Jenis-Jenis Dempul Kayu Berdasarkan Jenis Finishing

Finishing tanpa dempul kayu yang bagus akan menimbulkan keborosan dan pembengkakan budget. Hindari dengan memilih dempul dengan ciri yang tepat.

Semua proses finishing mebel, konstruksi bangunan seperti dinding atau langit-langit bahkan logam seperti mobil membutuhkan dempul. Tanpa dempul maka permukaan atau tekstur bidang akan tidak rata. Fungsi dempul sendiri adalah untuk menutup pori-pori kayu dan juga untuk menutup cacat tekstur pada permukaan material. Berbagai macam jenis dempul harus digunakan sesuai dengan fungsi dan jenis materialnya misalnya saja plamir sebagai dempul dinding atau langit langit, dempul logam untuk mendempul mobil atau konstruksi besi, dempul kayu untuk mendempul furniture. Dari semua jenis dempul ini biasanya terjadi keborosan pada dempul kayu karena material kayu adalah salah satu material dengan cacat tekstur paling banyak.

Mengenali dempul kayu sendiri ada dua jenis menurut hasil finishing yaitu:

  1. Wood Filler, dempul ini digunakan untuk finishing mebel warna natural transparan. Fungsinya sama yaitu untuk menutup pori-pori kayu dan juga menutup cacat tekstur. Karena untuk finishing natural maka pilihan warna dempul ini sesuai dengan warna kayu seperti warna jati, warna ramin atau warna mahoni.
  2. Wood Putty, dempul ini digunakan untuk finishing warna solid dan mampu mengisi cacat tekstur pada kayu. Untuk jenis warnanya adalah warna yang menutup warna kayu seperti warna grey dan juga warna putih.

Ciri Dempul Kayu yang Bagus Agar Tidak Boros

Dempul yang boros selalu menjadi permasalahan utama dalam finishing mebel. Jika harga dari dempul membengkak maka biaya produksi ikut tinggi nantinya yang menjadi pertimbangan bagi konsumen untuk memesan mebel di industri Anda. Dalam hal ini Anda harus pintar dalam mencari dempul kayu dengan harga murah tetapi irit. Maka diperlukan pengetahuan tentang dempul kayu yang irit baik dalam aplikasi dan juga dari segi harga dempul. Berikut ini ciri-ciri dempul yang bisa dipelajari baik dari dempul dengan hasil warna transparan atau dempul dengan finishing warna solid.

  1. Ketika permukaan kayu yang sudah diberikan dempul kemudian dijemur dan muncul retakan maka dempul tersebut dikatakan buruk. Retakan menandakan dempul tidak memiliki kekentalan yang tepat atau terlalu padat membuat kegagalan dam menutup pori-pori kayu. Dan Anda pun harus mengaplikasikan dempul berulang kali.
  2. Daya tarik. Dari segi proses aplikasi, Anda bisa memperhatikan seberapoa panjang daya tarik dempul atau elastisitasnya. Jika dempul memiliki daya tarik yang panjang maka elastisitas tinggi dan mampu mengisi pori-pori dengan baik.
  3. Mudah diamplas. Ketika proses pengamplasan dempul yang bagus akan udah diamplas atau empuk. Bahkan tidak akan banyak serbuk amplas yang dihasilkan atau peeling. Jika dempul menimbulkan peeling maka dempul yang mengendap pada cacat tekstur tidak banyak, yang mengkibatkan keborosan.
  4. Berapa kali aplikasi. Aplikasi dempul tidak hanya satu kali saja terlebih jika banyak lubang pada permukaan kayu. Dempul yang baik akan mengisi cacat tekstur kayu sekitar dua hingga tiga kali. Jika dempul harus diaplikasikan hingga lima kali atau enam kali lebih maka segera ganti merk dmepul Anda karena sudah terindikasi boros.

Jika sudah memhami ciri-ciri dempul kayu yang bagus dan tidak boros maka Anda sudah bisa menentukan merk dempul apa yang akan digunakan. Salah satu merk dempul yang memenuhi ciri di atas adalah Biovarnish Wood Filler yang akan memberikan finishing warna natural. Pilihan warna dempul lengkap sesuai dengan jenis kayu dan tidak akan menimbulkan keborosan.

Mengapa Biovarnish Wood Filler sebagai Dempul Terbaik

Ketika saatnya memilih dempul kayu, dempul Biovarnish adalah dempul terbaik yang harus dipilih. Mengapa? Ada berbagai alasan mengapa Biovarnish adalah yang terbaik salah satunya adalah memenuhi ciri-ciri seperti di atas.

Beberapa keuntungan yang didapatkan pengguna dari Biovarnish meliputi dari proses aplikasi hingga hasilnya yang tahan lama. Berikut ini berbagai keuntungan yang didapatkan jika Anda menggunakan Biovarnish.

  • Cepat kering

Tidak ada produk lain yang akan Anda dapatkan melebihi kecepatan kering dari Biovarnish. Dalam waktu 20 menit dengan cara aplikasi yang benar wood filler akan mengering.

Artinya semua pekerjaan finishing yang akan Anda tempuh berjalan dengan cepat. Bahkan Anda tidak perlu menjemur kayu, panas matahari tidak akan membantu kecepatan pengeringan. Justru hanya berada dalam ruangan dan sirkulasi udara yang baik akan membuat dempul cepat mengering.

  • Mengisi pori kayu

Wood filler dari produk Biovarnish telah dibentuk hingga ukuran sangat kecil agar mampu masuk ke dalam pori kayu. Artinya wood filler akan mengisi pori kayu dengan sempurna.

Tidak perlu takut lagi akan dempul yang mengelupas atau tidak menutup dengan sempurna. Biovarnish wood filler justru dapat menutup dengan sempurna dengan daya rekat yang tinggi.

  • Memberikan warna senada dengan kayu

Pemilihan warna dari wood filler terkadang sangat sulit. Namun Biovarnish wood filler memiliki empat pilihan warna yang sesuai dengan warna kayu. Ada empat warna mulai dari warna jati, warna mahoni, warna sungkai dan warna ramin.

Apabila Anda ingin mendapatkan warna yang lebih mirip lagi, campurkan dengan sedikit warna wood stain. Sebelum diaplikasikan, tambahkan sedikit wood stain pada wood filler sehingga dapat memberikan warna sama dengan kayu.

  • Tidak menimbulkan bau

Bahan pelarut dan bahan dasar dari wood filler membuat produk Biovarnish tidak menimbulkan bau. Artinya dempul kayu ini juga tidak memiliki kandungan bahan organik yang lebih tinggi.

Kandungan organik yang tinggi membuat produk ini aman dan ramah lingkungan. Ketika digunakan dempul tidak akan menimbulkan toxic ke dalam ruangan atau udara.

  • Tahan lama

Ketahanan dari dempul kayu Biovarnish didukung karena adanya tingkat adhesi yang tinggi. Tingkat adhesi yang tinggi ini akan membuat lapisan lebih tahan terhadap perubahan panas dan hujan.

Kerekatan antara dempul dan substrat kayu dibutuhkan untuk menutup pori dengan sempurna dan tahan lama. Fungsi ini dibutuhkan khususnya untuk furniture outdoor yang akan terkena langsung oleh perubahan cuaca.

  • Dapat digunakan dengan berbagai cara

Ada satu lagi kemudahan yang akan didapatkan. Biovarnish wood filler dapat digunakan dengan berbagai macam cara. Aplikasi akan menyesuaikan dengan kerusakan yang dimiliki oleh permukaan furniture.

Jenis-Jenis Dempul Kayu Berdasarkan Jenis Finishing

Cara pertama adalah dengan mengaplikasikan langsung. Anda bisa mengaplikasikan langsung untuk menutup permukaan kayu yang sedikit berlubang atau tidak merata.

Gunakan pisau scrape untuk melapisi permukaan kayu. Pastikan permukaan kayu sudah bersih. Cukup meratakan Biovarnish wood filler hingga benar-benar tipis dan menunggu kering.

Cara kedua adalah dengan dicampur air. Proses ini sebaiknya dilakukan pada permukaan kayu yang benar-benar merata. Fungsinya adalah untuk menutup pori kayu.

Campurkan Biovarnish wood filler dengan sedikit air, aplikasikan dengan kain katun. Usapkan wood filler merata sambil ditekan berlawanan serat kayu. Cara ketiga adalah dengan mencampurkan bubuk kayu.

Proses ketiga ini bisa dilakukan pada permukaan yang berlubang cukup besar. Pastikan serbuk kayu sudah benar-benar halus dan memiliki warna yang sama dengan kayu. Campurkan kemudian isi lubang kayu dengan wood filler.

Artikel "Finishing Idea"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.