Produk Biovarnish untuk Refinishing Pintu Garasi Kayu Sambut Lebaran

Pintu garasi adalah salah satu bagian rumah selain pagar yang terlihat jelas dari luar karena ukurannya yang sangat besar. Di saat menjelang lebaran seperti ini jika tampilannya usang Anda harus mulai memperhatikan. Tentunya Anda tak ingin memperlihatkan tampilan pintu garasi kayu yang mulai usang kepada tamu nanti. 

Nah karena ukurannya yang besar, kebanyakan pemilik rumah akan memanfaatkan jasa tukang untuk mengecat ulang. Tapi jika masalahnya hanyalah warna usang, Anda pun bisa mengecatnya sendiri. Tak perlu memanggil tukang untuk mengecat dimana akan lebih boros. Cukup menggunakan Biovarnish saja, tampilan dari pintu garasi akan baru kembali. 

Biovarnish sebagai bahan finishing berbagai olahan kayu dirancang khusus supaya mudah untuk diaplikasikan oleh siapa saja. Anda bisa kuasin aja pakai air Biovarnish ke seluruh permukaan pintu garasi. Tak perlu teknik aplikasi yang sulit, karena kuas adalah alat yang mudah ditemukan dan digunakan. 

Ditambah lagi dengan air yang membuat aplikasi semakin praktis. Karena bahan pelarutnya adalah air, Anda tak perlu membeli bahan pelarut thinner, terganggu dengan bau menyengat dan proses pengeringan bisa lebih cepat. Hanya butuh satu hari saja supaya pintu garasi kembali menjadi baru kembali.

Warna Pintu Garasi Menarik dari Biovarnish

Satu hal yang paling menarik dalam mengecat pintu garasi kayu adalah memilih warna. Karena kebanyakan pintu memanfaatkan kayu solid yang memiliki serat kayu menarik, maka warna natural transparan adalah pilihan yang tepat. Biovarnish menyediakan bahan liquid stain dengan banyak pilihan warna. 

Total 20 pilihan warna bisa Anda pilih dari tone gelap hingga terang. Anda bisa memilih warna sesuai dengan warna kayu asli atau gaya dari desain rumah. Ada beberapa acuan warna yang bisa Anda gunakan sebagai berikut ini:

Warna Stain yang Kemerahan

Ada beberapa warna stain yang kemerahan dan cocok untuk gaya klasik pada sebuah rumah. Anda juga bisa menggunakannya pada kayu dengan warna merah seperti mahoni. Biovarnish menyediakan warna stain kemerahan seperti red mahogany, red GL, red ox dan juga cherry. 

Warna Stain yang Eksotik

Warna kayu eksotik lebih banyak diminati karena akan memperlihatkan keindahan serat kayu. Warna ini cocok untuk rumah bergaya klasik, kontemporer hingga gaya minimalis. Beberapa pilihan warnanya adalah sonokeling, papu rose, dark teak, hingga black. 

Warna Kayu Warm Tone

Warna yang hangat adalah kecoklatan seperti warna asli dari kayu jati. Pilihan warna ini juga banyak diminati karena kesannya yang hangat membuat garasi rumah terlihat lebih elegan. Kesan hangat ini bisa Anda hadirkan dengan pilihan warna seperti walnut brown, salak brown, brown, dan dark walnut. 

Ada satu lagi pilihan warna yang lebih terang, tetapi kurang disarankan untuk proses refinishing. Karena warna-warna terang akan memberikan warna yang kurang terlihat di atas warna stain yang lama. Sehingga tone warna yang lebih tajam seperti kemerahan atau lebih gelap akan cocok diaplikasikan. 

Cara Aplikasi Biovarnish Pada Pintu Garasi Sendiri

Proses mengecat pintu garasi sebenarnya tidak jauh berbeda ketika Anda mengecat furniture. Justru pintu garasi lebih mudah untuk di refinishing karena permukaannya yang lebar. Tidak terlalu banyak sudut hingga ornamen layaknya furniture seperti kursi atau meja. 

Alat yang digunakan harus kuas dengan ukuran yang paling besar seperti di atas 5 inci.  Pada empat langkah aplikasi yang perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut ini. 

Persiapan Pintu Garasi sebelum Mengecat

Persiapan perlu dilakukan untuk segala proses pengecatan atau refinishing. Tanpa persiapan hasil finishing tidak akan halus dan juga rapi. Untuk persiapan yang dilakukan adalah pengamplasan. Anda harus menghilangkan lapisan coating lama yang sudah usang dengan mengamplas. 

Amplas yang digunakan aluminium oxide nomor 150 hingga 220 dan ganti secara perlahan. Amplas kasar akan mempercepat mengelupasnya lapisan coating lama sedangkan amplas yang lebih halus akan membuat permukaan siap dicat. 

Anda perlu menggunakan hand sander untuk mengamplas supaya lebih cepat. Pada bagian pintu garasi yang bergelombang, Anda bisa mengamplasnya dengan bantuan bantalan busa supaya amplas mengikuti permukaannya. 

Selesai mengamplas bersihkan debu yang masih menempel dengan lap yang sudah dibasahi. Jika terdapat lubang atau cacat goresan Anda bisa menambalnya dengan Biovarnish wood filler. 

Mengaplikasikan Warna pada Pintu Garasi

Saatnya untuk memberikan warna dari Biovarnish liquid stain yang sudah Anda pilih. Kemudian ikuti langkah aplikasinya berikut ini:

  1. Larutkan liquid stain dengan air di wadah terpisah. Gunakan perbandingan 2:1 dan aduk hingga merata.
  2. Kuaskan larutan stain ke permukaan pintu searah dengan seratnya. Maka akan lebih baik Anda mencermati arah serat sebelum langsung mengaplikasikan. 
  3. Diamkan lapisan pertama mengering 60 menit kemudian amplas ambang. Gunakan amplas nomor 400 dan bersihkan debunya. 
  4. Apabila warna pertama masih kurang tajam atau gelap, Anda bisa memberikan dua hingga tiga lapisan lagi. 

Memberikan Lapisan Sanding Sealer

Berikan Biovarnish sanding sealer di atas stain supaya memberikan perlindungan lebih baik dari sinar uv serta kelembaban. Sehingga warna pintu tak mudah pudar dalam beberapa tahun kedepan. Cara mengaplikasikan sanding sealer juga tidak jauh berbeda namun cukup satu lapisan saja. 

Berikut ini cara aplikasinya:

  1. Larutkan sanding sealer dengan air di wadah yang terpisah. Anda bisa membuat perbandingan yang sama seperti stain. 
  2. Kuas sanding sealer searah serat pintu garasi dan tunggu mengering selama 60 menit. 
  3. Amplas permukaannya dengan ambang, gunakan amplas 400 yang baru. 

Sanding sealer memiliki warna transparan dan tidak membentuk lapisan film seperti pernis. Namun dengan adanya sanding sealer nantinya lapisan coating akan lebih kuat. Khususnya untuk clear coat yang diaplikasikan di atasnya. 

Mengaplikasikan Biovarnish Clear Coat

Pada dasarnya, Biovarnish clear coat merupakan pengganti pernis namun kualitasnya lebih baik karena bisa digunakan pada furniture dalam dan luar ruangan. Begitu pintu garasi dilapisi dengan clear coat maka akan ada lapisan film yang memberikan segala perlindungan pada kayu. 

Cara mengaplikasikannya sama seperti sanding sealer. Ada dua tampilan yang bisa dipilih yaitu matte dan gloss. Namun karena Anda hendak mengaplikasikannya pada sebuah pintu garasi gunakan tampilan gloss yang akan lebih tahan terhadap goresan. 

Cara aplikasi yang bisa diikuti adalah sebagai berikut ini:

  1. Bersihkan debu pada permukaan pintu garasi selesai di amplas pada lapisan sanding sealer. 
  2. Larutkan clear coat dengan air di wadah yang terpisah. Gunakan juga perbandingan 2:1 dan pastikan bahan bercampur merata.
  3. Kuaskan clear coat ke permukaan pintu kayu juga searah dengan serat. Anda perlu menggunakan kuas baru untuk lapisan ini karena warnanya yang transparan. 
  4. Diamkan pintu mengering setelah dilapisi dengan clear coat selama semalaman atau 24 jam. Pastikan Anda membuat tanda supaya pintu tak disentuh sehingga tidak muncul cacat finishing. 

Artikel "Teknik Aplikasi"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH