Cara Finishing Kayu Menggunakan Melamin

Finishing kayu bisa dilakukan dengan berbagai cara dan berbagai bahan finishing. Bagaimanakah cara finishing kayu menggunakan melamin?

Finishing adalah proses paling akhir dari pekerjaan produksi mebel atau furniture. Tujuannya adalah agar kayu atau mebel anda menjadi lebih awet dan tampilannya lebih menarik. Salah satu cara untuk finishing pada kayu adalah dengan menggunakan  melamin.

Melamin merupakan bahan cair yang dapat membuat mebel menjadi lebih cantik dan juga mengkilap. Pengerjaan dengan melamin ini akan menghasilkan lapisan finishing dengan warna transparan yang mengkilat. Bagaimana cara finishing kayu menggunakan melamin? Simak cara mudah berikut ini.

Inilah Cara Finishing Kayu Menggunakan Melamin

  1. Siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan

Bahan dan juga alat finishing kayu yang anda butuhkan diantaranya adalah kain, amplas, dempul, sanding sealer, clear off, thinner, kertas bekas, masker dan wadah. Jangan lupa siapkan kuas dengan dua ukuran yang berbeda, satu dengan ukuran yang sedang dan yang satunya dengan ukuran yang kecil untuk menjangkau bagian yang sulit.

  1. Lapisi komponen yang tidak akan dicat

Untuk melindungi cat akhir dari menetes ataupun menempel pada bagian yang tidak diinginkan, maka sebaiknya tutupi bagian dari mebel atau kayu yang tidak perlu dicat, seperti bagian gagang lemari, kaca, engsel dan yang lainnya dengan menggunakan plastik atau kertas bekas. Lapisi juga bagian bawah mebel atau kayu tempat dimana anda akan mengecat agar cat atau melamin tidak mengotori bagian lantai.

  1. Haluskan permukaan kayu
Cara Finishing Kayu Menggunakan Melamin - Pengamplasan Waterbasecoating.com

Proses pertama yang harus anda lakukan adalah menghaluskan semua bagian kayu atau mebel anda dengan cara mengamplasnya. Gunakan amplas kertas dengan nomor 150, kemudian gosokkan pada seluruh bagian kayu atau mebelnya. Pastikan tidak ada bagian kayu yang terlewat. Gosokkan dengan teliti pada semua bagian kayu sampai kayu atau mebel anda benar-benar rata. Apabila ada bagian yang bergelombang, maka ulangi pengamplasan denga menekan kuat pada bagian tersebut. Lap dengan kain apabila pengamplasan sudah selesai.

  1. Gunakan dempul

Langkah selanjutnya adalah pendempulan. Gunakan kape untuk mendempul semua bagian kayu. Hal ini dilakukan agar pori-pori kayu tertutup. Setelah proses pendempulan selesai dan kering, maka lakukan proses pengamplasan yang kedua. Anda dapat menggunakan amplas dengan nomor 130 lalu gosokkan pada seluruh bagian kayu dengan perlahan dan merata. Pastikan tidak ada bagian kayu yang terlewat. Gosok dengan cara menekan pada kayu agar kayu anda menjadi lebih rata dan tidak bergelombang.

  1. Aplikasikan sanding sealer

Agar cat melamin anda menempel lebih kuat, maka gunakan sanding sealer kayu atau cat dasar. Selain digunakan untuk menguatkan melaminnya, sanding sealer juga digunakan untuk melindungi bagian kayunya. Untuk proses sealer ini dapat menggunakan hardener agar kayu atau mebelnya lebih cepat mengering. Setelah benar-benar kering maka lakukan pengamplasan yang ketiga. Gunakan amplas kertas dengan nomor 40. Gosokkan kembali amplas tersebut pada semua bagian kayu tanpa ada yang terlewat. Pastikan semua bagian kayu telah rata dan juga halus. Lap dengan menggunakan kain bersih agar tidak ada debu yang menempel lagi pada kayunya.

  1. Gunakan clear melamin
Cara Finishing Kayu Menggunakan Melamin - Ngunakan Clear Coat Waterbasecoating.com

Langkah terakhir adalah menggunakan clear atau melamin. Siapkan wadah yang tepat untuk mengencerkan melamin ini dengan bahan thinner. Apabila sudah tercampur maka aplikasikan pada seluruh bagian mebel atau kayu anda tanpa ada bagian yang terlewat. Gunakan kuas dengan ukuran yang sedang untuk melapisi kayu anda dengan melamin ini. Kuas kecil dapat anda gunakan untuk menjangkau bagian kayu yang sulit. Pastikan cuaca panas ketika anda mengaplikasikan melamin agar lebih cepat mengering dan mengkilap.

baca juga : cara finishing cat duco pada kayu

Finishing menggunakan melamin memang mampu menghasilkan hasil finishing yang nampak sangat glossy. Namun, ada yang perlu diwaspadai dari bahan finishing yang satu ini, yaitu bahan kimia berbahaya termasuk zat-zat kimia mudah menguap yang bisa membahayakan orang yang menghirup.

Cara Finishing Kayu Menggunakan Melamin - Gunakan Cat Ramah Lingkungan Waterbasecoating.com

Perlu dipertimbangkan kembali untuk menggunakan bahan ini, apalagi jika di rumah Anda ada anggota keluarga yang lebih rentan, seperti anak kecil atau orang tua. Karena mereka akan merasakan dampaknya lebih berat dibanding lainnya yang memiliki daya tahan tubuh lebih kuat.

Sudah saatnya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan bahan finishing yang relatif lebih aman seperti cat water based. Secara hasil, cat water based tak kalah berkualitas dibanding melamin. Memang hasilnya tidak semengkilat melamin, tapi ada banyak benefit lainnya yang bisa Anda dapatkan dari cat water based. Jangan khawatir, produk cat water based saat ini juga mudah untuk didapatkan. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel kami yang membahas tentang “cara membuat dempul kayu water based“.

Artikel "Life Style"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.