Apa Pelapis Cat Bagus untuk Furniture Kayu Outdoor saat New Normal?

Bingung memilih bahan finishing yang tepat? Apalagi saat new normal seperti ini? Ada begitu banyak persyaratan yang harus dipenuhi ketika Anda hendak melakukan finishing. Ketika hendak melakukan finishing pemilihan cat sangatlah penting saat new normal. Anda harus mulai meninggalkan cat bersolvent yang dulu digunakan. 

Mengapa pemilihan menjadi sangat penting? Karena furniture kayu outdoor membutuhkan perlindungan yang lebih dibandingkan dengan furniture indoor. Perlindungan dari sinar uv, perubahan cuaca dari hujan dan panas, serta rayap. Semua permasalahan pada kayu akan cepat muncul pada furniture outdoor. 

Perlindungan yang dicari bukan hanya sekedar untuk furniture tetapi juga penggunanya yaitu manusia. Tanpa pemilihan cat yang tepat, polusi udara yang diakibatkan cat kayu akan merusak kesehatan manusia. Contohnya, cat yang menimbulkan bau menyengat akan menimbulkan masalah kesehatan pada pernapasan. 

Itu baru salah satu contohnya, padahal masih banyak masalah lainnya yang bisa diakibatkan oleh cat pada kesehatan manusia. Belum lagi jika Anda bekerja melakukan finishing bersama dengan banyak orang. Supaya tidak terpapar virus COVID 19, maka perlindungan pada diri sendiri harus diperketat. 

Ciri dari Produk Cat Bagus dan Aman saat New Normal

Pada saat memilih cat akan lebih baik jika Anda mencoba menggunakannya. Anda bisa membeli cat dalam kemasan kecil dari berbagai merk dan membandingkan satu sama lain. Dengan begitu Anda juga akan mengetahui bagaimana kualitas hasil dan proses aplikasi masing-masing. 

Hal ini perlu dilakukan jika Anda berencana untuk mengecat furniture kayu outdoor dalam jumlah banyak. Ada beberapa ciri cat kayu yang bagus dan bisa Anda gunakan yaitu sebagai berikut ini:

  • Berbahan dasar air

Karena tidak menggunakan cat berbasis solvent, sebagai gantinya Anda hanya perlu memilih cat kayu yang menggunakan air. Baik itu sebagai bahan dasar dan pelarutnya adalah air. Cat ini sering disebut sebagai cat water based yang produknya pun berbagai macam di pasaran. 

Carilah cat berbahan dasar air yang memiliki label rendah kandungan volatile organic compound atau voc. Bahan organik yang terlalu tinggi pada cat water based juga tidak baik digunakan. Jadi tetaplah teliti memilih cat dengan pelarut air. 

  • Tidak  menimbulkan bau menyengat

Ciri selanjutnya adalah ketika dibuka kalengnya cat tidak menimbulkan bau yang menyengat. Jika muncul bau yang keras bahkan menusuk hidung artinya Anda mencium gas amonia. Bau ini muncul jika kandungan voc dalam cat tinggi jadi bukan hanya kemasan saja yang menjadi jaminan bahwa kandungan organiknya rendah. 

Bau yang menyengat tentunya akan mengganggu Anda saat mengaplikasikan cat pada furniture. Apalagi jika mengaplikasikan spray gun, seringkali masker saja tidak cukup untuk menahan baunya. Namun jika cat tidak menimbulkan bau menyengat maka proses aplikasi pun lebih mudah. 

  • Cat tidak menimbulkan iritasi

Cek juga apakah cat menimbulkan iritasi pada kulit. Zat organik dalam cat jika terlalu banyak juga mampu menimbulkan iritasi pada kulit. Hal ini disebabkan semua zat organik bersifat keras dan berbahaya bukan hanya pada pernapasan tetapi juga pada kulit. Akan sangat berbahaya jika Anda masih menggunakan cat seperti ini. 

Cara mencobanya adalah letakkan cat pada punggung tangan cukup sedikit saja. Diamkan beberapa saat kemudian bilas. Jika muncul rasa gatal maka cat tersebut menimbulkan iritasi dan sangat berbahaya. 

  • Cat menghasilkan warna transparan

Bukan hanya aman, tetapi cat juga sebaiknya mampu memberikan tampilan sesuai ekspektasi. Hasil tampilan terbaik untuk warna natural adalah tingkat transparansinya. Semakin transparan sangat baik karena bisa memperlihatkan keindahan serat kayu aslinya. Transparansi ini juga sebenarnya tidak bisa diuji dalam satu atau dua jam. 

Beberapa cat yang memiliki kandungan formalin tinggi akan berubah menguning. Namun warna yang menguning ini akan muncul setelah beberapa bulan penggunaan furniture. Artinya tidak ada perlindungan sinar uv yang membuat warna kayu memudar dan lapisan pernis menguning. 

  • Cat tahan cuaca, goresan, jamur serta rayap

Ketahanan atau perlindungan lapisan cat kayu yang bagus harus banyak. Bukan soal ketebalan coating atau seberapa banyak Anda mengaplikasikannya tetapi formulasinya. Pada kemasan cat Anda bisa melihat beberapa jenis perlindungan yang diberikan. 

Seharusnya empat macam perlindungan dari ketahanan terhadap cuaca, goresan, rayap dan jamur harus yang utama. Jenis perlindungan ini harus disertakan pada kemasan kaleng cat dan benar nyatanya terbukti. Sehingga furniture kayu outdoor tidak akan mudah retak, mengelupas dan warnanya memudar. 

Perlindungan yang Diperhatikan saat Proses Mengecat

Bukan sekedar produk saja yang hanya digunakan, tetapi ada banyak perlindungan yang harus digunakan oleh tubuh saat Anda bekerja. Apalagi jika dalam satu ruangan Anda bisa bekerja dengan pengrajin lainnya. Maka tetaplah menjaga jarang untuk melindungi diri. Ada beberapa perlindungan tubuh yang bisa dikenakan. 

Apa saja perlindungan yang diperhatikan saat mengecat adalah sebagai berikut :

  • Masker 

Alat pelindung pertama yang harus diperhatikan adalah masker. Anda harus menggunakan masker yang tebal tetapi tetap mempermudah pernapasan. Masker akan melindungi Anda dari partikel yang keluar dari mulut orang lain. Tak hanya mencegah penularan virus corona, tetapi masker juga dibutuhkan saat finishing. 

Fungsinya adalah supaya tubuh tidak menghirup zat organik sekecil apapun jumlahnya yang terdapat di dalam udara. Walaupun sudah menggunakan cat berpelarut air, tetapi cat tetaplah mengandung zat organik dengan jumlah sedikit. 

  • Sarung tangan dan kacamata

Perlindungan lainnya yang dibutuhkan adalah kacamata dan juga sarung tangan. Sarung tangan akan menghindari kulit bersentuhan langsung dengan cat atau barang lainnya. Sehingga kulit tetap bersih serta menghindari luka gores saat finishing. 

Kacamata akan melindungi Anda dari partikel cat yang menyebar ke udara. Sehingga mata tidak terinfeksi virus atau terkena debu dan kotoran. 

  • Menjaga suhu ruangan

Selain perlindungan yang dikenakan, Anda juga harus memperhatikan suhu ruangan. Ruangan yang baik harus memiliki ventilasi udara supaya perputaran udara baru terjadi. Ruangan juga tidak menjadi pengap serta lembab. Apabila ruangan kering juga akan mempermudah lapisan coating cat water based lebih cepat kering. Karena pada prosesnya tidak perlu dilakukan penjemuran. 

Produk Cat Kayu Bagus untuk Furniture Outdoor

Jika Anda bingung untuk mencari produk bagus sebaiknya gunakanlah Biovarnish. Produk ini adalah cat kayu berbasis air yang akan memberikan warna natural transparan. Kelebihannya sebagai cat adalah fleksibel karena mudah digunakan oleh siapapun hanya menggunakan kuas saja. 

Cat yang cepat kering tanpa dijemur ini hanya membutuhkan waktu 60 menit setiap lapisan coating untuk kering. Selain itu kelebihannya adalah tidak menimbulkan bau menyengat karena kandungan zat organiknya yang telah dibatasi. Jadi cat ini sangat cocok digunakan saat new normal seperti saat ini. 

Sebagai cat bagus furniture outdoor, perlindungan yang diberikan pun tidak tanggung-tanggung. Cat akan memberikan ketahanan terhadap perubahan cuaca, goresan hingga serangan rayap dan jamur. Anda akan melihat furniture kayu outdoor yang bertahan lama dengan penampilan cantik. 

Artikel "Info News"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.