Cara Menyamakan Warna Kayu Mahoni dengan Aman Ramah Lingkungan

Kayu mahoni, jenis kayu ini sangat terkenal tak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. Ciri khas kayu mahoni sudah sangat terkenal yaitu warnanya yang kemerahan. Bukan hanya warnanya saja yang menjadi daya tarik utamanya. Kayu mahoni terkenal dengan harga yang murah dan cukup kuat walaupun tidak tahan terhadap serangga rayap. 

Banyak pro dan kontra mengenai warna kayu mahoni ini. Ada yang suka dan tidak, jika Anda menyukainya maka proses finishing akan lebih mudah. Warna mahoni selalu tersedia pada produk cat apapun. Namun bagaimana dengan Anda yang tidak suka? 

Jangan khawatir, Anda bisa kok menyamakan warna kayu mahoni dengan warna kayu lainnya. Misalnya saja mengubahnya menjadi warna kayu jati atau oak. Karena ingin menyamakannya dengan warna kayu lain, maka Anda harus sedikit bekerja keras. 

Proses yang dibutuhkan lebih lama tapi cukup memberikan hasil yang memuaskan. Satu hal yang pasti adalah Anda harus menyamakan warna dengan bahan finishing yang aman. Jika tidak maka akan mengganggu kesehatan lingkungan. Seperti apa caranya? Simak ulasannya disini. 

Mengapa Harus Menggunakan Bleaching dan Cat yang Aman? 

Anda mungkin masih bertanya-tanya mengapa harus menggunakan produk yang aman? Memang benar, keamanan atau masalah kesehatan lingkungan dalam penggunaan bahan finishing masih kurang perhatian. Kebanyakan orang lebih memilih menggunakan bahan finishing yang murah supaya menghemat bujet finishing. Tapi apakah sudah tepat penerapan ini? 

Satu hal besar yang membuat bahan finishing ini menjadi murah adalah karena kandungan solvent yang sangat tinggi. Teknologi yang digunakan untuk membuatnya pun tidak sulit sehingga cat bisa dijual dengan harga murah. Hal yang sama juga berlaku ketika Anda menggunakan bleaching untuk memutihkan warna kayu mahoni nantinya. 

Masalah keamanan kurang perhatian, karena sebagian besar orang tidak tahu apa efek negatif yang dihasilkan oleh logam berat atau yang lebih dikenal dengan volatile organic compound (voc). Berikut ini efek yang akan dihasilkan. 

  1. Formalin, mengganggu saluran pernapasan, membuat kulit gatal dan mempengaruhi kesehatan mata. 
  2. Timbal, dalam jumlah yang banyak dan dihirup langsung akan mengganggu saraf pada otak. 
  3. Merkuri, juga merusak saraf pada otak ditambah dengan menimbulkan kanker. 

Masalah kesehatan ini tak langsung dirasakan dalam jangka waktu pendek. Tetapi efeknya bisa saja terjadi di masa depan. 

Produk Bleaching dan Finishing yang Aman

Jika bahan-bahan tersebut harus dijauhi lalu apakah produk bleaching dan juga finishing yang aman untuk digunakan? Anda mungkin masih meremehkan karena sekedar ingin menyamakan warna kayu mahoni dengan kayu lainnya. Tapi proses finishing bukan sekedar itu saja, Anda juga harus memperhatikan proses serta keamanannya. 

Untuk produk bleaching sangat disarankan untuk menggunakan White Agent 250. Produk pemutih kayu ini terbuat dari bahan air sehingga terjamin keamanannya. WA 250 ini juga merupakan bahan bleaching yang mudah untuk diaplikasikan tanpa harus dijemur. Efek yang diberikan adalah mencerahkan warna kayu mahoni tanpa merusak seratnya. 

Jika Anda menggunakan bleaching kayu water based, maka akan lebih baik juga jika bahan finishingnya berbasis air. Anda bisa menggunakan Biovarnish liquid stain yang menyediakan 20 warna kayu. Biovarnish adalah produk cat water based yang aman dan mudah diaplikasikan hanya dengan kuas. 

Tahapan pengecatan juga tidak membutuhkan spray atau alat khusus lainnya. Anda cukup mempersiapkan kuas dan juga air sebagai bahan pelarut. Sebagai tambahan pelindung, Anda bisa mengaplikasikan Biovarnish sanding sealer dan clear coat. 

Cara Mengaplikasikan Bleaching Kayu

Cara menyamakan warna kayu bertumpu pada proses bleaching. Jika proses pertama gagal maka hasil finishing juga sangat terpengaruh. Oleh karena itu, Anda sebaiknya melakukan pemutihan kayu pada hari yang berbeda yaitu satu atau dua hari sebelumnya. Ditambah lagi proses pengeringan yang lama, maka akan lebih baik untuk memberikan jeda lebih lama. 

Proses aplikasi WA 250 pun sangat mudah, Anda hanya perlu air dan juga kuas. Siapkan kayu mahoni yang hendak diputihkan. Caranya amplas permukaannya dengan kertas amplas nomor 220. Kemudian bersihkan debu bekasnya dengan kain yang kering. 

Setelah itu, siapkan wadah untuk melarutkan bahan. Tuang WA 250 dengan air menggunakan perbandingan 1:1. Aduk hingga merata. Kini bahan dan substrat kayu sudah siap untuk aplikasi. Ikuti langkah aplikasinya berikut ini. 

  1. Kuaskan larutan WA 250 ke seluruh permukaan kayu mahoni. Tidak perlu takut tipis asalkan semuanya merata. Jika terdapat sudut maka prioritaskan terlebih dahulu. 
  2. Diamkan kayu mahoni selama 4 hingga 6 jam maka Anda akan langsung melihat perubahan warnanya. Selama pengeringan jangan pernah menjemur kayu. 
  3. Jika warna masih merah dan belum cerah, aplikasikan sekali lagi dan tunggu beberapa jam. Ulangi langkah yang sama hingga warna yang diinginkan muncul. 
  4. Terakhir bilas kayu dengan air yang sudah dicampur dengan detergen, fungsinya menghilangkan sisa bahan WA 250 yang meresap. Baru setelah itu keringkan kayu. 

Sangat mudah bukan mengaplikasikan bleaching kayu tanpa harus menjemur. Semakin lama didiamkan maka warna cerah akan didapatkan. Kuncinya Anda harus sabar dalam proses pengeringan yang cukup lama. 

Cara Mengecat Kayu Mahoni dengan Aman

Biovarnish liquid stain merupakan cat kayu yang aman, untuk menambah keamanan lagi sebaiknya Anda menggunakan masker selama bekerja. Pilih juga warna apa yang ingin Anda gunakan, apakah warna kayu jati, walnut, oak dan pilihan lainnya. Anda bisa memilih warna apapun karena kayu mahoni kini sudah berubah menjadi lebih cerah. 

Warna apapun yang dipilih nantinya bisa menampakkan ketajaman yang lebih maksimal. Baru siapkan air dan juga kuas serta amplas, dan ikuti langkah-langkah aplikasinya berikut ini. 

  1. Larutkan Biovarnish liquid stain dengan air perbandingan 2:1. Aduk hingga merata dan jangan sampai ada endapan. 
  2. Kuas larutan Biovarnish ke permukaan kayu mahoni searah dengan serat kayu. Anda harus menguaskannya tipis saja dan merata. 
  3. Diamkan kayu supaya mengering dengan sendirinya. Baru setelah itu di amplas secara ambang dengan amplas nomor 400. 
  4. Bersihkan debu amplas dan perhatikan, apakah warna sudah taja? Jika belum Anda bisa mengulanginya sekali lagi. 

Lapisan warna pada kayu mahoni kini sudah sama dengan warna kayu yang Anda inginkan. Proses selanjutnya adalah mengaplikasikan pernis. Pernis yang digunakan adalah Biovarnish clear coat baik itu gloss atau matte. Berikut ini langkah aplikasinya. 

  1. Larutkan Biovarnish clear coat dengan air perbandingan 2:1. Aduk hingga benar-benar merata pada wadah yang berbeda. 
  2. Kuas pernis ke seluruh permukaan kayu mahoni dan searah dengan serat kayu. 
  3. Anda bisa melapisinya hanya dengan satu lapisan saja. Karena lapisan terakhir, Anda perlu mendiamkan kayu mengering selama 24 jam. 

Gunakanlah kuas yang berbeda antara liquid stain dan juga clear coat. Jika ingin mendapatkan lapisan coating yang lebih kuat, Anda bisa mengaplikasikan sanding sealer di antara stain dan clear coat. Cara mengaplikasikan sanding sealer sama persis dengan stain, dan hanya cukup satu lapisan saja. 

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH