3 Macam Cat Pernis untuk Lantai Kayu dengan Hasil Warna Natural Transparan

Dibandingkan lantai keramik atau karpet, material kayu sebagai lantai lebih bagus terutama untuk mempertahankan kebersihan ruangan. Debu dan juga kotoran lainnya akan berkurang. Banyakbahan finishing aman digunakan pada lantai kayu. 

Bagaimana cara Anda agar bisa menjaga lantai kayu tetap tahan lama, tampak alami dan kondisinya sempurna sepanjang hari? Ada banyak jenis pernis yang jadi pilihan Anda. Pernis akan menjaga tampilan natural pada kayu sehingga tampak natural transparan. 

Tiga Jenis Cat Lantai Kayu Pernis Polyurethane

Jenis pernis yang dipilih sebagai cat lantai kayu anti gores tak bisa dipilih sembarangan. Polyurethane jenis pernis yang bisa Anda jadikan alternatif pilihan. Pernis ini dipilih karena mempertimbangkan kebutuhan lantai seperti ketahanannya, produknya yang ramah lingkungan, warna aplikasi hingga waktu yang dibutuhkan bahan pernis untuk kering. 

Setidaknya ada tiga jenis cat lantai yang bisa Anda gunakan dengan pembagian dan cara aplikasinya berikut ini.

Pernis Polyurethane Oil Based

Pernis jenis ini mudah diaplikasikan namun kini jarang digunakan karena seringkali mengubah warna asli kayu. Selain itu kekurangannya ada pada waktu yang dibutuhkan untuk mengering yang sangat lama. Dibutuhkan waktu berminggu-minggu hingga lantai bisa digunakan. 

Dua atau tiga lapisan dibutuhkan untuk melindungi kayu tapi mengeluarkan bau yang lebih keras dibandingkan dua jenis pernis lainnya. Cara aplikasinya tidak mudah karena cenderung mengeluarkan brush mark jika dikuas. 

Cara mengaplikasikan pernis untuk lantai berbahan oil based ini lebih baik menggunakan kain atau pad dibandingkan kuas. Berhati-hatilah dengan kuas murah yang mudah rontok karena bagiannya yang rontok mungkin akan menempel pada lantai. 

Aplikasikan searah dengan serat kayu dan jangan terlalu tebal. Jangan ulangi aplikasinya berulang kali jika lapisan pertama belum benar-benar kering. Jika menggunakan kuas Anda harus menciptakan satu sapuan kuas yang panjang. 

Pernis Polyurethane Water Based

Merupakan pernis untuk lantai yang waktu keringnya sangat cepat dan tidak berbau menyengat dibandingkan pernis lainnya. Hanya saja kekurangannya pernis ini ada pada beberapa jenis kayu lunak. Untuk kayu-kayu tersebutminyak kayu mungkin akan muncul setelah diaplikasi dengan pernis ini. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa melapisi sanding sealer untuk mencegahnya. 

Kebanyakan pengrajin kayu atau tukang finishing profesional lebih memilih water based karena tidak menimbulkan bau menyengat. Soal  cara cat lantai kayu Anda bisa mengaplikasikannya dengan segala macam jenis alat. 

Cara pengaplikasikannya adalah dengan menciptakan lapisan tipis menggunakan kuas atau pad. Selalu aplikasikan searah dengan serat kayu. Untuk mencegah naiknya minyak kayu Anda bisa menciptakan lapisan tipis secara bertahap. 

Karena waktu kering lebih cepat, Anda tidak perlu terburu-buru dalam bekerja. Untuk mendapatkan hasil yang sangat halus, tak perlu mengampelas lapisan coating pertama. Ampelas langsung pada lapisan kedua karena lapisannya akan lebih tebal dari lapisan pertama. 

Pernis Polyurethane Solvent Based

Sama seperti cat lantai kayu water based, solvent based juga punya keunggulan cepat kering. Sayangnya, pernis ini menimbulkan bau yang sangat menyengat bahkan menyaingi oil based. Kandungan volatile organic compound (voc) juga sangat tinggi membuat Anda harus berhati-hati saat mengaplikasikan. 

Cara mengaplikasikannya lebih sulit dan membutuhkan suhu tinggi.  Dibandingkan dengan pernis water based, hasil warna transparan yang dihasilkan pernis solvent based ini malah bisa lebih cepat berubah seiring berjalannya waktu. 

Proses aplikasinya bisa menggunakan kuas bulu alami atau roller microfiber. Aplikasikan pernis searah serat kayu. Ketika aplikasi dan proses pengeringan, pastikan ruangan memiliki sirkulasi udara yang bagus. 

Aplikasikan dua hingga tiga lapisan pernis solvent based untuk mendapatkan perlindungan maksimal. Untuk mempercepat proses kering, buukalah jendela dan pintu saat proses pengeringan pernis.

Tips Profesional Ketika Menggunakan Pernis Polyurethane

Polyurethane adalah jenis pernis lantai kayu yang dipercaya sejak lama karena kualitas dan ketahanannya. Selama proses aplikasinya ada lima tips yang bisa diikuti untuk membantu Anda memperoleh hasil finishing terbaik.

  • Aplikasi pada permukaan kayu yang bersih

Istilah bersih yang dimaksud dalam aplikasi cat lantai adalah bebas kotoran, debu hingga bekas lapisan coating. Jangan sampai Anda menggunakan pernis di atas lapisan pernis lama, karena mungkin saja kedua jenis pernis tersebut tidak bisa saling mengikat. 

Anda bisa membersihkan lapisan coating lama terlebih dahulu sebelum akhirnya menggunakan pernis PU yang baru. 

  • Jangan pernah mengocok kaleng cat

Ingatlah bahwa bubble pada pernis akan menimbulkan bekas yang sulit hilang ketika sudah kering. Oleh karena itu setelah Anda membeli cat, jangan pernah mengocok kalengnya. Guncangan sedikit saja bisa menimbulkan gelembung udara dan menempel ketika diaplikasikan. 

Jadi ketika Anda ingin mencampurkan cat dengan bahan pelarutnya sebaiknya aduk perlahan. Tak perlu mengocok agar keduanya cepat bercampur. 

  • Selalu bekerja di ruangan yang bersih

Ventilasi udara dalam ruangan berperan penting, bukan hanya membuat coating cepat kering tapi juga menghilangkan debu. Ketika area yang dicat terkena debu apalagi coating masih basah, maka finishing bisa jadi kotor. 

Jika Anda mendambakan warna cat lantai kayu transparan, debu atau kotoran akan mudah terlihat dan sulit dihilangkan. Ini berarti bahwa Anda harus mengulangi aplikasi dari awal. Tentu sebuah kerugian jika sampai hal ini terjadi. 

  • Menggunakan thinner untuk PU oil based

Baik solvent dan oil based bisa memanfaatkan thinner untuk bahan pelarutnya. Walaupun sebenarnya beberapa produk oil based bisa langsung diaplikasikan. Jika Anda merasa bahwa cairan masih terlalu kental dan sulit mendapatkan hasil halus, tambahkan sedikit thinner. 

Buatlah alur aplikasi

Karena hendak mengecat dalam ruangan, Anda harus tahu dari mana pengecatan dan dimulai dan berakhir. Untuk proses aplikasi selalu mulai dari bagian yang terjauh dari pintu lalu lanjutkan dengan berjalan mundur. 

Jangan sampai Anda menginjak cat lantai yang belum kering. Selain itu, berhati-hatilah untuk mengecat pada area yang bertemu dinding agar cat tidak mengotori area lainnya. 

Pernis Polyurethane Water Based Terbaik

Bagi Anda yang ingin mengerjakan proyek pengecatan lantai rumah kayu secara keseluruhan, sangat direkomendasikan untuk menggunakan pernis PU water based. Baik itu skala proyek besar atau hanya pengecatan DIY. 

Produk polyurethane water based yang tak boleh Anda lewatkan adalah Biothane. Cat lantai rumah kayu ini akan menjamin perlindungan terbaik, terutam ketika lantai sangat seringkali digunakan. 

Anda akan mendapatkan keindahan warna kayu natural terbaik ketika menggunakan coating ini. Untuk hasil maksimal, gunakanlah cat dasar kayu sanding sealer Biovarnish. Dengan kayu sanding sealer ini, Anda akan mendapatkan permukaan kayu yang rata sebelum anda mengaplikasikan cat PU water based.

Untuk mendapatkan produk Biovarnis untuk aplikasi cat pada lantai kayu, Anda bisa langsung membelinya melalui beberapa link marketplace berikut ini. 

  1. https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased (Bukalapak)
  2. https://www.tokopedia.com/bioindustries (Tokopedia)
  3. https://shopee.co.id/biovarnish.official (Shopee)

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH