Tips Mengecat Triplek Untuk Ibu Rumah Tangga

Anda ibu rumah tangga yang ingin mengecat lemari anak Anda sendiri? Bahan lemari menggunakan triplek sehingga ringan untuk furniture anak namun Anda tidak tahu bagaimana cara untuk mengecat dan harus memilih bahan finishing seperti apa.

Jangan kahwatir Anda bisa melakukannya sendiri karena pekerjaan mengecat tidak harus dilakukan oleh seorang tukang. Ada banyak cara mengecat triplek yang benar yang bisa dilakukan sendiri bahkan hasilnya tidak kalah lebih baik. Jika Anda melihat ke toko furniture maka ada banyak kekurangan dari furniture yang telah dipamerkan yaitu bekas brush mark dari hasil aplikasi.

Bekas brush mark ini dikarenakan oleh berbagai macam sebab. Namun Anda jangan khawatir karena dengan perlakuan yang tepat Anda bisa melakukan proses finsihing bebas brush mark. Untuk melakukan proses finishing pada lemari triplek anak Anda yang perlu Anda perhatikan adalah tempat mengecat dan juga bahan bahan yang digunakan.

Sangat disarankan untuk tempat mengecat Anda melakukannya di ruangan yang luas dan juga bersih. Adanya debu dan juga kotoran akan mepengaruhi hasil akhir dari finishing lemari. Ruangan yang luas bukan berarti Anda mengecat di ruangan yang terbuka karena Anda harus mengetahui resiko hujan.

Sebaiknya lakukan pengecatan di garasi rumah atau pada carport rumah Anda. Pastikan ruangan telah bersih. Lalu cek terlebih dahulu lemari yang akan difinishing. Apakah terjadi cacat pada permukaan atau tidak. Jika tidak maka amplas permukaan triplek hingga halus kemudian Anda bisa langsung membersihkan sisa debu amplas dengan kain bersih dan juga kering.

Persiapan lemari dan ruangan untuk finishing telah selesai. Kini saatnya Anda melakukan proses pengecetan sesuai dengan yang dianjurkan pada petunjuk dalam kaleng. Perlu diperhatikan gunakan apron untuk proses finishing agar cat tidak mengenai pakaian Anda dan sulit untuk dibersihkan. Agar proses pengecatan lebih menyenangkan ajaklah buah hati untuk ikut mengecat lemari yang akan dia gunakan.

Tips Mengecat Praktis Untuk Hasil Sempurna

Tips Mengecat Triplek Untuk Ibu Rumah Tangga - Mengecat Triplek Waterbasecoating.com

Anda sebagai ibu rumah tangga mungkin sudah membaca dan menguasai langkah-langkah pengecatan yang ada pada kemasan. Namun seringkali sudah mengikuti langkah-langkah proses pengecatan gagal. Ada beberapa penyebabnya berikut ini tips agar Anda tidak gagal dan mendapatkan hasil sempurna dalam pengecatan lemari triplek.

  • Pastikan Anda sudah mengamplas dengan bersih permukaan triplek di setiap lapisan cat. Pengamplasan akan membantu membuka pori kayu sehingga lapisan di atasnya akan menempel dengan mudah dan dengan cepat.
Tips Mengecat Triplek Untuk Ibu Rumah Tangga - Mengamplas Triplek Waterbasecoating
  • Jika ingin menghindari brush mark maka gunakan kuas bulu yang telah dilapisi dengan kain bal atau kain bersih dan juga kering. Anda akan mendapatkan hasil yang halus dan rata jika menggunakan alat yang telah dimodifikasi tersebut.
  • Pastikan permukaan sudah benar-benar kering sebelum memulai pengamplasan karena akan menimbulkan bekas brush mark.
Tips Mengecat Triplek Untuk Ibu Rumah Tangga - Kuas Busa Untuk Triplek Waterbasecoating.com
  • Pilihlah jenis cat water based yang aman digunakan apalagi jika Anda akan melakukan finsihing bersama dengan anak-anak Anda. Jangan sampai Anda membahayakan kesehatan anak Anda karena salah memilih jenis cat solvent.
  • Pastikan Anda menguaskan searah serat untuk finishing warna natural dan Anda mengamplas dengan satu arah untuk warna duco. Hasilnya akan lebih rata dan juga halus sehingga tidak akan ada tekstur yang tidak rata.
  • Pastikan Anda mengikuti petunjuk yang ada pada kemasan cat terlebih lagi dalam mencampur bahan pelarut. Jangan sampai Anda mendapatkan cat terlalu kental atau terlalu cair karena akan berdampak pada permukaan kayu yang tidak rata.

Baca juga artikel kami yang membahas tentang “dempul untuk triplek“.

Artikel "Finishing Idea"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.