Tips Memilih Warna Cat Pintu Kayu dalam Rumah

Warna cat pintu kayu di dalam dan luar rumah harus dibedakan. Jika pintu bagian luar akan mencerminkan sifat pemilik rumah, pintu bagian dalam harus bisa menyesuaikan suasana hati. 

Warna cat kayu pada pintu dalam rumah sebagian besar ditentukan dari mood atau kesukaan pemilik rumah bukan karena keseluruhan desain. Bagaimana cara Anda menemukan warna yang tepat? 

7 Tips Pemilihan Warna Cat Pintu Kayu di Dalam Rumah 

Warna yang tepat bisa mengubah suasana hati dan membantu pemilik rumah lebih bersemangat atau bisa beristirahat dengan santai. Warna tidak hanya diterapkan pada dinding tetapi juga bagian rumah lain seperti furnitur, jendela dan pintu. 

Anda mungkin lebih menyukai warna yang bisa mempercantik pintu di ruang tamu, ruang keluarga atau kamar mandi. Anda yang juga berencana untuk mengubah interior kamar anak, semuanya bisa dimulai dari warna pintu. 

Berikut ini beberapa tips yang akan membantu Anda menemukan warna paling tepat untuk pintu di rumah. 

1. Warna yang Stand Out untuk Seluruh Ruangan 

Jika Anda ingin memperlihatkan bahwa pintu adalah focal point ruangan maka menggunakan warna yang berani jadi pilihan tepat. Gunakan warna yang mudah dikenali namun tetap berkesinambungan dengan keseluruhan ruangan. 

Di sisi lain Anda juga harus mengingat bahwa pintu berfungsi untuk menghubungkan dua ruangan. Jadi warna yang dipilih harus bisa menyatu dengan dua ruangan sekaligus. 

Beberapa pilihan warna yang mudah antara lain adalah warna natural kayu jati atau walnut. Kedua warna ini akan membuat ruangan tampak lebih stylish dan juga modern yang bisa digunakan pada desain apa saja. 

2. Warna yang Simpel Mudah untuk Dipadukan 

Apabila Anda termasuk orang yang minimalis maka warna simpel akan lebih cocok untuk dipilih. Kelebihan dari warna ini adalah mudah untuk perawatan. 

Warna natural kayu yang tergolong simpel seperti warna kayu oak kuning atau warna mahoni. Dua pilihan warna ini akan memberikan kesan hangat dan menciptakan undertone yang kuat. 

Anda yang ingin mendapatkan warna simpel cenderung terang sehingga transparansi serat kayu terlihat bisa menggunakan cat water based. Hasilnya akan memperkuat tampilan dari kayu menjadi indah. 

3. Sesuaikan Mood 

Seperti yang telah dijelaskan warna cat pintu kayu akan mempengaruhi suasana hati. Oleh karena itu Anda bisa memilih berdasarkan suasana hati yang diinginkan ketika berada di dalam ruangan tersebut. 

Ketika Anda ingin mendapatkan suasana yang lebih modern dan mewah, warna natural yang gelap seperti black, sonokeling atau dark teak bisa jadi pilihannya. Namun, jika Anda mendambakan ruangan yang terasa cheerful maka bisa memilih warna merah. 

Misalnya, warna kayu mahoni, red teak atau warna orange dari kayu cherry. Anda perlu mengkombinasikan warna-warna tersebut dengan mood

4. Style Ruangan yang Diinginkan 

Mencampurkan beberapa elemen kunci dan memberikan suasana yang fun atau urban juga bisa Anda lakukan. Walaupun pemilihan iklan adalah sebuah tantangan namun Anda juga harus memahami bahwa style dari pintu akan memberikan impact yang cukup besar. 

Contohnya saja jika pintu berukuran besar dan sangat mudah terlihat maka Anda harus menggunakan warna yang cerah namun tidak terlalu berlebihan sehingga tidak terkesan tacky

Anda bisa memilih warna yang cenderung terang dan transparan, misalnya mempertahankan warna aslinya dengan sanding sealer dan pernis saja. Jika ingin sedikit berwarna bisa menggunakan warna seperti candy brown atau gardena teak. 

5. Jangan Lupakan Kusen Pintu 

Kusen pada pintu berperan penting ketika Anda ingin mengkombinasikan warna berbeda. Walaupun pilihan untuk memberikan warna yang sama baik daun pintu dan kusen juga bisa dipilih. 

Namun, Anda bisa juga memberikan warna berbeda sehingga harus memperhatikan perpaduan kusen, warna dinding dan daun pintu. Anda bisa memilih warna dengan tone sama pada daun pintu dan kusen. 

Pada bagian dinding, Anda bisa memberikan warna kontras dari keduanya, sehingga akan terlihat tampilan kontras sekaligus harmoni. Misal, untuk daun pintu Anda memberikan warna light brown kemudian warna cherry di kusen. 

Dinding bisa Anda berikan warna terang seperti abu-abu atau putih sehingga kesan kontras dengan warna yang kemerahan sangat terasa. 

6. Memperhatikan Material Kayu yang Digunakan 

Tidak ketinggalan, Anda juga harus memperhatikan jenis kayu apa yang digunakan untuk memutuskan pemilihan warna. Seringkali warna pada pintu harus mengikuti warna kayu aslinya. 

Tujuannya agar sekali dilapisi dengan stain, warnanya akan sesuai ekspektasi. Misalnya, akan sulit bagi Anda yang menggunakan kayu sonokeling dan memberikan warna yellow ox. 

Anda hanya bisa menggunakan warna stain sonokeling atau black untuk menyeimbangkan warna kayu. Kecuali Anda mau menggunakan bleaching kayu untuk memutihkan warna asli kayu dan mengaplikasikan warna kayu baru. 

7. Mempertimbangkan Menggunakan Warna Solid

Anda yang kebingungan memilih warna natural maka bisa beralih ke cat solid. Perawatan cat kayu solid lebih tinggi namun warna yang disediakan tidak kalah bervariasi. 

Ketika memilih warna solid Anda juga harus mempertimbangkan suasana hati, desain ruangan dan kesinambungan antar desain. Perhatikan bahwa jenis warna yang digunakan sudah sesuai dengan yang Anda inginkan. 

Khusus pintu, sebaiknya pilih warna solid dengan hasil akhir gloss yang bisa memudahkan dalam hal perawatan. 

Rekomendasi Stain Terbaik untuk Pintu Dalam Rumah 

Pilihan warna cat pintu kayu sangat beragam. Namun, jika Anda ingin hasil warna natural bisa menggunakan Biovarnish Wood Stain. Warna stain yang tersedia sangat lengkap dengan 20 jenis. 

Semua pilihan warnanya akan mempertahankan tampilan serat kayu yang indah, mengingat Biovarnish Wood Stain berpelarut air akan mempengaruhi biaya finishing. Harga cat pintu kayu tidak akan menguras isi kantong Anda. 

Biovarnish Wood Stain juga memberikan beberapa kelebihan sebagai berikut:

1. Memberikan Warna Cerah dan Transparan 

Mendambakan warna kayu yang cerah namun tetap transparan, Anda akan mendapat hasilnya selama menggunakan Biovarnish Wood Stain. Warna stain yang diberikan mampu mempercantik warna kayu asli tanpa merubah secara signifikan. 

2. Lebih Tahan Terhadap Cuaca 

Biovarnish Wood Stain juga tahan terhadap perubahan cuaca sehingga Anda bisa melindungi pintu bagian dalam atau luar ruangan. Warna kayu bisa bertahan jauh lebih lama dibandingkan produk sejenis lainnya. 

3. Daya Rekat yang Tinggi 

Selain tahan cuaca, Biovarnish juga mudah untuk diaplikasikan dan memiliki tingkat rekat tinggi. Daya rekat inilah yang menjadi faktor penting untuk membuat warna bertahan lebih lama. 

Lapisan coating yang dibentuk tidak akan mudah retak, mengelupas atau rusak karena goresan. Anda yang menggunakan stain dari Biovarnish ini akan mendapatkan keindahan pada pintu rumah bagian dalam. 

Warna cat pintu kayu yang tersedia bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Tinggal pilih mana yang paling sesuai. 

Artikel "Featured"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH