Mau Menghaluskan Tekstur Saat Refinishing Furniture Kayu? Ini Caranya

Furniture kayu selalu menjadi idaman dan pilihan utama banyak pemilik rumah. Tanpa adanya furniture, rumah akan terasa kurang lengkap. Selain berfungsi untuk keperluan rumah, furniture kayu juga bisa menjadi bagian dari dekorasi ruangan. Oleh karena itu penting untuk merawat penampilannya. 

Permukaan furniture kayu yang halus selalu menjadi tujuan finishing yang utama. Namun untuk mendapatkan hasil tersebut, Anda perlu berusaha lebih baik. Ketika furniture lama sudah mulai usang tampilannya Anda juga harus memperbaiki dengan proses refinishing. Ada beberapa jenis refinishing yang bisa dilakukan tergantung dengan jenis kerusakan. 

Pertama jika kerusakan hanya terdapat pada lapisan pertama yaitu pernis maka Anda hanya perlu mengecat ulang dengan pernis. Kedua jika kerusakan cukup dalam bahkan melukai permukaan kayu seperti adanya bekas lubang paku atau cat mengelupas maka langkahnya lebih banyak. 

Anda perlu menghilangkan lapisan cat yang lama kemudian memperbaiki dengan lapisan coating yang baru. Prosesnya sama persis seperti mengecat pertama kali hanya saja Anda perlu menggunakan bahan finishing baru yang kualitasnya lebih baik. 

Cara Menghilangkan Lapisan Coating Lama pada Furniture Kayu

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek keadaan furniture kayu. Jika kerusakannya tidak parah dan hanya cat pernis yang mulai memudar, maka cukup dengan amplas. Gunakan amplas grit kasar dari nomor 100 dan ganti perlahan ke nomor yang lebih halus maksimal nomor 240. 

Jika selesai mengamplas dan permukaan sudah halus, cukup lapisi ulang dengan pernis yang berjenis sama dengan lapisan coating di bawahnya. Namun beda cerita jika Anda menemukan kerusakan hingga pada bagian permukaan kayu. 

Maka untuk menghilangkan lapisan coating yang lama Anda perlu menggunakan bahan kimia khusus untuk mengelupaskan cat. Bisa juga menggunakan thinner, pastikan selama bekerja Anda menggunakan sarung tangan dan masker karena bahan tersebut sangat keras. 

Ikuti langkah menghilangkan coating lama dengan bahan kimia khusus dengan cara berikut ini. 

  1. Bersihkan furniture dengan kain kering dari segala macam kotoran. 
  2. Tuang bahan kimia pengelupas coating ke permukaan. Tunggu beberapa menit maka coating akan menggelembung. 
  3. Bersihkan semua coating yang mulai mengelupas dengan scrape. Bersihkan perlahan supaya tidak merusak permukaan kayu. 
  4. Kumpulkan lapisan coating yang mengelupas dan dibuang tersendiri. Karena limbah ini mengandung bahan kimia berbahaya. 
  5. Sisa lapisan coating bisa Anda amplas dengan amplas nomor 100 dan perlahan ganti ke nomor 220. 

Cek kembali furniture kayu apakah semua permukaan kayu sudah terbebas dari lapisan coating lama. Khususnya pada bagian cekung yang sulit dijangkau. 

Persiapan Kayu sebelum Masuk ke Tahapan Finishing

Ketika lapisan coating lama sudah hilang, bukan berarti furniture kayu sudah siap untuk langsung dilapisi bahan finishing. Anda akan melihat banyak cacat yang tertutup oleh lapisan filler terdahulu. Belum lagi kerusakan baru berupa rumah rayap atau lubang paku yang harus diperbaiki. 

Sebelum membuat permukaan kayu menjadi halus kembali, Anda harus meratakan cacat tersebut dengan wood filler. Gunakanlah Biovarnish wood filler dalam langkah persiapan ini. Pilih warna wood filler sesuai dengan jenis warna stain yang menjadi hasil akhir yang Anda inginkan. Ada empat pilihan warna yaitu jati, ramin, sungkai dan mahoni. 

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut ini:

  1. Amplas permukaan kayu dengan kertas amplas 220. Pastikan permukaan bersih hingga bagian dalam pada cacat kayu. 
  2. Isikan bagian cacat tersebut dengan Biovarnish wood filler. Tekan menggunakan scrape hingga bagian dasar dan cacat permukaan terisi penuh. 
  3. Diamkan wood filler supaya mengering selama 20 menit. Biarkan tanpa harus dijemur langsung di bawah panas matahari. 
  4. Baru setelah kering amplas permukaanya. Gunakan amplas nomor 240 untuk mengamplas wood filler supaya merata dan halus. 
  5. Ulangi aplikasi Biovarnish wood filler jika masih tampak cekung pada bagian cacat di permukaan furniture kayu. 

Permukaan kayu kini sudah merata dan tak berlubang lagi. Namun bukan berarti persiapannya berhenti disini saja. Anda harus menyiapkan ruangan yang memiliki sirkulasi udara baik serta terang. Jangan lupa juga siapkan alat mengecat baik itu kuas, spray gun atau roller. 

Mengembalikan Warna Furniture Kayu Kembali Tajam

Saatnya untuk membuat warna furniture menjadi cerah kembali. Karena Anda bisa melihat warna asli kayu maka lebih mudah untuk memilihnya. Untuk bisa mendapatkan warna yang tepat Anda bisa menyesuaikan warna dengan warna asli kayu. Bisa juga memilih warna yang setingkat lebih gelap. 

Hindari menggunakan warna yang lebih terang dari warna kayu karena warna dari stain nantinya tidak akan terlihat. Anda bisa memilih warna yang tersedia dari produk Biovarnish liquid stain. Ada 20 pilihan warna natural kayu yang bisa disesuaikan warnanya. 

Untuk mengaplikasikan Biovarnish liquid stain Anda hanya memerlukan kuas dengan bulu nilon. Untuk mengaplikasikannya secara bertahap Anda bisa mengikuti langkah berikut ini. 

  1. Campurkan Biovarnish liquid stain dengan air, buat larutan yang bercampur rata. 
  2. Kuaskan larutan bahan ke permukaan furniture kayu harus searah serat supaya hasilnya halus. 
  3. Setelah merata, tunggu selama 60 menit juga tanpa penjemuran. Diamkan kering dalam ruangan. 
  4. Amplas permukaan kayu dengan kertas amplas halus bernomor 400. Bersihkan debu amplas. 
  5. Ulangi aplikasi Biovarnish liquid stain jika warnanya masih terlalu pucat. Hingga Anda mendapatkan warna yang sesuai. 

Mengaplikasikan Sealer untuk Memperhalus Furniture

Tekstur yang halus akan tercipta jika Anda tidak melewatkan tahapan ini. Sanding sealer berfungsi untuk memperhalus permukaan sehingga nantinya tampilan furniture menjadi sempurna. Anda bisa menggunakan Biovarnish sanding sealer yang cara aplikasinya tak jauh berbeda dengan liquid stain. 

Berikut ini tahapan menggunakan Biovarnish sanding sealer yang sangat mudah. 

  1. Larutkan Biovarnish sanding sealer dengan air, gunakan perbandingan 2:1. 
  2. Kuaskan sanding sealer yang sudah larut ke permukaan furniture kayu. Anda bisa mengikut sapuan kuas yang sama arahnya dengan stain.  
  3. Tunggulah lapisan ini mengering selama 60 menit tanpa dijemur. Diamkan dalam ruangan supaya mengering dengan lebih cepat. 
  4. Setelah kering baru di amplas ambang, gunakan amplas nomor 400. Bersihkan debu amplas sesudahnya. 
  5. Cukup mengaplikasikan sanding sealer satu lapisan saja. Anda hanya perlu mengaplikasikannya dengan merata.

Memberikan Lapisan Film Pelindung dengan Pernis

Pernis adalah lapisan terakhir yang wajib digunakan. Apalagi jika Anda menggunakan furniture kayu di luar ruangan. Maka perlu penggunaan pernis khusus yang tahan terhadap kelembaban, perubahan cuaca, hingga sinar uv. Produk yang bisa digunakan adalah Biovarnish clear coat. 

Pernis kayu ini sangat mudah tahapan aplikasinya yaitu sebagai berikut :

  1. Campur Biovarnish clear coat dengan air dan aduk hingga merata. 
  2. Kuas merata ke permukaan kayu dan juga searah dengan serat kayu. 
  3. Diamkan supaya clear coat mengering selama 24 jam. 
  4. Jika Anda ingin melapisinya dengan dua lapisan, maka setelah lapisan pertama kering 60 menit amplas ambang. Bersihkan debunya dan ulangi aplikasi. 

Artikel "Teknik Aplikasi"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.