Temukan 10 Merk Dempul Kayu Di Indonesia, Mana yang Paling Baik?

Anda suka mengolah kayu menjadi furniture? Pasti membutuhkan dempul kayu dalam prosesnya. Temukan 10 merk dempul kayu yang ada di Indonesia.

Dalam mewujudkan furniture dengan tampilan menarik atau memmiliki estetika yang tinggi maka butuh proses. Bagi Anda yang sudah sering melakukan finishing pasti sudah tidak asing lagi dengan produk dempul kayu. Produk ini dibutuhkan untuk mengisi cacat tekstur apda kayu serta mengisi pori-pori kayu. Hal ini dibutuhkan untuk mendapatkan hasil finishing close pore yang lebih halus dan rata.  Ada dua jenis dempul kayu tergantung hasil yang ingin di dapatkan. Pertama adalah dempul kayu untuk hasil warna natural transparan dan kedua adalah dempul untuk hasil warna solid. Dempul yang digunakan untuk hasil warna natural transparan disbeut dengan wood filler. Fungsi wood filler ini adalah mengisi pori-pori kayu tetapi tidak menutup warna kayu dan merusak serta kayu justru sebaliknya yaitu untuk menjelaskan warna kayu. Sedangkan untuk jenis dempul warna solid disebut dengan wood putty. Jenis dempul ini digunakan untuk menutup pori-pori kayu dan juga untuk menutup warna asli kayu sehingga baik warna dan serta kayu tidak akan terlihat.

Dua jenis dempul tersebut memiliki fungsi yang sama tetapi hasil yang berbeda. Dalam prakteknya Anda tidak boleh keliru dalam menggunakan dempul ini karena hasilnya akan sangat terlihat. Jangan gunakan wood putty untuk hasil warna natural karena baik warna kayu dan serat kayu akan tertutup. Hal ini juga berlaku sebaliknya. Di Indonesia ada berbagai macam dempul kayu yang dijual terkadang membuat Anda bingung untuk memilihnya. Dalam artikel kali ini Anda bisa melihat 10 merk dempul yang dijual di Indonesia beserta reviewnya.

Review 10 Merk Dempul Kayu

  1. Biovarnish Wood Filler
Biovarnish-wood-filler

Produk Biovarnish Wood filler adalah produk yang diciptakan oleh Bio industries, produk ini berbahan dasar air sehingga aman dan ramah lingkungan untuk digunakan. Harga per kaleng dempul ini hanya Rp. 26.000,- dengan pilihan warna jati atau mahoni. Produk ini adalah salah satu produk dempul kelas premium dengan harga yang murah.  Aplikasinya sangat mudah bisa menggunakan pisau pallet atau dengan bal.

  1. BioColours Wood Putty

Dempul ini juga salah satu keluaran dari Bio Industries. Produk ini akan menutup warna kayu secara rata dan keseluruhan. Proses aplikasinya sama yaitu bisa dengan pisau pallet atau dengan bal. Warna yang tersedia adalah warna putih dan abu-abu. Untuk harga perkalengnya adalah Rp.26.000,-.

  1. Aqua Wood Filler
Aqua Wood Filler

Produk dempul ini berasal dari Propan yang juga mengusung tema water based. Produk ini ketika aplikasi harus diaduk terlebih dahulu karena biasanya antara dempul dan bahan pelarutnya akan terpisah. Selama proses aplikasi dempul harus sering-sering diaduk. Untuk harga perkalengnya tersedia Rp. 25.000,- .

  1. Impra Wood Filler
Impra-wood-filler

Masih produk dengan produk dari Propan, Impra Wood Filler adalah salah satu produk yang terbuat dari abhaan Nitrocellulose. Jika Anda membutuhkan produk yang bukan water based Anda bisa menggunakan produk ini. Untuk cara aplikasinya tidak jauh berbeda dengan dempul yang lainnya hanya saja bahan pelarut yang dibutuhan adalah thinner. Kelebihan dempul ini adalah mampu meresap wood stain dengan rata. Produk ini dijual per kalengnya dengan harga Rp. 26.000,-.

  1. Mowilex Wood Filler
Mowilex Woodstain

Produk dempul kayu ini terbuat dari bahan acrylic emulsion dengan pilihan warna jati dan kamper. Harga Mowilex Wood Filler lebih mahal per kalengnya yaitu Rp. 32.500,-.  Untuk proses aplikasinya juga sama yaitu bisa dengan pisau pallet atau dengan bal.

  1. Belazo Wood Filler
Belazo Wood Filler

Produk ini terbuat dari bahan water based yang bebas racun dan bau pada saat proses aplikasi. Hanya saja produk ini digunakan utnuk furniture indoor saja karena ketahanannya terhadap panas kurang. Jadi tidak disarankan untuk aplikasi furniture outdoor. Harga perkaleng Belazo Wood Filler cukup mahal yaitu Rp. 40.000,-.

  1. Milan Wood Filler

Produk dempul ini berbeda karena tidak terbuat dari water based tetapi terbuat dari alkyd resin (solvent). Warna yang tersedia adalah ramin, jati, sungkai, kamper, dll. Cara aplikasinya juga masih sama dengan produk dempul kayu lainnya. Harga yang ditawarkan adalah Rp. 26.000,- per kalengnya.

  1. SanPolac
SanPolac

Produk ini adalah wood putty yang memiliki tingkat keras dan kering tinggi sehingga Anda tidak bisa mendapatkan hasil yang halus dan rata jika menggunakan SanPolac. Proses aplikasinya membutuhkan resin atau hardener sehingga terbilang agak sulit. Untuk harga per kaleng SanPolac Rp. 35.000,-.

  1. Isamu

Dempul Isamu tidak jauh berbeda dengan SanPolac yang membedakannya hanyalah Isamu tidak memerlukan bahan pelarut seperti resin dan bisa langsung diaplikasikan. Untuk harga Isamu cukup mahal mencapai Rp. 50. 000 per kalengnya.

  1. RJ Wall Putty
RJ Wall Putty

Jenis dempul ini memang digunakan untuk atap dan juga dinding tetapi bisa juga diaplikasikan pada material kayu. Bahan RJ Wall Putty adalah Acrylic Copolymer Emulsion Putty. Kegunaan dempul ini bisa untuk furniture indoor dan juga outdoor. Proses aplikasinya menggunakan pisau pallet, untuk harganya relatif urah yaitu Rp. 18.000,- per 1 kg.

Cara memilih Dempul Kayu Yang Berkualitas

Ketika Anda sudah mengerti apa saja merk dempul kayu yang ada di Indonesia. Saatnya Anda memilih produk atau merk mana yang akan digunakan. Tidak semua merk dempul kayu memiliki kualitas yang terbaik. Hal ini disebabkan formula yang berbeda dan tingkat ketahanan pun akan berbeda. Dalam menenetukan dempul mana yang Anda gunakan maka Anda bisa mengikuti tips berikut ini:

Dempul-kayu
  • Pilihlah dempul sesuai hasil yang diinginkan. Jika ingin hasil warna natural transparan pastikan menggunakan wood filler. Sedangkan jika ingin hasil warna solid maka gunakan wood putty.
  • Pastikan daya tarik dempul panjang dan tidak menimbulkan keretakan. Dempul yang mudah retak berarti tidak dapat merekat baik pada kayu. Dapat dipastikan wood stain pun tidak akan melekat pada kayu dengan baik dan hasil akhir finishing Anda akan cracking.
  • Masalah bau. Jika dempul mengeluarkan bau yang menyengat menandakan bahwa dempul mengandung formalin yang tinggi. Kandungan formalin yang tinggi akan membahayakan kesehatan dan lingkungan Anda. Maka selalu pilih dempul yang tidak meninggalkan dan menimbulkan bau menyengat.
  • Kecepatan kering. Tidak semua dempul memiliki kecepatan kering yang sama. Jangan pilih dempul yang lama keringnya karena akan menghambat proses pekerjaan Anda. Jika Anda ingin dempul yang cepat kering bisa menggunakan Biovarnish Wood Filler atau BioColours Wood Putty. Dengan masa kering hanya 20 menit Anda bisa langsung pada tahapan pengamplasan.
  • Kemudahan pengamplasan. Ada satu lagi hal penting yaitu mudahnya dempul untuk diamplas yaitu tidak berat dan tidak peeling. Dempul yang berat diamplas menandakan dempul tidak memiliki kecepatan kering yang baik. Untuk dempul yang peeling berarti dempul tidak mengisi pori-pori kayu dengan baik dan Anda akan boros menggunakan dempul tersebut.

Dari cara mendapatkan dempul berkualitas di atas diharapkan Anda bisa memilih dempul kayu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Artikel "Info News"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.