Ariel Noah DIY Rak Dinding. Sederhana Tapi Elegan

Siapa yang tidak kenal dengan Ariel Noah? Hampir setiap kalangan mengenal vokalis dari band ‘Noah’ ini. Tidak hanya kemampuan vocal serta daya tarik yang dimilikinya, ternyata ada skill lain yang membuat Ariel sempat menggemparkan publik.

Ditengah pandemi Covid-19, segala tour konser dan penampilan di stasiun tv pun sangat dibatasi. Bagi seorang selebritis tentunya sangat berpengaruh terhadap hidupnya dan pasti akan diliputi rasa bosan. Hal ini lah yang dirasakan Ariel, tidak ingin membuag-buang waktu membuat Ariel berinisiatif membuat prakarya secara DIY.

Beberapa waktu lalu Ariel sempat mengunggah sebuah video di platform video online yakni Youtube mengenai pembuatan rak. Dengan bekal teori yang dimilikinya, tidak disangka hasil karyanya justru dinilai sangat bagus bagi seorang pemula oleh beberapa netizen.

Rak tersebut memang terkesan sederhana dan minimalis namun memiliki nilai yang dipandang publik sangat memuaskan. Ariel dalam kesempatan pembuatan rak tersebut hanya berbekal kayu jati belanda, bor, dan besi untuk penyekatnya.

Papan kayu belanda yang digunakan sudah dalam bentuk papan yang siap untuk digunakan. Dan Ariel pun telah memotong kayu tersebut menjadi beberapa bagian. Kemudian ia eksekusi setiap papan-papan kayu tersebut menjadi sebuah pola yakni rak dinding.

DIY atau membuat prakarya dengan tangan sendiri dapat dilakukan oleh semua kalangan. Pada umumnya, DIY banyak dilakukan untuk mendapatkan hasil karya yang sesuai diinginkan dan menghemat biaya pengeluaran. Namun, hasil DIY pada umumnya akan lebih optimal jika selalu berlatih.

Seperti yang dilihat dalam video Ariel Noah dalam membuat rak dinding tersebut, kayu yang digunakan adalah jenis kayu jati belanda. Kayu ini memang sangat populer di bidang perkayuan saat ini dalam pembuatan furniture, hiasan dinding dan lain sebagainya.

Kayu jati belanda memiliki warna yang cerah dengan serat yang cukup rapi layaknya kayu jati. Kelemahan dari kayu jati belanda adalah memiliki mata kayu yang cukup banyak. Hal ini dikarenakan pohon pinus yang notabene batangnya digunakan untuk material furniture tersebut memiliki banyak cabang.

Ya, kayu jati belanda ataupun kayu pinus merupakan jenis kayu yang sama namun hanya berbeda ungkapan saja. Kayu jati belanda yang digunakan sebagai material furniture ataupun hiasan dinding tersebut pada umumnya sudah dibentuk menjadi papan seperti yang Ariel gunakan.

Sayangnya, kayu jati belanda merupakan jenis kayu yang rawan rusak karena kayu tersebut tergolong kayu lunak. Maka dari itu, tetap membutuhkan lapisan kayu yang tepat agar dapat terlindungi dengan baik dan hasil warnanya tetap optimal.

Pada umumnya, untuk menjaga kesan natural kayu jati belanda maka pelapis kayu yang digunakan adalah plitur atau pernis. Cat kayu ini memang sudah familiar di semua kalangan masyarakat. Sayangnya, tidak semua plitur atau pernis berkualitas baik.

Cat kayu yang bagus adalah cat tersebut tidak mudah memudar, mudah diaplikasikan, memiliki elastisitas yang baik dan bahkan aman digunakan. Sayangnya, dengan berbagai kualitas yang ditawarkan tersebut tentu saja akan mempengaruhi mengenai harga.

Tidak banyak orang yang memperdulikan masalah fitur-fitur yang dimiliki oleh cat tersebut. Melainkan cat tersebut sudah melapisi kayu sudah dirasa cukup. Faktanya, lapisan cat adakalanya tidak bekerja optimal jika dilakukan dengan cara yang kurang tepat.

Selain kualitas cat, masalah eknik finishing nyatanya juga sangat berpengaruh. Jika Anda menggunakan cat dengan kualitas terbaik dan harganya yang mahal namun teknik finishing yang Anda lakukan tidak tepat maka hasilnya pasti kurang memuaskan, terkesan kasar dan tidak rapi.

Mengenal Cat Kayu untuk Lapisan Rak dari Kayu Jati Belanda

Cat kayu untuk proses finishing tidak hanya satu jenis saja jika dilihat dari step finishing. Terdapat beberapa jenis cat kayu yang dapat Anda gunakan untuk hasil yang optimal. Pada umumnya terutama bagi Anda yang masih awam tentang finishing mungkin akan beranggapan bahwa penggunaan plitur saja sudah cukup. Faktanya hal tersebut salah besar.

Finishing yang baik adalah melapisi step demi step pada permukaan kayu dengan cat kayu sesuai dengan tahapan yang dibutuhkan. Adapun tahap finishing natural kayu yang perlu Anda perhatikan sebagai berikut:

  1. Mendempul

Mendempul kayu tidak hanya dilakukan pada bagian yang cacat saja seperti berlubang, mata kayu dll melainkan juga dapat digunakan untuk mengatasi pori-pori besar yang dimiliki kayu seperti halnya kayu glugu. Tujuan menutup pori-pori tersebut adalah mempercepat lapisan cat menghasilkan warna yang lebih tajam.

  1. Aplikasikan Wood Stain

Wood stain disini yang bisa digunakan seperti plitur solvent based, pernis, NC, melamin ataupun plitur water based. Pada tahap ini bertujuan untuk menciptakan tampilan warna pada permukaan kayu.

  1. Penggunaan Sanding Sealer

Adakalanya aplikator menggunakan sanding sealer untuk hasil yang lebih bagus. Memang tidak harus mengaplikasikannya namun untuk hasil yang lebih baik maka gunakan sanding sealer

  1. Jangan lupa untuk Topcoat

Adakalanya orang lupa bahwa lapisan warna cat juga perlu dikunci sehingga hasilnya lebih lama dan tidak mudah memudar. Inilah salah satu fungsi topcoat, disisi lain topcoat juga digunakan untuk memberikan sentuhan akhir seperti tampilan gloss, matte ataupun doff.

Tahap finishing diatas berlaku untuk semua jenis cat baik cat solvent based ataupun cat water based. Sebagian orang mungkin masih bingung perbedaan dari keduanya, bukan? Kedua cat tersebut sempat menjadi perbincangan dikalangan aplikator finishing. Kenapa?

Sebab, popularitas dari cat water based yang kini mulai banyak disoroti oleh banyak kalangan. Hal ini bukan karena tanpa sebab, cat kayu berbahan water based mulai banyak digunakan oleh orang-orang di luar negeri.

Tidak hanya kualitasnya, cat water based diklaim lebih aman dibandingkan cat solvent based. Apa yang dimaksud dengan cat solvent based dan cat water based?

Cat solvent based merupakan cat kayu yang menggunakan bahan-bahan kimia dan mengandung minyal didalamnya. Umumnya, cat solvent based ini menggunakan pelarut organik seperti thinner, spiritusa ataupun methanol.

Sedangkan cat water based merupakan cat kayu yang menggunakan bahan water based acrylic atau air. Seperti dengan nama dan bahan yang digunakan, cat water based tersebut hanya menggunakan air bersih sebagai pelarutnya.

Cat Aman Biovarnish

Kenapa cat solvent based tidak aman digunakan? Fakta membuktikan bahwa cat solvent based masih mengandung bahan-bahan kimia aktif yang berbahaya sehingga dapat menyebabkan penyakit dalam jangka pendek ataupun jangka panjang. Selain itu, kandungan VOC pada cat solvent based sangat tinggi sehingga bisa menyebabkan resiko penyakit kronis serta rusaknya lingkungan.

Nah, cat water based tergolong aman digunakan karena penggunaan bahannya yakni air. Selain itu, kandungan VOC pada cat water based juga sangat rendah dan sudah dibatas aman penggunaan. Salah satu cat water based produk lokal yang berkualitas di Indonesia adalah Biovarnish.

Biovarnish merupakan cat kayu berbahan water based acrylic yang khusus digunakan untuk finishing natural kayu. Cat ini dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan sesuai dengan kebutuhan dalam finishing untuk hasil yang tajam dan optimal.

Biovarnish menggunakan bahan-bahan yang telah disesuaikan dengan regulai standar keamanan internasional United State-EPA dan European ECHA-Reach sehingga cat ini tidak beracun. Bahkan cat ini tidak mengeluarkan bau menyengat baik selama ataupun setelah diaplikasikan.

Karena cat Biovarnish tidak mengalami penguapan sehingga cat ini tidak mudah memudar dan tahan lama. Tidak hanya cocok untuk furniture interior seperti rak dinding, Biovarnish juga cocok digunakan untuk finishing furniture interior seperti garden furniture, furniture teras, furniture taman dll.

Bagi Anda yang sedang mencari lapisan cat yang natural dan aman digunakan sebagai lapisan rak dinding, Anda dapat menghubungi kontak hotline yang tercantum pada website ini untuk pembelian cat ataupun konsultasi mengenai tips dan masalah finishing kayu. Atau Anda dapat mengirim e-mail ke [email protected] untuk pemesanan Biovarnish serta produk cat lainnya.

Bagi Anda yang ingin lebih praktis dalam melakukan pembelian, dapat langsung check out di marketplace Bioindustries yakni

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish.official

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/bioindustries

Dengan pembelian banyak, Anda akan mendapatkan tawaran menarik dari Bioindustries. Jangan lupa untuk selalu menggunakan produk yang ramah lingkungan untuk menjaga kenyamanan serta keamanan orang-orang dan lingkungan sekitar Anda.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH