Cat Kayu Anti Rayap Untuk Kusen Yang Paling Dicari

Primadona untuk kusen masih menggunakan bahan dasar kayu. Kayu untuk kusen harus dilindungi oleh cat kayu anti rayap agar tidak cepat rusak.

Metarial kayu merupakan material primadona yang hingga saat ini masih digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Baik itu kebutuhan bangunan maupun kebutuhan pembuatan furniture. Kayu memiliki ciri yang harus diperhatikan. Untuk jenis kayu konstruksi Anda harus melihat apakah jenis kayu tersebut kuat, memiliki ketahanan yang baik dan juga memiliki keawetan yang tinggi jenis kayu untuk konstruksi yang biasanya memenuhi persyaratan tersebut adalah kayu jati, kayu bengkirai, kayu kapur, kayu rasamala, kayu balau, kayu belangeran dan kayu giam. Jenis kayu tersebut memenuhi dari unsur ukuran yang besar sehingga akan mudah untuk dibuat sebagai konstruksi bangunan yang kuat. Kayu tersebut juga memiliki keawetan yang bagus karena rata-rata memiliki kandungan zat yang tidak disukai oleh rayap. Terlebih jika Anda ingin menggunakan kayu tersebut sebagai kusen pintu atau jendela. Kusen harus dibuat sedemikian kuat karena akan digunakan dalam waktu berpuluh-puluh tahun kedepan. Kusen kayu yang sudah jadi harus Anda finishing dengan bahan finishing cat kayu anti jamur, cat kayu anti rayap, cat kayu anti air dan juga cat kayu tahan panas. Kusen kayu yang berada di luar ruangan pasti akan sering tekena kelembapan yang tinggi dan juga panas matahari. Inilah yang membuat kusen cepat rusak bahkan dihinggapi oleh rayap. Maka cat pintu kayu yang bagus akan berperan penting untuk melindungi.

Kusen-pintu-anti-jamur

Jika Anda menginginkan jenis kayu dengan serat yang bagus untuk kusen, Anda bisa menggunakan jenis kayu seperti kayu jati, kayu kelapa, kayu nyatoh, kayu ebony, kayu trambesi, kayu sungkai dan kayu sonokeling. Mengapa kayu jati terdapat dalam jenis kayu kuat dan awet? Kayu jati ini memang memililki kualitas kelas I. Jenis kayu jati paling banyak digunakan tetapi pada saat ini kayu jati sudah mengalami kelangkaan sehingga Anda harus mengeluarkan uang yang sangat banyak untuk menggunakan kayu jati sebagai kusen. Untuk menggantikan kayu jati ini Anda bisa menggunakan kayu bengkirai yang tingkat keawetannya tidak kalah dengan kayu jati. Walaupun keduanya merupakan kayu kelas I tetapi juga membutuhkan perlindungan dari cat kayu anti rayap dan cat kayu anti jamur atau tahan cuaca. Untuk kusen senidiri jangan Anda gunakan jenis kayu lunak seperti kayu pinus karena tentu tidak akan bertahan lama selain itu jenis kayu lunak memang mudah dibentuk tetapi akan cepat lapuk terlebih jika terkena air dan panas terus menerus.

Ciri-Ciri Kusen Yang Dihinggapi Oleh Rayap

Apakah Anda menemukan kusen kayu yang digerogoti oleh rayap? Hal ini sangat sering terjadi karena di awal pembuatan kusen tadi dilapisi oleh cat kayu bagus yang anti rayap. Lalu seperti apakah ciri-ciri kusen yang sudah digerogoti oleh rayap ini? Anda bisa mencermatinya dalam empat ciri berikut ini:

  1. Adanya serbuk kayu yang berserakan. Anda sering menyapu rumah dan mendapati banyak serbuk kayu di lantai. Itu adalah tanda bahwa kusen kayu di rumah Anda sudah digerogoti oleh rayap. Jika serbuk kayu terus menerus keluar maka Anda harus waspada.
  2. Adanya retakan antara cat kusen dan juga tembok. Kusen tidak mungkin terlepas dari dinding kecuali ada sesuatu seperti gempa bumi atau rayap. Jika kusen sudah terlihat terpisah dari dinding dan tidak terjadi gempa bumi maka dapat dipastikan di dalam kusen sudah bersarang rayap yang sangat banyak.
  3. Adanya rayap dari tanah yang merambat ke dinding kusen. Jika Anda menemukan rayap tanah dan menempel pada kusen kayu maka kusen kayu sudah dihinggapi oleh rayap. Mungkin Anda akan membersihkan rayap tersebut karena terlihat tetapi koloni rayap tanah akan membengun lagi hingga menggerogoti kusen sampai habis.
  4. Munculnya suara dari dalam kusen. Jika Anda sering mendengarkan suara di dari lama kusen terutama pada malam hari maka rayap yang bersarang sudah sangat banyak, Anda harus bersiap mana kala kuses rumah tiba-tiba ambruk karena sudah tidak ada kayu dari dalam.

Rayap tidak muncul begitu saja merusak kusen tanpa alasan. Perlu Anda ketahui, kayu adalah makanan utama rayap dan jamurlah yang mengundang rayap untuk bersarang di dalam kusen kayu. Sehingga jika pada awal pembuatan kusen kayu Anda tidak memberikan lapisan finishing dengan cat kayu anti rayap dan cat kayu tahan cuaca maka rayap akan segera muncul merusak kusen kayu.

Atasi Kusen Dengan Cat Kayu Anti Rayap Dan Obat Anti Rayap

Cat Kayu Anti Rayap Untuk Kusen Yang Paling Dicari

Jika Anda sudah mengetahui alasan utama rayap muncul pada kusen kayu maka Anda bisa langsung melakukan pencegahannya dari awal mula pembuatan kusen, Anda harus memberikan lapisan cat kayu anti rayap dan obat anti rayap. Perlindungan ini akan memberikan lapisan luar serta lapisan dari dalam kayu. Anda bisa menggunakan BioCide Insecticide sebelum melakukan finishing. Obat anti rayap ini akan meresap ke dalam kayu membuat rayap tidak suka untuk tinggal di dalamnya. Sedangkan cat kayu anti rayap Anda bisa menggunakan produk Biovarnish. Cat kayu water based ini memiliki kandungan yang tidak disukai oleh rayap sehingga rayap menjadi tidak tertarik untuk merusak kusen kayu. Terdapat tiga produk yang harus Anda gunakan untuk melindungi kusen kayu secara benar yaitu Biovarnish Wood Filler berfungsi sebagai dempul kayu, Biovarnish Wood Stain berfungsi untuk memberikan warna pada kayu, dan juga Biovarnish Clear Coat berfungsi sebagai pernis kayu.

Bahkan dalam proses aplikasinya sangat berbeda dengan pernis kayu pada umumnya yang menggunakan thinner. Anda hanya membutuhkan air sebagai bahan pelarut dan juga diaplikasikan menggunakan kuas saja. Walaupun menggunakan kuas, Biovarnish tidak akan menimbulkan brush mark sehingga untuk penampilannya akan tetap akan terlihat halus dan rapi. Selain itu produk Biovarnish tidak tergantung oleh panas matahari dalam proses keringnya. Biovarnish akan tetapi kering sempurna walaupun tidak Anda jemur pada panas matahari. Berbeda dengan produk cat dengan bahan pelarut thinner, Anda membutuhakan panas matahari agar cat bisa kering sempurna. Jika tidak dijemur maka hasilnya akan muncul warna keputihan pada permukaan menandakan kandungan solvent yang ada di dalam cat tidak menguap dengan sempurna.

Pilihan warna dari produk Biovarnish sendiri sangat bervariasi dan Anda akan mendapatkan warna natural transparan. Sangat cocok bagi Anda yang menggunakan jenis kayu yang memiliki serat kayu menarik. Untuk membeli produk Biovarnish ini Anda bisa datang langsung ke alamat Jalan Ki Sabalanang no. 23 Karangsari, Weru, Cirebon, Jawa Barat. Anda juga bisa menghubungi terlebih dahulu melalui WA di 08122-525-9280 atau telepon di 0291-598992.

Artikel "Based Knowledge"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.