Cara Praktis Mengecat dan Merawat Kayu Sengon Hanya dengan Pernis

Pemilik furniture kayu sengon, apakah Anda sudah mengetahui bagaimana cara praktis mengecat serta perawatan pada furniture di rumah? Kayu sengon banyak dipilih sebagai pengganti jenis kayu lunak lainnya seperti kayu sungkai, kayu jati belanda dan juga kayu pinus.

Kayu sengon memiliki karakteristik yang berbeda daripada kayu lainnya. Kayu sengon juga dikenal memberikan banyak keuntungan dalam bidang investasi. Bagi Anda yang ingin membudidayakan kayu sengon, akan ada banyak penghasilan yang diberikan dari kayu ini.

Kayu sengon adalah jenis kayu yang banyak ditemui di Indonesia khususnya di pulau Jawa. Lahan yang digunakan untuk menanam biasanya milik individu atau kelompok. Masa tanam dari kayu sengon sangat cepat bila dibandingkan dengan jenis kayu yang lainnya. Hanya butuh 5 tahun untuk pohon memasuki masa panen.

Kemudahan pertumbuhan dari pohon sengon yang menjadi salah satu keuntungan dibandingkan menanam jenis pohon lainnya. Kebanyakan kayu sengon akan diolah menjadi kayu lapis (plywood) dan juga triplek. Di Indonesia terdapat puluhan pabrik kayu lapis yang membutuhkan pasokan dari kayu sengon sehingga jika kayu ini dijadikan sebagai bahan investasi akan sangat menguntungkan.

Selain menjadi bahan baku kayu buatan, kayu sengon juga banyak digunakan sebagai bahan furniture. Kayu sengon yang digunakan sebagai furniture hanyalah digunakan di dalam ruangan. Tergolong sebagai kayu lunak membuat kayu sengon tidak kuat terhadap cuaca terutama hujan.

Cara Praktis Mengecat Dan Merawat Kayu Sengon

Pori kayu sengon yang berukuran cukup besar membuat penyerapan terhadap air cukup tinggi. Jadi ketika hujan muncul kayu sengon akan menyimpan kadar air berlebih. Membuat kayu lembab, berjamur dan didatangi oleh rayap.

Furniture dari kayu sengon yang akan digunakan di dalam ruangan, membutuhkan pengecatan dan perawatan yang tepat. Seringkali pengecatan furniture kayu sengon dianggap sulit dan juga lama. Dibutuhkan cara praktis untuk para DIY agar dapat melakukan pengecatan sendiri di rumah.

Apa saja cara praktis yang digunakan untuk mengecat furniture kayu sengon lalu bagaimana dengan perawatannya? Anda bisa menyimaknya dalam artikel ini.

Cara Merawat Kayu Sengon Agar Tahan Lama

Furniture kayu sengon yang tidak diberikan bahan khusus anti rayap dan anti jamur kebanyakan akan tidak bertahan lama. Bahkan walaupun Anda telah meletakkannya di dalam ruangan. Furniture tetap membutuhkan obat yang akan mengusir jamur dan juga rayap untuk datang.

Cara perawatan kayu sengon terhadap rayap dilakukan tepat sebelum proses finishing atau pengecatan dilakukan. Gunanya untuk membuat obat terserap ke dalam substrat kayu dan bekerja dari dalam. Sehingga ketika rayap datang dan akan bersarang ke dalam substrat kayu akan segera mati.

Ada berbagai macam obat anti rayap yang bisa Anda gunakan salah satunya obat anti rayap water based. Obat ini cukup mudah untuk digunakan maka disarankan untuk para pengguna DIY. Cara menggunakannya adalah siapkan furniture kayu sengon kemudian amplas dan bersihkan dari debu atau kotoran yang menempel.

Setelah permukaan kayu bersih, siapkan obat anti rayap yang sudah Anda beli. Campurkan obat dengan air dalam wadah bersih dan aduk. Gunakan takaran sesuai dengan aturan pakai. Lalu kuaskan seluruh larutan ke permukaan kayu sengon hingga merata. Jika sebelumnya kayu sengon memiliki banyak rayap, Anda bisa merendamnya dengan larutan selama 2 jam.

Jika direndam maka rayap di dalam kayu akan mati, teknik ini biasanya banyak digunakan oleh kayu sengon yang akan dikeringkan setelah masa tebang selesai. Setelah itu jemur furniture kayu sengon, jemur hingga kayu menjadi kering dan obat benar-benar merasuk ke dalam kayu.

Apabila tahapan ini sudah selesai, bisa langsung dilakukan maka bisa langsung beralih pada proses pengecatan.

Mengecat Kayu Sengon dengan Praktis

Apakah cara-cara yang membuat pengecatan furniture kayu sengon menjadi praktis? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan membuat proses pengecatan menjadi mudah yakni sebagai berikut ini:

      • Penggunaan alat kuas menjadi langkah praktis yang pertama. Anda tidak perlu mencari alat yang sulit seperti spray dan kompresor. Bahkan alat kuas banyak digunakan oleh para pengecat pemula dan hasilnya pun memuaskan.
    • Cat water based adalah pilihan tepat sebagai pengganti cat solvent. Anda tidak perlu bingung dengan masalah bahan pelarut berupa thinner. Cukup menggunakan air sebagai pelarut dan bahan pelarut ini tidak akan mengeluarkan banyak efek negatif di udara.

Cermati kedua syarat di atas agar Anda bisa mengecat dengan cara yang praktis.

Cara Praktis Mengecat Dan Merawat Kayu Sengon

Kini ada banyak jenis cat yang ditawarkan agar Anda bisa mengecat menggunakan kuas dengan hasil yang maksimal. Produk ini adalah cat water based merk Biovarnish. Produk lengkap dengan wood filler, wood stain dan juga clear coat akan membuat furniture kayu sengon lebih terlindungi dan memiliki penampilan yang menarik.

Lebih jelasnya, langsung saja mengikuti langkah mudah aplikasi Biovarnish berikut ini pada furniture kayu sengon di rumah.

      1. Siapkan furniture kayu sengon. Pastikan setelah aplikasi obat anti rayap kayu sudah bersih dan kering. Lakukan pengamplasan ulang dengan amplas 220. Bersihkan debu amplas sesudahnya.
      1. Aplikasikan Biovarnish wood filler bisa menggunakan warna ramin atau sungkai untuk hasil warna terang. Proses aplikasinya cukup diratakan menggunakan pisau palet. Tunggu wood filler kering sekitar 20 menit lanjutkan dengan mengamplas. Gunakan amplas 240 hingga warna kayu dan serat terlihat.
      1. Pewarnaan kayu sengon bisa menggunakan Biovarnish wood stain candy brown atau warna yellow teak. Campurkan wood stain dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air dan aduk rata. Mulai ratakan cat dengan kuas busa ke seluruh permukaan searah serat kayu. Tunggu wood stain mengering sekitar 60 menit. Baru lanjutkan dengan pengamplasan ambang menggunakan amplas 400.
    1. Lapisan akhir menggunakan Biovarnish clear coat. Lapisan yang terbentuk ini akan menjadi lapisan pelindung pertama yang tahan terhadap kelembaban dan juga panas matahari. Lakukan pelarutan clear coat dengan air perbandingan 2:1. Aduk merata lalu kuaskan ke seluruh permukaan kayu sengon. Pastikan merata searah serat kayu. Clear coat akan mengering setelah didiamkan semalam atau 24 jam.

Perlindungan yang diberikan oleh clear coat sendiri akan bertahan dengan ditambah bahan obat anti jamur permukaan.

Bahan obat anti jamur permukaan merupakan perawatan tambahan yang digunakan untuk memperkuat lapisan clear coat. Jika Anda ingin menggunakannya pilih obat anti jamur yang terbuat dari air. Obat akan cocok digunakan bersamaan dengan cat water based.

Hasilnya kekuatan lapisan cat akan bertambah terhadap serangan dari jamur permukaan. Jamur ini biasanya sering tumbuh pada area lembab. Misalnya saja Anda akan meletakan furniture pada ruangan kamar mandi yang basah atau dapur. Tambahan obat anti jamur akan menghalau datangnya jamur permukaan berwarna putih atau hitam.

Ketika kayu sengon lebih terlindungi dari jamur permukaan maka kerusakan yang ditimbulkan dari jamur akan berkurang. Anda tidak perlu khawatir akan timbulnya kerusakan atau pelapukan yang diakibatkan oleh jamur permukaan.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH