Mengenal 4 Ciri Kayu Kelapa yang Bagus untuk Furniture Outdoor

Furniture outdoor yang menggunakan kayu jati sudah biasa, memang benar kayu jati adalah kayu yang memiliki kualitas terbaik dibandingkan jenis kayu lainnya. Kayu jati adalah jenis kayu yang bagus dan akan memberikan hasil maksimal khususnya untuk masalah ketahanan. Kayu jati terkenal di seluruh dunia dengan harga yang sangat mahal.

Adanya resin yang berfungsi untuk mengusir jamur dan rayap memperkuat ketahanan dari furniture outdoor. tidak ada masalah jika Anda ingin menggunakannya sebagai furniture outdoor yang langsung terkena panas dan hujan atau bahkan bersinggungan langsung dengan tanah.

Banyak yang bertanya apakah ada jenis kayu lainnya dengan harga cukup murah dibandingkan dengan kayu jati? Banyak pula yang kesulitan untuk mendapatkan kayu jati tua dengan masa panen umur 80 tahun lebih.

Kebanyakan kayu jati yang dipanen adalah jenis kayu jati muda yang tidak tahan terhadap panas dan hujan langsung. Alternatif jenis kayu lainnya adalah kayu kelapa? Sudahkah Anda mengenal kayu kelapa? Bagaimana kualitasnya dan juga bagaimana penampilan yang terbaik untuk furniture kayu dari kayu kelapa?

Dalam artikel ini Anda akan mengetahui jawabannya. Banyak sekali ciri yang harus diketahui terkait dengan kualitas kayu kelapa yang baik. Selain itu juga bahan finishing yang digunakan juga tidak boleh main-main mengingat kayu kelapa akan digunakan di luar ruangan.

Kualitas Terbaik dari Kayu Kelapa untuk Furniture

Apa yang menjadikan kayu kelapa menarik? Apakah penampilan atau karena ketahanannya? Keduanya adalah unsur yang terbaik dan juga banyak menjadi pilihan utama. Namun kayu kelapa ini cukup keras dan tidak banyak pengrajin yang dapat mengolahnya dengan baik.

Kekerasan kayu kelapa ini akan menghabiskan banyak amplas untuk menghaluskan permukaannya. Jadi untuk proses finishingnya butuh memakan waktu tidak sebentar. Nah bagi Anda yang sedang mencari bagaimana ciri kayu kelapa yang berkualitas, berikut ini ciri-ciri yang bisa diteliti.

  • Cara memilih kayu sesuai kekuatannya

Ciri kayu kelapa adalah keras, namun bagian manakah yang keras dan harus dipilih? Kayu kelapa sama seperti kayu lainnya memiliki kayu gubal dan kayu teras. Bedanya kayu gubal atau bahkan kayu yang berada di bawah kulit pohon adalah bagian yang paling kuat. Berbeda dengan kayu jenis lainnya bahkan kayu jati yang memiliki bagian terkuat adalah inti kayu atau kayu teras.

Ciri Kayu Kelapa Yang Bagus Untuk Furniture Outdoor

Selain itu untuk mengetahui bagian manakah kayu yang di bawah kulit biasanya pada kayu masih terdapat gelombang karena pengulitan yang tidak rata. Potongan kayu kelapa yang lurus dan halus biasanya malah terdapat pada bagian tengah kayu.

  • Cara memilih kayu sesuai warnanya

Selain melihat dari sisi kekuatannya Anda bisa memilih kayu kelapa berdasarkan warnanya. Anda bisa melihat warna dan serat kayu kelapa. Warna kayu kelapa ada cokelat merah, cokelat tua dengan bentuk serat yang berwarna lebih gelap. Pilihlah jenis kayu kelapa yang sudah tua, kayu yang semakin tua maka akan semakin kuat sama seperti kayu lainnya.

Kayu kelapa yang sudah tua akan memiliki warna cokelat kemerahan bukan cokelat tua. Justru warna cokelat tua adalah jenis kayu kelapa yang masih muda. Sehingga kualitasnya tidak lebih baik.

  • Cara memilih kayu kelapa beradasarkan seratnya

Setiap jenis kayu memiliki serat tidak terklecuali kayu kelapa. Serat adalah kumpulan dari pori kayu yang berbentuk berbeda. Serat kayu kelapa biasanya berwarna lebih gelap dan dapat dibedakan dengan mudah. Serat kayu yang baik umumnya memiliki ukuran lebih besar dan Anda bisa melihatnya dengan baik.

Selain itu pula serat kayu yang besar akan memberikan permukaan kayu yang kasar. Ini menandakan bahwa kualitas kayu kelapa tersebutlah yang terbaik.

  • Cara memilih kayu kelapa beradasarkan kuat tekanan

Apa yang Anda lakukan ketika mengecek kekuatan sebuah kayu? Kayu keras adalah jenis kayu yang tidak akan mudah rusak atau peyok karena benturan. Kayu yang mudah peyok artinya kayu tersebut adalah kayu lunak. Lakukan pengecekan kekuatan tekan pada kayu kelapa dengan menekannya.

Gunakan alat yang cukup keras seperti koin atau kunci yang akan membuat cacat pada kayu. Cukup tekan dengan sekuat tenaga dan perhatikan apakah permukaan kayu mudah untuk ditekan. Jika tidak dan terasa sangat keras maka Anda bisa membelinya.

Sangat mudah bukan melihat ciri kayu kelapa dan memilihnya. Kini Anda cukup membeli kayu kelapa dan mengerjakan proyek pembuatan furniture outdoor. Mendapatkan material dengan kualitas yang bagus tentu akan mempermudah Anda mendapatkan furniture yang juga lebih tahan lama.

Cat Kayu yang Digunakan untuk Furniture Outdoor

Setelah mendapatkan kayu kelapa yang berkualitas serta mengolahnya menjadi furniture outdoor apa yang akan Anda lakukan dengan finishingnya? Ada banyak jenis finishing yang bisa diberikan bahkan tampilan serat dari kayu kelapa sendiri lebih menarik. Kesan eksotik didapatkan dari kayu berwarna cokelat kemerahan dan serat kayu yang sangat gelap.

Untuk memperlihatkan warna serat tersebut maka Anda perlu menggunakan pernis atau plitur kayu. Tampilan transparan yang tahan lama akan didapatkan jika Anda menggunakan pernis kayu water based.

Ciri Kayu Kelapa Yang Bagus Untuk Furniture Outdoor

Bagaimana dengan cacat kayu karena kayu yang bergelombang? Tenang saja Anda bisa menggunakan wood filler water based yang akan menutup semua cacat kayu jika menghendaki permukaan kayu yang halus dan juga rata. Nah bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil warna kayu mengkilap gunakan juga top coat gloss dari water based.

Lalu bagaimana urutan dari aplikasi pernis atau plitur kayu water based tersebut? Apakah alat yang digunakan untuk proses aplikasinya? Urutan untuk aplikasi dan alat yang digunakan bisa diikuti sebagai berikut ini:

  1. Aplikasi wood filler water based sesuai dengan warna kayu jati, Anda bisa menggunakan pisau palet untuk aplikasi menutup lubang kayu. Jika ingin menyamakan warna kayu dari lubang kayu, gunakan wood filler yang sudah diencerkan dengan sedikit air. Kemudian usapkan secara memutar ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Cukup mudah bukan caranya.
  2. Aplikasi wood stain water based adalah dengan mencampurkannya terlebih dahulu dengan air. Anda bisa menggunakan kuas atau spray gun. Jika menggunakan kuas pastikan untuk menguaskan searah serat kayu. Sedangkan untuk aplikasi spray gun pastikan jarak dan arah menyemprot sudah sesuai.
  3. Aplikasi akhir adalah top coat atau clear coat. Sama seperti wood stain Anda bisa mengaplikasikan menggunakan kuas atau spray gun tergantung dengan acuan standar dari produk yang dibeli. Aplikasinya pun sama hanya saja untuk menunggu lapisan ini kering Anda membutuhkan waktu lebih lama bahkan sekitar 24 jam.

Hal yang perlu diingat untuk proses aplikasi adalah Anda harus melakukan pengamplasan. Pengamplasan dilakukan di setiap lapisan sehingga akan menghasilkan permukaan yang halus dan juga rata. Pengamplasan dilakukan secara ambang sehingga tidak merusak lapisan cat di bawahnya.

Artikel "Info News"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH