Tips Profesional Menyamakan Warna Kursi Teras Tampak Mengkilap

Anda pasti tak ingin menyambut tamu di hari lebaran nanti dengan furniture yang tampak kusam. Setelah memberikan warna cat yang baru pada dinding rumah, tentu tak ketinggalan furniture teras yang akan tampak dari luar ruangan. Anda bisa memperbaharui tampilan kursi teras dengan lebih mudah. 

Karena letaknya di luar ruangan, maka Anda harus memberikan lapisan coating yang sama seperti furniture taman. Alasannya, kursi teras pasti akan sering terkena sinar uv yang akan membuat warnanya lebih mudah pudar. Oleh karena itu cat pernis outdoor bisa dimanfaatkan. 

Selain pemilihan warna dan produk yang memiliki kualitas tinggi, perhatikan tampilan akhirnya. Apakah Anda akan menerapkan tampilan kilap atau matte. Sebagai saran, kursi teras sebaiknya dilapisi dengan clear coat gloss, karena daya tahannya terhadap goresan lebih tinggi. 

Efek glossy mampu menyembunyikan goresan sehalus apapun karena kursi yang sering digunakan. Sudah tak sabar lagi untuk mengecat kursi teras di rumah sendiri? Supaya tidak salah, Anda bisa mengikuti langkah mudahnya berikut ini:

Tips Para Profesional Ketika Menyamakan Warna Kursi Teras

Kursi teras yang tadinya sering digunakan tidak perlu diganti dengan yang baru. Anda hanya perlu mengganti warnanya, jika terdapat belang akibat penggunaan maka cukup menyamakan warna stain saja. Namun karena sebentar lagi Anda akan menyambut lebaran, sebaiknya lakukan refinishing secara penuh. 

Refinishing adalah tindakan yang tepat supaya hasil warna nantinya tidak belang. Karena Anda belum tentu ingat dengan warna bahan finishing yang dulunya digunakan. Apalagi jika Anda membelinya langsung dari toko. Pastinya warna dari kursi akan sulit dicocokan dengan stain yang ada di pasaran. 

Supaya berhasil dalam melakukan refinishing, para profesional tidak melupakan sekecil apapun kesalahan yang pernah mereka lakukan. Sehingga inilah yang membentuk mereka akhirnya mendapatkan hasil sempurna. Meniru cara profesional mengecat, berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti. 

Persiapan Sama Pentingnya dengan Mengecat

Mulailah dengan membersihkan kursi teras terlebih dahulu sebelum menggantinya. Ingat proses membersihkan sama pentingnya dengan mengecat, Anda tak boleh melewatkannya. Ada beberapa jenis kotoran yang biasanya menempel. Pertama adalah debu yang bisa dihilangkan dengan kain kering atau kain lembab. 

Kedua adalah kotoran yang mengeras pada permukaan kursi, Anda harus membersihkannya dengan scrape. Ketiga adalah kotoran berupa bekas jamur yang harus dibersihkan dengan pengamplasan. Membersihkan semua kotoran tersebut akan menghasilkan permukaan kursi yang halus sebelum dan sesudah finishing. 

Apabila kursi kayu lama Anda memiliki lapisan cat warna solid maka diperlukan bahan pembersih lapisan coating. Anda bisa menggunakan tiner atau bahan pembersih cat khusus. Berhati-hatilah menggunakannya supaya tidak membuat iritasi kulit dan merusak kayu. 

Jangan Lupakan Aplikasi Sanding Sealer

Selain membersihkan, Anda juga perlu mengaplikasikan sanding sealer sebagai base coat dan antar lapisan coating. Sanding sealer memiliki warna transparan, jika dibandingkan dengan finishing warna solid fungsinya mirip dengan primer. Anda bisa menggunakan sanding sealer sebelum dan sesudah aplikasi stain. 

Adanya lapisan sanding sealer nantinya akan membantu kursi kayu memiliki perlindungan yang lebih baik. Ditambah lagi warna dari stain bisa bertahan lebih lama. Sanding sealer akan menambah perlindungan dari sinar uv sehingga warna stain dan kayu tidak luntur. 

Mengecat dengan Alat Semprot

Alat yang selalu digunakan oleh para profesional adalah spray gun. Ada begitu banyak jenis spray gun yang bisa digunakan, seperti HVLP, LVLP,  atau airless spray gun. Apapun alat yang hendak digunakan jangan pernah lupa untuk menguji cobanya terlebih dahulu. Jika Anda masih dalam tahapan latihan, sebaiknya perhatikan jarak pengecatan. 

Lemaskan tangan supaya pergerakan nantinya lebih lancar. Ketika tangan yang mengayunkan spray gun terlalu kaku maka resiko cat untuk terlalu tebal dan sagging akan muncul. Sebaiknya ketika melakukan uji coba Anda menyemprotkan kepada jenis kayu yang warnanya sama dengan kursi. Supaya bisa mengetahui hasilnya dengan tepat. 

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan ketika menggunakan spray gun adalah jumlah bahan finishing yang sebaiknya digunakan. Karena spray gun akan mengeluarkan partikel cat ke udara lebih banyak, maka siapkan jumlah larutan yang lebih banyak daripada ketika mengecat dengan kuas. 

Tampilan Glossy dan Matte? 

Ketika hendak mengecat seringkali bukan masalah warna saja yang dipertimbangkan tetapi tingkat glossy yang diberikan. Apakah Anda ingin mendapatkan tampilan yang sangat mengkilap, mengkilap saja atau justru tidak tampak mengkilap? Ketika memilihnya ada baiknya untuk mempertimbangkan beberapa hal. 

Pertama adalah dimana hendak meletakkan kursi. Karena berada di teras maka Anda bisa membuatnya tampak mewah dengan permukaan gloss. Tapi jika ingin memperlihatkan kesan kayu yang lebih alami tampilan matte bisa diberikan. Kedua adalah tingkat ketahanan goresan. 

Kursi teras tentunya akan lebih mudah tergores karena pemakaian atau butiran pasir yang terbawa angin. Semua masalah tersebut akan mudah menimbulkan goresan. Tampilan matte adalah yang paling rentan atau mudah membuat goresan terlihat. Beda dengan gloss  yang bisa menyembunyikan kerusakan akibat goresan. 

Pergunakan Alat Keselamatan pada Diri

Ada begitu banyak variasi produk yang digunakan untuk mengecat. Memperhatikan keselamatan diri saat bekerja adalah kunci yang sangat penting. Jika tidak, masalah kesehatan di masa depan akan mempengaruhi. Beberapa alat yang diperlukan adalah masker jika Anda mengecat dengan cara menguas atau roller. 

Jika Anda menggunakan alat semprot lebih disarankan untuk menggunakan respirator. Apabila tak ingin bermasalah dengan kesehatan, akan lebih baik jika menggunakan bahan finishing yang aman sejak awal seperti cat berbahan dasar air. 

Cat berpelarut air lebih aman karena tak mengandung logam berat volatile organic compound yang berlebihan. Cat tak menimbulkan bau nantinya ketika Anda mengaplikasikannya pada kursi kayu. 

Jangan Mengecat di Ruangan yang Gelap

Hasil terbaik adalah dimana Anda bisa mengecat dengan melihatnya secara seksama. Mengecat dilakukan di dalam ruangan, namun perhatikan juga penerangannya. Bekerja di bawah lampu yang terang akan membuat Anda bisa cepat mengetahui bagian mana saja yang belum terlapisi dengan merata.

Ketika terdapat kerusakan saat mengecat misalnya sagging atau brush mark Anda bisa langsung mengetahui dan memperbaikinya. Tentunya cepat tanggap tak bisa dilakukan di dalam ruangan yang gelap. 

Mengenali Karakteristik dari Jenis Kayu

Tips terakhir ini cukup mudah untuk dilakukan. Setelah Anda membersihkan semua lapisan coating lama maka akan terlihat permukaan kayu aslinya. Disana Anda akan melihat permukaan kursi kayu yang berpori padat atau besar. Perhatikan juga apakah kursi terbuat dari kayu solid atau buatan. 

Kursi yang memiliki pori besar akan menyerap stain secara tidak merata. Sehingga Anda harus mengecat dengan sabar dan jangan lupakan sanding sealer. Berbeda dengan serat kayu yang padat akan menyerap cat dengan lebih merata.

Sedangkan kayu buatan seperti plywood memiliki lapisan veneer yang sangat tipis. Jadi akan lebih baik jika tidak mengamplasnya terlalu lama dan mengecat dengan tipis. 

Artikel "Info News"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH