Panduan Memilih Cat Finishing Kayu Terbaik untuk Furniture Indoor

Tidak ada yang bisa menyangkal jika cat yang diaplikasikan pada furniture kayu di dalam rumah akan membuat ruangan atau bangunan memiliki penampilan baru. Bahkan mengubah cat saja bisa membuat Anda dilihat renovasi di dalam ruangan. Cat bisa mengubah segalanya.

Cat memiliki warna yang memberikan efek sangat nyata dalam ruangan dengan harga yang sangat murah. Anda tidak perlu membeli furniture baru, mengganti cat dinding hingga mengganti dekorasi ruangan. Belilah cat kayu terbaik untuk furniture indoor dan ganti cat pada furniture lama Anda.

Warna selalu menjadi topik hangat yang tidak ada matinya, pada saat memilih cat kayu ada dua hal yang dipertimbangkan yaitu warna dan tingkat kilap. Keduanya sangat penting karena akan memberikan efek dan hasil yang berbeda.

Warna adalah topik umum yang sudah banyak dikenal, melakukan pengecatan warna agar berhasil tergantung dengan permukaan furniture. Apakah permukaan kayu sudah di amplas dengan benar atau apakah kayu akan diberikan efek rustic agar tampak antik.

Apapun hasilnya pemilihan cat kayu akan mempengaruhi hasilnya finishing furniture kayu di rumah. Dalam artikel ini akan dibahas berbagai macam cara untuk memilih jenis cat finishing kayu terbaik yang bisa Anda gunakan pada segala macam furniture indoor.

Pemilihan Primer, Tingkat Kilau Hingga Efek Cat Kayu

Memilih cat finishing kayu terbaik memang tergantung dari warna, jika Anda ingin mendapatkan kayu memiliki warna solid maka pemilihan primer akan menjadi sangat penting. Selalu persiapkan permukaan kayu sebelum Anda memulai untuk mengecat.

Persiapan yang dilakukan untuk mengecat meliputi memperbaiki cacat lubang pada kayu, pengamplasan permukaan yang rusak dan bersihkan semua kotoran yang melekat pada kayu. Dengan begitu lapisan cat yang ada di atasnya akan menempel pada pori kayu.

Panduan Memilih Cat Finishing Kayu Terbaik Untuk Furniture Indoor

Selanjutnya Anda akan menggunakan primer coat yang merupakan cat dasar kayu. Jika kayu sebelumnya belum pernah dicat dan memiliki warna kayu hingga serat yang gelap maka memberikan warna primer adalah tugas yang berat.

Mengapa? Apabila Anda menggunakan cat primer kayu yang berkualitas buruk maka cat tidak akan menutup warna dan serat kayu secara sempurna. Inilah mengapa Anda harus memilih cat primer yang terbaik. Apa saja syarat dari primer coat yang terbaik? Berikut ini yang harus diperhatikan.

  • Membentuk lapisan keras namun lentur

Kayu adalah material yang mudah retak apabila formula yang diciptakan tidak tepat. Cat yang bagus adalah jenis cat yang dapat menyesuaikan perubahan yang terjadi pada kayu. Walaupun digunakan pada furniture indoor, cat harus tetap lentur. Cat yang digunakan bisa dites terlebih dahulu kekuatannya dengan memberikan suhu dingin kemudian panas. Bisa dilihat apakah terjadi retakan pada cat atau tidak.

  • Daya tutup yang baik

Anda akan mengecat untuk mendapatkan warna solid, syaratnya cat dasar kayu yang digunakan harus menutup dengan baik. Apakah cat yang digunakan memiliki daya tutup baik? Anda bisa melihatnya dari satu atau dua lapisan warna cat dasar kayu yang sudah mengering. Pastikan warna asli kayu dan serat kayu sudah tidak terlihat kembali khususnya pada kayu yang berwarna gelap. Cat yang buruk tidak akan menutup bahkan hingga tiga lapisan lebih.

  • Cat tidak mengandung toxic

Pernahkah Anda mendengar bahwa cat adalah bahaya seperti bom waktu? Di dalam cat terkandung banyak kandungan bahan organik yang merupakan bahan pembuatnya. Kandungan organik ini akan menguap dan menyebarkan toxic ke udara sangat berbahaya bagi furniture indoor.

Pastikan Anda memilih cat primer kayu yang tidak mengandung bahan organik dalam jumlah yang tinggi. Selalu baca berapa banyak kandungan VOC (volatile organic compound) di dalamnya. Sangat disarankan untuk menggunakan cat kayu water based terbaik yang sudah pasti rendah VOC.

  • Anti air, panas dan gores

Pastikan cat kayu yang digunakan memiliki ketahanan yang baik. Walaupun cat digunakan di dalam ruangan namun Anda perlu mencari cat yang tahan terhadap kelembaban, panas dan goresan. Terutama jika menggunakan furniture di area yang basah seperti kamar mandi, ruang cuci pakaian dan dapur.

Memilih Tingkat Kilap Pada Furniture

Sebenarnya pemilihan tingkat kilap ini bisa disesuaikan dengan gaya dan desain ruangan. Apakah Anda suka dengan furniture yang memiliki tingkat kilau tinggi atau tidak juga sesuai dengan selera. Nah apakah tingkat kilap yang akan Anda pilih untuk ruangan? Berikut ini pada beberapa pilihan yang bisa Anda dapatkan.

  • Gloss

Furniture yang memiliki penampilan mengkilap bisa digunakan pada ruangan yang menampilkan gaya modern, gaya kontemporer hingga klasik. Furniture klasik terutama, banyak sekali furniture gloss yang didapatkan karena pada zaman dahulu cat yang digunakan selalu mengkilap tinggi.

Cara Mengecat Triplek Agar Mengkilap Dengan Mudah

Keuntungan yang didapatkan dengan furniture tingkat kilau tinggi adalah mereka lebih tahan goresan. Maka bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan dan anak-anak sangat disarankan untuk menggunakan cat kayu gloss

  • Matte

Di bawah tampilan glossy untuk furniture kayu Anda bisa memilih cat berpenampilan matte. Cat kayu dengan tingkat kilau matte ini akan memperlihatkan furniture kayu yang flat. Berbeda dengan glossy yang lebih tahan gores, finishing matte lebih mudah memperlihatkan goresan.

Furniture yang menggunakan finishing matte ini sangat cantik digunakan pada ruangan yang memiliki gaya modern, futuristik, dan gaya zen yang membutuhkan ketenangan dan bersih.

  • Doff

Terakhir adalah doff, tingkat kilau yang diberikan adalah paling rendah dibandingkan dengan cat kayu yang lainnya. Sheen level yang diberikan adalah 0% dan jarang digunakan. Cat ini sangat mudah terkena goresan jadi furniture yang menggunakannya harus dijaga dan dibersihkan dengan hati-hati.

Bagi Anda yang ingin menggunakan tampilan furniture dengan cat kayu doff bisa merancang gaya seperti kontemporer, skandinavia atau gothic.

Memilih Efek Cat Kayu

Beberapa jenis cat ada yang sudah memberikan efek, namun kebanyakan efek yang diberikan pada furniture menitikberatkan pada teknik aplikasi. Jadi selain cat apabila Anda ingin mendapatkan efek furniture tertentu sebaiknya kuasai teknik finishing.

Ada beberapa teknik dasar yang bisa Anda gunakan dengan alat sederhana untuk memberikan efek tertentu pada furniture sebagai berikut.

  • Rustic

Efek rustic sebagian besar akan memberikan kesan antik. Anda bisa membuatnya hanya dengan berbekal dengan sikat kawat. Sebelum finishing Anda bisa menyikat permukaan kayu searah serat kayu dengan sikat kawat. Maka akan muncul goresan sebelum finishing yang memberikan kesan antik.

  • Driftwood

Apabila Anda ingin mendapatkan kesan antik yang lain maka driftwood adalah pilihan yang tepat. Anda bisa memanfaatkan cat primer dan cat duco. Penggabungan ini tentu harus dengan pelarutan dan pengamplasan yang tepat. Anda bisa melakukan uji coba hingga mendapatkan efek warna yang tepat.

  • Charcoal

Efek furniture dengan warna arang, di tahun 2018 warna ini sempat naik daun dan Anda bisa menciptakannya sendiri. Menggabungkan antara teknik rustic serta aplikasi cat duco dengan campuran yang tepat Anda bisa mendapatkan furniture dengan warna charcoal.

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH