Mengenal Jenis Cat Kayu Anti Air Alami dan Modern Warna Natural

Menggunakan kayu sebagai furniture di seluruh ruangan memiliki banyak keuntungan namun juga kekurangan. Berbagai keuntungan yang dapat dimanfaatkan adalah kayu mudah dibentuk, memiliki tampilan yang menarik, memiliki varian harga sesuai dengan kualitasnya dan mudah untuk di finishing.

Disisi lain kekurangan dari kayu adalah daya tahannya, kayu apapun bahkan dengan harga yang sangat mahal mudah untuk rusak. Kerusakan ini didapatkan dari panas, hujan dan perubahan suhu.

Jika Anda menggunakan kayu pada area yang lembab bahkan basah seperti kamar mandi dan dapur maka resiko kayu yang rusak akan sangat tinggi. Area tersebut sangat dekat dengan air yang akan meresap melalui pori kayu hingga ke bagian dalam.

Air yang meresap ke dalam substrat kayu akan menimbulkan kebusukan, jamur dan rayap. Kerusakan akan dimulai ketika kayu menyerap kelembaban terus menerus dan dalam jumlah yang banyak.

Satu-satunya cara untuk melindungi kayu dari kelembaban, air dan perubahan cuaca lainnya adalah menggunakan cat. Berbagai macam cat diciptakan dan diaplikasikan pada kayu untuk memberikan perlindungan yang ampuh terhadap serangan air dan kelembaban.

Sayangnya semakin banyak merk cat yang dikembangkandari tahun ke tahun seringkali membuat bingung. Manakah sebaiknya cat yang digunakan? Apakah Anda akan menggunakan cat kayu tradisional atau menggunakan cat kayu modern.

Keduanya hingga kini masih sama-sama sering digunakan. Hanya saja Anda harus memilih yang paling tepat dan berbagai macam faktor bisa menentukannya. Misalnya saja faktor kemudahan mendapatkan cat tersebut, mudahnya cara aplikasinya hingga bagaimana ketahanan yang diberikan.

Kini Anda tidak perlu bingung lagi karena dalam artikel ini Anda akan mengetahui bagaimana dan apa saja cat kayu tahan air yang sebaiknya digunakan. Pada artikel kali ini akan dijelaskan apa saja cat kayu alami atau tradisional dan modern yang banyak digunakan.

Jenis-Jenis Cat Kayu Anti Air Alami

Sebelum manusia mengenal bahan cat terdapat berbagai macam bahan alami yang digunakan untuk kayu agar lebih tahan air. Hingga kini masih banyak pengrajin kayu tradisional yang masih menggunakan bahan-bahan alami ini.

Alasannya adalah mereka tidak ingin menggunakan cat yang melindungi kayu dari air namun menimbulkan aroma yang membahayakan kesehatan. Bau tersebut sangat mengganggu mereka yang sedang mengaplikasikannya.

Maka sisi inilah yang seringkali menjadi pertimbangan para pengrajin tradisional yang akhirnya memilih bahan finishing alami. Apa saja bahan finishing alami yang banyak digunakan tersebut? Berikut ini macam-macamnya.

  • Olive oil dan Lemon

Kedua bahan ini sangat mudah ditemukan, banyak DIY yang juga memanfaatkan Olive oil dan lemon untuk membuat kayu menjadi lebih tahan air. Caranya adalah mencampurkan 3 bahan Olive oil dengan 2 bahan lemon. Proses aplikasinya cukup dengan pemolesan saja.

Mengenal Jenis Cat Kayu Anti Air Alami Dan Modern

Sebelumnya kayu yang akan dilapisi harus di amplas dan dibersihkan dari kotoran dan debu. Larutan olive oil dan lemon akan meresap ke dalam pori kayu dan melindungi kayu dari air.

Anda bisa menyimpan campuran tersebut ke dalam wadah kaca dan bisa disimpan hingga satu bulan. Aroma lemonnya akan menyebar ke udara dan membuat harum ruangan namun tidak membahayakan bagi kesehatan.

  • Minyak Kelapa

Bahan kedua yang bisa menjadi alternatif lainnya adalah minyak kelapa. Hari-hari bersama dengan furniture dari bahan solvent atau kimia berlogam berat benar-benar membuat ruangan penuh dengan toxic.

Minyak kelapa bisa menjadi solusi itu semua dan akan memberikan perlindungan pada kayu dari air. Proses aplikasinya sama hanya perlu diaplikasikan dengan kain sambil digosok hingga merata.

Anda perlu mengamplas dan membersihkan permukaan kayu sebelumnya sebelum mengaplikasikan minyak kelapa. Kandungan didalam minyak akan melembabkan dan memberikan nutrisi pada kulit agar tampak selalu baru dan terlindungi dari dalam.

  • Minyak dan cuka

Berpikir bahwa ini adalah salad dressing dan mengapa digunakan pada kayu? Campuran kedua bahan ini akan membuat perlindungan yang selama ini justru tidak disangka. Kedua bahan ini sudah jarang untuk digunakan karena banyak yang tidak tahu manfaatnya.

Cukup dengan mencampurkan 3 bahan minyak canola dan 1 bahan cuka dapur. Aplikasikan pada kayu yang telah diamplas dan dibersihkan dari debu atau kotoran. Anda akan melihat tampilan yang justru berbeda dan tidak hanya natural.

Efek cuka akan memberikan perubahan warna pada kayu yang tampak rusak secara alami. Cocok untuk finishing kayu tampilan rustic. Kedua bahan ini akan memberikan perlindungan pada kayu mulai dari air, rayap dan juga kerusakan karena penggunaan.

Ketiga bahan di atas adalah jenis bahan finishing yang tentu saja sangat mudah dibeli dan diaplikasikan. Namun perlu diingat proses aplikasinya harus diulang karena perlindungan dari dalam akan mudah hilang.

Setidaknya proses aplikasi ulang harus dilakukan setiap satu bulan sekali. Hasilnya akan tetap mempertahankan permukaan kayu. Anda bisa lebih sering mengaplikasikannya pada furniture kayu yang sering terkena dengan air.

Cat Kayu Tahan Air Terbaru

Kini saatnya untuk mengenal jenis cat kayu anti air yang saat ini lebih banyak digunakan. Modern ini cat kayu banyak digunakan untuk menggantikan bahan finishing alami seperti di atas. Cara kerjanya untuk melindungi kayu pun sangat berbeda.

Ketiga bahan diatas digunakan agar menyerap dan memberikan proteksi dari dalam ruangan. Namun untuk jenis cat modern bahan finishing akan melindungi kerusakan dari luar. Terdapat lapisan cat atau film yang beberapa lapisan untuk menutup pori dan menyetelnya dari luar.

Masalah kesehatan yang seringkali mengganggu pun kini tidak menjadi masalh. Modern ini cat tidak lagi banyak yang mengandung logam berat sehingga menimbulkan bau yang mengganggu kesehatan. Tidak hanya itu bau tersebut akan menimbulkan polusi di dalam ruangan.

Cat kayu water based adalah cat yang memiliki kandungan racun sangat rendah sehingga tidak menimbulkan bahaya kesehatan. Tidak akan muncul polusi udara baik pada saat pengeringan maupun proses aplikasinya.

Produk Cat Kayu Water Based Biovarnish

Para pengrajin tidak perlu khawatir ketika mengaplikasikan, baik menggunakan kuas atau alat semprot cat tidak akan mengganggu pernapasan. Produk Biovarnish adalah salah satu cat anti air yang modern dan banyak digunakan mulai pengrajin kecil hingga ekspor.

Cat ini akan membentuk lapisan film yang sangat kuat sehingga perlindungan terhadap air sangat maksimal. Tidak hanya itu saja ketahanan dari panas, perubahan cuaca hingga goresan telah diuji sebelum produk dipasarkan.

Anda bisa mengaplikasikannya untuk segala furniture, baik itu indoor, outdoor hingga dapur atau kamar mandi yang dekat dengan kelembaban. Hasil warna yang dihasilkan adalah natural dengan 20 pilihan warna yang sangat menarik dari Biovarnish wood stain.

Sedangkan untuk hasil finishing akhirnya atau Biovarnish clear coat Anda bisa memilih antara tampilan gloss atau matte. Disarankan untuk finishing kayu yang sering terkena goresan atau kelembaban dengan memilih tampilan gloss.

Artikel "Info News"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH