Finishing Lantai Kayu Kelapa untuk Tampilan Eksotis dan Tahan Lama

Tampilan eksotis dari kayu kelapa akan muncul dengan mudah jika Anda tepat dalam mengaplikasikan produk finishing lantai kayu kelapa dengan baik.

Apakah Anda mengenal kayu kelapa? Pohon kelapa yang banyak ditemukan di wilayah pantai ini tidak hanya buahnya saja yang bisa dikonsumsi tetapi kayu dari pohon kelapa juga memiliki banyak manfaat. Jangan salah, kayu pohon kelapa termasuk gologan jenis kayu keras yang memiliki tingkat kekerasan kelas II dan III. Jika dilihat dari kelas kekerasannya, kayu kelapa tidak kalah dengan kayu jati atau kayu mahoni. Tingkat kekuatan dari kayu kelapa dan kekerasan ini membuat kayu kelapa banyak dimanfaatkan menjadi tiang rumah atau konstruksi bangunan rumah. Walaupun begitu kayu kelapa juga cocok diolah menjadi furniture. Ciri dari kayu kelapa adalah memiliki warna cokelat gelap dan memiliki serat kayu yang lurus dan putus-putus. Serat kayu jenis ini hanya kayu kelapa saja yang memilikinya. Banyak orang yang mengagumi atau menyukai dari keindahan serta kayu kelapa. Selain dari segi tampilan, kayu kelapa juga tergolong dair jenis kayu Eco Labblleling yang berarti kayu ini sudah aman untuk digunakan dan juga ramah lingkungan. Tidak hanya tingkat kekerasan, tingkat keawetan kayu kelapa ini cukup baik dengan ditandai tidak banyak rayap atau serangga pengerat kayu lain yang akan merusak tekstur kayu kelapa.

Melihat dari kekerasan dan kenyataannya tidak memungkiri bahwa kayu kelapa tetap mudah rusak dimakan oleh waktu. Apabila Anda ingin mendapatkan kayu kelapa yang tahan lama maka dibutuhkan finishing. Kayu kelapa sangat kuat jika diolah menjadi lantai kayu. Mungkin sebagian besar Anda masih jarang yang menggunakan lantai kayu dari kayu kelapa. Tetapi pada dasarnya lantai kayu hanya membutuhkan kayu dengan kekuatan, kekerasan dan keawetan ini baik. Pilihan tersebut salah satunya adalah kayu kelapa. Untuk pembuatan lantai, Anda membutuhkan finishing lantai kayu kelapa yang tepat dimulai dari cara aplikasi dan pemilihan produk. Apa pelarutnya lapisan finishing pada lantai kayu kelapa yang sudah memiliki tingkat kekuatan, kekerasan dan keawetan yang baik? Bahan finishing akan memberikan lapisan film sehingga akan lebih melindungi dari segi goresan, rayap dan juga jamur.

Finishing Lantai Kayu Kelapa Untuk Tampilan Eksotis

Pengawetan Lantai Kayu Kelapa

Perawatan lantai kayu kelapa terutama pada rumah di negara tropis seperti Indonesia harus sangat diperhatikan. Negara tropis akan memicu tumbuhnya jamur pada lantai kayu dan mengundang rayap untuk merusak tekstur kayu. Inilah penyebabnya banyak rumah di Indonesia yang jarang memiliki lantai kayu. Tetapi keindahan dari kayu kelapa sebagai lantai tidak bisa dihindari selain itu pula, lantai kayu memiliki kelebihan tidak mudah membuat cedera apabila terjatuh di atasnya dan memberikan suasana ruangan yang hangat. Kayu kelapa sendiri terbilang menjadi kayu yang bagus untuk lantai karena sudah banyak digunakan di luar negeri bahkan ekspor di Indonesia dari parket kayu kelapa sudah sangat tinggi. Lalu bagaimanakah cara perawatan yang benar dari lantai kayu kelapa? Sebelum masuk ke dalam finishing lantai kayu kelapa Anda butuh melakukan aplikasi obat pengawet kayu mulai dari obat anti jamur yaitu BioCide Wood Fungicide dan anti serangga rayap yaitu BioCide Insecticide. Untuk lebih lengkap cara aplikasi keduanya Anda bisa mengikuti langkah berikut ini:

  1. Persiapkan parket kayu yang belum dipasang dan sudah siap untuk difinishing. Letakan parket kayu ke dalam tempat besar dan bisa digunakan untuk merendam.
  2. Campurkan BioCide Insecticide dan BioCide Wood Fungicide dengan komposisi 100 liter air, 1 liter BioCide Wood Fungicide dan 200cc BioCide Insecticide.
  3. Rendamkan parket kayu kelapa dengan bahan yang sudah dicampur tadi sekitar 10 hingga 2 jam kemduian angkat dan tiriskan.
  4. Setelah selesai direndam, lakukan pengeringan dengan cara kiln dry atau di oven hingga mendapatkan MC kayu yang dibutuhkan rata-rata 12%.
  5. Untuk proses aplikasi ini jangan lupa untuk menggunakan peralatan pengaman tubuh lengkap seperti masker, sarung tangan dan juga sepatu karat karena obat ini adalah obat keras.

Finishing Lantai Kayu Kelapa Dengan Produk Cat Water Based

Lantai-kayu-kelapa

Produk finishing yang bisa Anda gunakan untuk finishing lantai kayu kelapa sangat berbagai macam. Anda bisa memilih produk yang paling mudah untuk diaplikasikan, paling murah, aman dan ramah lingkungan tetapi memiliki hasil yang berkualitas dan juga hasil yang tahan lama. Untuk mendapatkan ketajaman dari lantai kayu kelapa, Anda bisa memilih warna natural tarnsparan. Warna natural sendiri sangat bervariasi mengikuti jenis kayu yang akan diaplikasikan serta hasil warna natural yang diinginkan. Nah lalu bagaimana dengan produk yang tahan gores? Mengingat lantai pasti akan mudah rusak karena sering digunakan. Untuk itu Anda bisa menggunakan lapisan clear coat atau top coat pada akhir tahapan finishing. Pemilihan produk top coat sendiri tidak bisa sembarangan karena top coat akan melindungi lapisan di bawahnya dari goresan di bagian atas atau bagian luar. Anda bisa menggunakan produk cat kayu water based BioColours BioThane. Untuk lebih lengkap mengenai finishing lantai kayu, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Persiapkan lantai kayu yang sudah siap untuk difinishing. Pastikan tidak ada furniture yang masih berada di dalam ruangan. Tutup semua bagian home decor yang tidak bisa dilepas seperti lampu hias Anda bisa menutupnya dengan plastik. Sedangkan untuk saklar lampu Anda bisa menutupnya dengan isolasi kertas.
  2. Lakukan vakum pada seluruh lantai untuk menghilangkan debu kayu sehingga didapatkan permukaan bersih.
  3. Jika sudah halus Anda bisa melakukan pengamplasan. Ini adalah bagian yang cukup lama dan butuh ketelatenan. Lakukan pengamplasan dari pinggir ruangan ke dalam ruangan. Apabila bagian luar masih ada sela yang belum teramplas, Anda bisa menggunakan cara amplas manual.
  4. Jangan lupa bersihkan debu amplas dan jika perlu gunakan vacum cleaner untuk membersihkan secara benar permukaan lantai kayu kelapa.
  5. Jika lantai kayu sudah bersih maka Anda bisa mulai memberikan Biovarnish Wood Filler sebagai lapisan yang menutup cacat tekstur pada lantai kayu. Campurkan dengan air sedikit saja hanya untuk sedikit mengencerkan dempul agar lebih mudah saat diaplikasikan. Anda bisa menggunakan alat pengamplas untuk meratakan dempul kayu. Lakukan hingga semua semua bagian lantai terlapisi penuh. Jika sudah kering lakukan pengamplasan dengan drum sanders.
  6. Apabila sudah kering dan halus, maka Anda bisa ke tahap selanjutnya yaitu aplikasi Biovarnish Wood Stain. Produk inilah yang akan memberikan warna pada lantai kayu. Pilihlah warna untuk lantai kayu sesuai selera Anda. Lalu campurkan dengan air bersih perbandingan 2 bahan : 1 air dan campur hingga rata. Aplikasikan ke seluruh lantai pada bagian pinggir terlebih dahulu untuk mengetes warna yang diinginkan. Jika sudah tepat maka lakukan pengecatan dengan roll hingga rata ke seluruh permukaan lantai. Tunggu kering kemudian lakukan pengamplasan dengan drum sanders kemudian lakukan vakum hingga sisa debu amplas hilang.
  7. Langkah terkahir adalah pemberian BioColours BioThane. Campurkan BioThane dengan air perbanidngan 2 bahan : 1 air kemduan aplikasikan ke sleuruh epmrukaan kayu hingga didapatkan hasil yang halus. Anda bsia mengulangi proses aplikasis etelah 30 menit kemduaj tunggu ekring sekitar semalamna.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH