Dempul Kayu untuk Perbaikan Kusen Pintu dan Jendela

Kusen kayu pada jendela dan pintu sangat penting keberadaannya dalam rumah. Tanpa adanya kusen, pintu dan jendela kayu akan sulit untuk diletakkan, sehingga perawatan kusen pun perlu diperhatikan.

Kusen dari kayu memiliki kelemahan mudah rusak akibat rayap maupun jamur. Untungnya lubang kerusakan tersebut bisa diatasi dengan mudah menggunakan dempul kayu

Alasannya karena jenis kayu yang kurang bagus seperti kayu mahoni termasuk kayu yang mudah rusak, tapi bukan berarti tidak bisa diperbaiki. Untuk bisa mengembalikan tampilan kusen seperti dahulu, Anda harus memilih dempul terbaik. 

Apakah Anda tahu apa produk dempul terbaik dan seperti apa cirinya? Mari simak selengkapnya pada artikel berikut ini. 

4 Fungsi Penting Dempul Kayu pada Kusen Jendela dan Pintu

Ada empat fungsi dempul untuk kayu yang perlu Anda perhatikan. Jika terdapat masalah pada kayu, dempul bisa digunakan untuk memperbaikinya.

Menutup lubang bekas rayap

Kayu adalah makanan utama rayap, jika kayu basah maka rayap akan berkumpul dan membuat sarang dalam substrat kayu. Melalui proses ini, kerusakan tidak bisa dihindari sehingga kayu akan berlubang. 

Permasalahannya, kerusakan bekas rayap ini tak bisa diatasi hanya dengan menggunakan bahan finishing atau pernis saja. Anda perlu menggunakan dempul kayu untuk mengisi atau menutup lubang tersebut agar permukaan kayu kembali merata dan tidak terlihat bekas rayap. 

Menutup lubang karena kumbang bubuk

Kumbang bubuk sama seperti rayap yang merupakan hama pada kayu. Kebanyakan kumbang bubuk akan melubangi kayu dan membuatnya tampak tidak bagus. Kumbang bubuk perlu dihilangkan terlebih dahulu menggunakan bahan anti rayap. 

Apabila kumbang sudah dihilangkan maka perlu dempul untuk menambal lubang bekas kumbang bubuk. Disini dempul memiliki peranan besar untuk menutupnya dengan baik. 

Menutup cacat sambungan kayu

Apakah furnitur terlihat memiliki cacat pada sambungannya? Anda mungkin akan berusaha menutupnya dengan lem, tapi sayangnya masih saja ada permukaan yang cekung. Ditambah lagi lem tidak bisa menyerap cat dengan baik. 

Perbaikan dari hal ini membutuhkan peranan dempul agar permukaan pada sambungan tidak terlalu terlihat. Di samping itu, dempul dapat berfungsi untuk meratakan sambungan agar tidak mengganggu tampilan alami furnitur nantinya. 

Sebagai pengganti lem kayu

Apakah Anda sering memperbaiki kerusakan pada kusen atau olahan kayu dengan lem yang dicampur serbuk kayu? Cara ini sebenarnya cukup praktis, tapi sayangnya efek samping akan muncul setelah proses pengecatan selesai dilakukan. 

Lem tidak memiliki pori setelah diaplikasikan. Hal ini akan membuat hasil warna cat finishing menjadi belang. Berbeda dengan dempul yang bisa menyerap coating dengan baik. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan hasil warna natural atau solid, dempul berfungsi juga untuk meratakan warna. 

Kebanyakan dempul kayu putih digunakan untuk finishing warna solid, sedangkan wood filler digunakan pada finishing warna natural. Bagi Anda yang ingin menggunakan dempul sebaiknya jangan salah pilih di antara keduanya warna tersebut. 

Ciri Dempul Kayu Terbaik yang Bisa Digunakan

Setelah mengetahui betapa pentingnya peranan dempul, maka saat memperbaiki kusen jendela dan pintu Anda harus memastikan menggunakan produk terbaik. Seperti apakah ciri dari dempul yang kualitasnya bagus itu? 

Setiap produk dempul di pasaran memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada banyak alasan yang jadi dasar hal tersebut.

Salah satu adalah kualitas dempul kayu yang bagus yang mampu mempengaruhi ketahanan dempul kayu itu sendiri. Jika Anda menggunakan dempul yang kualitasnya bagus, hasil finishing Anda akan bisa bertahan lebih lama.

Berikut ini beberapa ciri dari dempul berkualitas baik yang Anda jadikan referensi. 

Harga cukup bersahabat

Anda bisa melihat kualitas produk dari harganya. Produk dengan harga murah biasanya juga diikuti dengan kualitas dari produk yang tidak menjanjikan.

Kualitas produk dempul jenis ini patut dipertanyakan. Kebanyakan justru memberikan masalah seperti tidak mau menempel bahkan tidak kunjung kering. 

Jelas Mereknya

Jangan lupa untuk memilih produk dengan merek yang jelas. Dengan jelasnya merek produk ini, Anda akan tahu komposisi apa saja yang terkandung dalam suatu produk dempul. Selain itu produk bermerek biasanya sudah diuji coba terlebih dahulu kualitasnya. 

Jadi jangan lupa untuk memilih produk yang jelas mereknya serta hindari membeli dempul kiloan serta tanpa merek yang jelas. 

Tidak peeling saat diamplas

Untuk mengetahui kualitasnya, Anda bisa mengecek pada saat proses pengamplasan. Ciri dari dempul berkualitas tinggi tidak akan peeling atau mengelupas berlebihan. Artinya, setelah proses pengeringan yang cukup, dempul yang Anda gunakan akan menempel dengan baik. 

Jika daya rekat dempul pada permukaan kusen bagus artinya dempul bisa bertahan lebih lama. Anda pun tidak perlu khawatir untuk mengecat kusen milik Anda berulangkali. 

Tidak menyusut secara berlebihan

Ciri kualitas dempul terbaik selanjutnya adalah tidak menyusut secara berlebihan. Sama seperti cat, ketika dempul diaplikasikan dan masih proses pengeringan maka yang menguap adalah bahan pelarutnya. 

Dempul kayu yang baik memiliki daya susut rendah. Anda bisa mengecek apakah dempul kayu menyusut berlebihan setelah diaplikasikan pada kusen atau pintu Anda. 

Cepat kering dan mudah diaplikasikan

Ciri kelima ini perlu diperhatikan bagi Anda para DIY. Aplikasi dempul itu penting maka Anda harus memilih dempul dengan cara aplikasi yang tidak sulit. Dempul harus bisa diaplikasikan dengan berbagai, cara baik itu dengan scrape langsung, kuas atau sekedar menggunakan kain. 

Dempul juga perlu memiliki kelebihan dari segi kecepatan keringnya. Jika proses keringnya saja lama maka akan mempengaruhi waktu finishing. Tak kunjung kering menandakan terdapat kesalahan formulasi pabrik pada dempul. 

Produk Dempul Kayu Terbaik untuk Perbaikan Kusen 

Apakah Anda mencari dempul kayu jati atau dempul untuk hasil warna natural? Anda membutuhkan wood filler. Dempul ini juga mampu digunakan untuk menghaluskan permukaan kayu yang memiliki tekstur kasar. 

Misalnya saja, karena tergores benda tumpul atau karena penggunaan yang terlalu sering. Cacat pada permukaan kayu terutama kusen, adalah hal yang biasa. Namun, dengan produk Biovarnish Wood Filler Anda tidak perlu khawatir lagi. 

Dempul kayu yang satu ini menyediakan 4 pilihan warna yang bisa dipilih sesuai hasil finishing nantinya. Selain itu Biovarnish wood filler termasuk dempul berpelarut air yang sangat mudah diaplikasikan. 

Waktu kering yang dibutuhkan wood filler ini juga hanyam pada kisaran 20 menit saja tanpa harus dijemur. Anda akan lebih hemat waktu serta biaya jika menggunakanya. Ditambah lagi, tak ada bau yang menyengat selama Anda menggunakan wood filler ini. 

Apabila Anda tertarik menggunakan Biovarnish wood filler dan ingin langsung membeli, bisa langsung melalui link marketplace berikut ini.

  1. https://www.tokopedia.com/biopaint102 
  2. https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries 
  3. https://shopee.co.id/biovarnish.official 

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH