7 Jenis Kayu Kalimantan yang Terkenal Tahan Lama dan Olahannya

Penggunaan kayu sebagai bahan bangunan seperti konstruksi dan juga mebel masih menjadi favorit seluruh orang di dunia. Negara dengan hutan hujan tropis adalah negara yang kaya akan hasil alam kayu karena pohon merupakan tanaman yang sangat mudah untuk dibudidayakan.

Indonesia yang merupakan negara tropis memiliki hutan luas sebagai penghasil kayu berkualitas tinggi. Pulau Kalimantan adalah salah satu di antara sekian daerah yang memiliki hutan paling luas dan penghasil kayu berkualitas tinggi.

Berbagai jenis pohon yang berasal dari sana telah memproduksi kayu yang berkualitas dan banyak digunakan sebagai bahan mebel dan konstruksi hingga saat ini. Beberapa jenis lainnya telah menjadi komoditi ekspor dan menyumbang devisa untuk negara.

Mengenal Berbagai Jenis Kayu Kalimantan yang Berkualitas

Dengan kualitas dan kuantitas yang mumpuni yang dimiliki kayu yang berasal dari Kalimantan, pilihan kayu ini jelas harus masuk list Anda sebagai pengrajin. Jenis yang dimiliki tidak hanya satu atau dua dan Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

Untuk lebih jelasnya simak jenis kayu yang kuat dan tahan lama yang berasal dari Kalimantan berikut ini.

Kayu Meranti

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan nama kayu meranti. Kayu yang berasal dari kalimantan ini memiliki beberapa jenis lagi. Kayu meranti, merah, putih dan kuning adalah jenis kayu meranti yang bisa Anda pilih. Kayu meranti merah ketika menjadi pohon bisa tumbuh hingga mencapai 100 meter.

Ciri utama dari meranti merah adalah warnanya yang bervariasi mulai dari warna putih, coklat pucat, merah jambu dan merah muda. Pada bagian kayu gubalnya warnanya lebih muda bahkan cenderung putih.

7 Jenis Kayu Kalimantan Yang Terkenal Tahan Lama - Kayu Meranti Waterbasecoating

Kekuatan dari kayu meranti merah membuatnya banyak digunakan sebagai bahan pembuatan kapal. Kayu meranti putih merupakan jenis kayu yang mudah didapatkan namun memberikan kualitas yang bagus. Warna kayu terasnya adalah coklat dan hampir putih.

Steel kering, bagian teras dan kayu gubal pada meranti putih sulit dibedakan karena memiliki warna yang sama yaitu putih. Meranti putih lebih sering digunakan sebagai bahan baku veneer atau kayu lapis.

Sedangkan kayu meranti kuning bisa tumbuh hingga 20 meter dengan warna kuning dan bagian teras lebih coklat. Permukaan kayu meranti kuning paling halus dibandingkan kayu meranti merah dan putih. Jadi untuk proses pengamplasan tidak membutuhkan tenaga lebih.

Kayu Ulin

Kayu ulin memiliki nama botanis Eusideroxylon zwageri yang termasuk dalam famili Lauraceae. Istilah lain dari kayu ulin berbeda di berbagai daerah seperti tabulin, tulian, atau belian. Ketika masih menjadi pohon, tingginya bisa mencapai 35 meter dengan diameter 100 cm. Kulit luar dari kayu ulin memiliki warna coklat kemerahan hingga coklat tua.

Pada bagian kayu terasnya memiliki warna coklat hitam sedangkan kayu gubalnya memiliki warna coklat kuning dan memiliki batas yang sangat terlihat. Biasanya kayu gubal memiliki ketebalan 5 cm. Permukaan kayu kasar dan merata disisi lain Anda akan dilihat permukaan yang licin dan agak mengkilap.

7 Jenis Kayu Kalimantan Yang Terkenal Tahan Lama - Kayu Ulin Waterbasecoating

Penggunaan kayu ulin sangat bervariasi mengingat tingkat kekerasannya yang sangat tinggi. Kayu ini sering digunakan sebagai bahan bangunan seperti tiang dan balok kerangka bangunan rumah maupun jembatan.

Khusus untuk rumah, kayu ulin memiliki serat yang eksotik sehingga sering pula diolah menjadi lantai kayu atau dinding kayu. Mebel dari kayu ulin biasanya menggunakan kayu bekas bangunan.

Kayu Bengkirai

Kayu lain dari kalimantan yang juga sangat familiar didengar adalah kayu bengkirai. Kayu ini memiliki nama botanis Shorea laevis dalam famili Dipterocarpaceae. Nama lain dari bengkirai adalah anggelam dan benuas yang digunakan di seluruh Kalimantan.

Pada saat masih menjadi pohon tingginya bisa mencapai 50 meter dengan diameter 100 cm lebih. Warna kulit pohonnya adalah kelabu, merah dan coklat dengan tampilan beralur mengelupas kecil kecil.

7 Jenis Kayu Kalimantan Yang Terkenal Tahan Lama - Kayu Bengkirai Waterbasecoating

Ketika selesai dikeringkan warna kayu teras adalah berwarna kuning dan warna gubalnya coklat pucat kekuningan. Walaupun warnanya terang bukan berarti kayu bengkirai memiliki kualitas yang buruk.

Justru keunikan warnanya ini membuatnya sering digunakan. Kayu bengkirai lebih sering digunakan dalam proyek pembuatan jembatan, bantalan tiang listrik, bangunan hingga perkapalan.

Kayu Balau

Nama kayu yang cukup asing bagi Anda para DIY, namun di kalangan pekerja konstruksi kayu balau adalah jenis kayu yang sangat akrab. Seringnya digunakan untuk bahan bangunan menunjukan bahwa kayu balau dan kayu dengan kualitas terbaik.

Pohon kayu balau bisa memiliki ketinggian hingga 20 meter dengan diameter 160 cm. Walaupun termasuk pohon yang rendah namun pohon memiliki diameter yang lebih besar daripada kayu lainnya.

7 Jenis Kayu Kalimantan Yang Terkenal Tahan Lama - Kayu Balau Waterbasecoating

Warna kayu teras balau adalah coklat muda atau kuning dan kayu gubalnya adalah lebih muda. Tekstur kayunya lebih halus dibandingkan kayu bengkirai dan beberapa bagian agak kasar. Permukaannya juga menampilkan tampilan yang lebih mengkilap.

Kayu Kapur

Kayu ini memiliki nama lain ampadu, ampalang, awang tanet sesuai dengan daerah masing-masing. Tinggi pohon kayu kapur bisa mencapai 35 hingga 45 meter dan diameternya mencapai 80 cm.

7 Jenis Kayu Kalimantan Yang Terkenal Tahan Lama - Kayu Kapur Waterbasecoating

Ciri utama kayu dapat dilihat dari warnanya. Kayu bagian teras memiliki warna merah atau coklat sedangkan warna kayu gubal coklat hampir putih. Tekstur kayu teras lebih besar sedangkan untuk bagian gubal memiliki tekstur yang licin.

Masih sama dengan kualitas kayu dari Kalimantan yang kuat, kayu kapur sering digunakan sebagai konstruksi rumah namun juga banyak digunakan dalam industri mebel karena kemudahannya untuk dipotong.

Kayu Keruing

Kayu keruing juga salah satu jenis kayu yang banyak didistribusikan ke pulau Jawa dan namanya sudah tidak asing lagi. Nama botanis dari kayu ini adalah Dipterocarpus dalam famili Dipterocarpaceae. Daerah Kalimantan memberikan nama berbeda seperti anderi, ansurai, tempurau.

7 Jenis Kayu Kalimantan Yang Terkenal Tahan Lama - Kayu Keruing Waterbasecoating

Pertumbuhan pohon keruing bisa mencapai 50 meter dan diameter hingga 120 cm. Ciri yang paling kentara dari kayu ini adalah warna terasnya coklat merah, atau coklat kelabu. Bagian kayu gubal memiliki warna kuning atau coklat semu. Permukaan kayu memiliki tekstur yang kasar.

Sebagai kayu dengan kualitas awet dan kuat kayu ini sering digunakan sebagai konstruksi bangunan, rangka lantai dan dinding. Namun jika Anda menggunakannya pada daerah sangat lembab dibutuhkan pengawetan dari obat anti serangga dan jamur.

Pada finishing, permukaan kayu kruing sangat licin dan lengkat butuh usaha yang keras untuk pengamplasannya. Belum lagi aroma menyengat dari resin kayu yang dikeluarkan seringkali mengganggu.

Kayu Merbau

Tidak kalah dengan jenis kayu keruing atau kayu bengkirai. Kayu merbau adalah salah satu favorit yang saat ini sudah cukup jarang ditemukan. Kayu merbau memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan jenis kayu lainnya.

7 Jenis Kayu Kalimantan Yang Terkenal Tahan Lama - Kayu Merbau Waterbasecoating

Pohon kayu merbau bisa tumbuh hingga ketinggian 40 meter dengan diameter batang pohon 100 cm. Bagian kulit luarnya berwarna kelabu atau coklat muda tergantung umurnya. Kayu yang banyak peminatnya ini memiliki warna yang lebih eksotis yaitu coklat gelap sedangkan bagian gubalnya berwarna kuning muda dengan tebal mencapai 5 cm.

Kayu ini lebih banyak digunakan sebagai konstruksi bangunan dan lantai kayu. Namun memerlukan pisau yang tajam karena tingkat kekerasan kayu yang sangat tinggi.

Cat Water Based Terbaik untuk Finishing Kayu Kalimantan

Setelah mengetahui jenis kayu kalimantan yang terkenal kualitasnya Anda perlu mempersiapkan uang yang lebih banyak untuk membelinya. Harga kayu-kayu ini tidaklah murah sesuai dengan kualitas yang diberikan. Oleh karena itu pemilihan bahan finishingnya juga harus tepat. 

Anda mungkin akan mencari produk luar negeri, tapi cat dalam negeri tidak kalah kualitasnya dengan produk asing. Biovarnish sebagai cat water based cocok Anda gunakan untuk finishing semua jenis kayu tersebut. Dari pilihan warna hingga ketahanannya mampu memperlihatkan tampilan eksotis dari kayu Kalimantan. 

Mengapa Menggunakan Cat Kayu Water Based?

Ada banyak jenis bahan finishing, tapi mengapa Anda harus memilih cat water based? Alasan utama mengapa cat ini harus dipilih adalah karena keamanannya. Coba bayangkan Anda mengecat lantai atau dinding kayu di rumah dengan cat berpelarut thinner. Siapkah diri Anda untuk menahan aroma keras dari cat yang menguap? 

Saat cat solvent diaplikasikan, bahan pelarutnya akan menguap yang mencemari udara. Perlu waktu berhari-hari untuk menghilangkan aroma keras ini. Beda jika Anda menggunakan cat water based Biovarnish. Bahan pelarutnya yang berupa air dijamin tidak menimbulkan polusi udara. 

Selain masalah keamanan udara, cat water based juga mampu memberikan tampilan warna natural transparan yang bertahan lebih lama. Anda tidak perlu mengkhawatirkan perubahan warna kayu Kalimantan menjadi kuning karena sering terekspos sinar UV. Justru transparansi bisa tahan lama karena Anda menggunakan cat Biovarnish

Keunggulan dari cat water based sendiri juga bisa dilihat dari segi proses aplikasinya. Waktu kering cat water based cenderung singkat dan tidak membutuhkan paparan sinar matahari. Cat akan kering dengan sempurna jika Anda mendiamkannya selama 24 jam. Inilah keuntungan Anda menggunakan cat water based. 

Apa Keuntungan Menggunakan Cat Biovarnish?

Sekolah Anda sudah mengetahui apa untungnya menggunakan cat water based, tapi bagaimana dengan produk Biovarnish sendiri? Apa yang membedakannya dengan cat water based lainnya? Soal kelebihan Biovarnish, ada banyak hal yang ditawarkan. Mulai dari proses aplikasi hingga tampilan dan perlindungannya. 

Berikut ini beberapa kelebihan yang dihadirkan oleh Biovarnish pada semua jenis kayu Kalimantan. 

• Menciptakan lapisan film yang kuat

Ketika menggunakan Biovarnish, ada tiga produk yang terlibat di dalamnya yaitu wood filler, wood stain dan juga clear coat. Ketiga produk ini jika diaplikasikan secara berurutan dan benar akan menciptakan lapisan coating pelindung yang sangat kuat. 

Kayu akan tahan terhadap goresan, sinar uv, kelembaban, panas dan perubahan cuaca ekstrim. Sangat aman menggunakan Biovarnish demi menjaga kualitas kayu itu sendiri. 

• Memiliki dua hasil tampilan

Soal tampilannya, Biovarnish memiliki dua pilihan yang sangat dicari yaitu tampilan mengkilap dari clear coat gloss dan natural dari clear coat matte. Hasil ini bisa Anda peroleh sesuai dengan kegunaan kayu. 

Misalnya saja Anda ingin menciptakan furnitur bergaya antik maka clear coat gloss akan lebih cocok digunakan. Tapi jika Anda ingin finishing furnitur Skandinavia akan lebih menggunakan clear coat matte. 

• Diaplikasikan hanya dengan kuas

Alat aplikasi yang disarankan dari pabrikan adalah kuas dengan bulu nilon. Alat ini tentu saja mempermudah Anda yang masih pemula selain itu kuas sangat mudah dibeli. Anda tinggal menyesuaikan ukuran kuas dengan besar kecilnya substrat kayu yang difinishing.

Pastikan Anda menggunakan kuas dengan bulu nilon atau bisa juga kuas busa. Keduanya memiliki kompatibel yang baik dengan cat water based. 

Bagi Anda yang sedang bersiap untuk melakukan finishing bisa langsung melakukan pembelian Biovarnish melalui beberapa link berikut ini. 

  1. https://shopee.co.id/biovarnish.official
  2. https://www.tokopedia.com/biovarnishseries 
  3. https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased 

 

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH