Perbandingan Kayu Trembesi VS Jati untuk Furniture Outdoor Tahan Lama

Memilih kayu untuk furniture outdoor tidak bisa secara sembarangan. Ada banyak jenis kayu yang dipilih dan ada banyak kualitas yang perlu dibandingkan. Tapi tahukah Anda apa saja jenis kayu yang berkualitas untuk furniture outdoor?  Tidak hanya itu bahan finishing yang dipilih juga akan menjadi tolak ukur apakah furniture bisa bertahan lebih lama.

Melihat masalah kualitas ada beberapa hal yang harus dimiliki kayu yakni paling penting adalah masalah ketahanan terhadap cuaca dan juga rayap atau jamur. Kayu harus sangat kuat sehingga kerusakan terhadap panas atau perubahan cuaca dapat diminimalis.

Untuk mendapatkan furniture outdoor yang berbahan kayu Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti berikut ini:

  • Pertimbangkan dimana Anda akan meletakan furniture d area otudoor. Apakah kayu akan dibiarkan begitu saja terkena perubahan cuaca? Akankah ada semacam perlindungan di atas seperti di dalam teras, misalnya. Jika perabotan kayu Anda akan ditempatkan dalam lingkungan yang terlindungi, Anda bisa menggunakan kayu lunak seperti pinus, tetapi mungkin tidak berfungsi di lokasi yang terbuka.
  • Pertimbangkan permukaan dimana Anda akan menempatkan perabotan. Apakah akan menempatkannya pada permukaan yang keras atau tanah lunak seperti daerah berumput. Menempatkan furnitur kayu di luar ruangan pada permukaan keras dapat membantu melindungi dari perusak furnitur yang ditakuti seperti membusuk atau jamur. Mungkin lebih baik untuk memberikan perlindungan berbentuk logam di atas kayu jika Anda berencana menempatkan teras Anda di atas tanah yang lunak.
  • Pertimbangkan iklim Anda. Kelembaban, panas matahari, atau banyak hujan dan kelembaban semua mempengaruhi jenis kayu yang berbeda. Dalam kondisi seperti itu, furnitur kayu Anda mungkin membutuhkan perlindungan atau pemeliharaan ekstra. Misalnya, Anda mungkin harus memberikan beberapa naungan. Kebanyakan kayu sulit untuk menjaga dalam kondisi lembab kecuali itu adalah sesuatu yang kuat seperti jati.

Beberapa pertimbangan di atas akan mempermudah Anda menemukan berbagai macam jenis kayu yang bisa digunakan di luar ruangan salah satunya adalah kayu jati. Nah kayu lain yang akan dibandingkan dengan kayu jati kali ini adalah kay trembesi.

Apakah Anda pernah mendengar kayu trembesi? Jika belum mari kita ulas apa itu kayu trembesi dan bagaimana perbandingannya dengan kayu jati yang sudah banyak dikenal.

Mengenal Kayu Trembesi untuk Furniture Outdoor

Kayu trembesi memiliki nama lain yakni kayu suar di wilayah Jeparan kayu trembesi dikenal dengan kayu meh. Kayu ini adalah jenis kayu genus Albazia. Pohon kayu trembesi  banyak ditemukan di wilayah Sumatera, Jawa, Sulawesi dan juga Maluku.  Karena penyebarannya yang cukup cepat maka stok nya pun sangat banyak dan mudah ditemukan.  Pertumbuhan yang sangat cepat ini dipengaruhi oleh kemudahannya untuk tumbuh di wilayah dengan berbagai macam jenis tanah.

Pertumbuhan dari pohon trembesi cukup cepat, pohon yang sudah tua bisa memiliki ketinggian 30 hingga 40 meter sedangkan untuk diameternya bisa mencapai 4,5 meter. Mengapa kayu trembesi sering dibandingkan dengan kayu jati karena memangk kayu ini jika dilihat sekilas mirip dengan jati. Maka Anda harus bisa membedakannya karena kualitas masing-masing kayu berbeda khususnya untuk furniture luar ruangan.

Perbandingan Kayu Trembesi VS Jati Untuk Furniture Outdoor

Sifat kayu trembesi berbeda dengan kayu jati. Kayu trembesi tidak memiliki kandungan resin yang akan membasmi rayap. Sehingga kayu trembesi lebih mudah terkena rayap daripada kayu jati. Kelemahan kayu trembesi lainnya adalah mudah retak apabila terkena panas terlalu sering. Kelemahan inilah yang membuat kayu trembesi tidak bisa digunakan untuk luar ruangan.

Melihat kualitas inilah Anda harus mengganti jenis kayu untuk furnitur luar selain kayu trembesi. Mungkin jika memiliki banyak uang Anda bisa membeli furniture yang terbuat dari kayu trembesi. Walaupun tidak bisa digunakan sebagai furniture luar ruangan kayu trembesi memiliki kelebihan yakni memiliki diameter kayu yang cukup besar.

Ukurannya yang cukup besar ini mempermudah untuk membuat berbagai macam furniture berukuran besar. Selain itu ukuran besar tidak membuat furniture memiliki harga yang mahal. Anda bisa membeli kayu trembesi dengan harga yang murah.

Furniture dengan kayu trembesi paling banyak diproduksi di area Jepara, di sana banyak perhutani yang menanam pohon trembesi. Sehingga tidak heran banyak pengrajin yang memanfaatkan kayu ini.

Membedakan Kayu Jati dengan kayu Trembesi

Nah seperti yang telah dikatakan bahwa kayu trembesi memiliki ciri yang mirip dengan kayu jati sehingga banyak orang yang salah mengira bahwa kayu trembesi adalah kayu jati. Padahal kualitas yang diberikan sangat berbeda. Jangan sampai Anda tertipu oleh pengrajin nakal yang menjual kayu trembesi dengan harga kayu jati yang sangat mahal.

Untuk bisa membedakan keduanya maka Anda bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Warna kayu

Pembeda yang paling mudah diamati adalah warna, bagaimana dengan warna kayu trembesi dan bagaimana dengan warna kayu jati. Warna kayu trembesi sekilas memang mirip dengan kayu jati tua. Warnanya adalah cokelat tua gelap. Namun jika dibandingkan secara sejajar langsung Anda pasti akan melihat perbedaannya.

Perbandingan Kayu Trembesi VS Jati Untuk Furniture Outdoor

Kayu jati tua memang memiliki warna kayu yang cokelat gelap namun akan ada efek keemasan yang terlihat. Efek keemasan ini hanya dimiliki oleh kayu jati dan tidak dimiliki kayu trembesi. Anda bisa membedekannya di siang hari dan terkena sianr matahari langsung atau mengarahkan lampu pada permukaannya.

Pastikan ketika membandingkannya kedua jenis kayu ini belum dilapisi oleh bahan finishing.

  1. Serat kayu

Kedua kayu memiliki tampilan serat yang sangat mirip. Adanya lingkaran tahun pada masing-masing kayu akan menambah keunikan dan menariknya penampilan masing-masing furniture. Jika Anda ingin membedakannya perhatikan alur serat kedua jenis kayu ini.

Kayu trembesi memiliki serat kayu yang lebih tebal ukurannya. Lingkaran tahun terlihat sangat jelas dan tajam. Alur seratnya lebih banyak lurus daripada kayu jati. Di sisi lain kayu jati juga memiliki serat kayu yang jelas namun ukuran tebal serat lebih tipis daripada kayu trembesi dan alurnya lebih banyak yang bergelombang.

  1. Kayu gubal

Perbandingan terakhir yang bisa dipastikan adalah kayu gubalnya. Kayu gubal adalah bagian paling luar dari kayu dan memiliki kekuatan yang kurang baik. Kayu trembesi memiliki kayu gubal yang sangat terlihat jelas sehingga Anda bisa langsung membedekan manakah yang termasuk kayu gubal dan manakah yang termasuk kayu trembesi.

Bagian gubal yang dimiliki oleh kayu trembesi berwarna putih dimana kayu terasnya berwarna cokela tua. Sedangkan kayu jati tidak memiliki perbedaan yang kentara  karena kualitas kayu gubal dari kayu jati hampir sama dengan kayu terasnya.

Bedanya kayu gubal dari kayu jati cenderung berwarna cokelat kemerahan dan kayu teras dari kayu jati berwarna lebih cokelat gelap. Dengan begitu Anda akan lebih mudah membedakan antara kayu trembesi dan juga kayu jati yang tua.

Artikel "Based Knowledge"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.