Saatnya Beralih Pada Cat Kayu Water Based Untuk Kusen Tampak Baru

Anda masih ragu untuk melakukan recoating kusen? Apa masalahnya? Saat ini Anda sudah bisa menggunakan cat kayu water based untuk kusen agar tampak baru.

Sudah bosan dengan tampilan kusen rumah yang itu itu saja? Menginginkan tampilan baru dengan pilihan warna natural beragam? Tentunya pada momen ramadhan saat ini sangat mudah bagi Anda untuk meluangkan waktu menata ulang rumah melakukan pembaharuan pada tampilan rumah agar tampak indah ketika lebaran tiba. Tidak hanya kusen, Anda juga harus melakukan recoating pada semua perabotan yang ada di rumah yang sudah mulai kusam, tampak tidak memiliki tekstur yang halus dll. Banyak faktor yang mempengaruhi furniture atau kusen rumah Anda tampak buruk seperti panas matahari, hujan, kelembapan yang tinggi, serangga kayu seperti rayap dan juga goresan yang tidak disengaja. Jangan remahkan penampilan karena dari penampilan tersebut akan mencerminkan pemilik rumah. Misalnya saja kusen salah satu bagian rumah yang memiliki dua sisi baik di dalam maupun di luar rumah. Sisi yang menghadap keluar pasti memiliki warna yang memudar dan mengakibatkan penampilan menurun. Hal ini bisa saja diperbaiki dengan rposes recoating.

Cat Kayu Water Based Untuk Kusen

Penampilan yang kurang dari kusen atau perabotan lain ini bisa diperbaiki sekarang juga dengan berbagai merk cat yang dijual di pasaran. Ada dua jenis produk cat atau produk finishing yang bisa Anda temukan dipasaran yaitu cat water based dan cat solvent based. Kedua jenis cat ini bersaing dan memasuki pasarnya masing-masing. Dalam memilih produk cat ada beberapa hal yang harus Anda ingat yaitu harga, cara aplikasi yang mudah, hasil yang menakjubkan dan juga perlindungan yang tahan lama. Misalnya saja Anda menggunakan cat kayu pintu yang water based, maka Anda bisa melakukan aplikasi dengan air sebagai bahan pelarut dan juga kuas sebagai alat aplikasinya. Cara yang mudah dengan kaus dan juga air yang murah tentu tidak akan menguras energi Anda untuk belajar teknik mengecat dan mengeluarkan uang lebih untuk membeli bahan pelarut.

Pahami Apa Itu Cat Kayu Water Based

Jika Anda masih bingung memilih manakah produk yang terbaik apakah cat kayu solvent based atau cat kayu water based untuk kusen, pintu, jendela dan furniture lainnya di rumah? Jawabanya adalah ketika Anda sudah memahami apakah cat kayu water based itu. Bahan dasar pembuatan cat itu baik water based atau solvent based adalah resin. Bentuk dari resin ini harus dicairkan dengan bahan pelarut baik itu solvent atau water based. Jika solvent resin akan mudah menyatu dan membuat cairan dengan mudah. Sedangkan air dicampur dengan resin membutuhkan bahan kimia yang mampu mengemulsikan resin dengan air dan disebut dengan surfactants. Selain surfactants terdapat juga bahan kimia lain yang membuat cat kayu water based memiliki laveling yang baik, memiliki kceepatan kering yang bagus, membentuk proteksi pada bagian luar kusen serta memudahkan aplikasi yaitu diaduk, dikuas, disemprot atau dioleskan.

Biovarnish-series

Mempertimbangkan dari bahan yang digunakan, jika Anda memilih cat kayu water based untuk kusen atau perabotan rumah lainnya lapisan film yang diciptakan juga sempurna. Dalam membentuk lapisan film ini, solid content adalah bagian yang harus diperhatikan karena semikin tinggi solid content maka semakin baik produk tersebut memebuat lapisan film yang tidak boros. Cat kayu water based memiliki solid content 30% dan ada juga yang memiliki solid content hingga 50%. Sedangkan cat solvent hanya memiliki solid content 25% saja. Anda bisa membuktikannya ketika ingin menciptakan lapisan film dengan ketebalan 4mm. Jika Anda menggunakan cat kayu water based dalam satu kali oles atau satu lapisan saja bisa menimbulkan ketebalan 1.4 mm. Sedangkan cat solvent dalam sekali oles hanya mendapatkan ketebalan 0.8 mm saja. Maka jika Anda menggunakan cat solvent maka dibutuhkan lima kali lapisan sedangkan cat kayu water based hanya membutuhkan 3 kali oles saja. Tentu saja Anda tidak akan boros dalam melakukan ini.

Ada hal lain juga yang akan Anda dapatkan yaitu soal kecepatan kering. Perbedaan mendasar dari cat solvent dan cat water based adalah mudah menguap. Memang cat solvent mudah menguap tetapi proses ini membutuhkan panas matahari agar solvent kering sempurna. Lalu apa yang terjadi ketika cat solvent tidak kering sempurna? Permukaan yang dilapisi cat akan muncul bayang putih atau bercak putih karena kandungan thinner yang tidak menguap dengan baik. Berbeda halnya dengan cat kayu water based yang dapat kering pada cuaca apapun. Tingkat air yang menguap tidak akan menimbulkan efek pada permukaan kusen atau kayu. Warna yang dihasilkan pun tetap sama seperti yang diharapkan. Bahkan hanya dengan waktu 5-10 menit saja maka Anda akan mendapatkan kering sentuh dan bisa melakukan proses pengamplasan atau proses selanjutnya.

Apa Produk Cat Kayu Water Based Untuk Kusen Terbaik?

Ketika Anda sudah memutuskan akan menggunakan cat kayu water based untuk kusen, pintu, jendela yang akan di recoating maka Anda membutuhkan produk Biovarnish. Dengan merk cat kayu water based ini proses recoating dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan alat kuas dan air saja sebagai bahan pelarutnya. Anda tidak akan mengeluarkan uang lebih untuk membeli thinner. Anda juga tidak perlu keahlian khusus untuk melakukan proses finishing. Mengapa cocok? Jika melihat dari kusen atau furniture lama pastinya akan memiliki permukaan yang kasar, tidak halus, bahkan banyak cacat tekstur akibat perubahan cuaca. Cacat permukaan ini bisa Anda atasi dengan menggunakan Biovarnish Wood Filler. Penggunaannya tidak berbeda dengan dempul yaitu dengan pisau scrape dan diaplikasikan ke seluruh permukaan.

Dalam hal pewarnaan, Anda akan mendapatkan pilihan warna natural transparan yang variatif seperti warna jati, warna mahoni, walnut brown¸ dll. Penampilan serta akan didapatkan dan Anda jangan takut untuk mengamplas habis lapisan coating yang lama. Justru dengan mengamplas habis lapisan coating yang lama hingga serta kayu terlihat maka Anda bisa melakukan proses recoating dengan baik. Untuk sentuhan terakhir sekaligus pemberian tampilan menarik, Anda bisa menggunakan Biovarnish Clear Coat doff atau gloss. Pemberian lapisan ini sekaligus memberikan lapisan film yang kuat dan melindungi. Untuk masalah tampilan yang berbeda dari produk lainnya adalah tidak adanya efek menguning atau yellowing. Hal ini disebabkan tidak adanya kandungan formalin dan juga amonia. Formalin digunakan oleh banyak cat solvent dn beberapa cat water based juga. Anda bisa menilainya dari aroma yang dikelaurkan. Ketika keluar aroma menyengat dari cat maka kandungan formalinnya pasti tinggi. Biovarnish yang tidak mengandung formalin ini menandakan cat water based yang aman dan ramah lingkungan. Jadi ketika Anda menggunakan Biovarnish sebagai cat kayu water based untuk kusen, pintu, jendela, atau perabotan lainnya tidak akan membahayakan kesehatan penghuni rumah.

Artikel "Based Knowledge"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.