7 Ciri-Ciri Sanding Sealer Lapisan Dasar Cat Kayu yang Bagus

Setiap sanding sealer lapisan dasar cat kayu yang bagus memiliki ciri yang bisa diamati. Supaya tidak salah membeli Anda perlu mengetahui ciri-ciri tersebut. Apalagi jika berencana untuk mengecat furniture kayu dalam jumlah banyak. Tak hanya itu, semua furniture outdoor juga membutuhkan sanding sealer yang berkualitas baik. 

Anda bisa mengaplikasikan sanding sealer untuk finishing open pore dan close pore. Jika ingin mendapatkan warna natural transparan, sanding sealer akan bekerja sebagai lapisan dasar cat. Tapi jika ingin menghasilkan finishing close pore maka sanding sealer akan berfungsi menjadi lapisan penguat pernis.

Tak heran jika selama ini pengrajin kayu serta pabrikan selalu menggunakan sanding sealer untuk segala finishing furniture. Peranan yang begitu penting ini membuat Anda harus selektif di awal ketika memilih produk. Apalagi saat ini sudah banyak produk sanding sealer yang beredar di pasaran. 

Apa saja ciri-ciri yang bisa Anda pelajari untuk memilih sanding sealer yang tepat? Apakah produk yang sebaiknya dipilih? Memudahkan Anda untuk memilih, yuk simak ciri-ciri serta produk yang direkomendasikan di sini. 

Ciri-Ciri Sanding Sealer yang Bagus sebagai Lapisan Dasar Cat Kayu

Setiap produk cat selalu memiliki kualitas yang berbeda, karena tiap pabrik selalu memiliki formulas masing-masing. Tak terkecuali juga dengan sanding sealer yang merupakan salah satu lapisan coating sebagai pelindung kayu. Karena sifat kayu mampu meresap kelembaban dan membuat keropos, maka lapisan coating yang dipilih harus tepat. 

Adapun ciri-ciri dari sanding sealer yang berkualitas dan bisa dengan mudah diketahui adalah sebagai berikut ini. 

  • Memberikan warna transparan

Sama seperti pernis kayu, sanding sealer harus memberikan hasil finishing yang transparan. Jika terdapat efek warna memutih atau menguning pada hasilnya maka kualitasnya perlu diragukan. Untuk mengetahuinya tentu Anda harus mencoba sampel sanding sealer terlebih dahulu. Walaupun cara aplikasinya mudah, jika muncul efek warna maka tidak akan menciptakan warna natural transparan yang sempurna. 

  • Cat menimbulkan bau menyengat

Kandungan timbal, merkuri dan formalin sangat tinggi jika pertama kali membuka kaleng Anda mencium aroma yang sangat menyengat. Aroma tersebut adalah kandungan organik yang tidak akan menghilang bahkan ketika cat mengering setelah diaplikasikan. Zat organik yang menguap di udara dan dihirup oleh manusia akan menjadi bakal penyakit di masa depan. 

  • Memiliki daya tutup yang baik

Daya tutup juga menjadi ciri yang terpenting dan bukan hanya dimiliki cat warna solid saja. Supaya mengetahui daya tutupnya baik, pastikan Anda mencoba mengecat di ruangan yang terang. Oleskan sanding sealer yang sudah diencerkan dan lakukan tipis saja. Anda bisa melihatnya dengan memberikan penerangan sudut 90 derajat dari permukaan kayu. Jika semua bagian tertutup rapat maka daya tutupnya baik. 

  • Mudah untuk dilarutkan

Anda juga bisa mengetahui cat sanding sealer berkualitas ketika melarutkan. Cobalah untuk mencampurkan dengan perbandingan sesuai yang tertera pada kemasan cat. Aduk sanding sealer hingga merata kemudian diamkan beberapa saat. Jika muncul endapan maka kualitasnya buruk. Seharusnya sanding sealer tidak akan mengendap setelah dilarutkan, sehingga ketika diaplikasikan dengan spray tidak membuat lubang spray menjadi kotor. 

  •  Daya rekat harus kuat

Ciri yang kedua adalah daya rekatnya yang kuat. Karena digunakan sebagai lapisan cat dasar kayu, maka fungsi sanding sealer adalah menutup pori kayu. Selain daya tutupnya yang luas, kerekatan sanding sealer akan tetap menjaga pori kayu terus tertutup dengan maksimal. Tanpa daya rekat ini cat akan mudah mengelupas. Anda bisa melihat dari segi perlindungan yang diberikan seperti tahan panas, hujan, goresan hingga perubahan cuaca. 

  • Sangat mudah di amplas

Tidak semua produk memberikan kemudahan pengamplasan, ada yang lengket bahkan terlalu keras. Kesulitan pengamplasan dikarenakan formulasi pabrikan yang kurang tepat. Sehingga Anda pun akan kesulitan menyelesaikan proses finishing. Sanding sealer yang sudah kering harus ringan di amplas dengan amplas aluminium oxide nomor 400. 

  • Mudah diaplikasikan dengan berbagai alat

Kemudahan aplikasi bisa juga dijadikan faktor untuk pemilihan sanding sealer. Beberapa produk pabrik memberikan saran hanya diaplikasikan dengan kuas atau alat semprot saja. Hal ini dikarenakan keduanya memiliki formulasi untuk aplikasi yang berbeda. Supaya Anda tidak kesulitan, akan lebih baik jika memilih sanding sealer yang mampu diaplikasikan dengan macam-macam jenis alat. 

Produk Sanding Sealer di Indonesia yang Berkualitas

Dari ciri-ciri di atas Anda perlu waktu untuk mencoba beberapa contoh produk yang dijual di toko bahan bangunan. Di antara semua produk tersebut, ada satu merk sanding sealer yang tidak boleh dilewatkan yaitu Biovarnish. Produk ini sangat direkomendasikan karena telah digunakan oleh kalangan pengrajin rumahan atau pabrikan. 

Para DIY juga banyak yang menggunakannya karena kemudahan aplikasi yaitu dengan kuas. Walaupun memberikan hasil terbaik hanya dengan kuas, Biovarnish sanding sealer juga bisa diaplikasikan dengan alat semprot. Jika Anda sudah menguasai teknik penyemprotan maka hasilnya tak perlu diragukan lagi. 

Selain kemudahan aplikasi dengan berbagai alat, Biovarnish sanding sealer memiliki kelebihan lainnya yaitu sebagai berikut:

  1. Cepat kering tanpa dijemur, setiap lapisan hanya membutuhkan waktu kering 60 menit saja. 
  2. Fleksibilitas yang tinggi membuat daya rekat dan daya tutup Biovarnish sanding sealer sangat baik. 
  3. Warnanya dipastikan transparan karena berbahan dasar dan pelarut air yang jernih. 
  4. Hemat karena Anda tak perlu membeli thinner tetapi hanya perlu menggunakan air yang murah dan mudah didapatkan. 
  5. Bahan pelarut air inilah yang membuat Biovarnish sanding sealer tidak menimbulkan aroma menyengat bahkan setelah cat mengering. 

Tips Mengaplikasikan Sanding Sealer supaya Rapi

Ketika Anda menggunakan sanding sealer, resiko kegagalan tetap ada. Namun jika Anda mengetahui bagaimana cara mengaplikasikannya dengan benar bukanlah masalah. Cara aplikasi terdapat pada kemasan kaleng yang hanya perlu diikuti saja. Supaya lebih berhasil dalam aplikasi lagi, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini. 

  • Selalu persiapkan kayu dengan benar

Persiapan kayu sebelum dilapisi dengan sanding sealer adalah pengamplasan. Anda harus membuat serabut kayu bersih dan permukaannya cukup halus ketika diraba. Mulailah dengan menggunakan amplas nomor 180 dan berakhir ke nomor 220. Pengamplasan juga harus searah dengan serat kayu. 

  • Jangan mengocok larutan cat

Ketika membuat campuran cat, jangan pernah mengocoknya. Apalagi mengocok kaleng cat yang belum dibuka. Karena akan menimbulkan gelembung yang akan membuat hasil finishing tidak rapi. Akan lebih baik mengaduknya dengan alat stainless steel secara perlahan saja hingga tercampur rata.

  • Selalu cek apakah coating sudah kering

Sebelum memulai untuk mengamplas lapisan coating, Anda harus selalu mengecek tingkat keringnya. Caranya adalah menempelkan ibu jari ke bagian yang tidak terlalu mencolok. Pastikan tak ada sidik jari yang tertinggal dan baru mulai mengamplasnya. 

Dengan mengikuti tips ini, Anda akan bisa mengaplikasikan sanding sealer dengan lebih rapi. Jangan lupa juga untuk tetap menggunakan produk sanding sealer lapisan cat dasar kayu yang bagus. 

Artikel "Based Knowledge"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.