Cat Kayu Anti Rayap yang Tetap Aman Digunakan Pada Furniture

Rayap adalah permasalahan yang akan selalu dihadapi oleh kayu. Terutama ketika kayu digunakan di negara tropis seperti Indonesia. Kayu yang lembab akan mengundang rayap untuk datang. Oleh sebab itu bahan pengawet dan finishing yang digunakan harus dipilih dengan benar. 

Pengawetan kayu dilakukan berulang-ulang fungsinya untuk mencegah rayap dan juga jamur datang hingga kayu selesai diolah. Prosesnya bahkan dimulai setelah kayu ditebang kemudian dikeringkan. Kayu yang sudah selesai dikeringkan akan masuk proses pemotongan dan pengawetan. 

Bahkan setelah kayu selesai diolah menjadi furniture misalnya perlu diawetkan kembali dengan obat anti rayap sebelum finishing. Jenis bahan finishing yang digunakan juga harus cat kayu anti rayap. Cat wajib mengandung bahan pengawet kayu yang ampuh untuk mencegah jamur dan juga rayap merusak. 

Apakah Anda akan suka memilih berdasarkan warnanya? Jika bahan tersebut kebetulan memiliki kualitas pengawetan atau anti rayap yang baik tidak masalah. Namun bagaimana jika tingkat keawetannya rendah? Tentunya Anda harus mencari produk yang memiliki kualitas lebih baik lagi.

Produk Cat Kayu Anti Rayap yang Terbaik

Anda harus memilih di antara banyak jenis cat yang beredar di pasaran dan menentukan manakah produk terbaiknya. SAlah satu produk yang diperkenalkan memiliki kualitas sangat baik dalam mengatasi rayap adalah Biovarnish clear coat. Produk ini adalah pernis kayu water based yang dirancang khusus untuk membentuk lapisan film warna transparan. 

Tidak hanya digunakan para kayu saja, cat meni kayu anti rayap bisa digunakan untuk finishing segala serat kayu. Cat ini adalah cat yang terbaik disamping itu juga aman dan ramah lingkungan karena terbuat dari bahan dasar air. Produk ini bisa digunakan kapan saja tanpa membutuhkan dijemur pada tahap pengeringannya. 

Kandungan bahan anti rayapnya sangatlah tinggi. Bahkan Anda bisa mencampurkan dengan obat anti jamur permukaan khusus untuk memberikan proteksi tambahan. Obat yang dicampurkan bahkan tidak akan mempengaruhi perubahan warna transparan. Biovarnish adalah satu-satunya solusi yang akan Anda dapatkan dalam memberikan perlindungan kayu. 

Ada banyak keuntungan lainnya yang akan didapatkan, jadi bukan hanya bekerja sebagai cat kayu anti rayap saja. Berikut ini beberapa keunggulan yang didapatkan dari Biovarnish. 

  1. Memberikan perlindungan terhadap perubahan cuaca. 
  2. Proses aplikasinya bisa menggunakan kuas dan juga alat semprot.
  3. Warna transparan yang lebih tahan lama tidak berubah menguning. 
  4. Cat tidak menimbulkan bau yang membuat pusing. 
  5. Proses keringnya yang sangat cepat tanpa harus dijemur panas matahari. 

Jenis Furniture yang Membutuhkan Perlindungan Biovarnish

Hampir semua jenis furniture membutuhkan perlindungan dan penampilan menarik dari Biovarnish. Masing-masing furniture membutuhkan perlindungan maksimal agar ketika sering digunakan cat tidak akan mudah rusak. Ada beberapa jenis material dan furniture khusus yang membutuhkan Biovarnish. 

Jika Anda memiliki beberapa furniture berikut ini sebaiknya segera manfaatkan Biovarnish. Beberapa furniture dengan jenis material berbeda membutuhkan perlindungan secepatnya sebelum jamur dan rayap menyerang. 

  • Furniture Bambu untuk Teras

Bambu adalah serat alam lain selain kayu yang juga membutuhkan pernis. Lapisan pernis pada furniture bambu akan membuatnya tahan terhadap kelembaban. Begitu juga dengan sinar UV yang akan merubah warna asli bambu menjadi kurang menarik. Bahkan pada furniture bambu Anda bisa memanfaatkan Biovarnish liquid stain untuk memberikan warna berbeda yang lebih menarik. 

  • Kabinet dapur

Anda mungkin akan menggunakan kabinet dapur dari kayu. Dapur adalah area yang berbahaya jika salah satu furniturenya sudah dimakan oleh rayap. Selain membuat rusak furniture, rayap juga akan menjadi bakteri pada peralatan makan di dalamnya. Nah untuk itu Biovarnish dibutuhkan untuk menjaga kabinet dapur terbebas dari serangan rayap. 

  • Rak di kamar mandi

Jika Anda suka dengan material kayu maka tidak terkecuali kamar mandi akan Anda ciptakan rak. Rak kayu di kamar mandi membutuhkan perlindungan pernis secara maksimal. Mengingat rak pada kamar mandi akan sering terkena air bahkan kelembaban. Oleh karena itu Biovarnish clear coat dibutuhkan untuk memberikan perlindungan. 

  • Furniture klasik

Jika Anda memiliki furniture dengan gaya klasik, maka jenis kayu yang digunakan adalah kayu solid dengan harga mahal. Furniture kayu yang sudah digunakan bertahun-tahun lamanya pada akhirnya juga akan sering terkena rayap. Apalagi jika sebelumnya tidak dilindungi dengan jenis cat yang berkualitas seperti Biovarnish. 

Proses Aplikasi Cat Kayu Biovarnish untuk Furniture

Setidaknya ada empat produk yang akan membentuk lapisan kuat pada furniture. Sebagai merk cat kayu anti rayap yang berkualitas, Biovarnish tidak akan mengecewakan. Anda hanya perlu mengetahui cara tepat mengaplikasikannya sehingga lapisan yang dibentuk sangat kuat. 

Bahkan Anda bisa mencampurkan bahan obat anti jamur yaitu BioCide SFP untuk aplikasinya. Proses aplikasi ini tentu akan membuat Anda menjadi aman dan nyaman tanpa takut masalah lingkungan akibat penggunaan cat berbahaya. Jika sudah siap mengecat, ikuti langkah-langkahnya berikut ini. 

Persiapan Furniture sebelum Finishing

Proses persiapan meliputi ruangan dan juga material yang akan di finishing. Ruangan harus terang, memiliki sirkulasi udara baik meskipun tertutup dan suhu udara yang kering. Siapkan ruang kerja dimana Anda akan mengecat dan bergerak dengan leluasa. 

Persiapan kedua adalah material yang akan dicat. Anda hanya perlu mengamplas permukaan kayu dengan kertas amplas nomor 180 dan 220. Amplas hingga permukaan furniture berubah menjadi lebih halus dan bersihkan debu amplas seluruhnya. 

Persiapan juga termasuk mengaplikasikan produk pertama yaitu Biovarnish wood filler. Pada serat alam seperti kayu, Anda hanya perlu meratakan wood filler hingga menjadi tipis ke permukaan kayu. Setelah itu tunggu kering dan lanjutkan dengan proses pengamplasan. 

Amplas kayu dengan kertas amplas nomor 240. Permukaan kayu harus kembali terlihat warna aslinya sekaligus dengan seratnya. Jangan lupa bersihkan debu pengamplasan sebelum mengaplikasikan bahan cat. 

Proses Mengaplikasikan Liquid Stain untuk Memberikan Warna

Furniture biasanya akan terlihat sangat pucat sehingga Anda perlu mengaplikasikan liquid stain. Pilih warna yang sesuai kemudian campurkan cat kayu anti rayap dan air hingga meraih viskositas 11-12 detik. Proses aplikasi yang praktis adalah dengan alat semprot agar hasilnya menjadi lebih halus. 

Tunggu furniture mengering kemudian amplas ambang dengan amplas 400. Jika warna dari furniture masih kurang tajam, Anda bisa mengaplikasikan ulang dengan langkah yang sama. 

Proses Mengaplikasikan Sanding Sealer sebagai Lapisan Medium

Sanding sealer dibutuhkan untuk melindungi warna liquid stain sekaligus pondasi kuat untuk pernis. Proses aplikasinya pun tidak jauh berbeda. Campur sanding sealer dengan air hingga mendapatkan viskositas yang sama. Lanjutkan dengan proses mengaplikasikan dan tunggu lapisan menjadi kering. 

Lakukan proses pengamplasan secara ambang dan untuk lapisan ini Anda hanya perlu mengaplikasikannya sekali saja. 

Proses Mengaplikasikan Biovarnish Clear Coat

Pada lapisan terakhir ini Anda tidak perlu menunggu kering dan mengamplas ulang. Cukup campurkan clear coat dengan air, semprotkan dan tunggu kering furniture selama semalaman. Waktu kering yang efektif adalah 24 jam sebelum akhirnya furniture bisa Anda gunakan. 

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH