Belajar Cara Mengecat Furniture Kayu Outdoor dan Pengawetannya

Furniture outdoor berbeda dengan furniture di dalam rumah dalam hal perawatan. Perawatan furniture outdoor dilakukan dalam tiga tahapan yakni pengawetan kayu, pengecatan furniture dan juga pemolesan furniture. Dalam artikel ini Anda akan mendapatkan informasi lengkap mengenai pengawetan dan cara mengecat furniture kayu outdoor.

Pemolesan adalah tahapan yang sangat mudah karena cukup dilakukan satu bulan sekali dan dengan kain. Pemolesan adalah tahapan rutin yang harus dilakukan untuk mendapatkan tampilan furniture yang tahan lama sekaligus menguatkan lapisan cat. Fungsi dan cara aplikasi yang mudah tidak akan dibahas lebih lanjut dalam artikel ini.

Furniture outdoor akan lebih kuat dan bagus apabila Anda telah memilih jenis kayu yang tepat. Kayu yang banyak digunakan adalah kayu solid dengan masa tebang lebih dari 20 tahun. Jenis kayu seperti jati, sonokeling, ulin dan kayu kelapa adalah jenis yang bagus digunakan sebagai furniture outdoor.

Apabila Anda ingin mendapatkan furniture kayu yang kuat maka siapkan uang yang lebih banyak karena harga kayu tersebut sangatlah mahal. Harga yang mahal sebanding dengan kekuatan dan juga ketahanan dari kayu solid.

Kayu solid untuk outdoor haruslah kuat terhadap panas dan juga perubahan cuaca. Perubahan cuaca dan panas akan mengundang hama kayu seperti jamur dan juga rayap. Kayu biasanya memiliki kandungan resin khusus dan tingkat kerasnya sangat tinggi sehingga tidak memungkinkan rayap dan jamur menimbulkan kerusakan.

Jenis kayu tersebut biasanya juga memiliki tampilan menarik. Kayu memiliki warna dan juga serat yang dapat dilapisi dengan pernis dan plitur. Hasilnya akan memperlihatkan kesan artistik yang menarik dan alami.

Walaupun kayu tersebut memiliki daya tahan yang baik terhadap panas dan juga perubahan cuaca, namun proses pengawetan harus tetap dilakukan. Proses pengawetan dilakukan pada saat kayu masuk berbentuk sawn timber. Namun sebagai pengguna Anda bisa juga menambahkan aplikasi obat sebelum proses finishing berlangsung.

Pada saat proses finishing berlangsung Anda bisa memilih untuk menggunakan lapisan cat yang tepat. Kayu solid untuk furniture outdoor memiliki pori kayu yang kecil sehingga Anda bisa langsung memberikan sanding sealer sebagai cat dasar kayu. Namun jika Anda ingin mendapatkan hasil finishing pori tertutup disarankan menggunakan wood filler.

Mengawetkan dan Mengecat Furniture Outdoor

Proses pengawetan dan pengecatan bisa dilakukan di rumah sendiri tanpa bantuan dari profesional. Anda bisa melakukan semua pengecatan dengan mudah melalui cara-cara yang tertera pada kemasan produk pengawetan dan juga produk finishing.

Ketika saatnya memilih obat pengawetan anti rayap dan juga anti jamur sebaiknya Anda memilih obat yang terbuat dari bahan dasar air. Jenis produk ini akan lebih mudah menyerap ke dalam pori kayu solid yang berukuran kecil. Bahkan cara aplikasinya sanya mudah yakni dengan kuas dan bahan pelarut air saja.

Apabila Anda sudah mendapatkan produk pengawetan maka langsung aplikasikan. Secara umum proses aplikasinya adalah sebagai berikut:

    • Amplas permukaan kayu solid dan bersihkan debu sisa pengamplasan.
    • Larutkan obat anti rayap dan juga anti jamur dengan pada air pada wadah terpisah kemudian aduk.
    • Kuaskan seluruh larutan ke permukaan kayu hingga benar-benar rata. Jangan lupa pada bagian bawah furniture yang tidak terlihat dan sering terdapat rayap.
    • Jemur furniture pada panas matahari langsung dan larutan akan menyerap ke dalam. Ketahanan kayu terhadap hama sekarang sudah terjamin setelah aplikasi obat anti rayap dan anti jamur.

Sangat mudah bukan proses aplikasi untuk mengawetkan kayu? Biasanya para profesional mengerjakan proses ini satu hari sebelum proses pengecatan dimulai. Alasannya adalah agar kayu mendapatkan tingkat kelembaban yang tepat dan tidak akan mengganggu MC kayu setelah selesai di finishing.

Cara Mengecat Furniture Kayu Outdoor Dan Pengawetannya

Apabila proses pengawetan sudah selesai kini Anda sudah bisa memulai untuk proses finishing. Ada banyak warna yang bisa Anda pilih. Anda bisa menggunakan jenis bahan finishing yang terbuat dari bahan air dan terdiri dari wood filler, wood stain dan juga clear coat.

Carilah produk cat yang proses aplikasinya dapat menggunakan kuas. Aplikasi kuas adalah aplikasi paling murah dan paling cepat, hasilnya pun tidak akan mengecewakan. Jika Anda menggunakan cat water based maka gunakanlah kuas busa dan kuas nilon yang tidak akan merusak hasil finishing.

Cara aplikasi cat water based dengan kuas bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

    • Amplas seluruh permukaan kayu dengan amplas 220. Bersihkan debu dan juga minyak kayu dengan kain lap.
    • Aplikasikan wood filler dengan pisau palet ke seluruh permukaan kayu. Tunggu lapisan kering baru dilanjutkan dengan amplas 240. Amplas hingga permukaan terlihat warna kayu dan juga serat kayu. Bersihkan debu amplas.
    • Aplikasikan wood stain, campurkan wood stain dengan air sesuai dengan perbandingan pada kemasan. Aduk larutan cat hingga halus. Celupkan ujung kuas hingga ⅓ bagian. Kuaskan ke seluruh permukaan searah serat kayu. A Jika sudah rata tunggu hingga kering baru amplas dengan amplas 400. Pengamplasan dilakukan secara ambang.
    • Lapisan akhir adalah clear coat. Campurkan clear coat dengan air kemudian baru lanjutkan dengan aplikasi. Cara aplikasi sama dengan cara pengecatan woo stain. Bedanya tahapan kering membutuhkan waktu semalaman.

Proses aplikasi cat dengan langkah di atas sangatlah mudah. Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan juga sempurna apabila melakukan setiap lapisan dengan tipis.

Tips Mengecat Furniture Outdoor dengan Kuas

Mengecat dengan kuas untuk furniture outdoor membutuhkan teknik yang tepat. Apabila Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal maka perhatikan bagaimana para profesional bisa mendapatkan hasil halus dan juga rata.

Cara Mengecat Furniture Kayu Outdoor Dan Pengawetannya

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan pada saat aplikasi cat dengan kuas pada furniture outdoor.

    1. Cara aplikasi kuas haruslah 45 derajat dari permukaan kayu. Proses aplikasi juga dilakukan satu arah dan satu kali sapuan sehingga mendapatkan hasil finishing yang halus dan juga rata.
    2. Lakukan proses pengecatan dalam ruangan yang bersih dan juga kering. Pastikan lampu menyala agar dapat melihat cara aplikasi yang benar. Ruangan harus memiliki ventilasi udara yang baik agar proses pengeringan cepat berlangsung.
    3. Proses persiapan substrat furniture outdoor harus dilakukan dengan benar. Hasil pengamplasan yang tepat akan memberikan hasil finishing halus dan rata.
    4. Apabila terdapat perangkat keras seperti knop yang terbuat dari logam sebaiknya dilepaskan terlebih dahulu atau ditutup dengan isolasi kertas yang kuat agar lapisan cat tidak masuk ke dalam bagian logam.
    5. Pilihlah warna wood stain yang senada dengan warna kayu. Untuk warna wood stain terang tidak dapat diaplikasikan pada jenis kayu dengan warna gelap. Kecuali kayu telah terlebih dahulu diaplikasikan bahan bleaching kayu sehingga warnanya berubah menjadi warna yang lebih terang.

Inilah cara mengawetkan sampai pada tahapan mengecat furniture outdoor yang mudah untuk diikuti. Apabila Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan telah memiliki produk cat yang berkualitas.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH