Kelebihan dan Kekurangan Liquid Stain sebagai Cat Dasar Kayu

Sebuah lapisan finishing yang baik apapun itu baik untuk kayu, besi atau material lainnya terdiri dari tiga jenis yaitu base coat, build coats dan top coats. Ketiga lapisan ini bisa dibentuk dari berbagai macam jenis produk cat baik warna solid atau transparan. Bahkan dalam sebuah pengecatan furniture indoor dan outdoor. 

Base coat adalah lapisan dasar yang memanfaatkan cat dasar kayu. Sedangkan build coats adalah lapisan yang membentuk anti lembab dan tahan lama. Sedangkan top coat berfungsi untuk memberikan tampilan akhir seperti tingkat glossy. Di antara ketiganya, kali ini akan lebih fokus dalam pembahasan base coat artinya penggunaan cat dasar kayu. 

Tidak seperti lapisan metal, kayu memiliki substrat yang berpori, sehingga tidak ada yang bisa menggunakan kayu tanpa lapisan cat. Base coat memegang peranan penting karena pada bagian inilah akan menentukan apakah hasil finishing benar halus, warna merata serta tampilan sempurna. 

Penasaran apa itu cat dasar kayu lebih dalam dan apa saja kekurangan kelebihan jika kamu menggunakan liquid stain sebagai cat dasar kayu? Yuk simak penjelasannya lebih jauh dalam artikel ini. 

Mengenal Apa Itu Cat Dasar Kayu

Secara umum base coat adalah lapisan coating pertama yang diaplikasikan pada permukaan material kayu, besi, dll. Nantinya base coat bisa ditumpuk dengan lapisan built coat atau top coat tergantung kualitas material yang dicat. Ada dua jenis base coat yaitu water based dan solvent based, pemilihannya tergantung dengan bagan built coat dan top coat di atasnya. 

Formulasi dari base coat adalah pigmen, filler dan plasticizers untuk menutup cacat pada permukaan kayu. Serta menambah keindahan warna secara visual di bawah lapisan top coat. Ada berbagai tipe base coat yang diformulasikan secara khusus sesuai dengan tujuan penggunaannya. Pada sistem multi coating, sebuah base coat digunakan beberapa kali atau sesuai dengan alasan berikut ini:

  1.  Pada permukaan benda metal, base coat dari lacquer dibutuhkan untuk menutup cacat ringan dan meningkatkan adhesi sehingga mencegah kerusakan. 
  2. Pada bangunan seperti dinding, base coat dibutuhkan untuk menutup retakan atau lubang untuk menghasilkan permukaan yang halus. 
  3. Warna dari basecoat akan meningkatkan penampilan dari keseluruhan lapisan cat. 
  4. Menghasilkan warna hingga terlihat walaupun sudah dilapisi dengan top coat yang memiliki tingkat glossy berbeda-beda. 

Pengertian base coat secara umum bisa juga diterapkan pada kayu. Jika dibandingkan dinding rumah atau benda metal, kayu adalah material yang berpori dan paling mudah rusak retak karena memiliki tingkat kelembaban. Pori adalah permasalahannya yang perlu diatasi supaya menjaga ketahanan dari kayu itu sendiri. 

Ketika Anda hendak membeli base coat, maka tidak ada merk base coat karena istilah yang digunakan berbeda.  Base coat bisa saja berupa primer, stain, wood filler atau dempul. Asalkan memiliki kemampuan untuk sebagai mestinya fungsi base coat. Penggunaannya pun juga sebagai lapisan pertama. 

Kelebihan Liquid Stain sebagai Base Coat

Pada kasus finishing warna natural transparan, maka base coat harus memenuhi fungsi utamanya dalam memperbaiki cacat kayu. Anda bisa menggunakan liquid stain dan wood filler keduanya atau salah satu saja. Untuk bisa mengetahui kapan menggunakan liquid stain saja atau wood filler saja atau bahkan keduanya, maka Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan. 

Cukup dengan mengetahui apa kekurangan serta kelebihan penggunaan liquid stain akan sangat membantu. Untuk mempermudah Anda memilih, berikut ini keuntungan menggunakan liquid stain sebagai base coat. 

  • Menyeragamkan Warna

Seperti yang banyak dikenal bahwa kayu adalah material yang paling sering memiliki cacat warna alami atau tidak. Warna kayu berbeda-beda bahkan dalam satu jenisnya. Belang pada kayu ini akan menurunkan nilai jual sebuah furniture. Oleh sebab itu liquid wood stain akan bekerja sebagai cat dasar kayu yang mampu menyeragamkan warna. 

  • Banyak Pilihan Warna Kayu

Liquid stain berbeda dengan wood filler yang pilihan warnanya terbatas. Anda bisa mendapatkan warna-warna yang mirip dengan kayu aslinya. Bahkan Anda juga bisa merubah warna kayu asli menjadi warna natural yang lainnya. Begitu banyak pilihan warna inilah yang menjadikan kelebihan stain. 

  • Memiliki Opacity yang Beragam

Adanya bahan pigmen membuat opacity atau tingkat transparansi dari liquid stain sangat bervariasi. Berbeda jika menggunakan dye yang hanya membuat warna semakin gelap tetap tingkat transparansinya sangat tinggi. Anda bisa memilih stain dengan opacity yang semi transparan, transparan, hingga solid. Jadi tampilan serta kayu dari yang terlihat hingga tidak terlalu tampak. 

  • Perawatan yang Mudah 

Ketika kayu dilapisi dengan wood stain atau liquid stain maka warna kayu asli akan terlindungi dengan baik. Dalam beberapa tahun kedepan warna stain akan memudar karena penggunaan khususnya furniture outdoor. Anda tak perlu khawatir soal ini karena wood stain bisa ditumpuk ulang dengan melakukan refinishing. Sehingga tampilan furniture kembali sempurna. 

Kekurangan Liquid Stain sebagai Cat Dasar Kayu

Apabila dilihat dari kelebihannya, liquid stan sebagai cat dasar kayu lebih berperan besar dalam soal penampilan. Warna yang natural dan banyak pilihan, selain itu stain juga memiliki ketahanan warna yang cukup tinggi. Tapi bagaimana dengan fungsinya untuk memperbaiki cacat pada kayu? 

Ini adalah satu-satunya kelemahan dari penggunaan liquid stain sebagai base coat. Jika Anda menggunakannya, maka hasil finishing yang didapatkan adalah open pore dimana pori kayu tidak ditutup dengan sempurna. Karena tak ada filler padat yang menutup pori serta memperbaiki cacat besar atau kecil. 

Maka liquid stain sebagian besar disarankan untuk finishing open pore pada jenis kayu yang memiliki pori padat. Misalnya saja seperti kayu jati, merbau, ulin, dan sejenisnya. Kayu tersebut biasanya tak memiliki banyak cacat sehingga untuk base coat liquid stain saja sudah cukup. 

Berbeda halnya dengan jenis kayu dengan pori besar seperti pinus, kayu nangka, atau jati belanda. jenis kayu tersebut porinya besar dan terlalu banyak cacat lubang yang harus diperbaiki dengan wood filler. Maka base coat wood filler dibutuhkan dalam rangkaian finishingnya. 

Produk Liquid Stain Terbaik sebagai Base Coat

Jika Anda hendak mengecat liquid stain sebagai base coat, maka gunakanlah Biovarnish liquid stain. Produk ini adalah bahan finishing water based yang mudah untuk diaplikasikan. Selain itu banyak pilihan warna natural yaitu sekitar 20 pilihan warna. 

Anda juga bisa mengaplikasikan cat dasar kayu ini hanya dengan kuas dengan tingkat pengeringan tinggi tanpa harus dijemur di bawah sinar matahari langsung. Hasil tampilan yang diberikan adalah transparan, dimana Anda akan melihat serat kayu yang jelas. Karena tingkat opacity yang dimiliki sangat rendah. 

Setelah menggunakan liquid stain, Anda bisa langsung mengaplikasikan sanding sealer atau top coat secara langsung sesuai dengan kebutuhan. 

Artikel "Info News"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH