7 Keunggulan Liquid Stain untuk Meja Kerja Minimalis Tampak Sempurna

Penerapan work from home akibat virus corona tentu saja membuat Anda yang menjalankannya harus memiliki ruang kerja yang nyaman. Salah satu bagian dari ruang kerja yaitu meja memberikan peranan yang sangat penting untuk kenyamanan. Apakah meja yang Anda gunakan sama seperti di kantor? Mungkin saja tidak. 

Meja kerja yang nyaman tentu akan meningkatkan produktivitas. Jika membeli meja baru harganya sangat mahal, Anda bisa kok memperbaharui tampilan meja kerja yang lama. Kesempatan ini juga harus Anda pergunakan untuk merenovasi ruang kerja supaya memiliki tampilan baru. 

Tidak sulit melakukan renovasi dan biayanya juga tidak terlalu mahal. Tentukan desain interior ruangan kerja, kemudian finishing ulang furniture lama. Desain apa yang kira-kira menarik? Supaya ruang kerja tampak lega, Anda bisa menggunakan desain minimalis. 

Nah kini pertanyaannya bagaimana cara membuat meja kerja tampak minimalis? Jawabannya hanya satu yaitu mengecat ulang dengan liquid stain. Hasil tampilan dari liquid stain akan membuat meja tampak natural dan memberikan kesan minimalis. Apakah Anda sudah siap untuk mengecat? Cermati apa saja yang dibutuhkan disini. 

Produk Terbaik untuk Finishing Meja Kerja Minimalis

Keputusan untuk mengecat meja kerja sendiri di rumah adalah tepat, karena Anda bisa menghemat bujet daripada harus membeli yang baru. Jika ingin menggunakan liquid stain artinya Anda harus membeli produk terbaik yang akan membuat tampilan meja lebih tahan lama. 

Apakah produk itu? Sebagai rekomendasi, Anda bisa menggunakan Biovarnish liquid stain. Cat ini merupakan stain berbasis air yang kandungan volatile organic compound-nya sangat rendah. Otomatis cat tidak akan menyebarkan voc ke dalam ruangan kerja Anda nantinya. Tak ada polusi yang disebarkan dan membahayakan kesehatan penggunanya. 

Biovarnish liquid stain kelebihannya bukan sekedar aman saja. Baik dari segi perlindungan, proses hingga tampilannya terdapat berbagai kelebihan tersembunyi sebagai berikut:

Proses pengeringan cepat

Ketika baru pertama kali melakukan refinishing, biasanya rasa tidak sabar akan muncul. Sehingga cat yang belum kering sudah langsung dilapisi dengan coating baru. Nah disini keuntunggulam Biovarnish liquid stain, dimana Anda tak perlu menunggu proses kering. 

Cukup dengan mendiamkan furniture di dalam ruangan yang berventilasi udara baik, maka proses kering akan berlangsung selama 60 menit saja. Bahkan bisa lebih cepat jika Anda melapisinya tipis. 

Penguasan yang ringan 

Kelemahan produk lain adalah mudah sekali muncul brush mark karena cat yang terlalu kental. Jika menggunakan liquid stain ini Anda tak perlu khawatir brush mark. Dengan penguasan yang sangat ringan atau tarikannya lembut menghindari efek bekas sapuan kuas yang mengganggu. 

Dengan begitu hasil finishing bisa menjadi lebih halus, Anda juga tidak perlu bekerja keras dalam pengamplasan karena tak banyak brush mark yang akan muncul. Sapuan kuas yang ringan juga akan mempercepat pekerjaan mengecat. 

Memiliki 20 pilihan warna natural

Hampir semua warna natural cocok digunakan untuk meja kerja minimalis di rumah. Apakah warna kayu yang paling Anda sukai? Semuanya tersedia dalam Biovarnish liquid stain. Mulai dari warna kayu jati, walnut, oak, mahoni, dan sejenisnya. 

Semua warna natural ini terbuat dari dye colorant sehingga warna akan menyerap lebih ke dalam pori kayu. Artinya warna yang muncul bisa bertahan lebih lama walaupun sering terkena sinar UV. 

Murah tak menguras kantong

Ingatlah bahwa stain yang menggunakan solvent akan lebih boros walaupun harganya murah. Hal ini berhubungan dengan biaya pembelian thinner yang mudah menguap sebagai bahan pelarutnya. Sangat berbanding terbalik dengan Biovarnish liquid stain yang harganya sekilas terlihat mahal. 

Tapi Anda perlu ingat bahwa Biovarnish memanfaatkan air sebagai bahan pelarutnya. Dengan kata lain, biaya yang perlu dikeluarkan untuk membeli bahan pelarut tidaklah berlebihan. Anda bisa membelinya dengan biaya yang cukup murah. 

Perlindungan anti jamur dan rayap

Seperti yang dijelaskan bahwa colorant yang digunakan terbuat dari air, dengan kata lain tahan terhadap sinar UV. Bukan hanya warna yang tahan, tetapi perlindungan terhadap kayu juga diberikan. Biovarnish liquid stain sendiri memiliki kandungan bahan pengawet kayu yaitu anti rayap dan anti jamur. 

Artinya selain pernis sebagai lapisan terakhir, meja minimalis di rumah juga akan mendapatkan perlindungan jamur serta rayap dari liquid stain. Walaupun nantinya meja terkena kelembaban pertumbuhan jamur akan dicegah oleh stain. 

Daya sebar yang luas

Penghematan juga tidak didapatkan dari bahan pelarut yang digunakan saja, tetapi juga melalui daya sebarnya. Biovarnish liquid stain merupakan produk yang dirancang supaya memiliki daya sebar yang sangat luas. Anda bisa mendapatkan 8-10m2 hanya dengan satu kaleng ukuran 1 kg stain. 

Namun jika untuk meja kerja saja, tak perlu membeli 1 kg stain. Anda bisa membeli produk dengan ukuran 500 gram yang bisa mengcover setengah ukuran tersebut. Daya sebar yang sangat luas ini juga memiliki daya tutup yang tinggi. Jadi tak perlu takut untuk cat tidak merata asalkan Anda sudah mengikuti teknik aplikasi yang benar. 

Hasil warna tajam dan cerah

Tak hanya pilihan warna bervariasi, warna yang dihasilkan pun tajam dan cerah. Biovarnish liquid stain mampu mengubah warna kayu pucat menjadi lebih tajam. Ketajaman ini pun mampu bertahan lebih lama. Artinya meja kerja minimalis di rumah Anda akan memiliki penampilan yang lebih menarik. 

Bahkan kesan menarik ini bisa melebihi furniture yang dijual di pertokoan. Untuk warna yang lebih pekat atau tajam, Anda bisa mengulangi proses mengecat stain hingga beberapa kali lapisan. Pastikan saja setiap lapisan coating harus tipis. 

Tips Bekerja dengan Biovarnish Liquid Stain

Proses aplikasi liquid stain sudah diterangkan dengan sangat jelas pada kemasan kaleng. Anda bisa mengikuti langkah seperti yang telah diterangkan. Namun apakah hasilnya akan sempurna? Jika Anda baru pertama kali mencoba, mungkin saja hasilnya kurang memuaskan karena belum terbiasa dengan teknik menguas. 

Tak perlu khawatir dengan teknik, karena proses menguas tidak sesulit yang Anda bayangkan. Jika ingin mendapatkan hasil terbaik, Anda bisa mengikuti beberapa tipsnya berikut ini:

  • Pastikan substrat kayu bersih

Bekerjalah pada meja kerja yang bersih. Semua substrat kayu harus dihilangkan lapisan coating yang lama sebelum Anda mengecat. Anda bisa memanfaatkan bahan kimia khusus untuk menghilangkan cat lama seperti thinner atau alkohol. Meja juga harus di amplas dengan halus. 

 

  • Pemilihan jenis kuas

Supaya hasil sempurna, Anda harus menggunakan amplas yang baru dan memiliki bulu nilon. Jika menggunakan kuas bekas dikhawatirkan sisa cat kering yang lama akan merusak cat baru. Jadi pilih kuas dengan bulu nilon yang tidak meresap stain water based berlebihan dan berbulu halus. 

 

  • Pengamplasan dilakukan searah serat

Ketika mengamplas antar lapisan coating, pastikan Anda melakukannya searah serat kayu. Amplas yang digunakan harus aluminium oxide nomor 400 yang sangat halus. Tak perlu mengamplasnya dengan mesin, karena Anda bisa mengamplas secara ambang. 

 

 

Artikel "Info News"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH