Tips and Trik Aplikasi Dempul Kayu Semprot untuk Hasil Merata

Bisakah mengaplikasikan dempul kayu dengan alat semprot? Tentu banyak yang menganggap bahwa aplikasi dempul kayu tidak bisa menggunakan alat semprot. Alasannya adalah dempul memiliki partikel yang cukup besar dan perlu diaplikasikan sambil ditekan.

Penekanan ini dilakukan secara langsung menggunakan kain atau menggunakan pisau scrape. Ketika diaplikasikan maka dempul akan mengeras dan mengisi pori kayu. Setelah kering dempul akan di amplas agar lebih masuk lagi ke dalam pori sekaligus meratakan permukaan kayu.

Apa yang terjadi ketika dempul kayu tidak meresap ke dalam pori kayu. Jika dempul tidak meresap ke dalam kayu maka lapisan cat kayu di atasnya tidak akan melekat dengan baik. Cat akan mudah mengelupas dan Anda tidak akan mendapatkan furniture kayu yang tahan lama penampilannya.

Inilah alasan mengapa aplikasi dempul kayu harus tepat. Aplikasi yang tepat tidak harus selalu menggunakan pisau scrape atau menggunakan kain. Anda kini juga bisa menggunakannya dengan alat semprot yaitu spray gun.

Mengapa dempul kayu bisa diaplikasikan dengan alat semprot? Dempul yang bisa diaplikasikan lebih tepatnya adalah wood filler. Alasannya adalah untuk mempercepat aplikasi. Pada permukaan furniture yang lebar maka proses aplikasi bisa beberapa jam sebelum menggunakan stain.

Jika Anda menggunakan alat semprot untuk mengaplikasikan wood filler maka waktu yang dibutuhkan bisa lebih singkat. Sama seperti aplikasi wood stain, Anda bisa mengaplikasikan hanya dalam hitungan menit.

Bagaimana cara aplikasi dempul kayu semprot dengan benar? Berapa jumlah larutan yang harus digunakan dan seperti apakah produk yang sebaiknya digunakan? Anda bisa mempelajarinya dalam artikel ini.

Ciri Dempul yang Bisa Diaplikasikan dengan Alat Semprot

Ada banyak dempul kayu untuk finishing warna natural yang bisa dibeli. Di antara berbagai macam dempul tersebut, hanya beberapa jenis dempul saja yang dapat digunakan dengan alat semprot.

Dempul yang digunakan adalah wood filler, alasannya adalah wood filler memiliki ukuran partikel yang lebih kecil dibandingkan dempul kayu warna putih (wood putty). Fungsi dari wood filler utamanya adalah untuk menutup pori kayu yang berukuran sangat kecil.

Untuk itulah wood filler dirancang khusus untuk menutup pori kayu yang berukuran kecil tersebut. Partikel wood filler yang berukuran kecil memudahkannya untuk bisa keluar dari nozzle spray gun.

Tips And Trik Aplikasi Dempul Kayu Semprot

Jika Anda akan menggunakan wood filler, perhatikan ciri berikut ini :

  • Tidak mengendap

Wood filler yang memiliki partikel berukuran kecil harus bisa larut ketika dicampur dengan bahan pelarut. Ketika bercampur secara menyeluruh maka tidak akan muncul endapan yang dapat menimbulkan penyumbatan pada alat semprot.

Selain pengendapan yang menyumbat wood filler yang keluar juga harus menyatu. Jika wood filler saja tidak menyatu dengan bahan pelarut maka ketika disemprotkan bagian yang keluar hanya bahan pelarutnya saja.

  • Berpelarut air

Biasanya wood filler yang berpelarut air memiliki hasil yang lebih maksimal dan melekat pada permukaan kayu. Anda tidak perlu takut dengan bau yang dikeluarkan bahan pelarut karena semuanya menggunakan bahan pelarut adalah air.

Pelarut air ini tidak mengandung bahan organik jadi sangat aman diaplikasikan menggunakan alat semprot bahkan tidak mengeluarkan polusi dalam ruangan. Biasanya wood filler ini lebih cepat kering dibandingkan wood filler berpelarut solvent.

  • Harga yang tidak murah

Jangan membeli wood filler dengan harga murah. Harga akan menentukan kualitas, wood filler yang dapat diaplikasikan dengan alat semprot biasanya memiliki harga yang lebih mahal. Namun hasil yang diberikan sesuai dengan hasilnya.

Jadi jangan percaya jika Anda dihadapkan dengan wood filler yang harganya murah namun dapat diaplikasikan dengan alat semprot. Biasanya wood filler tersebut akan mengendap dan menimbulkan sumbatan.

  • Langsung menempel setelah disemprotkan

Perhatikan permukaan kayu setelah menyemprotkan wood filler. Biasanya wood filler akan mengering dan memiliki good flow. Ikatan yang dibentuk pada pori kayu dari tekanan alat semprot akan membuat permukaan langsung menjadi merata.

Tidak timbul tetesan bahan pelarut dan wood filler, jika itu terjadi maka wood filler tidak menempel dengan cepat. Bisa juga karena bahan pelarut yang digunakan terlalu banyak.

Nah sangat jelas bukan bahwa dempul kayu dapat diaplikasikan dengan alat semprot. Anda tidak perlu ragu lagi untuk memilih dempul kayu yang tepat.

Tips dan Trik Aplikasi Dempul dengan Spray Gun

Mendapatkan hasil aplikasi yang tepat harus direncanakan sejak awal. Aplikasi dempul kayu semprot berbeda dengan aplikasi wood stain. Partikel dari wood stain lebih berat dibandingkan dengan wood stain.

Ada tips dan trik tertentu yang bisa diterapkan selama aplikasi dan sebelum aplikasi. Tips dan trik ini perlu diingat selama proses finishing berlangsung.

  • Pengamplasan

Pastikan Anda melakukan pengamplasan pada seluruh permukaan kayu sebelum proses aplikasi. Pengamplasan ini akan membuka pori sekaligus membersihkan kotoran yang menempel pada furniture. Memudahkan dempul kayu untuk segera melekat pada pori kayu.

Tips And Trik Aplikasi Dempul Kayu Semprot

Gunakan amplas aluminum oxide nomor 220. Bersihkan debu amplas dengan kain sesudah pengamplasan selesai.

  • Campurkan wood filler

Anda bisa mencampurkan wood filler pada sebuah gelas plastik yang bersih. Pastikan Anda menggunakan air yang bersih dengan PH kurang lebih 7. Jangan gunakan air asam karena akan merusak wood filler.

Perhatikan berapa jumlah campuran air yang disarankan pada kemasan kaleng cat. Setiap merk memiliki jumlah campuran yang berbeda.  Pastikan tidak terlalu kental dan terlalu cair.

  • Pengadukan

Mengaduk wood filler harus benar-benar tercampur merata. Jangan sampai terjadi pengendapan pada dasar gelas. Jika terjadi maka wood filler belum tercampur meat dan akan menimbulkan penyumbatan pada alat semprot.

  • Pengisian spray

Saat Anda akan mengisikan larutan wood filler ke dalam tabung spray jangan isikan terlalu penuh. Isikan setengah tabung saja karena masih ada terjadinya pengendapan ditengah-tengah aplikasi. Anda bisa mengaduk larutan wood filler dengan mudah karena isinya tidak terlalu penuh.

  • Proses aplikasi
Apa Perbedaan Lacquer Dan Pernis Kayu Yang Bagus? Temukan Disini

Pada saat proses aplikasi dilakukan berlawanan arah serat kayu. Hasilnya adalah tekanan angin pada spray gun akan memacu wood filler masuk ke dalam pori kayu dengan baik. Wood filler akan segera mengering dan memiliki good flow.

baca juga : jenis jenis spray gun cat kayu

  • Tunggu kering

Anda perlu menunggu lapisan wood filler pertama ini mengering sebelum memulai untuk mengamplas. Pastikan tidak menjemur wood filler karena Anda menggunakan wood filler water based yang cepat kering dalam suhu ruang.

Anda bisa melanjutkan dengan pengamplasan dengan amplas alumunium oxide nomor 240. Amplas sampai permukaan berwarna transparan.

  • Pengulangan

Anda bisa mengulangi aplikasi wood filler satu kali lagi jika pori kayu dirasa masih kurang tertutup. Anda bisa mengaplikasikan maksimal dua atau tiga kali lapisan. Pastikan kayu sudah bersih dari debu pengamplasan sebelumnya agar wood filler selanjutnya dapat melekat dengan maksimal.

  • Permukaan

Jika Anda akan mengaplikasikan dempul kayu semprot ini maka pastikan permukaan yang diaplikasikan adalah kayu yang datar. Permukaan datar yang hanya membutuhkan pori kayu ditutup dengan wood filler.

Dempul kayu semprot tidak bisa diaplikasikan untuk menutup permukaan kayu dengan cacat cukup dalam. Perbaikan tersebut hanya bisa diperbaiki dengan dempul kayu yang dicampur serbuk kayu halus.

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH