Ingin Furniture Kayu Bekas Menjadi Baru? Jangan Lupa Langkah Ini

Pernahkah terpikirkan oleh Anda untuk mengubah furniture lama di rumah menjadi baru? Apakah Anda memiliki furniture berukuran besar di gudang yang masih layak pakai? Jika ya segera jadikan furniture lama ini menjadi proyek baru Anda. Mengubah furniture lama menjadi baru adalah cara yang mudah namun sering dianggap sulit.

Sebelum memulai proyek, Anda harus pastikan apakah jenis kayu pada furniture bekas tersebut? Furniture yang bisa dilapisi cat ulang hanyalah furniture yang terbuat dari bahan kayu solid. Kayu potongan dan bukan kayu buatan karena Anda akan mengikis lapisan permukaan dan menguranginya.

Apa saja yang harus dilakukan pada proses perubahan furniture kayu bekas menjadi baru? Ada tiga langkah yang tidak boleh dilupakan, pertama menghilangkan lapisan cat lama sekaligus memperbaiki bagian yang rusak. Kedua adalah memberikan lapisan bahan pengawet kayu. Ketiga adalah memberikan lapisan cat yang baru.

Melihat ketiga langkah tersebut tampaknya tidak sulit. Artikel ini akan membahas cara-cara yang perlu Anda lakukan dalam tahapan tersebut. Simak kelengkapan langkah-langkah hingga akhir.

Persiapan Furniture Kayu Bekas Menjadi Baru

Furniture kayu bekas pasti pernah dilapisi bahan finishing sebelumnya. Sangat sulit untuk mengidentifikasi apakah jenis bahan finishing yang digunakan. Namun Anda harus melakukan berbagai upaya untuk menghilangkan lapisan cat yang lama tersebut.

Cara paling mudah menghilangkannya adalah dengan paint remover. Anda bisa membeli bahan tersebut di toko bahan kimia terdekat. Sebelum menggunakan paint remover, siapkan ruang kerja yang bersih dan terang. Pastikan terdapat sirkulasi udara yang baik karena Anda akan bekerja dengan bahan kimia yang keras.

Lanjutkan dengan pemberian alas pada furniture agar lapisan cat mengelupas tidak mengotori lantai. Mulai lepaskan bagian seperti engsel dan logam yang menempel, pisahkan jika terdapat laci.

Mulai tuangkan paint remover pada permukaan furniture dan tunggu hingga muncul reaksi. Cat akan mengelupas dan inilah saatnya Anda menggunakan pisau scrape untuk menghilangkan bagian tersebut. Scrape seluruh cat yang mengelupas hingga permukaan kayu muncul.

Ingin Furniture Kayu Bekas Menjadi Baru? Jangan Lupa Langkah Ini

Apabila seluruh bagian furniture sudah dihilangkan dari lapisan cat, Anda bisa mulai melakukan pengamplasan. Agar hasilnya lebih maksimal gunakan hand sander dengan kertas amplas dari kasar 150 beralih perlahan hingga amplas nomor 220.

Pengamplasan dilakukan hingga mendapatkan permukaan furniture kayu yang halus, rata, seluruh lapisan cat yang lama benar-benar hilang. Jangan lupa setelah pengamplasan selesai hilangkan debu amplas. Kini furniture sudah siap untuk diberikan lapisan bahan pengawet.

Langkah-Langkah Mengawetkan Furniture Kayu Bekas

Apabila furniture sudah selesai dikelupas dari cat yang lama kini saatnya untuk memberikannya bahan pengawet. Obat yang digunakan adalah obat anti rayap. Obat anti rayap berfungsi untuk menghindarkan furniture dari rayap di kemudian hari. Bahkan apabila Anda menemukan rayap di dalam substrate furniture, obat ini akan membunuh semua rayap.

Pilihlah obat anti rayap yang terbuat dari air karena lebih mudah untuk digunakan. Siapkan wadah bersih dan juga kuas. Mulailah untuk mencampurkan obat rayap dengan air pada wadah tersebut. Aduk menggunakan kuas kemudian kuaskan seluruh larutan obat ke permukaan furniture.

Diamkan furniture, jika perlu jemur agar obat bereaksi membunuh rayap dan meresap ke dalam substrat kayu. Perlu diperhatikan, obat anti rayap termasuk obat keras jadi sebaiknya Anda menggunakan masker, sarung tangan dan juga kacamata agar tidak masuk ke mata.

Jangan lupakan juga untuk menjangkau bagian-bagian sulit seperti bawah furniture dan juga siku. Area tersebut adalah area yang paling mudah dijangkau oleh rayap. Pengawetan ini berfungsi untuk jangka waktu yang lama.

Anda juga bisa menggunakan obat anti rayap ini apabila furniture sudah dilapisi oleh cat. Jika furniture dilihat terdapat rayap maka Anda bisa menggunakan metode suntik. Buatlah larutan dan masukan ke dalam suntikan, gunakan suntikan melalui pori kayu yang terdapat rayap.

Obat anti rayap akan masuk dan membasmi rayap dengan cepat. Sebaiknya selalu siapkan obat anti rayap ini di rumah. Apabila Anda ingin menghindari rayap sebaiknya gunakan furniture di tempat yang kering dan bebas dari kelembaban.

Proses penggunaan obat anti rayap ini seringkali dilewatkan apabila Anda melakukan reparasi furniture di toko dan tempat reparasi. Hasil yang diberikan pasti akan kurang memuaskan bahkan banyak cacat furniture lama yang tidak diperbaiki. Mereka hanya mengecat ulang saja tanpa memperbaiki dan memperhatikan kualitas bahan yang digunakan.

Mengecat Ulang Furniture Kayu Bekas Menjadi Baru

Inilah saat yang ditunggu yakni memberikan lapisan cat yang baru pada furniture lama. Jika dihitung lama pengerjaan seluruhnya adalah dua hari dan di hari ketiga Anda bisa menggunakan furniture kembali. Nah pada tahapan di hari kedua ini Anda bisa mempersiapkan dan membayangkan hasil finishing apakah yang diinginkan.

Ingin Furniture Kayu Bekas Menjadi Baru? Jangan Lupa Langkah Ini

Apabila Anda memiliki furniture dari kayu berserat bagus dan berwarna eksotik sebaiknya gunakan sanding sealer dan top coat saja. Tampilkan serat dan warna kayu yang artistik hanya menggunakan cat warna transparan. Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal hanya menggunakan dua bahan tersebut.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengecat adalah sebagai berikut ini:

    • Siapkan furniture yang sudah benar-benar kering, amplas ulang dan bersihkan debu amplas kembali.
    • Siapkan sanding sealer yang sudah dibeli. Campurkan dengan bahan pelarut kemudian mulai semprotkan ke seluruh permukaan furniture. Tunggu kering kemudian amplas secara ambang.
  • Siapkan top coat, campurkan ke dalam wadah dengan bahan pelarutnya. Anda bisa melakukan penyemprotan ke seluruh permukaan furniture kayu. Tunggu kering selama semalaman. Furniture bisa digunakan keesokan harinya.

Proses mengecat memang cepat, namun Anda perlu memperhatikan cara yang tepat dan bahan yang sesuai. Sangat disarankan untuk menggunakan bahan cat water based yang aman dan juga ramah lingkungan. Ada banyak keuntungan yang didapatkan baik untuk lingkungan dan juga furniture.

Berikut ini berbagai macam keuntungan menggunakan cat kayu water based untuk furniture:

    1. Tidak menimbulkan bau, pada saat penyemprotan Anda tidak perlu khawatir untuk masalah bau yang timbul. Cat bebas bau namun Anda tetap harus menggunakan masker pada saat proses finishing.
    1. Cat akan memberikan hasil finishing yang transparan. Tidak ada efek menguning di kemudian hari karena tidak ada kandungan formalin yang terlalu tinggi.
    1. Cat water based terkenal dengan daya kecepatan keringnya. Anda tidak akan bermasalah pada saat aplikasi di musim hujan. Tanpa penjemuran panas matahari cat akan tetap kering dengan sempurna.
    1. Anda bisa menggunakan cat water based pada furniture interior dan eksterior. Perlindungan yang diberikan meliputi tahan terhadap perubahan cuaca, kelembaban bahkan goresan.
  1. Anda bisa memilih berbagai tampilan, cat water based tersedia dalam berbagai macam warna, sheen level (tingkat glossy). Anda bisa menggunakannya pada finishing open pore dan close pore.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH