Kusen Rusak Akibat Rayap? Cat Kayu Kusen Ini Dapat Memperbaikinya

Jendela dan kusen adalah salah satu bagian rumah yang akan sering terkena debu dan rayap. Bahkan kelembaban akan merusak kusen yang terbuat dari kayu dengan cepat. Jika Anda menemukan rayap di sekitar kusen dan membiarkannya, maka dalam beberapa minggu kusen akan semakin rapuh.

Rayap adalah musuh terbesar kayu sama seperti kelembaban. Rayap menyerang dari dalam substrat kayu. Anda mungkin tidak memperhatikannya dan setelah beberapa tahun kusen tidak dirawat akan mulai menampakan keropos.

Bagaimana rayap bisa masuk ke dalam kusen? Penyebab utamanya adalah cat yang sudah mulai mengelupas dan tidak memberikan perlindungan. Cat kusen yang mulai memudar akan membuat kelembaban masuk ke dalam pori kusen.

Kelembaban inilah yang akan mengundang rayap untuk datang. Kusen yang bersentuhan dengan dinding membuat rayap mudah untuk datang. Kayu adalah rumah bagi rayap, setengah kayu rusak, rayap akan berpindah ke tempat yang baru dan membangun koloni.

Kusen Rusak Akibat Rayap? Cat Kayu Kusen Ini Dapat Memperbaikinya

Banyak pemilik rumah yang akhirnya kebingungan setelah dilihat kusen jendela dan pintu mulai keropos akibat rayap. Kini Anda tidak perlu khawatir lagi karena proses perbaikan bisa segera dilakukan sendiri.

Anda tidak perlu mengeluarkan budget lebih untuk mengganti kusen di rumah, cukup dengan pemilihan cat dan dempul kayu akan membuat kusen tampak baru kembali. Bagaimana caranya? Simak langkah mudahnya dalam artikel ini.

Cara Memperbaiki Kusen Jendela dan Pintu dengan Dempul Kayu

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menghilangkan rayap yang masih tersisa. Rayap yang masih ada dalam kayu akan terus menghabiskan kayu sehingga tidak tersisa.

Saatnya Anda menggunakan obat anti rayap seperti BioCide Insecticide. Obat ini sangat efektif mengusir dan mencegah datangnya rayap kembali. Proses aplikasinya sangat mudah, cukup dicampur dengan air kemudian oleskan secara menyeluruh ke bagian kusen kayu.

Pastikan bagian dalam kayu yang keropos terkena obat ini agar semua rayap mati. Diamkan obat bekerja selama beberapa jam kemudian bersihkan rayap yang rontok. Amplas seluruh permukaan kusen kayu.

Apabila kusen masih memiliki lapisan cat yang lama, lanjutkan dengan aplikasi paint stripper. Pilih paint stripper yang dapat bekerja pada lapisan cat kayu jenis bahan apapun. Jika lapisan cat lama benar- benar hilang dan tidak ada rayap yang tersisa dilakukan persiapan pendempulan.

Dempul yang digunakan adalah dempul yang mampu menambal kerusakan akibat keropos dengan sempurna. Anda bisa menggunakan BioColours wood putty yang mampu memperbaiki keropos. Kuncinya Anda perlu mencampurkan dempul dengan serbuk kayu yang memiliki warna sama seperti warna kusen.

Kusen Rusak Akibat Rayap? Cat Kayu Kusen Ini Dapat Memperbaikinya

Menggunakan dempul tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan finishing warna solid, Anda perlu menggunakan dempul untuk finishing kusen kayu warna natural. Hal ini dikarenakan jika kerusakan akibat keropos cukup besar maka hanya dempul yang dapat digunakan untuk memperbaiki.

Berikut ini langkah-langkah penggunaan BioColours wood putty untuk memperbaiki keropos kayu:

  1. Amplas seluruh permukaan kayu dengan amplas 220. Bersihkan debu amplas.
  2. Campurkan wood putty dengan air dan serbuk kayu. Buatlah hingga dempul dapat dibentuk bukan hanya berbentuk pasta namun seperti lilin.
  3. Isikan bagian keropos dengan dempul yang telah dicampurkan dengan serbuk kayu halus. tekan hingga masuk ke dalam lubang keropos. Dilakukan hingga tidak pada lubang yang tersisa.
  4. Tunggu hingga dempul mengering sekitar 20 menit baru dilanjutkan dengan pengamplasan.
  5. Amplas permukaan kusen dengan amplas 240 hingga permukaan halus dan tidak terlihat lubang keropos kembali.

Serbuk kayu yang digunakan sebagai campuran adalah serbuk kayu yang halus. Warna dari kayu harus sama dengan warna kayu jika Anda menghendaki warna natural. Setelah pendempulan selesai maka keropos atau kerusakan pada kusen telah tertutup dengan sempurna.

Mengembalikan Warna Kusen Menjadi Natural Kembali

Kini tampilan kusen di rumah Anda sudah mirip seperti kayu baru, tugas Anda selanjutnya adalah mengecat sesuai dengan keinginan. Cara mengecat ulang kusen kayu ini sangat mudah. Mengatasi agar tampilan dempul tidak tampak maka Anda membutuhkan hasil finishing close pore.

Finishing close pore membutuhkan aplikasi wood filler untuk menyamakan warna kayu sekaligus menutup pori kayu. Wood filler akan menyamarkan tampilan dari bekas pendempulan.

Baca juga : cara mengecat ulang pintu kayu menggunakan cat ramah lingkungan

Pada proses pengecatan ulang kusen ini, Anda perlu menggunakan Biovarnish series yang terdiri dari wood filler, wood stain dan juga clear coat. Cat ini juga berbahan dasar air, jadi Anda tidak perlu khawatir akan cat yang mengeluarkan toxic selama proses aplikasi dan pengeringan berlangsung.

Biovarnish wood stain akan berfungsi memberikan warna natural sekaligus menutup tampilan bekas dempul kayu. Disarankan untuk memilih warna yang lebih gelap agar bekas dempul tersamarkan dengan baik.

Pilih warna wood stain gelap seperti black, papua rose atau dark teak. Tidak hanya menyamarkan, warna tersebut juga akan memperlihatkan tampilan eksotik pada kayu.

Kusen Rusak Akibat Rayap? Cat Kayu Kusen Ini Dapat Memperbaikinya

Selain itu Biovarnish adalah produk yang cepat kering, Anda tidak perlu membuka jendela atau pintu terlalu lama karena cat yang masih basah. Persiapan yang dilakukan tidak terlalu banyak karena proses pendempulan sudah mempersiapkan kusen jendela dengan baik.

Jika Anda sudah siap, berikut ini langkah-langkah finishing kusen dengan Biovarnish series.

  • Bersihkan seluruh permukaan kayu dengan kain kering.
  • Aplikasikan Biovarnish wood filler dengan scrape. Aplikasikan berlawanan arah serta agar masuk ke dalam pori kayu dengan sempurna. Tunggu kering selama 20 menit.
  • Lanjutkan dengan pengamplasan, gunakan amplas alumunium oxide grit 240. Amplas hingga serat kayu terlihat namun bekas dempul tetap tertutup. Bersihkan bekas debu dengan kain kering.
  • Campurkan Biovarnish wood stain dengan air, dapatkan larutan mencapai 11-12 detik NK2. Aduk rata hingga tidak ada endapan pigmen.
  • Gunakan kuas nilon dan aplikasikan wood stain searah serat kayu. Lakukan satu kali tarikan panjang kuas searah serat kayu and pastikan tidak terdapat bekas sapuan kuas.
  • Tunggu lapisan mengering selama 60 menit kemudian amplas ambang dengan amplas 400. Bersihkan dengan kain kering. Ulangi proses aplikasi setidaknya 2 kali lapisan atau hingga warna menyatu dan tidak terlihat bekas pendempulan.
  • Terakhir, campurkan Biovarnish clear coat gloss dengan air. Dapatkan larutan yang sama yaitu 11-12 detik NK2.
  • Kuaskan clear coat searah serat kayu dan tunggu hingga kering. Anda bisa melapisi hingga dua kali lapisan. Jika tidak tunggu proses kering sempurna selama semalam. Namun dalam waktu satu jam Anda sudah bisa menutup jendela atau pintu.

Setelah proses aplikasi dengan Biovarnish Anda bisa merasakan bahwa proses finishing dengan cat water based lebih mudah dibandingkan dengan cat solvent. Anda tidak perlu bermasalah dengan bau cat atau proses aplikasi sulit dengan alat semprot.

Proses finishing dirancang khusus dapat menggunakan kuas agar seluruh DIY yang tidak memiliki alat semprot masih bisa menikmati hasil yang sempurna. Kuas yang wajib digunakan adalah kuas berbulu nilon yang akan memberikan permukaan lebih halus.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH