Cat Biovarnish Walnut Brown untuk Refinishing Tangga Kayu Minimalis

Bagi Anda yang memiliki rumah tingkat dengan tangga kayu, sudahkah memperhatikan tampilannya? Jika Anda sudah menghuni lebih dari lima tahun, lapisan cat pada tangga kayu pasti sudah mulai mengelupas. Bukan hanya mengelupas, masalah seperti warna memudar, muncul goresan, retak hingga cat yang tidak tampil prima lagi harus segera diperbaiki. 

Menuju lebaran 2020, Anda tentunya tak ingin melewatkan tampilan tangga kayu yang sudah tidak menarik lagi. Sudah saatnya untuk merefinishing tangga kayu di rumah. Tidak sulit untuk mengembalikan tampilan tangga kayu seperti semula. Bahkan Anda bisa mengganti warnanya untuk menampilkan suasana minimalis. 

Untungnya, warna-warna natural mampu memberikan kesan netral pada tangga kayu minimalis. Gaya ini lebih banyak dipilih pada rumah modern supaya terlihat bersih, luas dan terlihat fungsinya. Melalui produk Biovarnish Anda bisa meremajakan kembali tampilan dari tangga kayu di rumah. 

Biovarnish adalah produk pilihan terbaik dengan banyak pilihan warna. Khususnya jika Anda ingin menampilkan tangga kayu dengan warna walnut. Warna ini cocok digunakan pada tangga kayu minimalis di rumah dengan cara yang mudah. 

Mengapa Warna Menggunakan Warna Walnut Brown Biovarnish? 

Biovarnish memiliki 20 pilihan warna natural , tapi Anda bisa memanfaatkan warna walnut brown untuk proyek refinishing kali ini. Warna kayu walnut sangat direkomendasikan, karena warna ini memiliki tone yang hangat. Jika ruangan rumah minimalis Anda sudah penuh dengan warna putih baik itu dinding hingga dekorasinya, warna walnut akan memberikan kehangatan yang lebih terasa. 

Selain efek hangatnya yang lebih tinggi dibandingkan warna natural lainnya, ada beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya menggunakan warna ini. Berikut ini berbagai alasan mengapa warna walnut brown dari Biovarnish cocok untuk diaplikasikan pada tangga kayu. 

  • Warna yang Transparan

Kebanyakan produk lain memiliki opacity warna yang terlalu tinggi. Sehingga warna walnut lebih ke arah menutup serat kayu. Jika Anda menggunakan walnut brown dari Biovarnish, serat kayu asli masih akan tetap terlihat karena opacity atau tingkat transparansinya lebih tinggi. Apapun jenis kayu yang digunakan kesan warna walnut asli akan terlihat. 

  • Berkesan Mahal

Tangga di rumah Anda bisa saja tidak menggunakan kayu walnut, tapi trend warna ini cukup tinggi di rumah-rumah Indonesia. Kayu walnut sendiri adalah jenis kayu yang jarang ditemukan di Indonesia dan harganya sangat mahal. Jika tangga di rumah tidak menggunakan kayu mahal seperti walnut, setidaknya dengan warna walnut brown akan meningkatkan image tangga yang tampak mahal. 

  • Warna yang Tahan Lama

Kebanyakan stain produk lain tidak memiliki ketahanan warna yang tinggi. Alasannya adalah menggunakan pigmen yang tidak meresap ke dalam pori kayu. Warna walnut brown dari Biovarnish terbuat dari pigmen yang akan menyerap ke dalam pori kayu. Stain yang sudah diaplikasikan akhirnya akan lebih tahan lama walaupun penggunaan tangga kayu cukup sering. Jangan lupa juga untuk mempertahankan warna Anda memerlukan lapisan Biovarnish clear coat. 

  • Tak Hanya Minimalis tetapi Juga Klasik

Warna walnut brown bukan hanya cocok untuk rumah dengan desain minimalis saja. Jika Anda lebih suka dengan gaya klasik, warna ini juga cocok untuk dipilih. Walnut brown dari Biovarnish akan memberikan kesan klasik pada desain interior bergaya klasik. Warnanya yang coklat cenderung gelap ini mencerminkan kesan kuno. 

Warna yang cocok untuk desain minimalis tidak terbatas dengan walnut brown saja. Jika Anda ingin menggunakan warna lain, pilihlah produk Biovarnish dengan tone yang mirip. Misalnya seperti salak brown, brown atau loght brown. 

Kelebihan Biovarnish untuk Refinishing Tangga Kayu Minimalis

Selain dilihat dari warnanya yang menarik, produk Biovarnish juga memberikan kelebihan lain sebagai bahan refinishing tangga kayu. Tangga yang merupakan salah struktur dalam bangunan ini sering sekali digunakan. Maka membutuhkan rangkaian produk yang akan memberikan perlindungan khususnya terhadap goresan. 

Tanpa menggunakan perlindungan coating yang baik, tangga kayu tentunya akan lebih mudah rusak hanya dalam hitungan dua atau tiga tahun. Adapun kelebihan dari Biovarnish yang lainnya adalah sebagai berikut ini:

  • Memberikan Perlindungan Jamur dan Rayap

Perlindungan terhadap serangan jamur dan rayap sangat dibutuhkan untuk anak tangga di rumah. Kedua hama ini yang akan membuat substrat kayu pada tangga menjadi keropos. Jika menggunakan Biovarnish secara lengkap, maka Anda bisa menghindari kerusakan akibat jamur dan rayap. 

  • Memiliki Daya Tutup Maksimal

Daya tutup bukan hanya dibutuhkan untuk cat berwarna solid tetapi juga natural. Tanpa daya tutup yang maksimal, kayu tidak akan terlindungi secara penuh. Biovarnish akan memberikan daya tutup terbaik asalkan Anda mengaplikasikannya dengan teknik tepat. 

  • Tidak Beraroma Menyengat

Salah satu kelebihan yang paling unggul dari Biovarnish adalah tidak menimbulkan aroma menyengat seperti cat water based lainnya. Hal ini disebabkan cat sudah mendapatkan formulasi tepat sebagai cat aman. Pembuatannya membatasi penggunaan logam berat seperti formalin hingga timbal. 

  • Aplikasi mudah, cepat hanya dengan kuas

Anda hanya perlu mengaplikasikan Biovarnish dengan kuas pada setiap anak tangga. Kuas adalah alat yang mudah dijangkau, ditambah lagi karena pengecatan dilakukan didalam rumah Anda perlu cat yang cepat kering. Dengan didiamkan 60 menit, tingkat kering Biovarnish cenderung cepat dibandingkan produk lain yang butuh waktu berjam-jam lamanya. 

Tahapan Refinishing Tangga Kayu Minimalis Sendiri

Langkah refinishing tangga kayu di rumah sendiri sangatlah mudah. Bahan pelarut yang disiapkan adalah air yang akan dicampurkan dengan Biovarnish di wadah berbeda. Sebaiknya siapkan gelas plastik atau ember kecil sebagai tempat pencampuran. 

Setelah itu baru bersihkan lapisan coating lama dengan thinner kemudian amplas hingga coating benar-benar hilang. Barulah tangga kayu di rumah siap dilapisi ulang dengan Biovarnish. Ikuti langkah berikut sebagai tahapan refinishingnya. 

  1. Bersihkan permukaan tangga kayu sekali lagi dengan kain bersih. 
  2. Oleskan Biovarnish wood filler kemudian ratakan dengan scrape. Tunggu filler mengering 20 menit kemudian amplas dengan grit 240. Bersihkan debunya. 
  3. Larutkan Biovarnish wood stain warna walnut brown dengan air. Gunakan perbandingan 2:1 air dan aduk hingga merata.
  4. Kuaskan cat pada tangga atas kemudian turun. Penguasan harus mengikuti serat kayu pada anak tangga. Tunggu stain mengering selama 60 menit. 
  5. Amplas ambang permukaan tangga dengan amplas nomor 400. Lakukan secara merata dan bersihkan debunya. Ulangi penguasan stain hingga warna walnut menjadi lebih tajam. 

Pada tahapan membersihkan setelah mengamplas Anda bisa menggunakan mesin vakum. Sebagai lapisan terakhir Anda perlu menggunakan Biovarnish clear coat gloss yang dicampur dengan Biocide Surface Film Preservative (SFP). Tambahan obat anti jamur permukaan ini akan membuat tangga tahan pada kelembaban. Langkah aplikasinya adalah sebagai berikut:

  1. Larutkan clear coat dengan air, aduk merata kemudian tambajkan Biocide SFP dan aduk kembali. 
  2. Kuaskan larutan clear coat tersebut ke permukaan tangga. Alurnya sama seperti aplikasi stain sebelumnya. 
  3. Tunggu tangga mengering selama semalaman baru bisa digunakan. 

Artikel "Teknik Aplikasi"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH