Refinishing Hardwood Flooring Persiapan Lebaran dengan Biovarnish

Memiliki lantai kayu solid di rumah membutuhkan perawatan yang sangat besar. Perawatan bisa berupa membersihkan dengan vakum, langsung membersihkan semua tetesan air dan memoles. Namun pada proses perawatan tahunan yang perlu harus diperhatikan yaitu refinishing. 

Lantai adalah bagian dari rumah yang sering diinjak, sehingga tidak akan bebas dari goresan. Baik itu goresan dalam dan tidak, Anda bisa meminimalisir kerusakan dengan menggunakan karpet. Tapi pada area tertentu seperti depan pintu masuk, dapur dan ruang keluarga lantai pastinya mudah usang. 

Ketika tampilan usang jangan khawatir karena kerusakan hanya terdapat pada lapisan coating saja. Permukaan kayu masih terlindungi, kecuali terkena benda tumpul atau tajam yang membuatnya berlubang. Itu pun Anda masih bisa memperbaikinya. 

Menyambut lebaran 2020 kali ini, Anda tentu tak ingin memperlihatkan lantai kayu yang usang bahkan rusak. Nah, di bulan ramadhan ini Anda bisa memperbaiki tampilan lantai menjadi baru lagi sehingga sempurna ketika lebaran tiba. Bagaimana caranya? Ikuti langkahnya disini. 

Tahapan Mudah dalam Refinishing Hard Flooring

Masuk pada tahapan refinishing, Anda akan bertanya produk apa yang sebaiknya digunakan dan langkah apa saja yang harus dilakukan. Produk yang disarankan untuk digunakan adalah Biovarnish, alasannya adalah bahan finishing ini tersedia lengkap. Mulai dari wood filler hingga clear coat. 

Selain itu Biovarnish juga mudah untuk diaplikasikan, Anda bisa menggunakan kuas, alat semprot hingga pad atau roller. Semua proses aplikasinya juga cepat kering jadi tidak masalah jika Anda mengecat lantai kayu dalam ruangan. Daripada bingung bagaimana cara aplikasinya, Anda bisa mengikuti langkahnya beriku tini. 

Persiapan Hard Flooring sebelum Refinishing

Hard flooring harus dipersiapkan dahulu terutama untuk ruangannya. Anda bisa mengosongi ruangan atau menutup bagian dekorasi ruangan dengan plastik. Pastikan tidak ada furniture yang masih berdiri di atas lantai. 

Siapkan drum sander dan gunakan amplas kasar nomor 100 atau 80 untuk pengamplasan. Ganti kertas amplas secara bertahap dari nomor kecil ke nomor besar maksimal nomor 220. Setiap selesai mengamplas dan hendak mengganti kertas amplas, gunakan vakum untuk membersihkan semua debu. 

Selesai persiapan ini Anda akan melihat warna asli kayu solid dan juga beberapa bagian cacat. Pastikan tidak ada debu yang menempel. selama tahapan ini juga jangan lupa untuk menggunakan masker supaya debu kayu tak masuk ke pernapasan. 

Memperbaiki Area Hard Flooring yang Rusak

Kerusakan pada beberapa area lantai akan terlihat setelah lapisan coating yang lama hilang. Anda akan melihat lubang atau cacat goresan. Untuk memperbaikinya Anda perlu menggunakan Biovarnish wood filler yang akan menutup cacat tersebut. Sebelumnya pilih warna wood filler sesuai dengan yang diinginkan. 

Proses aplikasinya adalah sebagai berikut ini:

  1. Tandai bagian mana saja yang berlubang supaya nantinya hasilnya merata.
  2. Isi setiap kerusakan yang sudah ditandai dengan Biovarnish wood filler hingga menjadi menjadi rata. Alat yang bisa digunakan adalah scrape.
  3. Diamkan selama 20 menit kemudian amplas permukaan hanya pada bagian yang sudah diisi wood filler dengan amplas nomor 240. 
  4. Bersihkan bekas debu pengamplasan dengan mesin vakum, dan pastikan tak ada debu yang tertinggal. 

Mengaplikasikan Warna pada Hard Flooring

Pada tahapan ini Anda perlu menggunakan Biovarnish liquid stain yang warnanya tersedia lengkap. Warna-warna natural sesuai dengan keinginan bisa dipilih untuk memperbaharui tampilan lantai. Ada baiknya jika Anda memilih tone warna yang lebih gelap sehingga kesan eksotik didapatkan. 

Misalnya saja pada warna-warna gelap seperti dark teak, sonokeling atau papua rose. Pilihan warna tersebut cocok untuk kayu-kayu solid seperti lantai di rumah Anda. Untuk aplikasi liquid stain ada beberapa langkah yang bisa dilakukan sebagai berikut:

  1. Larutkan Biovarnish liquid stain dengan air di wadah yang terpisah. Anda bisa menggunakan perbandingan 2:1 dan aduk hingga merata.
  2. Manfaatkan roller yang halus dan terbuat dari kain nilon. Celupkan roller dan roll ke permukaan lantai harus sesuai dengan serat kayu. 
  3. Diamkan supaya liquid stain yang sudah memenuhi permukaan lantai mengering selama 60 menit. 
  4. Amplas ambang permukaan secara manual dengan amplas 400. Selesai mengamplas sedot debu dengan mesin vakum. 
  5. Roll stain ulang dengan arah yang sama hingga warna berubah menjadi lebih tajam. 

Pada saat aplikasi stain ini mulailah dari bagian pinggir kemudian ke tengah dan perhatikan dimana Anda akan berdiri setelah menyelesaikan mengecat. Pastikan Anda selesai di pintu keluar. Untuk bagian sudut yang berbatasan dengan dinding biasanya tidak terjangkau oleh roller, supaya rapi Anda bisa mengaplikasikannya dengan kuas setelah kering. 

Mengaplikasikan Sanding Sealer dengan Roller

Selesai aplikasi stain dan membersihkan debunya maka lapisan selanjutnya adalah sanding sealer. Tidak seperti furniture yang bisa langsung diaplikasikan pernis setelah stain. Karena Anda akan mengecat ulang lantai yang perlu perlindungan lebih maka sanding sealer tidak boleh dilewatkan. 

Proses aplikasinya juga tidak jauh berbeda dengan stain, hanya saja Anda tak perlu memberikan banyak lapisan. Cukup satu kali aplikasi saja. Berikut ini langkah-langkah aplikasi Biovarnish sanding sealer. 

  1. Larutkan Biovarnish sanding sealer dengan air hingga mendapatkan viskositas 11-12 detik NK2. 
  2. Gunakan roller yang sudah dicuci bersih dan roll ke permukaan hardwood floor secara merata. Ikuti juga arah serat dan bisa disesuaikan dengan arah aplikasi stain tadi. 
  3. Diamkan sanding sealer supaya kering baru setelah itu lanjutkan dengan pengamplasan manual. Gunakan amplas nomor 400 juga yang baru. 
  4. Gunakan mesin vakum untuk membersihkan semua debu bekas amplas dan selalu gunakan masker serta sarung tangan. 

Warna dari sanding sealer adalah transparan, jadi untuk memastikan apakah permukaan siap di amplas Anda bisa menekan ibu jari. Pastikan tak ada bekas sidik jari yang menempel sebelum Anda mengamplasnya. 

Mengaplikasikan Clear Coat pada Hard Flooring

Lapisan terakhir adalah Biovarnish clear coat. Karena digunakan untuk lantai, Anda perlu memilih clear coat gloss yang mampu menahan goresan. Sehingga tampilan lantai akan terus mengkilap dengan maksimal. Cara aplikasi Biovarnish clear coat juga tidak sulit dan Anda masih bisa menggunakan roller yang telah dicuci dengan bersih. 

Berikut ini langkah aplikasi dari Biovarnish clear coat gloss.

  1. Campurkan clear coat dengan air di wadah berbeda dengan perbandingan 2:1 hingga mencapai viskositas 11-12 detik NK2. 
  2. Roll clear coat ke permukaan lantai kayu searah dengan serat dan pastikan merata dalam satu kali aplikasi. 
  3. Diamkan ruangan selama semalaman supaya cat mengering. Anda bisa mengembalikan barang-barang keesokan harinya. 

Jika lantai sudah kering, Anda bisa mengaplikasikan bahan poles setiap satu bulan sekali menggunakan buffer. Fungsinya adalah memperkuat lapisan clear coat sehingga menjadi lebih tahan lama dan tetap mengkilap. Anda bisa menggunakan bahan poles seperti Biopolish Linseed Oil yang tidak lengket diaplikasikan dan aman digunakan. 

Artikel "Teknik Aplikasi"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH