sesuai. Produk ini perlu Anda gunakan agar lapisan cat tidak mudah mengelupas dan tidak tahan lama.

Produk yang terbaik tentu dibuat dengan formula yang tepat. Di sini Anda bisa menggunakan sanding sealer Biovarnish. Produk ini adalah sanding sealer water based buatan dalam negeri yang bisa Anda dapatkan dengan mudah.

baca juga : spray gun terbaik untuk aplikasi sanding sealer

Sanding sealer Biovarnish dapat diaplikasikan pada furniture outdoor atau indoor sesuai kebutuhan. Ketahanannya terhadap panas dan perubahan cuaca yang lain akan membuat proteksi yang tinggi pada furniture.

Cara aplikasi menggunakan spray dijamin memberikan hasil finishing yang rata dan halus. Anda bisa mengaplikasikannya dalam kondisi suhu ruangan normal dan di kala hujan. Cat ini mudah mengering sehingga mempersingkat proses finishing Anda.

telah banyak yang menggunakan Biovarnish sanding sealer ini mulai dari tingkat pabrikan furniture ekspor atau DIY. Jika Anda ingin mendapatkan hasil finishing yang lebih terbaik lagi gunakan satu seri produk Biovarnish.

Memulai dari wood putty, sanding sealer, wood stain dan top coat bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Lapisan film yang dibentuk dari keempat produk water based tersebut akan membuat perlindungan yang kuat dan tahan lama hingga beberapa tahun ke depan.

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH