Terbukti Ampuh! Cat Kayu Anti Rayap untuk Mempertahankan Umur Pagar

Rayap adalah musuh kecil dan berdampak sangat besar untuk seluruh rumah. Salah satu bagian rumah yang paling sering dirusak oleh rayap adalah pagar kayu. Rayap mendapatkan akses ke dalam kayu melalui bawah seperti tanah.

Pagar kayu yang bersentuhan dengan tanah akan lebih cepat rusak. Artinya untuk mencegah timbulnya rayap pada pagar kayu, diperlukan pemasangan pagar yang tidak menyentuh tanah secara langsung.

Ada banyak sekali jenis rayap yang perlu diwaspadai. Memulai dari rayap kering, rayap subterranean dan rayap kayu basah. Beberapa tanda-tanda keberadaan rayap pada pagar kayu juga bisa diamati.

Inspeksi terhadap kehidupan rayap di pagar perlu Anda dilakukan secara berkala. Jika mengetahui rayap sejak awal maka dilakukan tindakan pengobatan agar rayap tidak merusak lebih jauh lagi.

Berikut ini beberapa ciri kehidupan rayap yang terdapat pada pagar kayu di rumah Anda.

  • Cat yang retak

Tampilan pagar kayu yang sudah mulai retak atau bagian lapisan cat yang rusak. Anda perlu dilihat juga kalau kalau kotoran rayap yang berbentuk seperti tumpukan pelet terdapat pada retakan tersebut.

  • Kayu yang kosong

Rayap akan tinggal di dalam kayu, artinya mereka akan membuat lubang tidak terlihat di dalam kayu. Maka cobalah untuk mengetuk bagian pagar. Apakah terdengar suara seperti kosong? Jika iya maka saatnya untuk membasmi rayap.

  • Tabung tanah

Rayap tanah akan membangun kerajaannya dalam bentuk tabung-tabung kecil yang menempel pada pagar kayu. Ketika Anda membersihkannya maka rayap akan keluar.

Terbukti Ampuh! Cat Kayu Anti Rayap Untuk Mempertahankan Umur Pagar

Inilah tanda-tanda adanya rayap pada pagar rumah. Jika benar rayap bisa Anda lihat maka saatnya untuk membasmi mereka untuk mencegah kerusakan yang lebih parah lagi. Setelah itu Anda bisa melapisi pagar ulang dengan cat kayu yang telah dilengkapi bahan anti rayap.

Pencegahan Rayap Sebelum Finishing

Bagaimana mencegah munculnya rayap di kemudian hari? Bagaimana membasmi rayap yang sudah bersarang di pagar rumah? Jangan khawatir semua permasalahan Anda tersebut dapat diatasi dengan satu jenis obat.

Obat anti rayap ini sangat efektif untuk membunuh dan mencegah kemunculan rayap kembali di masa depan. Obat ini biasanya diaplikasikan setelah kayu dikeringkan, namun efektif juga untuk furniture atau olahan kayu lainnya.

Obat ini adalah BioCide Insecticide. Obat ini bisa Anda aplikasikan dengan sangat mudah cara kerjanya masuk ke dalam kayu melalui pori-pori. Maka dari itu perlu untuk menghilangkan lapisan cat lama agar pori kayu terlihat dan obat dapat meresap ke dalam dengan maksimal.

Anda bisa menghilangkan lapisan cat lama pada pagar kayu dengan menggunakan bahan kimia khusus seperti thinner. Amplas terlebih dahulu permukaan kayu secara kasar saja agar kotoran dan rayap berjatuhan.

Aplikasikan bahan penghilang lapisan cat tersebut dan tunggu hingga lapisan cat mengelupas. Gosok dengan pisau palet hingga lapisan cat terkelupas dengan maksimal. Jika sudah amplas permukaan untuk menghilangkan sisa-sisa cat.

Kini siapkan BioCide Insecticide, selama bekerja gunakan sarung tangan karet dan masker. Campurkan obat dengan air agar sedikit encer kemudian kuaskan ke seluruh permukaan pagar kayu hingga merata.

Terbukti Ampuh! Cat Kayu Anti Rayap Untuk Mempertahankan Umur Pagar

Diamkan agar obat meresap ke dalam pagar kayu baru lanjutkan dengan finishing. Mengaplikasikan pada cuaca yang cerah akan membuat obat bekerja dengan lebih cepat. Cuaca cerah juga akan mempercepat proses pengecatan.

Jenis Cat Kayu Anti Rayap untuk Pagar

Apakah cat kayu anti rayap terbaik yang harus digunakan pada pagar? Jika Anda bertanya soal ini maka cat kayu Biovarnish adalah solusi yang selama ini dicari. Cat kayu ini telah dilengkapi bahan additive berupa obat anti rayap dan juga bahan anti jamur yang cukup tinggi.

Jangankan rayap, cat juga akan menghalangi munculnya jamur karena perubahan suhu. Lapisan coating yang terbentuk akan mencegah kelembaban masuk sehingga rayap akan muncul dengan sangat cepat.

Produk Biovarnish merupakan cat kayu water based yang bekerja untuk menggantikan plitur atau pernis kayu konvensional. Plitur atau pernis yang selama ini Anda gunakan mungkin shellac atau pernis berpelarut solvent.

Kedua bahan tersebut memang mengandung bahan anti rayap namun sayangnya tidak baik untuk kesehatan lingkungan. Cat yang digunakan memiliki kadar logam berat yang tinggi karena itulah bahan pembuat cat yang tidak boleh dilewatkan.

Namun jika kandungannya sangat tinggi maka sangat berbahaya untuk digunakan. Bahaya terdekat yang akan langsung dirasakan adalah mata perih batuk dan pusing. Biasanya hal tersebut terjadi ketika proses aplikasi cat dan pengeringan.

Bahaya jangka panjang yang perlu diperhatikan adalah kanker atau masalah syaraf. bahan organik yang termasuk logam berat akan masuk melalui pernapasan dan mengganggu kesehatan sistem syaraf.

Jika Anda ingin mengatasi rayap dan juga menjaga kesehatan sekarang dan di masa depan maka cat kayu Biovarnish adalah solusi terbaik yang harus digunakan. Selain aman, cat ini memudahkan para DIY untuk melakukan finishing.

Seluruh proses finishing hanya membutuhkan air dan juga kuas. Penguasaan adalah teknik finishing paling mudah yang bisa dilakukan siapa saja. Hasil finishing menggunakan kuas juga tidak mengecewakan.

Terbukti Ampuh! Cat Kayu Anti Rayap Untuk Mempertahankan Umur Pagar

Cat akan memberikan warna natural yang transparan. Jika Anda menggunakan pagar kayu dengan serat dan warna menarik maka ini adalah saatnya untuk berkreasi. Cat Biovarnish memiliki 20 pilihan warna natural yang bisa menajamkan tampilan serat kayu.

Tidak ingin kecewa dengan hasil finishing? Maka jangan pilih cat kayu lainnya selain Biovarnish.

Cara Aplikasi Cat untuk Pagar yang Benar

Bagaimana proses aplikasi cat kayu Biovarnish yang benar untuk mendapatkan lapisan film kuat menghadapi jamur dan rayap? Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut ini:

  • Amplas permukaan pagar kayu yang sudah kering. Pastikan pagar tidak basah lagi dari obat anti rayap. Bersihkan debu amplas, ingat proses pengamplasan harus menggunakan masker karena serbuk kayu sangat berbahaya bagi kesehatan.
  • Aplikasikan Biovarnish wood filler dengan pisau palet untuk menutup bagian cacat pagar. Misalnya saja lubang bekas rayap atau paku dan goresan yang cukup dalam. Tunggu kering kemudian lanjutkan dengan pengamplasan hingga warna dan serat kayu terlihat.
  • Campurkan Biovarnish wood stain sesuai dengan warna yang Anda inginkan. Dapatkan viskositas 11-12 detik NK2 atau bisa juga dengan perbandingan 4 bahan dan 1 air. Kuaskan wood stain kepermukaan pagar kayu searah serat kayu. Tunggu lapisan ini kering kemudian amplas ambang.
  • Campurkan Biovarnish clear coat gloss dengan air hingga mendapatkan viskositas yang sama. Lanjutkan dengan proses penguasan searah serat kayu. Diamkan pagar kayu semalaman hingga lapisan cat akan mengering sempurna.

Kini pekerjaan mengecat telah selesai, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan masalah raya. Obat BioCide Insecticide akan mengatasi rayap dari dalam pagar kayu. Sedangkan Biovarnish akan memberikan perlindungan dari bagian luar kayu sehingga rayap tidak akan masuk.

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH