7 Cara Ampuh Membasmi Rayap Furniture dari Bahan Alami sampai Kimia

Apakah Anda sering mendapati rayap di rumah? Banyak ibu rumah tangga yang mengeluh karena mendapatkan rayap pada beberapa furniture kayu mereka. Furniture kayu memang lebih unggul kualitasnya dibandingkan dengan furniture plastik atau besi yang udah melengkung dan berkarat. Selain itu furniture kayu memiliki penampilan yang indah dibandingkan dengan furniture lainnya.

Oleh karena itulah furniture kayu banyak dimiliki namun hanya satu masalah yang sering mengganggu furniture kayu adalah rayap. Kecuali jika Anda membeli furniture dari kayu jati tua yang hasil dan memiliki harga puluhan juta rupiah kebanyakan dari Anda pasti tidak akan mengalami masalah rayap.

Banyak lemari dan kabinet dapur yang rusak akibat masalah dari rayap ini. Jika Anda memiliki masalah ini segera cari solusinya. Tentu tidak ingin rayap merusak furniture kayu yang telah dibeli dalam hitungan bulan bahkan minggu.

Ciri-Ciri Keberadaan Rayap Pada Furniture

Jika Anda menggunakan lemari sebagai tempat penyimpanan makanan maka makanan akan terkontaminasi dengan rayap. Jika Anda menggunakan sebagai tempat penyimpanan buku maka rayap juga akan merusak buku bahkan juga pakaian. Jadi berhati-hatilah jika Anda menemukan tanda-tanda berikut yang berarti rayap ada di furniture.

  1. Adanya bubuk kayu
7 Cara Ampuh Membasmi Rayap Furniture

Pernahkah Anda menemukan bubuk kayu disekitar furniture? Anda sering menyapu bukan dan pasti mengamati keberadaan dari bubuk kayu ini. Ketika terdapat bubuk kayu maka rayap berada dalam furniture. Bubuk kayu adalah perbuatan rayap yang membuat sarang di dalam kayu sehingga mengeluarkan butrian halus dari kayu yang mengotori rumah.

  1. Adanya suara

Pernahkah Anda mencoba untuk mengetuk furniture kayu sebelumnya? Jika Anda curiga terdapat rayap di dalamnya maka Anda bisa mencoba mengetuknya. Keberadaan rayap pada lemari atau furniture lain dapat diketahui jika terdapat suara setelah Anda mengetuknya.

  1. Adanya rayap yang muncul

Ada banyak jenis rayap kayu bentuknya sangat lembut dan akan berjalan di sekitar furniture. Seperti kutu yang ada pada bulu hewan peliharaan. Ketika Anda sedang bersih-bersih rumah dan menemukan rayap di beberapa furniture kayu maka segera lakukan pembasmian rayap.

Hanya dengan ketiga langkah mudah di atas Anda bisa mendeteksi adanya rayap yang sedang merusak furniture. Ketika Anda sudah melihat benar-benar keberadaan rayap ini maka pastikan Anda mengambil langkah tepat.

Cara Membasmi Rayap Kayu dengan Mudah

Keberadaan rayap dari furniture memang tidak pernah disangka namun jika dibiarkan maka rayap akan merusak furniture dan menghabiskannya karena kayu adalah makanan mereka. Nah bagi Anda yang masih kebingungan dengan cara membasmi rayap dengan benar, bisa mengikuti 7 carah efektif berikut ini.

  • Memindahkan furniture

Salah satu alasan mengapa rayap muncul adalah karena Anda meletakan furniture pada ruangan yang lembab. Jika rayap berada pada furniture yang bisa dipindahkan dengan mudah maka pindahkan dengan segera. Rayap tidak suka di tempat yang kering dan beberapa jenis rayap mudah kering karena kondisi udara yang panas. Pindahkah furniture kayu pada area yang terbuka dan panas atau terkena matahari langsung. Tunggu hingga rayap benar-benar hilang dan telur-telur mereka mati.

  • Menghilangkan menggunakan solar

Sama seperti teknik yang digunakan untuk mengawetkan kayu, rayap akan mati jika Anda memberikan kayu solar. Namun Anda harus benar-benar membiarkan solar masuk kedalam pori kayu. Anda bisa menghilangkan lapisan cat paling luar terlebih dahulu kemudian menguaskan solar pada bagian luarnya dan lakukan setiap hari. Lakukan hingga rayap benar-benar hilang.

  • Menggunakan obat khusus anti rayap

Jika Anda merasa bahwa solar adalah material yang sulit didapatkan dan mahal Anda bisa menggantinya dengan obat anti rayap seperti BioCide Insecticide. Bahan ini adalah obat yang dapat menggantikan solar untuk membasmi berbagai macam jenis rayap. Bahkan Anda tidak perlu mengkhawatirkan soal keamanan.

Ada banyak cara yang bisa digunakan baik disuntikan ke dalam kayu atau dioleskan menggunakan kuas seperti aplikasi solar di atas. Syaratnya Anda perlu menghilangkan lapisan cat bagian luar terlebih dahulu. Setelah aplikasi jemur di tempat yang tidak bersentuhan dengan tanah langsung atau diberikan alas terbal dan tunggu hingga rayap mati semua.

  • Menggunakan Larutan Garam

Rayap tidak suka dengan garam, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mengusir mereka. Cukup buatkan larutan air garam kemudian siramkan pada seluruh bagian furniture yang berayap. Lakukan ini hingga rayap benar-benar hilang. Kelemahannya adalah adanya kandungan air akan membuat lemari lembab, Anda harus benar-benar mengeringkan furniture jika tidak rayap akan kembali datang karena kelembaban kayu tersebut.

  • Menggunakan air rendalam tembakau

Rayap kayu juga tidak menyukai tembakau sama halnya dengan lintah. Nah gunakan tembakau yang biasanya terdapat dalam rokok dan rendam d dalam air selama semalaman. Kemudian oleskan dan siramkan pada furniture kayu yang memiliki rayap. Setelah rayap pergi dan mati jangan lupa untuk menjemur kembali furniture kayu agar kembali kering.

  • Menggunakan air kapur sirih

Jika cara menggunakan air rendamah tembakau tidak berfungsi juga Anda bisa menggunakan air kapur sirih. Air kapur sirih memiliki efek yang panas dan bisa embuat rayap cepat mati. Ini akan memudahkan Anda untuk membasmi mereka. Semprotkan beberapa kali setiap jam air kapur sirih pada furniture yang terkena rayap. Pastikan rayap terkena larutan ini dan akan mati dalam beberapa jam. Jemur kembali furniture kayu sebelum menggunakannya.

  • Menggunakan Minyak Jeruk

Salah satu bahan alami yang tidak disukai rayap adalah minyak jeruk. Anda bisa menggunakan bahan ini untuk mengusir rayap pada furniture yang digunakan sebagai lemari makanan atau tepat penyimpanan bahan makanan. Agar bahan pembasmi rayap lain tidak mengkontaminasi makanan maka Anda bisa menggantinya dengan minyak jeruk.

Cukup semprotkan minyak jeruk pada seluruh bagian furniture kemudian Anda bisa langsung menunggu hasilnya dalam hitungan jam. Ini akan membuat rayap mati dan pergi seketika.

Jika Anda sudah menggunakan 7 cara di atas dan rayap mati atau pergi maka Anda bisa langsung melakukan tindakan pencegahan. Tindakah pencegahan ini dilakukan dengan bahan cat yang akan melapisi furniture kayu.

Cat yang mengandung bahan anti rayap sangat dibutuhkan agar lemari atau furniture kayu lainnya tidak dirusak kembali oleh rayap. Inilah fungsi cat tidak hanya untuk mempercantik furniture kayu namun juga untuk meberikan perlindungan dari rayap bahkan jamur.

Apabila Anda memilih untuk menggunakan furniture yang tidak difinishing sebaiknya gunakan bahan poles kayu aman anti rayap. Bahan poles ini perlu digunakan setiap satu bulan sekali atau tiga minggu sekali. Bahan poles kayu akan meresap dan melakukan pencegahan rayap dari dalam.

Langkah pencegahan lainnya yang harus dilakukan adalah meletakan furniture pada ruangan kering yang tidak lembab. Anda bisa menggunakan ruangan ber AC atau memperhatikan suhu udara dan kelembaban di dalamnya.

Artikel "Featured"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH