Cat dan Obat Anti Jamur yang Ampuh Mengatasi Jamur Permukaan

Jamur adalah musuh terbesar dari kayu selain rayap. Jika rayap berpindah rumah ke dalam kayu, maka jamur bisa muncul pada permukaannya. Sebenarnya rayap bisa merusak kayu karena adanya jamur terlebih dahulu.

Rayap merupakan serangga yang menyukai tempat lembab dan jamur adalah ciri utamanya. Ketika sebuah furniture kayu di rumah ditumbuhi jamur maka tidak lama kemudian rayap akan datang. Lebih baik membasmi jamur terlebih dahulu sebelum rayap datang merusak.

Furniture kayu yang sangat rentan terhadap jamur ini membutuhkan perawatan berbeda. Secara khusus ada dua perawatan yang bisa dilakukan, yaitu menggunakan obat atau cat bahkan mengkombinasikan keduanya.

Pada artikel ini Anda akan mengetahui apa saja jenis cat dan juga obat ampuh agar bisa mencegah serta membasmi jamur pada kayu. Tentu saja menggunakan cara mudah ini akan membuat furniture menjadi lebih tahan lama dan Anda tidak perlu pusing lagi dengan jamur.

Mengenal Jenis Jamur Permukaan pada Kayu

Ada banyak sekali jenis jamur yang biasanya merusak kayu. Seperti jamur blue stain yang biasanya muncul pada kayu lunak seperti kayu pinus. Jamur blue stain muncul sejak kayu masih menjadi pohon. Masalah jamur blue stain biasanya diatasi dengan menggunakan bleaching kayu.

Berbeda dengan jamur blue stain, jamur permukaan adalah jenis jamur yang muncul ketika kayu diletakan di ruangan lembab. Jamur ini muncul dalam bentuk warna putih dan timbul. Pada awalnya jamur dapat dengan mudah dihilangkan dengan kain.

Namun apabila tidak segera diatasi dengan obat khusus maka jamur dapat tumbuh terus menerus. Pada akhirnya jamur merusak kayu dan tidak dapat dihilangkan dengan kain sekalipun. Jamur bahkan bisa tumbuh pada permukaan kayu yang sudah dilapisi cat.

Biasanya cat atau pernis yang digunakan tidak mengandung bahan anti jamur permukaan. Padahal kini sudah banyak sekali jenis cat dan obat anti jamur permukaan yang bisa digunakan dengan lebih mudah.

Produk Anti Jamur Permukaan yang Mudah Diaplikasikan

Sebelum masuk pada bahan finishing manakah yang digunakan, pelajari obat apa saja yang biasanya dipilih. Jenis obat anti jamur yang sangat direkomendasikan di sini adalah BioCide Surface Preservative. Obat ini adalah obat anti jamur permukaan yang ampuh dan mudah digunakan.

Produk-obat-anti-rayap

Tidak hanya jamur saja, namun BioCide SFP ini bisa digunakan untuk mengatasi mikroorganisme yang lainnya. Ada banyak keunggulan yang didapatkan dibandingkan obat jamur lainya adalah sebagai berikut ini:

  • Menggunakan air sehingga lebih ramah lingkungan
  • Formulasi yang stabil walaupun terkena suhu lebih dari 100 derajat celcius
  • Dapat digunakan di dalam dan luar ruangan
  • Proses aplikasi yang sangat cepat

Ada dua cara yang bisa Anda pilih untuk menggunakan bahan ini tergantung dengan kasus yang dihadapi. Misalnya jika furniture sudah terlebih dahulu ditumbuhi jamur, Anda bisa langsung mengaplikasikannya di atas permukaan kayu tanpa merusak lapisan coating.

Cara kedua adalah menggunakannya sebagai campuran pada bahan finishing seperti pernis. Anda bisa menggunakannya BioCide SFP sebagai campuran agar mencegah tumbuhnya jamur walaupun furniture diletakan di tempat gelap.

Produk Cat yang Ampuh Mengatasi Jamur pada Kayu

Produk selanjutnya yang digunakan untuk mencegah tumbuhnya jamur permukaan adalah Biovarnish. Cat kayu Biovarnish adalah cat yang terbuat dari air sehingga aman untuk lingkungan serta aman jika Anda mencampurkannya dengan BioCide SFP.

Sama-sama menggunakan bahan air sebagai pelarutnya, tentu saja selain jamur cat pengganti pernis ini akan memberikan lapisan film terbaik. Cat terdiri dari empat jenis yaitu wood filler, liquid stain, sanding sealer dan juga clear coat.

Keempat lapisan coating ini semuanya memiliki kandungan bahan anti jamur permukaan yang ampuh. Beberapa lapisan coating tentu dapat menahan pertumbuhan jamur pada permukaan kayu nantinya. Anda bahkan bisa melihat tampilan kayu lebih tahan lama.

Menggunakan cat yang ampuh untuk mengatasi jamur permukaan tentu membuat Anda tidak memusingkan perawatan furniture kayu dalam jangka waktu yang lama. Selama lapisan coating tidak rusak seperti retak, kayu akan tetap terlindungi dari jamur permukaan.

Cara Mengatasi Jamur Permukaan dengan Obat

Proses aplikasi BioCide SFP tidaklah sulit seperti ketika sebuah pabrik kayu melakukan treatment pada kayu menggunakan sistem oven. Anda bisa mengaplikasikan bahan ini pada furniture yang sudah mengalami masalah jamur permukaan. Biasanya jamur sudah merusak permukaan kayu dan meninggalkan bekas.

Alat yang perlu Anda siapkan hanyalah kuas dan wadah untuk melarutkan serta pengaduk. Sedangkan bahan yang dibutuhkan hanyalah BioCide SFP dan juga air. Setelah semua alat dan bahan disiapkan, lanjutkan dengan proses aplikasi berikuti ini.

  1. Bersihkan jamur dengan kain hingga bersih. Anda bisa menggunakan air yang dicampur dengan detergen kemudian lap hingga kering.
  2. Campurkan BioCide SFP dengan air sesuai instruksi yang terdapat dalam kemasan. Aduk dalam wadah hingga bercampur rata.
  3. Kuaskan obat ke seluruh permukaan kayu hingga merata, jangan lupa bagian bawah furniture yang paling sering ditumbuhi dengan jamur.
  4. Jemur furniture kayu hingga benar-benar kering, maka obat akan bekerja dan melindungi untuk beberapa tahun ke depan.

Selama proses aplikasi pastikan Anda menggunakan sarung tangan pelindung dan masker. Walaupun menggunakan bahan pelarut air namun obat yang digunakan termasuk keras dan dapat menimbulkan iritasi kulit.

Cara Mencegah Jamur Permukaan dengan Cat Kayu

Saatnya bagi Anda mencegah jamur permukaan pada kayu yang masih bagus. Kebanyakan para pengrajin juga menggunakan Biovarnish untuk mencegah jamur. Hasil finishingnya bahkan tidak kalah dengan pernis konvensional lainnya.

Proses aplikasi Biovarnish wood filler, liquid stain dan sanding sealer

Pertama Anda perlu mengamplas permukaan kayu hingga halus, bersihkan debu amplas. Aplikasikan Biovarnish wood filler dengan scrape, tunggu kering kemudian amplas hingga halus dan warna kayu keluar. Selanjutnya campurkan Biovarnish liquid stain dengan air.

Kuaskan liquid stain yang sudah dilarutkan ke seluruh permukaan kayu. Lanjutkan dengan pengeringan tanpa dijemur kemudian amplas secara ambang. Jika warna kurang tajam atau gelap aplikasikan cat sekali lagi.

Campurkan Biovarnish sanding sealer dengan air, kuaskan tunggu kering dan amplas. Anda cukup mengaplikasikan satu kali saja sebelum menggunakan bahan clear coat.

Produk-cat-anti-rayap

Proses aplikasi Biovarnish clear coat dan BioCide SFP

Terakhir Anda perlu mencampurkan Biovarnish clear coat dengan air dan BioCide Insecticide. Fungsinya adalah memperkuat lapisan coating dengan double protection. Campurkan ketiga bahan dalam wadah kemudian kuaskan ke seluruh permukaan kayu hingga merata.

Ikuti arah sapuan kuas seperti lapisan coating sebelumnya. Tunggu lapisan terakhir ini mengering selama 24 jam atau semalaman. Pastikan pada pengeringannya dilakukan di dalam ruangan yang bersih dan juga kering.

Adanya campurkan BioCide SFP tidak akan mengganggu hasil warna transparan dari clear coat. Jadi Anda tidak perlu khawatir masalah tampilan akhir yang dihasilkan.

Artikel "Featured"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.