Merk Pernis Kayu Furniture Outdoor Water Based yang Tahan Cuaca

Masih beranggapan bahwa pernis kayu water based itu mudah luntur dan tidak cocok untuk furniture outdoor? Produk water based didunia finishing seringkali diremehkan, karena bahan dasar air tidak dipercaya dapat melindungi substrat kayu. Pada kenyataannya, hal sebaliknya justru terjadi. 

Bagi Anda yang belum pernah mencoba menggunakan produk finishing berbahan dasar air sebaiknya cobalah untuk melakukan finishing pada furniture. Cara tercepat adalah mengetesnya pada mebel outdoor. Produk kayu yang diletakkan pada luar ruangan membutuhkan perlindungan yang lebih. 

Panas, hujan dan perubahan cuaca adalah penyebab utama mengapa furniture kayu cepat rusak. Apalagi jika Anda meletakkannya di atas tanah langsung. Tanpa perlindungan yang tepat, maka kayu akan mudah dirusak oleh rayap dan jamur. Pernis kayu yang digunakan juga tidak boleh sembarangan. 

Ada beberapa ciri yang perlu diperhatikan dalam pemilihan pernis. Daripada Anda salah memilih produk, sebaiknya cermati bagaimana Anda menemukan produk pernis water based terbaik untuk digunakan. 

Ciri Pernis Kayu Water Based yang Terbaik untuk Furniture Outdoor

Pada saat Anda memilih produk pernis di pasaran, rasa bingung pasti akan muncul. Begitu banyak merk pernis berbasis air bisa dipilih. Nah untuk memudahkan Anda yang sedang bingung, sebaiknya perhatikan ciri-ciri berikut ini:

  • Tidak mengeluarkan aroma menyengat

Memastikan bahwa cat yang digunakan adalah berbasis air maka Anda bisa mengecek aroma yang keluar. Pada pernis kayu konvensional bau yang menyengat akan keluar karena kandungan formalinnya yang tinggi. Sedangkan pernis berbasis air tidak mengeluarkan bau karena formalinnya sangat rendah. 

Kandungan formalin yang rendah menjadikan pernis jenis ini rendah logam berat yang berbahaya bagi lingkungan. Dengan memilih cat ini artinya cat aman dan ramah lingkungan. 

  • Transparansi yang tinggi

Ciri kedua adalah tingkat transparansinya walaupun tampilan yang dipilih adalah matte atau doff. Walaupun hasilnya tidak mengkilap namun transparansinya harus jernih dan juga bertahan lama. Pernis tidak akan berubah warna menjadi kekuningan karena terkena panas atau hujan. 

Tampilan transparan akan tetap bertahan lama walaupun furniture teras sering digunakan. Anda bisa melihatnya dari palet warna yang biasanya disediakan di toko. 

  • Pastikan tahan terhadap perubahan cuaca

Pada kemasan pernis, Anda bisa mengecek apakah produk tersebut mampu memberikan perlindungan terhadap perubahan cuaca. Tahan air saja tidak cukup, karena mebel teras juga akan terkena panas matahari yang mengandung sinar UV. Jadi warna kayu asli akan terlindungi maksimal.

Sinar UV akan mengubah warna kayu menjadi pudar dan inilah yang harus dilindungi oleh pernis kayu water based. Jadi pastikan perlindungan dari perubahan cuaca dimiliki pernis tersebut. 

  • Cek bagaimana proses aplikasinya

Mengaplikasikan pernis tidak sesulit yang dibayangkan. Prosesnya pun tidak wajib untuk diaplikasikan dengan alat semprot. Beberapa pernis bisa diaplikasikan dengan kuas bahkan roller. Cek apakah pernis water based tersebut mudah untuk aplikasi dengan kuas. 

Pabrikan pernis yang menyarankan dengan kuas, biasanya menunjukkan produk tersebut untuk diaplikasikan oleh DIY. Jadi hasilnya pun tetap akan sempurna. 

Produk Pernis Kayu Water Based yang Disarankan untuk Furniture Outdoor

Jika Anda masih bingung memilih pernis terbaik mana yang sebaiknya digunakan, Anda bisa mencoba menggunakan Biovarnish Clear Coat. Sebagai produk cat kayu berbasis air, Biovarnish clear coat mampu melindungi furniture teras dari segala gangguan perubahan cuaca. 

Ditambah lagi dengan mudahnya proses aplikasi dengan kuas, Anda bisa menggunakannya kapan saja. Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapatkan jika Anda menggunakan Biovarnish clear coat. 

  • Dua pilihan tampilan

Ada dua pilihan tampilan yang bisa Anda gunakan yaitu gloss dan matte. Tampilan gloss sangat cocok digunakan pada furniture teras karena mampu menyamarkan goresan. Membuat clear coat lebih tahan terhadap goresan karena penggunaan. Kedua adalah tampilan matte yang membuat furniture tampak lebih natural. 

  • Cepat kering

Masalah yang sering muncul ketika mengaplikasikan pernis adalah lamanya waktu kering. Biovarnish clear coat menawarkan waktu kering yang relatif cepat bahkan tanpa perlu dijemur di bawah panas matahari. Cat akan kering sentuh selama 60 menit dan kering sempurna setelah didiamkan semalaman. 

  • Lebih hemat

Biovarnish bisa didapatkan dalam ukuran 1 kilogram. Jumlah tersebut mampu menutup permukaan furniture seluas 10 m2. Jika Anda hanya akan mengecat furniture teras satu set pastilah satu kilogram Biovarnish akan sisa. Jadi Anda bisa lebih hemat uang untuk membeli bahan finishing. Ditambah lagi bahan pelarutnya adalah air tidak perlu biaya lebih lagi. 

  • Alat aplikasi adalah kuas

Alat yang disarankan untuk aplikasi adalah kuas, walaupun tidak menutup kemungkinan juga jika Anda ingin mengaplikasikannya dengan spray gun. Tarikan kuas yang sangat ringan akan mempermudah pekerjaan Anda. Hasilnya bebas brush mark dan lebih rata serta halus. 

Langkah Aplikasi Pernis Kayu Biovarnish 

Berbagai manfaat yang akan Anda dapatkan dari Biovarnish akan sangat menguntungkan dari segala sisi. Baik itu proses aplikasi, hasil hingga bujet. Tidak butuh waktu lama jika Anda hendak melakukan finishing pada mebel teras rumah. Dalam waktu satu hari saja pekerjaan akan selesai. 

Selama proses aplikasi pastikan saja Anda melakukannya di dalam ruangan yang bersih bebas debu atau kotoran. Hindari juga mengecat di area yang berangin karena hanya akan membawa debu. Furniture juga terlebih dahulu dibersihkan dan dipersiapkan seperti menggunakan liquid filler atau sanding sealer. 

Jika furniture sudah disiapkan, Anda bisa mengikuti langkah aplikasinya berikut ini:

  1. Campurkan Biovarnish clear coat dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk hingga merata dalam wadah yang berbeda. 
  2. Kuaskan clear coat ke permukaan furniture searah dengan serat kayu. Kuas harus ditarik dalam sapuan yang panjang. Ulangi kemudian di sisi lainnya. 
  3. Diamkan furniture agar mengering selama kurang lebih 60 menit. Pencet bagian yang tidak terlihat dengan ibu jari untuk dilihat tingkat kekeringannya setelah 60 menit. 
  4. Jika sudah kering, pindahkan ke tempat lain dan diamkan selama semalaman. Keesokan harinya baru letakkan furniture di teras rumah dan siap untuk digunakan. 

Tips Menghasilkan Finishing Furniture Teras Sempurna

Selama proses mengecat ada banyak hal yang perlu diingat, misalnya posisi menguas harus searah dengan serat kayu. Jika tidak brush mark akan muncul, cara ini juga harus dilakukan saat menguas lapisan cat di bawahnya. 

Jika ingin hasil lebih sempurna, ikuti beberapa tips mengecat mebel teras rumah berikut ini:

  1. Pastikan semua produk water based digunakan, jangan campurkan solvent based untuk lapisan sebelum clear coat. Misalnya saja menggunakan stain solvent based. 
  2. Hasil lebih sempurna bisa didapatkan dengan menggunakan produk Biovarnish series, yaitu wood filler, liquid stain hingga sanding sealer. 
  3. Cat yang belum kering jangan ditumpuk. Pastikan permukaan sebelumnya sudah kering baru di amplas ambang dan dibersihkan. Baru clear coat siap untuk diaplikasikan. 
  4. Pilih jenis dan ukuran yang tepat. Pernis water based hanya cocok diaplikasikan dengan kuas berbulu nilon. 

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH