Aplikasi Wood Stain Liquid Biovarnish dengan HVLP dan Airless Gun

Memilih dan mengaplikasikan wood stain liquid yang tepat untuk hasil karya kayu yang telah Anda buat adalah langkah yang paling sulit tetapi harus dilakukan. Ada dua pertanyaan yang harus Anda jawab ketika hendak melakukan finishing. Pertama adalah wood stain apakah yang harus digunakan? 

Apakah Anda harus menggunakan cat solvent, cat minyak seperti tung oil atau stain water based? Pertanyaan kedua adalah bagaimana bahan finishing tersebut hendak diaplikasikan? Apakah Anda akan menggunakan kain dengan teknik wiping? Atau menggunakan kuas? Atau berani mencoba aplikasi dengan spray gun? 

Ketika saatnya memilih bahan stain, ada baiknya untuk mempertimbangkan menggunakan wood stain water based. Apapun alat yang digunakan nantinya stain water based mudah diaplikasikan. Selain itu warnanya transparan natural dan akan menjamin keindahan kayu di waktu yang lebih lama. 

Jika Anda ingin mendapatkan hasil terbaik, maka gunakanlah Biovarnish liquid stain yang merupakan stain water based. Lalu bagaimana cara mengaplikasikan yang terbaik? Anda perlu berani mencoba aplikasinya menggunakan alat semprot. Baik itu HVLP atau airless gun yang banyak digunakan. 

Cara Mudah Menggunakan HVLP 

Kebanyakan profesional hingga DIY di rumah sering menggunakan HVLP sprayer untuk mengecat. Sebenarnya mengecat dengan spray gun adalah soal kebiasaan, sedikit latihan akan membuat Anda bisa mengoperasikannya dengan mudah. HVLP merupakan alat semprot high volume low pressure, artinya cat yang keluar jumlahnya lebih banyak dengan tekanan angin yang rendah. 

HVLP cocok digunakan untuk permukaan kayu yang ukurannya kecil seperti kerajinan atau dekorasi ruangan dari kayu. HVLP lebih sering digunakan untuk cat dengan viskositas rendah seperti stain berpigmen daripada dye. Jadi selain stain, HVLP juga sering digunakan untuk mengecat cat enamel atau cat solid. 

Ada beberapa trik yang perlu dilakukan saat menggunakan HVLP untuk menyemprotkan Biovarnish liquid stain. Berikut ini trik yang bisa Anda ikuti. 

  • Pemilihan jenis tip

Tip adalah jarum yang digunakan untuk mengeluarkan larutan stain dari tabung spray. HVLP memiliki berbagai ukuran tip, ukuran standar adalah 1.0 yang bisa digunakan untuk mengecat permukaan berukuran kecil. Sedangkan tip lebih besar bisa digunakan untuk mengecat area yang luas yakni ukuran 1.3 atau 1.4.

  • Mengamankan Koneksi HVLP

Regulator udara memiliki alat ukur yang terpasang pada pangkal HVLP. Setelah kompresor menyala, kencangkan semprotan HVLP ke selang kemudian tekan pistol spray. Terus tahan hingga fluktuasi dari sekitar pangkalan berhenti. Baru Anda dapat mengisi tabung dengan larutan stain yang telah dibuat. 

  • Mengatur Tekanan dan Volume Udara

Setel tekanan udara pada spray HVLP dengan dilihat regulator yang telah dipasang. Titik awal yang baik adalah 50 psi dan disesuaikan. Kebanyakan orang akan memilih titik 40-60 psi. Baru matikan kenop kontrol volume udara yang terdapat di samping regulator. Kemudian tarik pelatuk spray gun perlahan buka dan dengarkan suara desis sampai mencapai titik volume udara bisa dipertahankan. 

  • Tuning HVLP untuk Mendapat Cakupan Penuh

Anda bisa mencoba spray gun pada permukaan kayu yang tidak terpakai terlebih dahulu sambil menyetel semprotan. Pegang tegak lurus pada permukaan kayu kemudian pertahankan jarak sekitar 6 hingga 8 inci. Dengan begitu Anda akan mendapat cakupan penuh tanpa menjalankan apapun. Jika terdapat gerakan maka Anda menyemprotnya terlalu dekat dan menekan pelatuk terlalu lama. 

Apabila muncul pola dimana terdapat celah di tengah maka terlalu banyak aliran udara, namun jika terlalu banyak material di tengah artinya aliran udara terlalu sedikit. Maka turunkan atau naikan sedikit tekanan udara pada regulator spray gun hingga bentuknya sempurna. 

Cara Mudah Menggunakan Airless Sprayer

Sebuah alat airless sprayer bekerja dengan memompa cat pada tekanan yang sangat tinggi hingga 3.000 psi melalui tip yang sangat kecil. Tip pada airless spray ini didesain khusus untuk membentuk partikel cat yang sangat kecil. Sehingga hasilnya sangat bagus untuk liquid wood stain dalam memberikan tampilan finishing yang sangat halus pada bidang yang luas. 

Menggunakan airless spray lebih hemat waktu daripada HVLP karena tekanan udara yang sangat berbeda. Bahkan Anda bisa memompa 5 galon cat dalam waktu yang sangat cepat. Tak heran airless spray lebih banyak digunakan pada tingkat pabrikan. Karena bekerja dengan stain dalam jumlah banyak, maka Anda harus belajar dengan lebih cermat. 

Berikut ini cara mudah untuk mengaplikasikan liquid stain dengan airless spray. 

  • Mempersiapkan Alat

Letakkan dua ember satu berisi stain dan satu yang kosong untuk uji coba. Kemudian letakkan ujung alat di bagian ember berisi larutan bahan dan pegang spray gun mengarah ke ember yang kosong. Nyalakan valve dan tekan pelatuk sehingga stain keluar dari spray gun. 

  • Mengatur tekanan udara

Sedikit tekanan udara akan menghasilkan penyemprotan pola yang tidak merata. Semakin tinggi tekanannya juga akan membuat terlalu tebal. Jika hasil penyemprotan masih tidak merata dalam tekanan yang tinggi maka pilih tip yang ukurannya lebih kecil lagi. Namun jika pola terlalu sempit maka tip harus diganti dengan baru karena sudah rusak. 

Mengecat dengan Biovarnish Liquid Stain

Hal pertama yang pertama harus diperhatikan adalah soal keselamatan. Jika Anda menggunakan solvent based stain maka wajib menggunakan respirator yang akan menghalangi partikel stain masuk ke dalam saluran pernapasan. Namun karena Anda akan menggunakan Biovarnish liquid stain yang aman, maka cukup menggunakan masker. Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah persiapan substrat kayu. 

Anda akan mengecat substrat kayu, maka pengamplasan dan menghilangkan semua kotoran yang menempel harus dilakukan. Dengan kedua tahapan ini, maka mengecat dengan HVLP atau airless spray bisa menghasilkan tampilan yang halus. Pastikan ruangan mengecat memiliki ventilasi udara yang baik sebelum mengecat. 

Persiapan sudah selesai, teknik menyemprot semua alat spray tidak jauh berbeda. Karena akan menggunakan Biovarnish liquid stain maka ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Larutkan stain dengan air hingga mendapatkan viskositas 11-12 detik NK2. 
  2. Tuang ke dalam wadah alat semprot atau ember untuk airless spray. 
  3. Semprotkan dengan cara yang sama persis ketika Anda melakukan uji coba dan pastikan semuanya merata.
  4. Diamkan stain mengering selama 60 menit kemudian baru lanjutkan dengan pengamplasan ambang. Gunakan amplas nomor 400. 
  5. Bersihkan debu amplas dan perhatikan apakah warna stain perlu dilapisi ulang. 

Menggunakan liquid stain supaya sempurna dengan alat semprot adalah memperhatikan arahnya. Buat rendana dimana Anda akan memulai, misalnya saja pada substrat pintu, maka mulailah dari angle sudut terlebih dahulu di bagian atas daripada di bawah. 

Jangan lupa untuk selalu membersihkan spray gun sebelum dan sesudah mengecat. Fungsinya supaya tidak terjadi penyumbatan yang akan merusak alat. Anda bisa membersihkannya langsung dengan air mengalir dan semprotkan ke udara. 

Artikel "Teknik Aplikasi"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH