Mengapa Pernis Kayu Berpelarut Solvent Berubah Kuning? Ini Alasannya

Pernahkah Anda memperhatikan furniture yang telah beberapa bulan selesai di finishing? Apakah furniture baru yang Anda beli beberapa bulan lalu memulai menampakan perubahan Padahal Anda sudah meletakkannya di tempat yang tidak lembab dan melakukan pembersihan secara berkala.

Perubahan pada furniture bisa saja terjadi bukan karena Anda tidak merawat dengan baik namun karena bahan finishing yang digunakan tidak memiliki kualitas yang baik. Banyak permasalahan yang biasanya muncul seperti cat memulai retak, cat mulai mengelupas, cat memulai timbul bintik putih dan lain sebagainya.

Namun jenis masalah yang sering timbul tidak lain adalah efek menguning yang dikenal dengan yellowing. Masalah furniture kayu dipernis yang menjadi kuning ini bisa timbul pada jenis furniture apapun.

Masalahnya adalah warna furniture kayu atau serta alam lainnya menjadi tidak transparan kembali. Tidak seperti pertama kali selesai di finishing, kayu tidak tampak indah dan terlihat kusam.

Nah apa yang harus Anda lakukan jika masalah ini muncul? Bagaimana pencegahannya agar efek yellowing ini tidak muncul? Apa sebenarnya penyebab utama dari furniture yang menguning ini?

Penyebab utama dari furniture yang berubah menguning adalah jenis cat yang digunakan. Apakah furniture dilapisi dengan pernis kayu dari solvent based? Jika iya maka tidak heran furniture berubah menjadi kuning.

Kandungan VOC dalam pernis solvent adalah penyebab utamanya. Kandungan VOC salah satunya formalin menjadi penyebab efek menguning ini timbul. Ditambah lagi jika Anda tidak mengekspos furniture langsung dengan sinar matahari.

Bagian kuning akan segera timbul pada bagian yang tidak terkena cahaya dan sinar matahari. Nah inilah yang membuat furniture menjadi tampak tidak menarik, kusam dan sulit untuk diperbaiki.

kesalahan dalam merawat furniture juga bisa menjadi penyebabnya. Ingat bahwa pernis terbuat dari bahan kimia. Jika Anda membersihkan furniture menggunakan bahan kimia yang tidak cocok dengan pernis maka tidak hanya efek yellowing saja yang muncul namun juga cat yang mengelupas atau pudar.

Pernis solvent yang digunakan tidak mengering sempurna juga bisa menjdi penyebabnya. Biasanya pernis yang tidak mengering sempurna tidak hanya muncul efek menguning dan juga berupa embun.

Embun pada lapisan pernis yang seharusnya transparan bisa muncul karena thinner yang merupakan bahan pelarut cat tidak menguap dengan sempurna. Akhirnya zat organik pembentuk cat justru mengering bersamaan dengan cat dan efeknya tampilan putih.

Mencegah dan Memperbaiki Furniture dari Warna Menguning

Setelah mengetahui penyebab dari efek yellowing pada furniture yang ternyata diakibatkan oleh pernis, maka saatnya mengambil langkah perbaikan. Apakah langkah terbaik yang perlu digunakan untuk mengatasi furniture dengan tampilan menguning ini?

Caranya adalah menghilangkan lapisan coating akhir dan mengaplikasikannya dengan pernis kayu baru yang tidak menguning. Temukan pernis kayu yang tidak menguning sehingga Anda akan mendapatkan furniture transparan tahan lama.

Mengapa Pernis Kayu Berpelarut Solvent Berubah Kuning?

Cara menghilangkan lapisan cat lama yang sudah menguning adalah dengan mengamplas dan stripping. Jika warna menguning yang dihasilkan sudah parah maka gunakan bahan kimia yang merupakan striping cat.

Jika efek menguning yang muncul baru pada permukaan kayu saja maka Anda bisa menghilangkannya dengan amplas. Pilih bahan striping yang sesuai dengan cat. Gunakan thinner khusus untuk menghilangkan cat.

Tuangkan thinner atau striper khusus ke permukaan furniture dan tunggu reaksi. Kelupas cat yang sudah mulai terkelupas dengan pisau palet. Hilangkan seluruh bagian cat kemudian amplas hingga serat dan warna kayu terlihat.

Jika kayu sudah tampak warna aslinya, memulai aplikasikan sanding sealer sebagai cat dasar kayu. Lanjutkan dengan vernish kayu yang tidak akan menguning. Aplikasikan menggunakan alat semprot untuk menghasilkan permukaan yang halus, merata dan tahan lama.

baca juga : Tips Finishing Menggunakan Cat Duco Kayu

Bagaimana jika Anda memiliki furniture dengan warna putih dan mulai menguning? Apakah solusinya sama? Sebagai tips jika Anda memiliki furniture kayu warna putih maka gunakan bahan sederhana yaitu pasta gigi.

Pasta gigi memiliki kandungan pemutih yang juga bisa digunakan untuk furniture. Apabila efek warna menguning yang timbul hanya bentuk bercak maka sikatkan pasta gigi ke bagian tersebut.

Pada saat menggunakan pasta gigi ingat jangan terlalu keras dalam menyikat karena cat akan mudah rusak. Pastikan Anda menggunakan sikat gigi halus dan sikatkan secara perlahan hingga furniture kembali berwarna putih.

Ingat penggunaan pasta gigi hanya dianjurkan pada furniture dengan warna putih bukan warna kayu transparan. Penanganan kedua furniture dengan warna berbeda juga membutuhkan cara yang sesuai.

Jika tidak ingin mendapatkan efek menguning, maka pencegahan harus dilakukan sejak awal. Anda harus mengenali jenis cat apa yang sebaiknya digunakan dan tidak menimbulkan efek menguning.

Hindari menggunakan cat solvent yang mengandung formalin tinggi dan akan menimbulkan efek menguning nantinya.

Pernis Kayu Terbaik agar Furniture Tidak Menguning

Apakah jenis pernis kayu yang sebaiknya digunakan agar efek menguning tidak lagi muncul pada furniture? Pernis kayu yang dipilih harus berbahan dasar dan berpelarut air. Pernis water based yang menggunakan pelarut air mengandung formalin sangat rendah.

Dibandingkan dengan pernis solvent, pernis water based akan memberikan warna transparan yang tahan lama dan tidak menguning. Anda tidak perlu lagi khawatir dengan efek menguning yang biasanya muncul.

Anda bisa menggunakan pernis kayu water based sejak awal atau untuk memperbaiki furniture yang sudah terlanjur menguning. Namun ingat bahwa pernis water based hanya bisa diaplikasikan di atas permukaan kayu langsung atau di atas lapisan cat dasar kayu water based.

Jangan gunakan cat water based di atas pernis solvent atau sebaliknya. Masing-masing cat memiliki formula yang berbeda sehingga tidak akan saling menempel satu sama lain.

Ada banyak keuntungan lainnya jika Anda menggunakan pernis kayu water based selain efek yang tidak menguning. Berikut ini beberapa keunggulan penggunaan cat pernis kayu terbaik water based.

    1. Proses aplikasi yang cepat, jika Anda terburu dalam waktu untuk refinishing maka pernis water based akan membantu. Kecepatan kering setiap lapisan hanya membutuhkan sekitar 1 jam. Jika membutuhkan tiga atau empat lapisan maka tidak sampai setengah hari Anda sudah selesai finishing.
    2. Tidak menimbulkan bau. Sebagai cat water based dengan kandungan rendah toxic, cat tidak menimbulkan bau. bahaya kesehatan dan lingkungan berkuran dan Anda tidak akan terganggu pada saat mengaplikasikannya.
    3. Dapat digunakan untuk finishing outdoor. Anda bisa menggunakan pernis kayu water based pada furniture outdoor seperti teras dan garden furniture. Cat mampu memberikan perlindungan dari panas, hujan serta perubahannya.
    4. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk finishing. Bahan pelarut yang digunakan adalah air jadi Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli thinner.
    5. Mudah didapatkan. Kini produk pernis kayu water based mudah didapatkan. dahulu produk ini adalah produk impor namun sudah banyak pabrik di Indonesia yang menciptakannya.

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH