Apakah Tepat Memilih Finishing Kayu Doff untuk Lantai? Ini Alasannya

Apakah tampilan pada lantai kayu yang harus saya pilih? Pernahkah Anda menanyakan pertanyaan tersebut sebelum melakukan finishing pada lantai? Semua orang yang akan melakukan finishing seringkali menanyakan hasil akhir seperti apakah yang diinginkan?

Tidak hanya itu saja, apakah bahan finishing yang digunakan nantinya akan mencapai ekspektasi dari si pembuat? Banyak yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan finishing mulai dari hasil akhir, bahan finishing dan juga teknik aplikasi.

Pada langkah pertama yaitu hasil akhir yang diinginkan Anda harus mem[ertimbangkan hasil akhir apa yang diinginkan. Begitu banyak pilihan warna sekaligus tampilan akhirnya. Warna untuk lantai kayu yang paling banyak dipilih adalah warna natural.

Warna natural pada lantai kayu akan membawa kesegaran dan kesan alami dalam rumah. Kayu yang digunakanlah bukan kayu sembarnagan dan biasanya memiliki warna serat serat kayu yang menarik.

Warna kayu asli dan serat kayu perlu diperlihatkan, dengan begitu lantai kayu akan tampak lebih indah. Langkah kedua yaitu menentukan tampilan akhir. Setelah rampung diberikan warna, lantai kayu akan dilapisi dengan top coat.

Lapisan top coat pada lantai memiliki banyak varian tingkat kilap atau yang disebut sebagai sheen level. Jika kita memperhatikan finishing pada furniture, pantulan cahaya yang terkena mata seringkali bervariasi bisa tinggi bisa rendah. Inilah yang disebut dengan sheen level.

Sheen level yang tinggi bisa memantulkan cahaya ke mata sangat silau sedangkan yang rendah bisa memperlihatkan kayu seolah-olah tidak di finishing. Pantulan cahaya yang sangat rendah disebut dengan doff.

Finishing kayu doff pada furniture sangatlah menarik karena kayu akan terlihat sangat natural. Jika Anda ingin mengejar hasil finishing yang sangat natural, apakah finishing kayu dengan coating doff cocok digunakan untuk lantai? Apakah pada sheen level lain yang seharusnya digunakan untuk finishing lantai? Temukan jawabannya di sini.

Sheen Level pada Lapisan Top Coat

Melakukan finishing pada lantai kayu berbeda dengan finishing pada furniture kayu. Anda perlu memperhatikan banyak aspek khususnya pada aspek mudah tergores. Banyak ukuran sheen level yang bisa diaplikasikan pada lantai kayu namun belum tentu semuanya cocok.

Apakah Tepat Memilih Finishing Kayu Doff Untuk Lantai?

Apa saja sheen level yang bisa dipilih dan apakah tampilan doff cocok untuk diaplikasikan? Berikut ini beberapa penjelasan mengenai tingkatan sheen level.

  • Semi Gloss

Sheen level yang pertama adalah Semi Gloss, yang biasanya antara 45-55% tingkat kilaunya. Ada tingkat gloss yang lebih tinggi (Gloss) yang bahkan lebih reflektif, tetapi gloss kurang dan kurang populer.

Secara umum diyakini bahwa gloss yang lebih tinggi sama dengan daya tahan yang lebih tinggi, ini belum tentu benar. Bahkan, tingkat kemilau yang lebih tinggi jauh lebih buruk, terutama di daerah yang sering digunakan.

Semakin tinggi kilapnya, semakin mudah untuk melihat kotoran dan kotoran, atau bahkan goresan atau penyok, terutama pada noda berwarna lebih gelap. Lapisan semi-gloss di lantai cenderung mengudara di sisi desain ultra modern, dan bekerja dengan baik di ruang yang bersih dan bergaya atau tempat-tempat di mana mungkin ada air di dekatnya, seperti dapur atau ruang makan formal.

  • Satin

Satin adalah sheen level paling populer, sekitar 35-40% karena merupakan media antara memiliki kilau, yang lebih sesuai dengan latar klasik atau formal, dan kemudahan perawatan yang ditawarkan.

Hasil finishing kayu ini cenderung memberikan tampilan kayu baru lebih lama dari hasil akhir lainnya karena tidak memantulkan cahaya secara langsung, melainkan menyebarkannya secara merata. Oleh karena itu, ini tidak menunjukkan setiap goresan dan ketidaksempurnaan seperti halnya Semi Gloss.

Tingkat kemilau ini memiliki efek netral keseluruhan pada ruang tempat ia digunakan. Satin tidak akan memantulkan terlalu banyak cahaya, membuatnya mudah untuk digunakan sebagai latar belakang dekorasi interior apapun yang akan ada di ruang.

  • Matte

Finishing Matte biasanya di sekitar 10-25% gloss. Sempurna untuk kamar anak-anak atau daerah dengan lalu lintas tinggi, lantai yang sudah jadi matte akan lebih mampu menyembunyikan goresan debu atau benda tajam.

Kualitas ini membuat pemeliharaan untuk lantai matte sangat rendah. Hasil akhir matte telah menjadi sangat populer dan berfungsi baik di ruang yang lebih santai, atau bertema country. Finishing matte juga merupakan cara yang sangat baik untuk mencapai kecanggihan kasual lantai bergaya Skandinavia, tampilan yang sangat populer di Eropa.

Jika Anda menginginkan lantai yang akan tetap baru terlihat lebih lama, mudah dibersihkan, dan juga mudah dirawat, maka pertimbangkan menggunakan finishing matte untuk lantai Anda.

  • Doff

Finishing doff memasuki sheen level di bawah angka 10%, tampilannya sangat kusam dan tidak dapat memantulkan cahaya. Anda sangat mudah menimbulkan goresan di atas kayu dengan finishing doff.

Doff dapat dikatakan memiliki kelemahan yang sama seperti finishing high gloss. Lantai kayu yang di finishing dengan cara ini sangat mudah untuk terkena kotoran. Bahkan debu akan sangat mudah menggores permukaannya.

Dilihat dari kelemahan cat ini maka sangat tidak disarankan bagi Anda untuk menggunakannya pada lantai kayu. Anda bisa menggunakan finishing semi gloss, satin atau matte tetapi tidak dengan doff.

Finishing Kayu Doff Cocoknya Digunakan untuk Apa?

Jika lantai kayu tidak cocok menggunakan finishing doff lalu sebaiknya digunakan untuk furniture. Tidak semua furniture digunakan secara rutin. Anda bisa menggunakannya untuk menghiasi ruangan dan memberikan kesan pada furniture yang berbeda.

Banyak sekali jenis furniture yang bisa dilapisi dengan to coat doff. Berikut ini apa jenis furniture kayu apa saja yang sebaiknya menggunakan finishing doff:

  • Nacas

Anda bisa mengaplikasikan finishing doff pada nacas yang berada di samping kanan dan kiri tempat tidur. Nacas tidak digunakan secara rutin, lebih tepatnya berfungsi sebagai furniture penghias ruangan.

Apakah Tepat Memilih Finishing Kayu Doff Untuk Lantai?

Fungsi lainnya adalah untuk meletakkan table lamp dan beberapa aksesoris ruangan seperti pigura foto. Beberapa jenis nacas dilengkapi juga dengan laci. Finishing doff cocok diaplikasikan pada nacas untuk menghias ruang kamar.

  • TV Table

Sama seperti nacas tv table juga memiliki fungsi untuk memberikan keindahan dalam ruangan. Jarang digunakan untuk menampung beban yang berat atau terkena goresan benda tajam. Letaknya di ruang keluarga sangat cocok sebagai penghias ruangan.

Berbagai macam bentuk tv table bisa memanfaatkan lapisan cat dengan sheen level doff. Baik itu warna natural kayu atau warna solid cocok diaplikasikan pada tv table.

  • Rak

Anda memiliki hobi mengoleksi miniatur atau keramik? Rak atau lemari dari kayu yang di finishing dengan clear coat doff akan memberikan tampilan yang elegan. Perpaduan kaca dan doff akan membuat benda yang disimpan menjadi tampak mewah.

Anda tentu akan sering membersihkan koleksi dengan hati-hati sekaligus tempat penyimpanannya. Membuat finishing dengan tampilan doff akan menjadi lebih terjaga dan tahan lama.

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH