Pemilihan Warna Cat Kayu Pada Pintu Sangat Penting, Ini Contohnya

Gaya hunian Anda sudah didapatkan, tetapi bingung memilih warna cat kayu untuk pintu yang tepat? Temukan jawabannya pada artikel ini.

Bagian hunian terpenting tidak lain adalah pintu. Bagian dari hunian ini harus dimiliki setiap hunian. Dengan adanya pintu maka akan terdapat sekat sempurna antar ruangan. Fungsi pintu yang utama selain sebagai penyekat ruangan juga sebagai tempat keluar masuknya manusia atau barang. tanpa adanya pintu lalu bagaimana Anda akan menyimpan barang atau memasukan barang pada sebuah ruangan tentu akan sulit melakukannya.  Dengan adanya pintu Anda juga akan mendapatkan ruang privasi. Fungsi pintu memang harus diperhatikan sehingga Anda harus menggunakan material yang sesuai dengan gaya hunian bahkan untuk pemilihan warnanya.

Pintu adalah salah satu bagian hunian yang dibutuhkan untuk melengkapi gaya suatu hunian. Mungkin Anda belum menyadarinya hingga Anda menggunakan warna yang tidak sesuai dengan gaya yang diinginkan. Misalnya saja Anda memilih gaya hunian vintage dengan warna pastel atau putih. Lalu Anda memberikan warna orange pada pintu pasti tidak akan memnberikan kesan harmoni. Maka dari itu warna cat kayu untuk pintu harus sangat diperhatikan untuk mendapatkan suatu gaya yang utuh dan sempurna.

Contoh Warna Pintu Sesuai Dengan Gaya Hunian

Jika Anda masih bingung memilih warna pada pintu rumah maka kali ini Anda bsia menjadikan beberapa referensi yang sangat membantu di bawah ini. Banyak sekali jenis gaya yang bisa diterapkan beserta banyak sekali pilihan warna cat kayu untuk pintu yang beredar di pasaran. Belum lagi banyakanya merk cat plitur memiliki tingkatan warna yang berbeda. Misalnya saja warna merah pasti tidak semua warna merah sama tetapi ada merah muda, merah tua, velvet, dll. Oleh karena itu Anda perlu menyesuaikan warna sesuai gaya yang terbagi sebagai berikut:

Pintu-Rumah-modern
    1. Hunian Modern, desain rumah modern lebih memilih material terbaru seperti besi, baja, semen dan minim kayu. Anda bisa menggunakan kayu pada bagian pintu utama untuk menambahkan suasana natral di dalamnya. Untuk desainnya hunian modern tidak terlalu banyak memiliki ornamen atau hiasanya. Hiasan biasanya menggunakan home decor pada dinding di dalam rumah. Untuk menyempurnakan hunian modern maka Anda bisa memilih pintu dengan warna walnut brown atau hitam transparan. Sedangkan untuk warna dinding luar rumah bisa memilih warna cerah seperti warna abu-abu, putih dan kuning, putih dan merah, atau perpaduan warna putih dengan warna terang lainnya.
Pintu-rumah-minimalis
    1. Hunian Minimal, jika Anda memilih hunian minimalis maka yang muncul adalah hunian dengan luas tanah minim tetapi tidak terlihat sempit. Caranya adalah dengan menggunakan desain yang tidak banyak corak bahkan pemilhan warna rumah biasanya satu warna saja misal warna putih saja dengan bagian seperti kusen atau pintu warna hitam atau warna natural kayu tergantung jenis kayu. Biasanya pada jendela dan juga pintu dikombinasikan dengan kaca agar terlihat lebih mewah.
Pintu-Rumah-klasik
  1. Hunian Klasik, tampilan dari hunian klasik bertolak dengan hunian modern yang minim akan ornamen. Justru pada hunian klasik ini Anda bisa memberikan oranmen menarik dari pagar besi atau tralis pada jendela. Sedangkan untuk pintu atau jendela kayu biasanya menggunakan cat kayu warna putih atau cokelat natural kayu.
  2. Hunian Kontemporer, hunian kontemporer adalah yang paling unik karena terkadang memasukan gaya Anda sendiri. Kebanyakan gaya kontemporer ini menggunakan dinding yang banyak oleh kaca. Sedangkan pada bagian pintu hanya bagian list saja yang menggunakan kayu dan sisanya kaca. Pada biagian list kayu pintu ini Anda bisa menggunakan warna natural transparan yang akan memberikan sentuhan alami dan kehangatan agar tidak terlalu dingin karena material kaca yang digunakan.

Cat Kayu Yang Bagus Untuk Finishing Pintu

Macam-macam desain rumah beserta pilahan warna diatas mayoritas merujuk pada satu warna yaitu warna natural transparan dari kayu. Benar saja karena warna natural adalah pilihan yang netral dan cocok untuk semua gaya hunian. Bahkan warna cat kayu natural tidak terbatas pada warna cokelat muda atau cokelat tua saja. Saat ini sudah banyak pilihan warna plitur kayu sesuai dengan jenis kayu seperti kayu jati, kayu mahoni, kayu sonokeling, kayu pinus, dll. Sedangkan untuk jenis cat yang digunakan tentu saja yang harus bisa digunakan untuk furniture outdoor karena pintu akan terkena paparan langsung sinar matahari seperti pada pintu utama. Ketahan ini dibutuhkan untuk menjaga warna plitur kayu pada pintu tidak mudah memudar.

Baca juga artikel kami yang membahas tentang “merk dempul kayu yang bagus untuk pintu“.

Produk Cat untuk Pintu Apakah yang Terbaik untuk Digunakan? 

Apakah Anda ingin memiliki hunian dengan klasik, kontemporer bahkan modern dengan tampilan pintu indah seperti contoh di atas? Triknya adalah memilih produk cat kayu dengan warna terbaik. 

Tidak semua produk tepat diaplikasikan pada pintu karena soal pilihan warna yang tersedia sampai ketahanan warnanya. Warna natural adalah pilihan terbaik karena mudah dan lebih bervariasi dibandingkan warna solid. 

Jika Anda ingin memilih cat dengan warna natural maka Biovarnish liquid stain adalah pilihan terbaiknya. Ada beberapa alasan yang membuat Biovarnish jadi produk terbaik soal warna. Berikut ini beberapa alasannya. 

  1. Memiliki warna transparan sehingga serat kayu asli terlihat lebih jelas. 
  2. Tersedia dalam 20 jenis warna kayu dari jati, mahoni, ek, sonokeling dan masih banyak lagi.
  3. Memiliki ketahanan warna jadi jika digunakan pada pintu utama warnanya tak mudah pudar. 
  4. Stain mudah diaplikasikan hanya dengan kuas dan dicampur dengan air saja. 
  5. Produk juga lebih cepat kering dalam waktu 60 menit tanpa dijemur dan bisa diaplikasikan hingga beberapa lapisan untuk warna lebih gelap. 

Semua kelebihan dari Biovarnish liquid stain ini akan langsung Anda dapatkan jika menggunakanya pada pintu rumah. Gaya apapun yang ingin didapatkan semua akan terwujud dengan mudah. 

Cara Mengaplikasikan Biovarnish Liquid Stain pada Pintu Rumah

Supaya hasilnya maksimal, maka Anda harus tahu bagaimana cara pengaplikasian yang benar. Karena tidak semua stain memiliki proses aplikasi yang sama, jadi Anda harus mempelajarinya terlebih dahulu. 

Pada dasarnya Biovarnish liquid stain bisa diaplikasikan langsung di atas permukaan kayu, tapi jika ingin hasil yang lebih halus, lapisi dulu dengan wood filler. Tujuannya adalah untuk memperbaiki lubang dan menutup pori kayu. 

Anda bisa menggunakan Biovarnish wood filler terlebih dahulu sebelum aplikasi stain. Jika sudah selesai, Anda bisa melanjutkan dengan langkah berikut ini. 

Melarutkan liquid stain

Langkah pertama adalah mencampurkan Biovarnish liquid stain di wadah lainnya agar mudah dicampur. Tuang 2:1 bahan dan air ke dalam wadah dan aduk sampai merata dan warna mencampur sempurna. 

Anda bisa menggunakan pengaduk kayu atau dari stainless steel. Jika menggunakan alat pengukur NK2 dapatkan viskositas 11-12 detik maka larutannya akan lebih sempurna. 

Menguaskan liquid stain pada pintu

Anda bisa mulai mengaplikasikan warna cat kayu dengan kuas berbulu nilon yang baru. Cara menguaskan harus searah dengan serat kayu dan sedikit diangkat jangan ditekan agar brush mark tidak muncul. 

Sapukan kuas dalam satu kali sapuan yang panjang dan ulangi dari bagian akhir setelah kuas dicelupkan kembali ke dalam cat. Ratakan ke permukaan pintu. 

Mengeringkan lapisan stain

Untuk proses pengeringan pada pintu yang terpasang atau dilepas Anda bisa mendiamkannya saja dalam posisi saat mengecat. Karena Biovarnish liquid stain bisa kering tanpa dijemur Anda tidak perlu memindahkannya. 

Mengamplas permukaan pintu

Untuk coating yang sudah kering Anda bisa melanjutkan dengan pengamplasan ambang. Cukup amplas ambang permukaan pintu kayu dengan amplas nomor 400. Aplikasikan pengamplasan searah serat kayu juga agar halus. 

Ulangi sampai warna yang diinginkan muncul

Biasanya lapisan pertama coating akan memberikan warna yang masih sedikit pucat jadi Anda akan melihat warna terbaiknya setelah mengaplikasikan dua lapisan. Untuk itu Anda perlu mengulangi langkah nomor dua sampai 4 kembali sampai warna coating gelap dan sesuai. 

Bagi Anda yang ingin mendapatkan produk Biovarnish liquid stain ini bisa langsung klik link di bawah ini.

  1. https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries
  2. https://www.tokopedia.com/bioindustries
  3. https://shopee.co.id/biovarnish.official

 

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH