Trik Mudah Menyamakan Warna Rak Kayu Susun Baru Menjadi Tampak Tua

Punya rak susun di rumah yang sudah bosan dengan tampilannya? Anda mungkin sudah bosan dengan tampilan rak yang terlihat seperti baru. Finishing permukaan yang halus sama seperti furniture pada umumnya seringkali menimbulkan rasa bosan. Tak jarang keinginan untuk membuat furniture tampak berbeda akan muncul. 

Bagaimana cara membuat rak kayu yang sudah di finishing memiliki tampilan yang berbeda? Caranya padahal sangat mudah, jika rak susun terlihat masih baru Anda cukup mengubahnya tampak lebih tua daripada umur kayu sebenarnya. 

Contohnya saja tampilan rak susun menjadi rustic atau antik. Lalu apakah cara finishingnya harus dimulai dari awal lagi? Bisa iya namun bisa juga tidak tergantung dengan warna dari rak susun yang Anda miliki saat ini. Jika tidak terlalu banyak lapisan coating yang mengelupas, maka Anda tidak perlu bekerja keras. 

Cukup dengan sedikit mengamplas dan teknik finishing antik atau rustic Anda bisa menyelesaikannya dengan sangat cepat. Tak ingin berlama-lama dalam finishing dan ingin mendapat hasil yang cepat? Anda juga perlu menggunakan produk Biovarnish untuk finishingnya. 

Trik Menciptakan Kesan Tua Pada Rak Susun di Rumah Sendiri

Bukan hanya finishing antik dan rustik yang harus Anda fokuskan, tapi Anda juga harus mengetahui trik apa saja yang digunakan untuk menyelesaikan kedua finishing tersebut. Produk sudah ditentukan yaitu menggunakan Biovarnish, tapi apa saja trik yang harus dikuasai?

Berikut ini trik yang harus Anda terapkan selama finishing rak susun supaya tampak lebih tua dari aslinya. 

  • Memanfaatkan amplas nomor 220

Pengamplasan adalah tahapan penting dalam finishing baru, tapi juga untuk finishing supaya hasilnya tampak tua. Amplas alumunium oxide nomor 220 dipilih karena cukup halus dan tepat dalam menghilangkah lapisan pernis saja. Karena warna dari stain sudah ada maka Anda tak perlu menghilangkan secara sepenuhnya. 

  • Memanfaatkan warna stain yang lebih tua

Apabila kerusakan pada stain sudah cukup parah pada rak susun sebelumnya, Anda juga tak perlu bingung. Supaya hasilnya lebih baik Anda hanya perlu menambahkan warna stain yang lebih tua. Misalnya jika Anda sebelumnya menggunakan warna walnut brown, maka dilapisi ulang dengan liquid stain warna dark walnut. Pada saat memilih warna ini, ikuti tone yang sama. 

  • Manfaatkan glaze

Apakah yang membuat warna rak nantinya tampak tua? Tentu saja jangan lupakan peranan glaze yang menjadi trik utamanya. tanpa glaze serat kayu akan tampak biasa saja sama seperti rak yang baru saja di finishing. Namun dengan adanya bantuan glaze akan akan mempertegas tamplas serat maka kayu langsung berubah tampak tua. Ingat bahwa kayu yang sering terpapar sinar matahari akan memperlihatkan serat lebih tajam. 

  • Menggunakan clear coat matte

Tak lagi ada tampilan mengkilap pada rak kayu yang sudah tampak tua. Kesan usang bisa diberikan dengan melapisinya clear coat matte. Kesan glossy yang tadinya muncul akibat rak baru saja di finishing akan hilang, seolah-olah rak kayu sudah digunakan dalam waktu yang lebih lama. 

Langkah Finishing Supaya Rak Susun Kayu Tampak Lebih Tua

Proses mengecat akan merubah tampilan rak yang sebelumnya baru supaya menjadi lebih tua. Anda bisa menggunakan keempat trik di atas dan menerapkannya. Supaya lebih mudah dan tampak lebih tua lagi, Anda juga bisa memberikan tekstur dengan merusak rak di beberapa bagian. 

Yuk ikuti langkah mudah menyamakan warna kayu supaya terlihat lebih tua berikut ini. 

Mempersiapkan Tekstur Rak Susun Kayu

Langkah pertama adalah persiapan mengecat dalam hal ini fokuslah dalam membentuk tekstur pada rak susun. Proses akan dimulai dengan pengamplasan untuk menghilangkan lapisan pernis sebelumnya sehingga hanya tersisa stain saja. Amplas 220 digunakan dan dibalut pada balok kayu. 

Arah pengamplasan harus sesuai serat kayu dan dilakukan secara merata. Selesai mengamplas Anda harus membersihkan debunya dengan kain. Setelah itu saatnya membuat tekstur berikut ini:

  1. Sikat permukaan kayu dengan sikat kawat. 
  2. Lakukan hanya searah serat dan tekan hingga kulit kayu sedikit mengelupas. 
  3. Bersihkan kulit yang mengelupas tersebut dengan kain. 
  4. Prosesnya bisa dilakukan di beberapa permukaan rak seperti bagian yang sering digunakan untuk meletakkan barang. 

Amplas kembali permukaan kayu dengan kertas nomor 220. Bersihkan dengan kain kering sesudahnya. Persiapan substrat rak kayu sudah selesai. 

Memberikan Warna Stain yang Lebih Tua

Anda tentunya sudah mendapatkan warna dari Biovarnish liquid stain yang sesuai untuk rak kayu. Ingatlah setidaknya warna setingkat lebih tua dari warna stain sebelumnya. Kemudian Siapkan air dan kuas berbulu nilon yang baru. 

Proses mengaplikasikan stain cukup tipis saja dan satu kali karena fungsinya adalah mendasari warna rak. Berikut langkah aplikasinya:

  1. Larutkan Biovarnish liquid stain dengan air perbandingan 2:1 kemudian aduk rata.
  2. Celupkan kuas ke dalam larutan kemudian sapukan ke permukaan rak susun searah serat.
  3. Tunggu lapisan stain mengering dengan sendirinya tanpa dijemur. 
  4. Terakhir amplas ambang, gunakan amplas jenis yang sama nomor 400. Bersihkan debu amplas. 

Mempertajam Tampilan Serat dengan Glaze

Ada begitu banyak jenis warna glaze yang digunakan untuk finishing. Karena Anda perlu untuk memperlihatkan kesan tua pada rak kayu, maka warna hitam atau coklat tua perlu digunakan. Hindari memilih warna putih atau abu-abu yang biasanya sering digunakan untuk finishing wash. 

Proses aplikasi glaze cukup mudah yaitu sebagai berikut ini. 

  1. Bersihkan permukaan rak kayu dengan kain kering. 
  2. Tuang sedikit glaze pada gelas plastik dan tambahkan sedikit air. Jangan terlalu encer karena mengurangi kepekatan warnanya. 
  3. Kuas glaze ke permukaan rak susun secara merata tidak harus searah serat kayu. 
  4. Tunggu 15 menit, kemudian hapus permukaan glaze dengan kain kering sambil ditekan dan searah serat kayu. 

Setelah mengaplikasikan glaze ini Anda tak perlu menunggu kering 60 menit atau mengamplasnya. Selesai warna meresap setelah di lap glaze hanya akan mengering setelah dilapisi oleh pernis. 

Aplikasi Pernis sebagai Lapisan Terakhir

Terakhir adalah lapisan pernis dan tak boleh dilewatkan. Pernis yang digunakan adalah Biovarnish clear coat matte yang nantinya akan membentuk lapisan film pelindung. Walaupun tampilannya seperti tak di finishing, rak kayu nantinya akan mendapatkan perlindungan yang terbaik. 

Pernis ini juga fungsinya untuk mengunci warna dari glaze, berikut langkah aplikasinya:

  1. Larutkan Biovarnish clear coat dengan air perbandingan 2:1. 
  2. Kuas larutan pernis ke permukaan rak kayu, harus searah serat dan secara halus.
  3. Diamkan rak kayu supaya mengering selama 24 jam. 

Langkah aplikasi dari clear coat memang sangat mudah, tapi proses keringnya yang cukup lama. Supaya tidak terasa lama, Anda bisa membiarkannya di ruang finishing selama semalaman. Baru keesokan harinya nanti rak susun bisa dipasang kembali di tempat semula dengan tampilan warna yang lebih merata dan tua. 

Artikel "Teknik Aplikasi"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH