Selain Pernis Kayu, Pemilihan Kuas Juga Penting

Jangan Anda pikir bahwa finishing berkualitas hanya bergantung pada jenis pernis kayu yang digunakan. Kuas sebagai aplikator juga berperan penting.

Dalam melakukan proses finishing banyak faktor yang dibutuhkan mulai dari pernis kayu dan juga alat aplikasinya. Terkadang hasil aplikasi mungkin tidak sesuai dengan yang Anda inginkan dan terlihat bekas kuas (brush mark). Bekas ini akan menurunkan penampilan dari furniture dan bagi Anda yang berkecimpung di wilayah industri tentu harga furniture akan menurun. Ada banyak hal yang mempengaruhi brush mark mulai dari bahan pernis yang digunakan tidak berkualitas, bahan pelarut yang digunakan terlalu sedikit atau terlalu banyak dan juga alat aplikasinya yang buruk. Alat aplikasi yang mudah terutama bagi Anda yang bukan profesional. Alat kuas adalah aplikator yang mudah didapatkan dan juga berharga murah.

Beberapa sumber mengatakan bahwa kuas yang buruk akan mempengaruhi hasil akhir finishing furniture. Maka untuk lingkungan industri furniture sudah tidak menggunakan alat kuas lagi tetapi menggunakan spray system.  Padahal dengan spray system akan banyak pernis kayu yang terbuang karena menyebar ke seluruh ruangan. Jika menggunakan kuas dan timbul berkas brush mark akan mempengaruhi tingkat glossy. Jika Anda menginginkan tingkat glossy tinggi, dengan adanya brush mark tentu tingkat glossy akan menurun. Bahkan akan terdapat garis transparan yang timbul menjadikan tekstur dari kayu tidak rata dan halus.

Jenis Kuas Untuk Finishing Yang Bagus

Kuas Untuk Finishing Kayu

Untuk jenis kuas sendiri harus dipahami mulai dari bahan kuas, ukuran kuas serta bentuk kuas yang berkualitas. Berikut ini penjabaran dari jenis kuas yang bagus dan berkualitas sebagai bahan pertimbangan Anda sebelum membeli kuas.

  1. Bahan

Terdapat bagian kuas yang disebut dengan bulu kuas. Bulu ini  terbagi menjadi dua bahan yang pertama adalah bahan bulu hewan dan yang kedua terbuat dari nylon. Untuk kuas yang berbahan dari bulu hewan, Anda bisa menggunakan untuk pernis kayu yang terbuat dari solvent. Sedangkan untuk kuas dnegan bulu terbuat dari nylon digunakan untuk pernis yang terbuat dari bahan dasar air. Jika Anda melakukan hal sebaliknya yaitu kaus dengan bulu hewan untuk cat berbahan dasar air maka akan sulit untuk diaplikasikan. Kuas dengan bulu hewan akan menyerap aiar dan membuat kuas mengembang dan sulit untuk diaplikasikan.

  1. Bentuk

Jangan memilih bentuk kuas yang terlihat tebal dengan ujung rata dan juga pendek. Justru jenis kuas tersebut akan sulit untuk diaplikasikan dan penyebaran penis akan lamban karena bulu kuas yang pendek. Pilihlah kuas dengan ujung yang meruncing, panjang bulu kuasnya dan juga pada bagian ujung semakin menipis. Kuas dengan bulu yang panjang akan meresap banyak pernis sehingga kuasan akan panjang. Ujung yang tipis akan membuat sapuan kuas lebih fleksibel dan lentur. Jenis kuas terbaik ini akan menghasilkan finishing yang rata dan halus.

  1. Ukuran

Pilih ukuran kuas yang akan digunakan sesuai dengan bidang. Gunakan kaus dengan ukuran 3 sampai 5 inci untuk ukuran bidang furniture yang luas dan datar. Aplikasikan secara horizontal searah serat kayu. Sedangkan untuk bidang yang sempit seperti siku atau lekukan gunakan kuas yang berukuran di bawah 3 inci. Cara aplikasinya adalah dengan vertikal searah serat kayu dan lekukan.

Selain kuas dengan bulu, saat ini telah diciptakan kuas sponge, jenis kuas sponge ini masih jarang dan hanya bisa didapatkan di toko tertentu saja. Daripada kuas dengan bulu,  kuas sponge lebih mudah diaplikasikan dan tidak meninggalkan brush mark. Ketika Anda mengaplikasiakan pernis kayu dengan kuas sponge ini tarikannya akan lebih ringan dan mendapatkan hasil yang lebih halus dan rata.

Finishing Berkualitas Wajib Menggunakan Pernis Kayu Berkualitas

Hasil finishing yang bagus tidak akan berhasil jika Anda hanya mengandalkan kuas yang berkualitas saja. Di awal telah dikatakan bahwa produk pernis kayu juga akan mempengaruhi Anda dalam hal finishing. Jika menggunakan pernis dengan kualitas yang buruk tentu saja Anda tidak akan mendapatkan hasil yang sempurna. Untuk itu berikut beberapa kriteria pernis kayu berkualitas yang bisa And0a cari di pasaran:

  1. Transparansi

Dilihat dari segi transparansinya, produk pernis akan memiliki transparansi yang tinggi. Ini dapat dilihat dari serat kayu, jika serat kayu terlihat sangat jeas maka transparansinya bagus.

  1. Tarikan ringan

Jika Anda menggunakan kuas untuk mengaplikasiakna pernis maka harus memiliki tarikan kuas yang ringan. Hal ini akan mempermudah pekerjaan Anda dalam proses finishing.

  1. Ketahanan/ perlindungan

Ketika pernis mampu melindungi furniture dengan baik maka pernis tersebut harus tahan gores, tahan cuca, tahan air dn juga tahan jamur atau serangga. Ketahanan inilah yang biasanya tidak berlangsung lama paling sekitar setahun atau dua tahun saja.

  1. Tidak menguning

Pernis yang tidak menguning selalu dicari oleh banyak orang sehingga memiliki transparansi yang tinggi. Ketika pernis menguning maka nilai estetika furniture juga menurun. Efek menguning ini biasanya disebabkan oleh kandungan formalin atau amonia yang tinggi.

  1. Aman dan ramah lingkungan

Produk pernis identik dengan produk yang tidak ramah lingkungan terutama produk pernis solvent. Jika Anda mencari produk pernis yang aman dan ramah lingkungan, Anda bisa menggunakan pernis water based. Dari sisi kesehatan pernis water based tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang mempengaruhi kesehatan. Ketika pernis yang sudah mengering menimbulkan gas di dalam ruangan maka pencemaran lingkungan akan terjadi dan Anda menghirup udara di dalamnya.

Pernis Kayu Biovarnish Berkualitas yang Dibutuhkan

Cat-untuk-wooden-furniture

Jika di atas sudah dijabarkan mengenai 5 kriteria produk finishing yang bagus maka saatnya Anda menggunakan produk pernis kayu berkualitas tersebut. Pertanyaannya adalah produk apakah itu? Salah satu produk yang memenuhi kriteria di atas adalah Biovarnish. Terdapat tiga seri produk Biovarnish untuk mendapatkan hasil finishing close pore yaitu dempul biovarnish (Biovarnish Wood Filler), wood stain (Biovarnish Wood Stain) dan top coat (Biovarnish Clear Coat). Ketiga varian ini adalah produk berkualitas yang akan memberikan hasil finishing warna natural transparan hanya dengan kuas dan juga air saja. Produk sekelas Biovarnish ini tentu sudah banyak digunakan di kalangan industri khususnya industri ekspor baik di Eropa dan Amerika. Menandakan bahwa kualitas yang diberikan adalah kualitas premium dan harga premium tentunya.

Untuk mendapatkan produk Biovarnish ini Anda bisa menghubungi melalui online di nomor 0822 1935 7399 atau BBM di D69F376B. Pembelian secara langsung bisa dilakukan di wilayah Yogyakarta, Jepara dan juga Cirebon. Untuk di wilayah Yogyakata Anda bisa mendatangi Jalan Sidikan no. 94 Sorosutan Yogyakarta. Untuk cabang Jepara Anda bisa mendatangi ke alamat Jalan Raya Kudus No 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah. Sendagkan untuk di Cirebon Anda bisa mendatangi ke alamat Jalan Ki Sabalanang no. 23 Karangsari, Weru, Cirebon, Jawa Barat.

Artikel "Featured"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.