10 Tips Merawat Furniture Kayu Jati agar Tetap Kokoh dan Mengkilap

Furniture kayu jati membutuhkan perawatan khusus agar tetap terjaga keawetannya. Simak 10 tips merawat furniture kayu jati berikut agar furniture jati Anda tetap awet.

Furniture kayu jati memang sudah terkenal sampai di mancanegara. Furniture ini menjadi primadona di kalangan masyarakat, karena kualitasnya. Kayu jati dikenal sebagai kayu dengan tingkat kekuatan dan keawetan kelas I. Meskipun ada juga kayu jati dengan kelas keawtan di kelas II atau bahkan III. Umur dan kualitas kayu menjadi pertimbangan tersendiri dalam klasifikasi ini.

Walaupun sudah terkenal dengan kualitasnya, furniture kayu jati tetap memerlukan perawatan yang rutin agar lebih tahan lama dan juga tidak cepat rusak. Furniture yang dirawat dengan baik dan juga benar akan menambah keindahan dari furniture tersebut dan juga Anda tidak perlu menggantinya dalam waktu yang lama. Untuk memelihara dan juga merawat furniture kayu jati, berikut ini ada 10 tips untuk Anda.

Simak 10 Tips Merawat Furniture Kayu Jati Secara Mudah

  1. Jaga suhu tetap hangat

Untuk membuat furniture kayu jati Anda bertambah awet, maka Anda harus selalu mengecek suhu ruangan. Agar furniturenya tahan lama, maka pastikan sinar matahari tetap dapat masuk ke dalam ruangan Anda. Suhu yang rendah akan mengakibatkan ruangan menjadi lembab dan furniture Anda akan cepat berjamur. Oleh karena itu, jaga ruangan agar tetap hangat.

  1. Gunakan vacuum cleaner
10 Tips Merawat Furniture Kayu Jati

Untuk membersihkan debu dan juga kotoran yang menempel pada furniture, maka Anda perlu untuk membersihkan permukaan furniture Anda. Gunakan vacuum cleaner mini untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel.

  1. Hindarkan dari air

Agar furniture kayu jati Anda tetap tahan lama, maka hindarkan furniture Anda dari air. Furniture yang belum terlapisi dengan bahan pelapis atau vernis harus dihindarkan dari air.

  1. Bersihkan furniture dengan rutin
10 Tips Merawat Furniture Kayu Jati

Pembersihan furntiure kayu jati ini memang sangat penting. Anda dapat menggunakan air hangat yang dicampur dengan sabun lembut. Gunakan kain bersih untuk mengelap semua bagian furniture kayu Anda.

  1. Jauhkan dari noda

Furniture memang tidak akan lepas dari noda, oleh karena itu Anda harus membersihkan semua furniture Anda dari noda. Usahakan agar segera membersihkan furniture apabila terkena noda.

  1. Bersihkan ukiran
10 Tips Merawat Furniture Kayu Jati

Bagian yang cukup sulit adalah membersihkan ukiran-ukiran furniture dari kayu jati. Caranya dengan menggunakan kuas kecil dan halus untuk menjangkau ukiran yang sulit pada furniture Anda.

  1. Poles kayu jati Anda

Agar kayu jati lebih awet, maka Anda dapat memoles furniture kayu jati Anda dengan menggunakan minyak khusus jati. Hal ini dilakukan agar furniture Anda lebih cantik dan juga menarik.

  1. Semprotkan pledge

Furniture kayu jati memang memerlukan perawatan yang rutin. Hal ini dikarenakan pasti ada kotoran atau debu yang menempel. Semakin lama debu tidak dibersihkan maka furniture akan cepat kotor dan debu akan menempel dan susah untuk dibersihkan. Anda perlu menyemprotkan pledge pada bagian-bagian kayu atau furniture yang sulit dijangkau. Semprotkan pledge ini dapat Anda gunakan pada furniture yang lain selain kayu jati.

  1. Perlakukan dengan baik

Furniture membutuhkan perlakuan yang cukup baik agar lebih tahan lama. Anda perlu membersihkannya dengan rutin dan memperhatikan aspek yang lain. Hal ini seperti ketika Anda ingin memindahkan furniture Anda pada ruangan yang lain, misal lemari. Keluarkan isi lemari baru Anda dapat memindahkan lemari Anda dengan mudah.

  1. Melakukan refinishing
10 Tips Merawat Furniture Kayu Jati

Agar furniture Anda tahan lama dan tetap kinclong, maka Anda dapat melakukan refinishing dengan teratur. Gunakan bahan refinishing untuk kayu jati dan oleskan dengan kuas. Pastikan furniture Anda telah benar-benar kering.

Demikian 10 tips mudah dan juga murah untuk merawat furniture kayu jati Anda. Pastikan Anda memperhatikan kondisi kayu jati Anda agar lebih tahan lama. Cari inspirasi menarik lainnya di website ini dan simak tips mudah selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Artikel "Life Style"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH