7 Macam Finishing Cat Kayu Natural yang Banyak Digunakan

Memiliki proyek finishing bangunan hingga furniture kayu? Ingin mendapatkan hasil finishing seperti yang dijual secara pabrikan oleh profesional? Selamat, karena Anda sedang berada di tempat yang tepat.

Mungkin saat ini Anda bukanlah seorang profesional dibidang finishing, namun Anda bisa mendapatkan hasil finishing layaknya profesional. Dilakukan finishing dengan benar dan Anda akan mendapat hasil sempurna mulai dari langkah pertama.

Maka penting untuk memilih cara finishing yang tepat dengan bahan yang tersedia. Banyak bahan finishing yang beredar di pasaran. Beda bahan dan beda merk seringkali membingungkan Anda yang belum pernah memilih cat.

Apabila Anda ingin mendapatkan proses finishing yang tepat, maka bahan finishing menjadi acuan utama. Hasil finishing memberikan lapisan protektif pada permukaan dan dimulai dari dempul kayu. Jika tidak maka furniture atau bahan bangunan dari kayu tidak terlindungi.

Hanya saja, lapisan proteksi yang dihasilkan cat kayu dapat diaplikasikan pada permukaan kayu yang telah dipersiapkan. Anda harus mengetahui persiapan kayu yang dimulai dari pengamplasan, scraping, dan pendempulan yang akan mengeliminasi permukaan kasar atau bulu kayu.

Persiapan yang benar akan menghasilkan permukaan kayu yang lebih lembut dan halus. Proses untuk menyamakan warna kayu juga masuk di dalam tahapan persiapan. Ketika persiapan telah selesai dilakukan maka bahan finishing yang tepat perlu dipilih.

Kebingungan memilih bahan finishing yang tepat? Kini tidak perlu lagi dilakukan karena Anda bisa membandingkan secara spesifik aplikasi yang dilakukan dengan berbagai macam bahan. Hasil finishing dan bahan yang tepat kemudian dapat dipilih.

Macam-Macam Bahan Finishing Tampilan dan Karakteristiknya

Ketika memilih cat finishing kayu terbaik, terdapat karakteristik tertentu yang perlu dipertimbangkan. Apakah Anda membutuhkan merk cat kayu yang mengkilap? Apakah Anda lebih tertarik pada bahan finishing tampilan matte? Apakah bahan yang digunakan tepat untuk furniture outdoor?

Apakah furniture yang akan digunakan justru hanya diletakan dalam ruangan sehingga proteksi bukanlah prioritas. Memprioritaskan kebutuhan yang simple adalah cara utama untuk memilih lapisan coating yang tepat.

Beberapa jenis bahan finishing berikut adalah lapisan bening dan lapisan akhir. Warna cat plitur kayu yang transparan ini sangat mudah dinilai berdasarkan karakteristiknya.

  • Wax

Salah satu karakteristik yang menonjol dari wax adalah kemudahan aplikasinya. Hasil finishing juga memberikan tampilan mengkilap yang baik. Hanya saja finishing menggunakan wax perlu diulangi kembali dan hanya memberikan proteksi yang tipis.

7 Macam Finishing Cat Kayu Natural Yang Banyak Digunakan

Wax sangat mudah sekali menghilang karena terkena angin, panas dan air. Maka jika Anda akan melakukan finishing kayu untuk outdoor sebaiknya jangan pilih wax. Cara kerja wax adalah melindungi dari dalam.

Proses aplikasinya adalah menggunakan kain. Anda cukup mengusapkan wax yang telah diambil dan diratakan. Wax akan meresap ke dalam pori kayu.

  • Shellac

Shellac termasuk bahan finishing transparan atau lebih tepatnya plitur tradisional. Beberapa jenis shellac menghasilkan warna yang lebih menguning sehingga cocok untuk diaplikasikan pada kayu white oak atau pine.

Perlindungan yang diberikan oleh shellac terhadap air pada kayu sedang, dan tidak tahan lama sehingga perlu proses aplikasi ulang. Teknik aplikasi shellac tergolong rumit karena Anda perlu melarutkannya menggunakan alkohol.

7 Macam Finishing Cat Kayu Natural Yang Banyak Digunakan

Shellac berbentuk lempengan dengan tiga jenis warna, kuning muda, kuning orange dan coklat. Anda perlu menambahkan alkohol secukupnya untuk melarutkan. Beberapa profesional juga menjadikan shellac sebagai cat dasar kayu.

  • Nitrocellulose Lacquer

Bahan finishing ini sering disebut sebagai NC, memberikan lapisan coating akhir yang keras dan mengkilap. Perlindungan yang diberikan cukup baik dengan daya tahan kuat. Sayangnya dalam NC banyak bahan pelarut beracun, sehingga Anda perlu menggunakan masker pelindung untuk menghindari asap beracun yang keluar.

Anda hanya bisa melakukan proses aplikasi menggunakan alat semprot. Inilah yang membuat bahan beracun terlepaskan ke udara. Metode kuas bisa diaplikasikan hanya saja membutuhkan teknik khusus yang perlu dipelajari sebelumnya.

Bahan pelarut yang digunakan adalah thinner, dan banyak gitar yang menggunakan bahan finishing ini. Cat akan mudah menguning ketika digunakan dalam beberapa waktu.Tampilan kilap yang didapatkan bisa mencapai di atas 90%.

  • Melamin

Bahan finishing melamin mirip dengan NC, hasil finishingnya memberikan lapisan finishing dengan tampilan high gloss. Anda hanya dapat melakukan proses aplikasi dengan alat semprot dan sama sekali tidak dapat menggunakan kuas.

7 Macam Finishing Cat Kayu Natural Yang Banyak Digunakan

Hasil finishing high gloss ini didapatkan untuk furniture dalam ruangan saja. Anda tidak bisa menggunakan cat melamin untuk furniture outdoor. Melamin tidak memiliki perlindungan kuat terhadap panas matahari.

Seiring berjalannya waktu, cat melamin memiliki kecenderungan untuk berubah menjadi warna kuning. Disebabkan oleh kandungan beracun berupa formalin yang sangat tinggi membuat warna kuning muncul kemudian.

  • Polyurethane

Salah satu produk pernis kayu yang memiliki perlindungan lebih kuat dibandingkan pernis biasa. Hasilnya sama seperti pernis kayu pada umumnya yaitu hasil yang transparan. Kandungannya sangat beragam yang akan memberikan hasil finishing sangat kuat.

Beberapa polyurethane terbuat dari solvent dan adapun yang terbuat dari air. Proses aplikasi bisa menjadi cukup sulit karena proses pengeringan sempurna yang sangat lama yaitu 30 hari. Lapisan yang terbentuk akan menghindarkan tampilan goresan halus karena penggunaan.

Kekuatan yang diberikan dari polyurethane ini membuatnya lebih banyak digunakan pada lantai kayu, dek kapal, lantai kayu balkon atau daerah lain yang sering digunakan. Ketika cat telah mengering sempurna Anda tidak perlu mengulangi aplikasi dalam waktu dekat.

  • Pernis water based

Saat ini cat tidak selalu menggunakan thinner atau alkohol sebagai bahan pelarut. Pernis kayu water based adalah cat yang memerlukan pelarut air. Pernis water based memberikan hasil finishing bening tanpa tampilan plastik.

7 Macam Finishing Cat Kayu Natural Yang Banyak Digunakan

Produk ini bekerja lebih baik untuk memberikan perlindungan pada furniture yang terkena paparan sinar UV berlebih. Jadi Anda bisa menggunakannya pada furniture luar ruangan seperti garden furniture.

Proses aplikasi bisa menggunakan kuas atau dengan alat semprot. Kecepatan keringnya sangat tinggi sehingga Anda perlu bergerak cepat. Keuntungan dari proses kering yang cepat adalah menghemat waktu proses finishing secara keseluruhan.

  • Pernis solvent

Pernis kayu yang terbuat dari bahan solvent membutuhkan thinner sebagai pelarutnya. Hasil finishing berfungsi untuk menonjolkan serat kayu dan tidak untuk perlindungan. Hasil finishingnya membuat kayu terlihat hangat dan perlu cat berlapis.

Bahan pelarut thinner membuktikan bahwa pernis solvent mengandung bahan berbahaya. Sama seperti melamin atau NC, Anda perlu mempersiapkan bahan pelindung diri yang tepat.

Proses aplikasinya sangat mudah hanya pengeringan membutuhkan waktu yang lebih lama. Dibutuhkan waktu 12 jam dengan panas matahari untuk mempercepat penguapan bahan pelarut. Jika ingin menghilangkan lapisan pernis solvent perlu pengamplasan dan bahan penghilang cat khusus.

Sudah tidak bingung lagi dengan bahan finishing apakah yang harus Anda gunakan? Masing-masing clear coat memiliki karakteristik yang berbeda. Dari sini Anda bisa memilih manakah bahan finishing yang paling dibutuhkan.

Artikel "Based Knowledge"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.