Berencana Membeli Alat Permainan Edukatif ? Perhatikan 4 Hal Ini Dahulu

Masa pra-sekolah menjadi masa yang penting untuk pertumbuhan anak. Selain memberikan pendidikan pra-sekolah yang bagus. Biasanya, para orang tua juga membantu proses tersebut dengan memberikan anak alat permainan edukatif.

Alat permainan edukatif atau mainan edukatif, menurut Shofyatun A Rahman (2010), merupakan “alat permainan yang dirancang khusus untuk kepentingan pendidikan khususnya untuk anak prasekolah dalam meningkatkan aspek-aspek perkembangan potensi anak”. Jadi, mainan ini memang diperuntukan membantu anak untuk mendapatkan pelatihan atau pendidikan tambahan sehingga potensinya semakin terlihat.

Tetapi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membelikan sebuah mainan edukatif kepada anak Anda. Selain melihat fungsi dan memberikan mainan edukatif yang sesuai dengan umur. Para orang tua diharapkan mempertimbangkan berbagai aspek fisik dari mainan tersebut. Walaupun, alat permainan edukatif yang diperuntukan untuk anak sudah dibuat secara seksama. Namun, apa salahnya sebagai orang tua Anda lebih waspada.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Alat Permainan Edukatif

Hal apa saja yang sebaiknya diperhatikan oleh orang tua sebelum memilih alat permainan edukatif ?.

Pertama, pastikan mainan tersebut memang diperuntukan untuk anak-anak. Sesuaikan mainan dengan umur anak Anda.

Kedua, pastikan bahwa mainan tersebut bentuknya aman, tidak memiliki ujung yang lancip atau bagian-bagian kecil yang berpotensi membahayakan anak.

Ketiga, pastikan mainan tersebut dibuat dengan bahan-bahan yang aman. Misalnya, untuk alat permainan edukatif yang terbuat dari kayu, pastikan kayu yang digunakan berkualitas. Lalu, cat yang digunakan juga harus bebas dari bahan beracun yang berbahaya.

Poin terakhir di atas sering menjadi hal yang jarang diperhatikan. Pasalnya, para orang tua justru sering cuek dengan permasalahan cat yang digunakan pada alat permainan edukatif. Akibatnya, para orang tua tidak menyadari bahwa anaknya sedang beresiko terpapar bahan kimia berbahaya.

Tips Memilih Cat yang Aman dan Cocok

Lalu, bagaimana tips cat yang aman dan cocok digunakan untuk alat permainan edukatif, khususnya yang berbahan kayu ?.

> Gunakan cat kayu khusus.

Cat Kayu

Cat yang digunakan untuk mainan edukatif berbahan kayu, harus menggunakan cat kayu yang memiliki konsentrasi bahan kimia berbahaya yang rendah. Sudah sepatutnya mainan edukatif harus aman karena akan digunakan oleh anak-anak. Namun, yang terjadi masih ada produsen mainan edukatif yang kurang memperhatikan cat kayu yang digunakan.

> Pilih cat kayu water base.

Demi menjaga keselamatan anak ketika menggunakan alat permainan edukatif, kita juga harus memperhatikan cat yang digunakan. Pilih cat kayu water base. Kenapa ?, kandungan kadar VOC atau Volatile Organic Compound (senyawa organik yang mudah menguap) pada cat water base tergolong lebih rendah. Hasilnya, dampak negatif bagi kesehatan yang akan timbul antara lain, iritasi pada hidung, tenggorokan, dan mata dapat dihindari.

> Pastikan cat kayu kuatTips dan Teknik Finishing Kayu dengan Cat Solid

Seringkali anak-anak memainkan alat permainan edukatif di luar pengawasan Anda. Akan timbul masalah apabila cat kayu yang melapisi mainan tersebut tidak berkualitas. Akibatnya, cat pada mainan anak bisa mudah mengelupas. Hal tersebut tentu akan menimbulkan masalah karena kelupasannya dapat membahaykan jika tidak sengaja termakan. Oleh karena itu, pilih mainan yang memiliki cat kayu yang berdaya rekat kuat.

> Pilih cat kayu yang memiliki pilihan warna beragam

Walaupun penting untuk memastikan cat kayu yang digunakan tidak membahayakan kesehatan anak. Tentu saja, tampilan visual dari mainan tidak boleh diabaikan begitu saja karean mainan anak memang identik dengan warna-warni yang menarik. Selain itu warna yang beragam dapat menjadi sarana edukasi anak untuk mengenal warna. Jadi, tetap pilih cat kayu yang menawarkan pilihan warna yang beragam.

Gunakan Cat Kayu Terbaik untuk APE Anak

Produk-Bioduco-chalk-paint

Jika Anda masih bingung untuk memilih cat kayu yang tepat untuk alat permainan edukatif pilih produk-produk dari Bioindustries. Mengapa harus produk dari Bioindustries ? Produk-produk Bioindustries memiliki berbagai macam kebaikan. Selain catnya aman karena kandungan zat kimia yang rendah. Cat water base ini juga dikenal cat ramah lingkungan.

Produk dari Bioindsutries dijamin aman dan tidak membahayakan anak Anda. Karena, Bioindustries berhasil mendapatkan sertifikat US EPA (United States Enviromental Protection Agency). Tidak hanya regulasi dari Amerika, Bioindustries juga memiliki sertifikat Uni Eropa tepatnya ECHA Reach Regulation. Sertifikasi ini menyatakan bahwa produk-produk Bioindustries aman dan ramah lingkungan.

Produk yang bisa Anda pertimbangkan untuk memberi warna ke mainan edukatif anak adalah cat kayu Bioduco Chalk Paint. Alasannya, Bioduo Chalk Paint dapat menghasilkan warna pastel yang unik dan cocok untuk mainan edukatif. Selain itu, produk ini aman dan ramah lingkungan. Jadi, tidak hanya memberikan keamanan kepada mainan anak, namun juga memberikan tampilan mainan yang indah dan menarik.

Manfaat Memiliki Alat Permainan Edukatif bagi Anak

Setelah mengetahui tips memilih cat yang aman untuk alat permainan edukatif lalu, apa saja manfaat mainan edukatif untuk anak Anda ?

1. Membantu perkembangan anak dan meningkatkan kreativitas

Anak Bermain Mainan Edukatif

Sudah sewajarnya anak memang memiliki keinginan untuk bermain dan belajar. Apalagi, cara mereka menghabiskan energi berlebih memang dengan cara seperti itu. Salah satu media untuk melakukan tersebut adalah alat permainan edukatif yang secara khusus memang dibuat untuk memenuhi tujuan tersebut.

Dengan melakukan berbagai macam aktivitas menggunakan mainan edukatif, anak dapat terlatih keterampilan motorik halus sekaligus meningkatkan wawasannya, kemampuan sosial & emosional, dan kemampuan kognisi.

2. Melatih kemampuan motorik

Aktifitas dengan mainan edukatif seperti meraba, memegang, mengambil mainan menggunakan tangannya dapat melatih kemampuan motorik halus anak. Sedangkan, kegiatan mencocokan, mengangkat, melempar akan melatih kemampuan motorik kasarnya.

3. Melatih Konsentrasi

Anak Berkonsentrasi

Saat memainkan sebuah mainan edukatif, anak dilatih untuk fokus dan tetap berkonsentrasi. Misalnya, ketika anak bermain dengan puzzle, mereka akan diminta berusaha mencocokan potongan puzzle. Tentu saja, ketika anak sedang berusaha mencocokan semua puzzlenya membutuhkan konsentrasi yang tinggi.

4. Mengenalkan warna, tekstur, dan bentuk

Terdapat beragam jenis mainan edukatif, mulai dari jenis puzzle, kotak alfabet, kereta kayu alfabet, dan lain sebagainya. Rata-rata mainan edukatif ini memiliki warna, tekstur, dan bentuk yang beragam. Sehingga, anak akan belajar mengenal berbagai macam warna, bentuk, dan tekstur dari masing-masing mainan edukatif.

5. Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan

Anak Belajar Menyenangkan

Menggunakan alat permainan edukatif dapat memberikan suasana yang berbeda dalam kegiatan belajar. Sehingga, anak akan menganggap bahwa dengan mainan edukatif tersebut mereka sedang bermain. Padahal, Anda sedang memberikan sebuah pelajaran untuk mereka.

Kesimpulannya alat permainan edukatif merupakan sebuah media yang bisa digunakan untuk membantu anak dalam perkembangan dan pertumbuhannya. Berbagai manfaat yang Anda bisa dapatkan dari menggunakan mainan edukatif dalam menunjang tumbuh dan kembang anak. Jadi, tetap perlu untuk memberikan mainan edukatif ke anak.

Tetapi, pastikan bahwa alat permainan edukatif yang akan diberikan ke anak tidak membahaykan. Cermati sebelum Anda memberikan sebuah mainan edukatif tidak menggunakan cat yang berbahaya. Karena, kesehatan anak akan lebih penting dari segalanya.

Artikel "Based Knowledge"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.